Pantai Sundak salah satu objek wisata yang eksotis di Gunung Kidul, Jogja yang menarik diekplor keindahan alamnya. Pantai berlokasi dekat pantai Indrayanti menawarkan panorama yang memukau, pasir putih yang lembut dan tempat berwisata kuliner.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Sundak merupakan salah satu pantai yang ada di hamparan pasir Gunung Kidul yang begitu populer di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana memang banyak pantai yang berjejeran seolah mengitari kawasan selatan Pulau Jawa. Jika menyusuri sepanjang jalan pinggir laut selatan memang akan mudah dijumpai destinasi wisata yang elok dan memiliki ciri khasnya masing-masing.

Objek yang satu ini sendiri juga cukup indah untuk dikunjungi oleh siapapun yang berencana atau sedang menghabiskan waktu di sana. Lokasinya berdekatan dengan salah satu pantai terkenal yang ada di sana. Sebuah batuan karang yang berukuran jumbo merupakan sekat pemisah alami destinasi tersebut dengan objek yang ada di sampingnya.

Selain adanya karang-karang yang terhampar di sepanjang bibir Pantai Sundak, ada pula fenomena unik yang cukup jarang ditemui di beberapa tempat serupa lainnya. Adanya aliran sungai yang akan muncul beberapa saat dalam satu tahun menjadi alasan tersendiri mengapa ramai pengunjung datang ke sana. Beberapa fasilitas juga tersedia guna menunjang beragam aktivitas pengunjung yang hadir.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sundak

Daya Tarik Pantai Sundak
Image Credit: Twitter.com @ybpoer

Beberapa hal yang bisa ditemukan di Pantai Sundak menjadi alasan mengapa tidak sedikit wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya. Pasirnya yang putih seolah berpadu apik dengan kejernihan air laut yang mengelilingi lokasi itu. Keberadaannya yang tidak sulit dijangkau oleh pengunjung juga menjadi salah satu dari sekian banyak faktornya.

1. Lembutnya Pasir Putih

Pasir yang terdapat di pantai tersebut cukup lembut menyentuh kulit-kulit para wisatawan. Warna pasirnya tidak gelap dan terkesan cerah sehingga membuat pemandangan yang tersaji menjadi lebih mempesona. Pengunjung dapat bermain-main dengan pasirnya yang bisa dibentuk menjadi beragam bentuk ataupun hanya sekadar lempar-lemparan pasir.

Meskipun begitu, perlu diwaspadai keberadaan karang yang seringkali mengganggu. Di sana memang banyak dijumpai kerikil-kerikil yang cukup runcing permukaannya dan tersebar seolah menyembunyikan diri di dalam hamparan pasir. Disarankan agar pengunjung yang hendak mengeksplorasi seluruh wilayahnya menggunakan alas kaki agar aman dari bahaya tersebut.

2. Air Lautnya yang Jernih

Tidak lengkap memang jika mendatangi sebuah pantai namun tidak mencoba air lautnya yang menerjang bibir daratan. Meskipun ombak di sana cukup besar, namun bukan berarti wisatawan tidak bisa menikmati bentangan alam tersebut. Potret yang dihasilkan dari besarnya gelombang air laut yang menerjang menjadi kenampakan unik tersendiri untuk dinikmati.

Air di sana cukup segar ketika menyentuh kulit, terutama kaki yang seringkali terkena gelombangnya yang menyerbu Pantai Sundak. Wisatawan tidak akan kecewa dengan air laut di sana meskipun tidak bisa menjelajahi lebih lanjut lagi seperti halnya di lokasi lainnya.

3. Batuan Karang yang Mengitari Pantai

Sudah lazim diketahui bahwa mengunjungi Pantai Sundak maka akan dijumpai banyak sekali batu karang tersebar. Tidak hanya di sepanjang bibir daratan yang berbatasan langsung dengan lautnya saja, akan tetapi ada satu karang yang sangat besar berada di bagian samping. Inilah yang memisahkan objek tersebut dengan Pantai Indrayati yang cukup dikenal oleh masyarakat.

Pada karang besar yang juga merupakan batuan kapur tersebut, bisa ditemukan sebuah lorong yang membentuk goa mungil. Ini merupakan salah satu hal yang bisa dinikmati di sana meskipun hanya sebagai latar belakang dari beragam potret foto saja. Kalau dilihat dari kejauhan serta sisi yang tepat, maka secara keseluruhan batu tersebut sekilas nampak seperti payung.

Di dalam karang-karang kecil di sana pun juga bisa ditemui beberapa fauna laut yang berukuran kecil. Ada juga bulu babi yang memiliki duri-duri yang cukup runcing sehingga perlu diwaspadai oleh setiap orang yang datang ke sana. Jika beruntung, maka bisa ditemui bintang laut yang bersembunyi di balik beberapa batu.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Sundak
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

4. Muara Sungai Unik pada Musim Penghujan

Setiap musim tersebut pasti debit air yang dialirkan dari beberapa hulu sungai menjadi semakin banyak. Ini menyebabkan aliran air tersebut membludak dan memaksa terbentuknya muara yang langsung menuju ke lautan.

Adanya fenomena ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Sundak karena seolah aliran tersebut membelah area pantai menjadi dua bagian. Oleh sebab itu, beberapa orang menyebut destinasi tersebut sebagai Pantai Wedibedah. Namun, ketika mendekati kemarau, maka muara tersebut akan hilang dan area pasirnya kembali menjadi satu seperti semula.

5. Suasana Asri Nan Teduh di Tepi Pantai

Sisi lain dari pantai tersebut adalah adanya banyak pohon yang tumbuh di pinggir pantai tepat setelah area pasir yang ada di sana. Ini merupakan salah satu pemikat bagi para wisatawan karena hal ini membuat suasana di sana menjadi teduh dan sedikit tidak panas bila dibandingkan dengan tempat-tempat lain pada umumnya.

Selain itu, keberadaan pepohonan tersebut juga menjadi salah satu objek yang membuat jepretan foto yang dihasilkan dari kamera menjadi lebih cantik. Tempat tersebut juga menjadi pilihan untuk menikmati suasana pantai yang nyaman dan melihat berbagai hal terutama ketika momen terbit serta terbenamnya matahari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sundak

Alamat Pantai Sundak
Image Credit: Google Maps (Sany Holic)

Lokasi pasti dari destinasi tersebut yakni ada di daerah Gunung Kidul tepatnya di Kawasan Tepus. Di sana terdapat beberapa pantai yang tergabung dalam area Sidoharjo. Tempat ini bersebelahan persis dengan Pantai Indrayati. Untuk menuju ke sana, maka pengunjung perlu melewati berbagai jalan yang berkelok-kelok.

Rute menuju tempat tersebut cukup mudah, karena hanya perlu mengikuti jalanan saja yang sudah seringkali dilalui oleh orang-orang. Dari pusat Kota Jogjakarta, maka wisatawan perlu mengambil arah selatan dan melewati Jalan Brigjen Katamso dan menuju ke Jalan Imogiri. Jika sudah sampai di sana, maka perlu mengambil Jalan Raya Panggang Wonosari.

Sesampainya di sana, ditemui rangkaian jalan yang memanjang seolah menjadi benteng antara daratan dan juga daerah perairan. Pengunjung hanya perlu melewatinya dan menemukan papan jalan yang menunjukkan arah lokasi Pantai Sundak tersebut.

Total jarak yang perlu dilewati dari pusat provinsi tersebut yakni kurang lebih 60 kilometer. Namun, sesampainya di sana, beragam hal bisa dieksplorasi dan menikmati syahdunya hembusan angin yang menerpa dari arah laut.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Sundak Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Sundak Gunung
Image Credit: Twitter.com @catperku

Untuk bisa memiliki akses di pantai tersebut, maka pengunjung perlu mengeluarkan beberapa biaya. Namun, jangan khawatir karena nominalnya terhitung murah apalagi jika dibandingkan dengan keindahan alam dan berbagai hal yang ada di dalamnya. Pada hari-hari biasa, maka wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja untuk masing-masing individu.

Tarif tersebut bertambah Rp 1.000 pada akhir pekan dan juga hari-hari besar. Jika menggunakan kendaraan pribadi ketika datang ke sana, maka harus mengeluarkan tambahan uang guna membayar tarif parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua.

Pengunjung yang hendak menikmati tempat tersebut hanya dengan berdiam diri di tepian Pantai Sundak dapat menyewa beberapa gazebo yang tersedia. Cukup mengeluarkan kocek maksimal Rp 20.000 saja maka pengunjung bisa menggunakannya sampai puas.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sundak

Aktivitas di Pantai Sundak
Image Credit: Twitter.com @dewirahmat_

1. Menikmati Suasana Pantai

Ini merupakan salah satu hal yang sangat sederhana namun harus dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Sundak. Suasana yang disajikan tempat tersebut sangat menyejukkan hati dan membuat pikiran menjadi lebih jernih lagi setelah penatnya kegiatan sehari-hari. Itulah sebabnya, terdapat banyak gazebo yang ditawarkan untuk dipinjam sementara waktu oleh wisatawan.

Selain itu, seperti penjelasan sebelumnya bahwa area yang banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon juga menjadi salah satu titik yang pas untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Pengunjung juga bisa menunggu sambil berharap mengamati proses matahari terbenam ataupun terbit ketika pagi hari. Hal ini sangat menenangkan hati para wisatawan.

2. Bermain Pasir dan Air

Pasir di sana juga sangat disayangkan jika tidak dinikmati dengan beragam hal bersama teman ataupun kerabat lainnya. Pengunjung bisa saja menuliskan sesuatu yang akhirnya bisa difoto untuk dijadikan kenang-kenangan. Biasanya pengunjung Pantai Sundak akan menuliskan nama ataupun inisial dari orang terkasih mereka dan membuat jepretan apik berlatarkan pemandangan pantai.

Air laut di sana juga bisa dinikmati oleh pengunjung meskipun secara terbatas. Tidak diperkenankan untuk jauh menyusuri area perairannya karena memang gelombang lautnya cukup besar. Itulah sebabnya bisa dilihat satupun perahu atau orang-orang yang mencoba melaut menangkap ikan dari pantai yang satu ini.

Pengunjung dapat menikmati sejuknya air laut cukup dengan merendamkan kaki di area air lautnya. Selain itu, bermain perang-perangan air juga bisa dilakukan terutama bila mengajak anak kecil ketika berekreasi di pantai tersebut.

Aktivitas Menarik di Pantai Sundak
Image Credit: Google Maps (Fendi Bn)

3. Berpotret Mengabadikan Momen

Aktivitas ini tentu menjadi kewajiban tersendiri tatkala berkunjung ke berbagai destinasi wisata, tak terkecuali Pantai Sundak. Hal ini dikarenakan pantai tersebut memberikan sebuah lanskap apik dari gabungan berbagai bentangan alam. Hamparan pasir dan wilayah airnya menyatu apik dengan karang-karang besar serta pepohonan yang tumbuh rindang di pinggirannya.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Sundak

Penginapan Terdekat Pantai Sundak
Image Credit: Agoda.com

1. Radika Paradise Villa & Cottage

Ini merupakan salah satu penginapan terdekat dari destinasi tersebut dan menawarkan harga yang terbilang murah, yakni berkisar pada nominal Rp 300.000 saja. Ada jaringan wifi, restoran, kamar ber-AC, hingga area parkir yang memadai bagi semua tamunya.

2. Limasan Mbah Darmo

Dengan harga yang lebih murah dari tempat sebelumnya, tempat inap ini memberikan para tamunya ruangan ber-AC dan berbagai fasilitas lain seperti tempat parkir yang cukup luas. Lokasinya hanya berjarak kurang lebih 2 kilometer dari lokasi wisata.

3. The Royal Joglo

Hampir sama tarif bermalamnya dengan tempat-tempat sebelumnya, hotel ini juga memberikan beragam hal yang bisa dinikmati oleh pengunjung diantaranya yaitu AC, jaringan wifi, dan fasilitas antar-jemput dari bandara.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sundak Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Sundak Gunung
Image Credit: Googlge Maps (Satriyo Waskito)

Beberapa fasilitas disediakan oleh pengelola pantai itu, salah satunya yaitu area parkir yang cukup memadai bagi seluruh pengunjung. Tidak perlu khawatir untuk melakukan ibadah terutama bagi wisatawan muslim karena ada juga mushola dan tempat-tempat yang dibuat khusus untuk sembahyang. Ada juga toilet yang serta kamar ganti di tempat tersebut.

Berkunjung ke Kabupaten Gunung Kidul memang menjadi tujuan tersendiri bagi masyarakat yang berwisata di Yogyakarta. Banyaknya pantai memang menjadi alasan khusus mengapa mereka melakukan hal itu. Pantai Sundak menjadi salah satu destinasi yang cukup direkomendasikan ketika berada di kawasan tersebut.