Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Bukit Cinangkiak, Kec. X Koto Singkarak, Kab. Solok, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Bukit Cinangkiak di Solok sebenarnya sudah mulai dikenal sejak tahun 2017, namun adanya wahana-wahana baru yang kekinian dan instagramabel membuat destinasi wisata ini menjadi sangat populer. Destinasi wisata ini dapat dikunjungi bersama keluarga. Dengan bertambahnya wahana menarik dan spot foto yang cantik, membuat wisata ini menjadi favorit bagi kalangan anak muda.

Objek wisata ini berada di atas puncak bukit, sedangkan di bawahnya adalah Danau Singkarak. Menawarkan berbagai wahana kekinian, wisata ini juga menawarkan pemandangan alam di sekitarnya. Dari atas bukit Anda dapat melihat danau yang biru, hijau pepohonan, dan rumah-rumah sambil mencoba permainan-permainan seru yang ada.

Destinasi Bukit Cinangkiak tidak pernah sepi oleh pengunjung dan akan jauh lebih ramai saat musim liburan. Dengan konsep wisata keluarga, tempat ini sangat cocok untuk menjadi destinasi menghabiskan waktu berlibur. Apalagi setelah wisata ini semakin lama semakin berkembang, destinasi ini sangat sayang untuk dilewatkan jika sedang berada di Solok.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Cinangkiak

Daya Tarik Dimiliki Bukit Cinangkiak
Image Credit: Instagram anjellyafrtmlni

Bukit ini tidak hanya memiliki pemandangan yang indah. Berada di atas bukit membuat suasana di sekitar sangat sejuk dan segar. Pemandangan alam di sekitarnya tidak hanya satu-satunya daya tarik destinasi wisata ini. Berkembangnya kawasan ini juga menambah wahana-wahana seru yang membuat para pengunjung penasaran untuk mencoba langsung.

1. Seluncur Pelangi

Wahana ini masih termasuk baru, namun menjadi favorit yang menjadi daya tarik kawasan Bukit Cinangkiak terutama di kalangan anak muda. Seluncuran ini landai namun cukup tinggi. Terdapat kain berwarna-warni sehingga terlihat seperti pelangi. Pengunjung dapat meluncur menggunakan papan yang sduah tersedia. Saat ini, wahana seluncur pelangi menjadi spot populer di destinasi wisata ini.

2. Kapal Besar

Salah satu spot foto yang menjadi daya tarik di destinasi wisata ini adalah kapal besar. Berupa bangunan berbentuk kapal dengan latar perbukitan cinangkiak membuat wahana ini sangat khas dan unik. Tidak heran jika akhirnya banyak sekali pengunjung mau mengantri hanya untuk dapat berfoto di wahana ini.

3. Wahana Istimewa

Wahana di destinasi wisata ini sangat beragam. Di salah satu area, terdapat berbagai permainan yang dapat digunakan untuk segala usia. Ada bianglala yang cukup tinggi. Mencoba wahana ini, pengunjung dapat melihat pemandangan hijau di sekitarnya melalui bianglala yang berputar perlahan-lahan. Selain itu juga ada kursi terbang, sepeda gantung, kora-kora dan banyak lainnya.

Spot foto juga menjadi daya tarik yang tidak kalah menarik, terutama bagi kalangan anak muda. Salah satu spot foto yang banyak dicoba oleh pengunjung adalah rumah pohon. Dengan beberapa tingkatan, tangga yang ada tidak curam sehingga mudah untuk digunakan. Pengunjung dapat berfoto di atas bangunan kayu yang dibangun di antara dahan-dahan pepohonan.

Daya Tarik Bukit Cinangkiak
Image Credit: Instagram Ady Yandra

4. Waterboom

Jika Anda menyukai wisata air, Bukit Cinangkiak ini juga menyediakan wahana untuk Anda berenang dan bermain air. Memiliki kolam renang dengan permainan seru, waterboom ini cocok untuk segala usia. Cocok untuk liburan bersama keluarga. Beberapa permainan air yang dapat di coba seperti kiddy pool, lazy river, tower slide, kiddy pool, dan juga air mancur yang tengah kolam.

Kolam-kolam di waterboom sangat jernih dan bersih terawat. Sangat segar untuk digunakan berenang atau sekedar bermain air. Ditambah dengan udara segar dan juga pemandangan alam di sekitarnya membuat wahana ini harus dicoba saat berada di tempat wisata ini.

5. Outbond

Sarana ourbond juga tersedia di tempat wisata ini selain waterboom. Dengan konsep keluarga, outbond ini juga cocok untuk anak-anak dan dewasa. Banyak kegiatan outbond yang ditawarkan. Karena keseruannya, outbond menjadi daya tarik tersendiri untuk kawasan tempat wisata ini. Wahana yang cukup banyak menarik perhatian biasanya yang memacu adrenalin.

Paralayang menjadi salah satu yang paling menegangkan dan harus menggunakan pengaman. Selain itu, ada juga jembatan gantung yang juga seru untuk dicoba. Jembatan berada di tempat yang cukup tinggi, dengan alas kayu dan pengaman tali tambang. Melewati jembatan ini cukup menegangkan karena setiap langkah akan membuat jembatan bergoyang ke kiri dan kanan.

6. Café

Di kawasan ini juga ada café. Berada di atas Bukit Cinangkiak, café ini menyediakan tempat untuk bersantai sambil menikmati sajian menu sambil disuguhi pemandangan alam. Café ini sangat cocok untuk Anda beristirahat setelah melakukan banyak aktivitas di kawasan ini. Café juga buka sampai malam sehingga Anda dapat melihat lampu kota di tempat ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Cinangkiak
Image Credit: Instagram MANCING LIAR

Berada di X Koto Singkarak, Bukit Cinangkiak Solok berjarak kurang lebih 18 kilometer atau 30 menit perjalanan dari pusat Kota Solok. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju lokasi dengan rute yang cukup mudah untuk dicari. Anda juga dapat menggunakan aplikasi GoogleMaps yang dapat mengarahkan ke destinasi wisata ini.

Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan angkutan umum. Biasanya angkutan umum ini tersedia pada akhir pekan. Anda dapat menggunakan PO. Jasa Malindo, PO Dirgantara, atau dapat juga dengan Sikumbang Tour. Tarif untuk angkutan umum tidak terlalu mahal. Jika menggunakan bus hanya Rp 25.000 sedangkan bus travel hanya Rp 35.000 saja.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bukit Cinangkiak
Image Credit: Instagram Rizky Kurniawan

Bukit Cinangkiak memiliki akses 24 jam di beberapa area, namun jam operasionalnya dari jam 09.00 sampai 17.00 WIB setiap hari. Untuk tiket masuk sendiri hanya Rp 5.000 saja per orang. Untuk biaya parkir ditarik Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Untuk beberapa wahana dibanderol Rp 10.000 rupiah dan lebih murah jika menggunakan paket wisata minimal satu keluarga.

Jika Anda ingin merasakan wahana waterboom, Anda masih harus membayar tiket masuk Rp 35.000. Pada weekend, harga tiket naik. Harga-harga tiket dan wahana ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Cinangkiak

Aktivitas di Bukit Cinangkiak
Image Credit: Instagram minang_dihat

Berada di atas bukit, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang seru dan menyenangkan. Apalagi dengan adanya wahana-wahana dan fasilitas yang memadai. Anda tidak akan bosan berada di tempat wisata ini karena banyaknya kegiatan yang dapat Anda lakukan dari yang menantang adrenalin maupun yang bersahabat untuk anak-anak.

1. Mengambil Foto

Spot foto di kawasan Bukit Cinangkiak tidak hanya banyak namun juga sangat khas dan unik. Karena itu, kegiatan berfoto tidak boleh untuk dilewatkan jika berwisata di tempat ini. Spot-spot yang paling banyak menjadi pilihan misalnya rumah pohon, seluncur pelangi, atau kapal besar. Namun, Anda juga dapat mencari sudut-sudut lain yang juga tidak kalah menarik.

2. Mencoba Wahana

Sayang sekali melewatkan berbagai wahana yang sudah tersedia di kawasan wisata ini. Permainan-permainan seru seperti kora-kora, bianglala, dan permainan lainnya harus dicoba. Jika tidak, Anda juga dapat mencoba kegiatan-kegiatan outbond yang beberapa di antaranya cukup memacu adrenalin, misalnya jembatan gantung atau paralayang.

Tidak semua tempat wisata menyediakan wahana paralayang yang sangat menegangkan namun juga menyenangkan. Dengan menggunakan safety, pengunjung dapat merasakan terbang di ketinggian yang di bawahnya adalah pemandangan alam yang indah. Tidak hanya memacu adrenalin, Anda dapat merasakan sensasi berbeda dalam menikmati pemandangan yang mengesankan.

Aktivitas Dilakukan di Bukit Cinangkiak
Image Credit: Facebook Herwin Rusli Lammallongeng

3. Bermain Air

Kawasan dengan waterboom dan permainan air yang seru akan membuat kegiatan bermain air atau berenang menjadi menyenangkan. Anda dapat merasakan kesegaran air kolam yang jernih dan bersih. Sambil merasakan keseruan permainan di waterboom, Anda juga akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah di sekitarnya.

4. Bersantai

Lelah menikmati berbagai wahana, Anda dapat beristirahat sambil mengisi perut di café yang berada di atas bukit. Bersantai sambil menikmati pemandangan kota akan membuat pikiran menjadi segar kembali. Dengan pemandangan alam dan suasana yang segar. Saat malam hari, pemandangan juga lebih indah karena adanya lampu-lampu kota di bawahnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Wisata
Image Credit: Instagram Ady Permana

Bukit Cinangkiak telah menyediakan berbagai fasilitas untuk kebutuhan pengunjung. Tersedia parkir yang cukup luas jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Tersedia juga toilet serta kamar bilas. Musala juga ada untuk Anda menunaikan ibadah. Juga tersedia café untuk mengisi perut sambil menikmati pemandangan.

Telah tersedia juga berbagai wahana dan spot-spot foto yang membuat kawasan ini ramai oleh pengunjung. Tempat yang cukup luas memungkinkan pengelola untuk terus mengembangkan destinasi wisata ini agar lebih baik ke depannya.

Jika Anda ingin bermalam di kawasan ini, sudah tersedia juga penginapan. Selain memberikan penawaran untuk akomodasi, fasilitas yang diberikan juga akan membuat menambah kenyamanan Anda. Harga penginapan di setiap penginapan berbeda-beda. Biasanya tergantung dengan penawaran yang diberikan.

Bukit Cinangkiak kini menjadi destinasi wisata baru yang cukup banyak menarik pengunjung di Solok. Sangat cocok untuk liburan keluarga dan juga populer di kalangan anak-anak muda, kawasan ini telah menyediakan berbagai wahana seru dan spot-spot yang menarik. Jika Anda berada di Solok, Anda tidak akan menyesal jika mengunjungi kawasan wisata ini.