15 Wisata Pantai di Wonosari Gunung Kidul Paling Hits Dikunjungi

Wisata Pantai Wonosari

Tertarik Liburan ke Pantai? Periksa List Wisata Pantai Terbaik di Wonosari, Gunung Kidul. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Eksotis, Populer & Paling Hits untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Wonosari merupakan ibukota dari kabupaten Gunung Kidul yang terkenal dengan banyak tempat wisatanya. Destinasi pantai juga mudah dijumpai di kabupaten yang berada di selatan Yogyakarta ini. Jika Anda sedang berada di Wonosari, Anda bisa melakukan perjalanan ke arah selatan untuk mencapai objek wisata pantai yang terkenal di Gunung Kidul. Pantai-pantai cantik dengan keunikannya masing-masing.

Ada banyak tawaran wisata pantai di Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul yang terkenal sebagai destinasi wisata alam pilihan. Deretan pantai berikut merupakan beberapa destinasi yang terkenal dan populer di kalangan wisatawan.

1. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok

Image Credit: Instagram.com @wisatadiyogyakarta

Pantai dengan pasir putih dan laut biru menjadi daya tarik Pantai Watu Kodok. Namanya cukup unik dengan watu kodong yang dalam Bahasa Jawa berarti batu katak. Sesuai dengan namanya, ikon dari pantai ini adalah dua buah batu karang yang sekilas bentuknya mirip katak.

Ada banyak spot bagus yang dapat digunakan untuk wisatawan berfoto-foto. Fasilitas gazebo juga disediakan untuk pengunjung yang ingin berteduh atau makan-makan bersama rombongan. Menariknya lagi, di kawasan ini juga disediakan area camping untuk menikmati suasana malam di pinggir pantai.

Lokasi: Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

2. Pantai Timang

Pantai Timang

Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Timang menawarkan cara menikmati pantai dengan sensasi baru yang jarang ditemui di objek wisata pantai lainnya. Sensasi menyeberang laut dengan menggunakan kereta gantung tradisional. Tepat di bawah jalur gondola tersebut, Anda bisa melihat deburan ombak yang cukup tinggi.

Jika tertarik mencoba menaiki kereta gantung, wisatawan perlu membayar tiket sekitar 150 ribu. Setelah itu, Anda bisa mencoba hidangan lobster segar yang langsung ditangkap nelayan sekitar di sekitar batu karang Pantai Timang.

Lokasi: Jl. Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

3. Pantai Baron

Pantai Baron

Image Credit: Pantainesia.com

Pantai baron menyajikan panorama alam yang indah dengan suasana yang sejuk. Daya tarik dari objek wisata pantai ini adalah keberadaan bangunan mercusuar di sekitar pantai. Wisatawan dapat menggunakan mercusuar tersebut untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

Lokasi pantai ini cukup mudah diakses dan sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Deretan kapan nelayan berjajar rapi di bibir pantai yang bisa disewa untuk berkeliling Pantai Baron. Jangan lupa untuk membawa kamera dan berfoto-foto di beberapa spot cantik di sana.

BACA:  Indahnya Pantai Indrayanti, Surga Bahari yang Eksotis di Jogja

Lokasi: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Image Credit: Instagram.com @liburan.dijogja

Pantai yang hits di kalangan traveler ini memang menyimpan sejuta pesona dan keindahan. Pantai yang menghadap laut lepas ini menyajikan pemandangan indah dari deburan ombaknya. Pemandangannya semakin cantik dengan deretan perbukitan yang mengelilingi kawasan Pantai Indrayanti.

Selain panorama indah khas laut selatan, pantai ini juga terkenal sebagai salah satu pantai yang cukup bersih. Wisatawan dapat dengan nyaman bersantai dan bermain di pasir pantainya. Tersedia juga gazebo di pinggiran pantai untuk berteduh dari terik matahari.

Lokasi: Jl. Pantai Selatan, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

5. Pantai Kukup

Pantai Kukup

Image Credit: Twitter.com @damiandreas

Pantai dengan air laut yang begitu jernih ini merupakan salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya. Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan termasuk snorkeling. Wisatawan bisa menyewa peralatan snorkeling untuk berenang menikmati pemandangan bawah laut yang tidak kalah cantik.

Daya tarik tambahan dari objek wisata pantai ini adalah adanya bukit karang di dekat pantai. Sebuah jembatan terhubung ke bukit karang tersebut sehingga wisatawan tidak harus turun ke air. Bukit karang ini merupakan salah satu spot terbaik untuk hunting foto dan menikmati pemandangan sunset.

Lokasi: Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

6. Pantai Slili

Pantai Slili

Image Credit: Facebook.com @yayuk.rahayu.148

Yogyakarta memiliki beberapa pantai eksotis yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Slili yang juga terkenal dengan spot snorkeling. Ombak di pantai ini cukup tinggi yang memberikan keindahan tersendiri untuk dinikmati para wisatawan yang datang.

Keindahan pantai ini juga sering dimanfaatkan pasangan muda untuk foto prewedding. Beberapa sisi dari Pantai Slili dihiasi batu-batu karang yang membuat pemandangannya semakin unik. Fasilitasnya pun sudah cukup lengkap mulai dari tempat parkir, warung makan, kamar mandi, gazebo, dan penginapan.

Lokasi: Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

7. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo

Image Credit: Ksmtour.com

Keindahan pantai dan suasananya yang lebih tenang menjadikan Pantai Wediombo cocok sebagai tempat refreshing atau melepas penat. Memiliki pasir putih dengan batuan karang yang bertebaran di beberapa sisi pantai. Laguna alami kadang terbentuk di tengah cerukan batu karang tersebut yang dapat digunakan untuk berenang.

Air lautnya pun terkenal sangat jernih sehingga cocok untuk aktivitas snorkeling. Airnya yang begitu bening membuat pemandangan di dasar laut terlihat begitu jelas. Lokasinya ini juga bisa dipilih untuk Anda yang ingin berburu sunset.

BACA:  21 Tempat Kuliner Malam di Jogja yang Enak & Murah

Lokasi: Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul.

8. Pantai Siung

Pantai Siung

Image Credit: Pantainesia.com

Memiliki pantai yang cukup landai dengan perbukitan karang di sekelilingnya menjadi ciri khas dari Pantai Siung. Pasir pantainya yang putih bersih bisa menjadi tempat yang nyaman untuk Anda bersantai melepas lelah dan penat. Wisatawan juga bisa berenang di sekitar pantai yang memiliki ombak relatif tenang ini.

Sajian panorama alam di sekitar Pantai Siung ini sering dijadikan tempat para fotografer mengambil gambar. Selain pemandangan yang eksotis, Pantai Siung juga terkenal dengan perbukitan karangnya yang sering dijadikan tempat olahraga panjat tebing.

Lokasi: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

9. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Image Credit: Instagram.com @bagas_w_a

Pantai yang sudah terkenal di kalangan traveler muda ini memiliki hamparan pasir pantai yang cukup luas. Tebing-tebing karang mengelilingi area Pantai Sadranan semakin menambah pesona objek wisata ini.

Para pengunjung tidak hanya duduk-duduk di pinggir pantai, tetapi bisa juga mencoba snorkeling. Spot snorkeling di area pantai ini memiliki pemandangan cantik dengan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang berwarna-warni, seperti Ikan neon, ikan buntal, ikan kerapu, morish ido, ikan kepe-kepe, dan botana kuning.

Lokasi: Pulegundes I, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

10. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng

Image Credit: Twitter.com @vickyhariyanti

Pantai dengan pasir putih ini merupakan salah satu pilihan liburan murah meriah saat akhir pekan. Saat berkunjung ke kawasan wisata Pantai Sadeng, wisatawan akan disuguhi dengan suasana pelabuhan Sadeng. Jadi Anda bisa melihat pelelangan ikan yang baru ditangkap oleh nelayan lokal.

Pemandangannya indah dengan batu karang di sekitar pantai. Wisatawan bisa menghabiskan liburan di Pantai Sadeng dengan bersantai di pantai, berenang, atau menikmati hidangan seafood bakar.

Lokasi: Songbanyu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul.

11. Pantai Krakal

Pantai Krakal

Image Credit: Facebook.com @travelokaid

Objek wisata di pesisir selatan Jogja ini menawarkan pesona alam yang begitu indah. Sepanjang bibir pantai, Anda akan disuguhi hamparan pasir putih dengan deburan ombak khas yang cukup besar. Sebagian sisi pantai dihiasi dengan bebatuan karang yang menjadi tempat tinggal bagi beberapa jenis ikan.

Saat air laut surut, Anda bisa menyusuri batuan karang di Pantai Krakal. Beberapa jenis hewan laut seperti kerang, butterfly fish, bintang laut, dan siput laut mungkin bisa dijumpai di balik bebatuan karang tersebut.

BACA:  16 Tempat Wisata di Sleman Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Desa Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

12. Pantai Jogan

Pantai Jogan

Image Credit: Instagram.com @wahyuandhika22

Pantai yang hits ini tidak hanya terkenal di kalangan masyarakat Jogja, tetapi juga traveler dari berbagai daerah lain. Keindahan dan keunikan yang dimiliki Pantai Jogan menarik banyak wisatawan untuk datang. Disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dari laut biru dan pasir putih.

Pemandangan yang cukup unik juga ditemui di Pantai Jogan. Wisatawan dapat melihat sebuah air terjun tepat di sisi pantai. Air terjun setinggi 12 meter tersebut biasanya akan lebih deras saat musim penghujan.

Lokasi: Jl. Pantai Siung, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

13. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

Image Credit: Facebook.com @jogya

Jika Anda mencari pantai cantik dengan ombak yang tidak terlalu besar, Pantai Ngrenehan bisa menjadi pilihannya. Walaupun berada di pesisir selatan yang umumnya memiliki ombak tinggi, Pantai Ngrenehan justru lebih tenang. Pantainya memiliki pasir putih dengan batuan karang yang banyak bertebaran.

Lokasinya cocok untuk hunting foto, piknik, berjemur, atau sekedar bersantai bersama teman-teman. Lokasi pantai ini juga digunakan untuk parkir perahu-perahu nelayan sekitar. Jika datang pagi hari, wisatawan bisa melihat langsung atau ikut mencoba melelang ikan dari nelayan.

Lokasi: Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul.

14. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Image Credit: Instagram.com @radenmas_aan87

Pantai Ngalambor menawarkan pemandangan pantai yang indah dengan ombak dan bebatuan bukit karang di sekelilingnya. Selain di pantai, pemandangan yang tidak kalah indah juga bisa ditemui di bawah lautnya. Tidak heran jika objek wisata ini menjadi salah satu spot snorkeling terbaik di Jogja.

Terumbu karang dengan berbagai spesies masih bisa ditemui di kawasan ini. Cocok untuk dijadikan spot foto underwater, ditambah lagi dengan ikan-ikan cantik yang berenang bebas di sekitar terumbu karang.

Lokasi: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

15. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran

Image Credit: Instagram.com @jogjascenery

Pesona Pantai Ngobaran banyak berhasil membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Lokasinya yang juga dijadikan sebagai tempat peribadatan umat Budha, membuat tempat ini cukup unik. Pintu gerbang dari pantai ini pun dibuat seperti gapura yang banyak ditemui di Bali.

Menariknya lagi, pantai ini juga memiliki masjid yang terbuka menghadap arah pantai. Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Ngobaran untuk berfoto-foto dengan latar belakang dari bangunan-bangunan di sekitarnya. Pemandangan pantainya pun tidak kalah indah terlebih lagi karena dilihat dari ketinggian.

Lokasi: Bedalo, Krambil Sawit, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul.

Itulah daftar tempat wisata pantai yang hits dan terkenal di Wonosari, Gunung Kidul. Deretan pantai tersebut bisa menjadi rekomendasi liburan bersama teman, pasangan, maupun keluarga. Sebagian besar lokasi pantai-pantai ini mudah diakses dari pusat kota Wonosari.