Biaya Wisata: Mulai Rp 200.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Sikuai merupakan sebuah pulau dengan pasir putih nan indah yang berlokasi di Provinsi Sumatera Barat. Pulau ini memiliki luas sekitar 44 hektar dan sempat ditutup beberapa tahun lalu karena ada masalah antara pihak pengelola dan pemerintah setempat. Namun, kembali dibuka lagi dan pulau ini berhasil menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Tidak hanya wisatawan dari dalam negeri saja yang tertarik untuk mendatangi Pulau Sikuai namun terdapat wisatawan asing yang juga menikmati waktu liburan mereka di pulau ini. Dengan banyaknya wisatawan yang datang membuat pulau ini menjadi salah satu objek wisata populer di pulau Sumatera terkhususnya di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Dengan fasilitas mendukung, daya tarik alam nan indah, dan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan membuat berlibur ke pulau ini akan menciptakan kenangan tersendiri. Bagi wisatawan yang ingin bermalam juga bisa menginap di penginapan yang berlokasi di dalam pulau.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sikuai

Daya Tarik Pulau Sikuai
Image Credit: Google Maps (Rudi Wijaya)

Dengan banyaknya wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri membuat tempat ini pasti memiliki keunikan tersendiri. Berikut adalah beberapa daya tarik dari Pulau Sikuai.

1. Pantai Pasir Putih

Daya tarik yang pertama dari pulai ini dalam menarik wisatawan adalah pantai pasir putihnya. Pantai pasir putih yang bisa dijumpai di pulau ini membuat banyak sekali orang yang menjadikan pulau yang berlokasi di Kota Padang ini menjadi tempat tujuan berlibur terfavorit.

Menikmati keindahan pasir putih yang menyatu dengan birunya laut sangatlah indah untuk dipandang. Suara deru ombak dan angin pantai akan membuat siapa saja yang datang ke pantai di pulau ini akan merasakan suasana nyaman.

2. Alam yang Masih Asri

Tidak hanya pantainya saja yang begitu indah, namun alam atau hutan yang berada di sekitar Pulau Sikuai juga menjadikan suasana nyaman tersendiri. Pepohonan hijau yang berdiri sepanjang bibir pantai menambah indahnya pantai pasir putih di pulau ini.

Ketika angin bertiup dan melewati sela-sela dedaunan ditambah bunyi suara ombak akan membuat tempat wisata ini menjadi tempat yang cocok untuk melepaskan kepenatan dan membuang stres. Cukup berbaring di pinggir pantai sambil mendengarkan suara alam di sekitarnya maka semua stres dan pikiran akan hilang dengan sendirinya.

Daya TarikDimiliki Pulau Sikuai
Image Credit: Facebook.com @dicky.hendrayana.9

3. Pesona Bawah Laut

Dengan jernihnya air laut di sekitar Pulau Sikuai membuat para pecinta snorkeling bisa menjelajah alam bawah laut di sekitar pulau ini. Banyak sekali terumbu karang dan ikan-ikan yang berenang melewati para wisatawan yang melakukan kegiatan snorkeling.

Dengan lokasi pulau yang masuk kedalam daerah wisata membuat tempat ini tidak dijamah oleh para nelayan dalam mencari ikan. Hal ini membuat alam bawah lautnya sangat cocok untuk di jelajahi dan menikmati keindahannya.

4. Hewan Laut

Dengan tidak ada nelayan yang masuk ke daerah sekitaran wisata pulau membuat banyak hewan laut yang bisa ditemukan di perairan sekitar pulau. Dari hewan laut seperti ikan kecil yang menjadi teman para wisatawan yang melakukan kegiatan snorkeling hingga ikan yang menjadi musuh para wisatawan yang gemar memancing.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata

Alamat dan Biaya ke Pulau Sikuai
Image Credit: Facebook.com @EksotisIndonesia

Lokasi dari wisata Pulau Sikuai berada di Kota Padang, Sumatera Barat atau lebih tepatnya berada di Kecamatan Bungus teluk kabung. Jarak dari lokasi wisata ke kota Padang sekitar 37 kilometer dengan lama perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 6 menit.

Untuk rute menuju lokasi wisata dari Kota Padang menuju Jl. By Pass hingga masuk ke Jl Lintas Sumatera Padang Bengkulu. Dari Jl. Raya Padang Bengkulu terus ikuti jalan tersebut hingga masuk ke Jl. Raya Padang Painan. Terus di Jl. Raya Padang Painan hingga sampai di pantai ujung kapuri. Kemudian dari pantai ujung kapuri wisatawan bisa menggunakan kapal untuk menuju ke pulau.

Untuk menuju pulau para wisatawan bisa menyewa perahu yang berada di sekitar pantai ujung kapuri. Untuk biaya penyewaan kapal menuju Pulau Sikuai adalah seharga Rp 200.000 untuk sekali jalan. Dengan harga tersebut para wisatawan sudah mendapatkan kapal pribadi beserta awak yang akan menemani mereka menuju pulau.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Sikuai

Aktivitas di Pulau Sikuai
Image Credit: Instagram.com @ljusuf

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di lokasi pulau tersebut. Dari bersantai sampai melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Sikuai.

1. Bersantai dan Menikmati Pemandangan

Kegiatan yang pertama jelas adalah bersantai dan menikmati suasana dan pemandangan pulau yang luar biasa indah. Pasir putih dari pantai yang dipadukan dengan pepohonan rindang yang berada disepanjang bibir pantai membuat tempat ini menjadi salah satu tempat refreshing yang bagus untuk bersantai dan melepaskan stres.

2. Berfoto

Berikutnya adalah kegiatan wajib bagi mereka yang suka narsis di depan kamera. Berfoto dengan konsep pantai pasir putih dan alam yang hijau membuat tempat ini adalah salah satu tempat yang sangat bagus untuk berburu foto.

3. Bermain Air

Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke pulau ini tanpa membasahkan diri dengan air laut. Hanya sekedar bermain air di pinggir pantai atau mencoba berenang dengan pelampung juga sangat seru untuk dicoba oleh para wisatawan yang datang.

Aktivitas Menarik di Pulau Sikuai
Image Credit: Facebook.com @yesa.sepri

4. Snorkeling

Melakukan snorkeling di sekitar perairan Pulau Sikuai sangatlah direkomendasikan bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Alam bawah laut di sekitar pulau sangatlah indah dan memanjakan mata. Banyak terumbu karang yang bisa ditemukan disekitar pulau dan ikan-ikan kecil yang berenang menambah keindahan alam bawah laut di pulau ini.

5. Hiking

Kegiatan selanjutnya yang bisa dicoba adalah adalah hiking atau mendaki bukit yang berada di dekat pantai. Untuk bisa mendaki ke puncak bukit memerlukan waktu sekitar 30 sampai 50 menit dengan melewati tangga dan rute yang sudah disediakan.

Ketika sudah sampai di puncak bukit para wisatawan bisa menyaksikan keindahan yang luar biasa indah. Di atas ketinggian tersebut hampir seluruh pulau bisa dilihat, dimana lautan biru yang membentang sekitaran pulau membuat kegiatan hiking wajib dicoba ketika datang ke pulau yang berlokasi di Sumatera Barat ini.

6. Mengitari Pulau

Dengan ukuran pulau yang hanya sekitar 44 hektar membuat semua orang bisa mengelilingi pulau hanya dengan berjalan kaki. Berjalan di sore hari sambil menyaksikan keindahan sunset di pinggir pantai akan sangat indah untuk disaksikan.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan Sekitar Pulau Sikuai
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Untuk wisatawan asing atau dari luar Sumatera Barat pasti membutuhkan tempat bermalam. Berikut adalah beberapa penginapan yang bisa digunakan untuk bermalam ketika berlibur ke Pulau Sikuai.

1. New Sikuai Island Resort

New sikuai island resort adalah satu-satunya penginapan yang berlokasi di dalam kawasan pulau dengan 54 rumah, 9 ruangan besar, dan kolam renang yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Untuk harga kamar yang disewakan berkisar dari Rp 600.000 sampai Rp 1.000.000 tergantung jenis kamar.

2. Sumatra Ecolodge

Berlokasi di Teluk kabung selatan yang merupakan sisi pulau Sumatera yang dekat dengan pulau wisata tersebut. Untuk harga penyewaan penginapan sekitar Rp 200.000 per malamnya.

3. Jophira Tintin

Masih dengan sebuah penginapan yang berlokasi di pulau Sumatera yang berdekatan dengan lokasi wisata pulau. Penginapan ini menawarkan pemandangan pantai yang tidak kalah dengan penginapan di pesisir pantai lainnya. Untuk harga menginap per malamnya sekitar Rp 260.000.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Sikuai

Fasilitas di Pulau Sikuai
Image Credit: Google Maps (Pascal Jacomet)

Ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola dalam menarik wisatawan untuk berdatangan. Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di Pulau Sikuai.

1. Pelabuhan Kapal

Yang pertama ada pelabuhan untuk kapal dari pulau Sumatera bersandar. Pelabuhan ini digunakan untuk mengantar para wisatawan baik yang masuk atau keluar dari pulau.

2. Jalan

Berikutnya ada jalan yang mengelilingi pulau. Jalan ini bisa digunakan untuk para wisatawan jogging atau jalan-jalan mengelilingi pulau.

3. Jalur Hiking

Selanjutnya ada jalur hiking untuk menaiki bukit yang berada di sekitar pulau. Terdapat banyak anak tangga untuk mempermudah jalannya proses hiking para wisatawan.

4. Resort

Dan yang terakhir ada sebuah resort yang berada di tengah pulau tersebut. Resort ini lengkap dengan kolam renang, rumah kecil yang bisa di sewa, puluhan kamar, ruang meeting, restoran, kamar mandi, toilet, dan satu lapangan luas untuk melakukan beberapa kegiatan seperti privat party.

Di resort ini juga menyediakan pelayanan kelas hotel bintang 5. Ditambah pemandangan pantai yang luar biasa indah membuat pengalaman bermalam di resort ini akan sangat berkesan.

Pulau Sikuai merupakan sebuah pulau kecil yang sangat indah di Kota Padang. Bagi kamu yang menyukai wisata alam dan pantai harus mencoba mendatangi lokasi wisata yang satu ini. Momen bermalam di resort sekelas hotel bintang 5 juga perlu di perhitungkan.