Panorama laut yang indah di Balik Tebing Besar menjadikan Pantai Siung sebagai objek wisata populer di Gunung Kidul.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Siung adalah salah satu destinasi wisata alam yang populer di wilayah Gunung Kidul. Keindahan alam yang disajikan oleh pantai yang satu ini terbilang cukup mempesona siapa pun yang melihatnya. Oleh sebab itu, saat datang ke pantai ini maka akan sangat cocok apabila Anda mengajak serta keluarga ataupun teman tercinta. Dijamin hal itu akan membuat liburan Anda terasa lebih seru.

Tidak hanya indah saja, melainkan pemandangan alam yang ada di pantai ini juga sangat unik. Banyak sekali spot yang tidak ditawarkan oleh tempat wisata lainnya. Oleh karena itu, tidak heran apabila pantai yang satu ini mampu membuat banyak turis lokal maupun mancanegara jauh-jauh ingin berlibur di pantai ini. Sehingga, kawasan Gunung Kidul juga semakin dikenal luas oleh masyarakat.

Bagi pecinta wisata alam, Anda akan sangat rugi apabila belum pernah sekalipun untuk mencoba menghabiskan waktu liburan di pantai ini. Oleh karena itu, segera rencanakan untuk mengunjungi pantai yang satu ini. Namun, sebelum berkunjung sebaiknya mengetahui berbagai informasi tentang pantai tersebut. Berikut ini berbagai macam informasi yang berkaitan dengan tempat wisata Pantai Siung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Siung

Daya Tarik Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (Toni Ambarukmo)

1. Batu Karang Raksasa

Selama menghabiskan waktu di pantai ini, pengunjung akan melihat batu karang dengan ukuran raksasa dan jumlahnya terbilang banyak. Letak dari batu karang raksasa ini tersebar di sebelah Timur dan Barat pantai. Adanya batu karang tersebut bahkan telah menjadi ciri khas dari pantai yang satu ini. Adanya batu karang ini juga membawa makna mengenai asal dari nama pantai tersebut.

Menurut tokoh sekitar, bentuk dari batu karang raksasa tersebut mirip dengan suing wanara atau gigi kera. Oleh sebab itu, tempat ini disebut dengan Pantai Siung. Bukan hanya itu, apabila beruntung Anda dapat melihat beberapa kera dengan ekor yang panjang berkeliaran di sekitaran pantai. Kera-kera tersebut semakin lama juga semakin langka dan mereka hanya muncul apabila suasana pantai sepi.

2. Habitat Penyu

Pantai yang satu ini merupakan habitat dari satwa yang dilindungi yaitu penyu. Pengunjung pun bisa melihat dan memberikan makan kepada penyu yang ada di sana. akan tetapi, pengunjung juga dihimbau agar tidak merusak ekosistem dan habitat dari penyu tersebut. Dikarenakan hewan tersebut memanglah sangat dilestarikan.

3. Sunset

Salah satu daya tarik yang tidak boleh dilewatkan saat Anda mengunjungi pantai yang satu ini yaitu pemandangan matahari tenggelamnya. Momen tersebut dapat Anda nikmati pada sore hari sebelum kembali pulang ke rumah. Suasana romantis juga akan sangat terasa saat saat melihat matahari tenggelam di sini. Oleh sebab itu, ajaklah pasangan Anda untuk menikmati momen ini bersama.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (Nur H)

4. Pasir Pantai

Pasir yang ditawarkan oleh pantai yang satu ini merupakan pasir putih yang sangat cantik. Pasir ini juga begitu menggoda untuk dijadikan media dalam menuangkan kreativitas dan ide-ide baru. Anda bisa membentuk berbagai replika bangunan dengan pasir putih tersebut. Apalagi, jika Anda mengajak anak kecil untuk bermain pasir. Pasti mereka akan merasa sangat senang.

5. Tebing

Tebing yang menjulang tinggi merupakan salah satu keunikan yang dimiliki oleh tempat wisata Pantai Siung ini. Tebing ini terletak di sisi bagian kiri dari pantai tersebut. Tebing ini pertama kali populer karena dulu sering dipakai sebagai wahana panjat tebing bagi pecinta alam dari Jepang. Akhirnya, pemerintah daerah setempat pun mulai menyadari potensi yang dimiliki oleh tebing ini.

Oleh karena itu, pemerintah setempat mulai mengembangkan potensi ini dengan membangun satu jalur yang bentuknya menyerupai jembatan. Jalur ini yang berguna untuk membawa pengunjung menuju atas ke puncak tebing. Nah, dari atas tebing tersebut Anda dapat menikmati pemandangan pantai di bawah yang sangat luar biasa indahnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Siung

Alamat Pantai Siung
Image Credit: Facebook.com @Cream-Hurin-In-Pak-Haji

Lokasi dari pantai yang satu ini terbilang bagus serta mudah untuk dijangkau oleh pengunjung. Pantai Siung berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Lebih tepatnya lagi di Duwet, Purwodadi, Tepus. Walaupun sudah mudah untuk dijangkau, namun tetap saja akan ada jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun.

Apabila Anda melakukan perjalanan yang dimulai dari pusat o kilometer Kota Yogyakarta menuju ke arah Timur melalui Jalan Panembahan Senopati, lalu lurus terus hingga menuju ke Jalan Raya Jogja. Setelah itu, lurus lagi hingga melalui Jalan Kusumanegara. Apabila tiba di perempatan, beloklah kea rah Selatan melalui Jalan Gedong Kuning hingga ke perempatan selanjutnya.

Beloklah ke arah Timur menuju ke Jalan Wonosari dan lurus terus mengikuti jalanan tersebut. Setelah melalui Jalan Jogja-Wonosari, luruslah terus hingga ke perempatan lagi dan belok ke Selatan menuju Jalan Kyai Legi. Kemudian melewati Jalan Terpus dan Jalan Pantai Sel Jawa. Ikutilah jalan tersebut, maka Anda akan tiba di pantai yang satu ini.

Pantai ini dengan pusat Kota Yogyakarta memiliki jarak yang terbilang lumayan jauh, yaitu kurang lebih 72,1 km. Apabila mengendarai kendaraan bermotor, maka jarak tersebut bisa Anda tempuh dengan menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam 5 menitan. Anda juga bisa menggunakan peta navigasi yang ada pada smartphone untuk mengantisipasi tersesat di tengah jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Siung Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Siung
Image Credit: Facebook.com @sun.tersenyum

Untuk bisa menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan di pantai ini, maka pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena harga tiket masuk yang dipatok tidak akan membuat kantong Anda kering. Untuk satu orang pengunjung, maka akan dikenakan tiket masuk dengan harga 10 ribu rupiah saja.

Harga ini juga sudah mencakup biaya retribusi untu 2 pantai lainnya yaitu Pantai Nglambor dan Pantai Jogan. Selain itu, pengunjung juga akan dikenakan biaya lain untuk parkir apabila membawa kendaraan pribadi seperti bus, mobil dan motor. Untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif parkir sebesar 2 ribu rupiah. Sedangkan, untuk mobil sebesar 5 ribu rupiah dan bus sebesar 10 ribu rupiah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Siung

Kegiatan Menarik di Pantai Siung
Image Credit: Instagram.com @mboci_frs17

1. Memancing

Di Pantai Siung ini ada beberapa spot yang sangat cocok apabila digunakan untuk melakukan kegiatan memancing. Ada dapat bertanya mengenai spot untuk memancing tersebut kepada beberapa warga yang ada di sana. Setelah mendapatkan ikan, Anda bisa membakar dan menyantapnya langsung di pantai ini. Hal itu akan membuat rasa ikan bakar semakin terasa lezat.

2. Berenang

Di sini ada sebuah kolam alami yang bisa sebagai tempat untuk berenang karena bebas dari karang-karang. Kolam ini terbentuk oleh gugusan air dan karang yang hadir akibat ombak yang datang. Kolam yang satu ini memiliki kedalaman sekitar 1 m dan airnya sedikit hijau karena banyak lumut yang menempel pada karang. Kolamnya pun lumayan luas dan dapat menampung sekitar 10 orang.

Kegiatan di Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (Safii Sanma)

3. Berfoto Ria

Keeksotisan alam yang ada di pantai ini sangat sayang apabila Anda lewatkan begitu saja. Sehingga, Anda harus mengabadikan setiap momen yang dihabiskan di pantai ini dengan cara memotret. Dijamin hasil dari potretan Anda akan tampak sangat estetik. Pengunjung juga diperbolehkan untuk melakukan sesi foto prewedding dengan pemandangan alam yang sangat indah di pantai ini.

4. Berkemah

Apabila ingin merasakan udara malam di pantai ini, Anda bisa mendirikan tenda pada kawasan kemah yang ada di balik batu karang besar. suasana malam yang ada di pantai ini sepi dan damai. Apalagi akan lebih santai lagi jika ditemani oleh api unggun untuk menghangatkan badan Anda. Siapkan pula beberapa makanan untuk menemani kegiatan kemah Anda supaya lebih menyenangkan.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat Pantai
Image Credit: Tiket.com

1. Penginapan Bob Home

Penginapan yang terdekat dengan pantai populer di Gunung Kidul ini yaitu Bob Home. Anda sudah bisa menginap di sini dengan membayar mulai 226 ribu rupiah untuk satu malamnya. Fasilitas yang ditawarkan oleh penginapan ini antara lain AC, akses ke pantai, tempat parkir, room service, dan masih banyak lagi lainnya. Berbagai macam fasilitas tersebut tentu mampu memanjakan pengunjung di sana.

2. Hotel Kukuh Indah

Saat berwisata ke Pantai Siung, Anda bisa menginap di Hotel Kukuh Indah ini. Harganya pun cukup murah, yaitu sekitar 115 ribu rupiah untuk satu malamnya. Fasilitas yang bisa didapatkan seperti tempat parkir gratis, wifi gratis, akses ke pantai, AC, room service, dan lain-lain. Tak heran apabila banyak turis loka maupun asing yang memilih untuk menginap di hotel yang satu ini.

3. Penginapan Putra Darma

Selanjutnya, Anda juga bisa menginap di Penginapan Putra Darma ini. Fasilitas yang ada di sini juga tidak kalah dengan penginapan lainnya. Misalnya saja seperti tempat parkir gratis, akses ke pantai, AC, resepsionis, room service, dan lain-lain. Binatang peliharaan milik pengunjung pun diizinkan dibawa masuk ke sini. Harga untuk satu malamnya mulai dari 240 ribu rupiah saja.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Siung Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (Febrian Fadila Rizky)

Seiring dengan semakin populernya tempat wisata Pantai Siung ini membuat banyak investor yang sudah menanamkan sejumlah modal guna mengembangkan pembangunan di sana. oleh karena itu, fasilitas yang ada di pantai ini juga semakin lengkap dan memadai. Hal ini juga sangat berpengaruh dengan kenyamanan dan keamanan pengunjung saat berlibur di pantai yang satu ini.

Fasilitas berupa mushola sudah dibangun di area pantai ini. Sehingga, pengunjung muslim bisa menjalankan ibadahnya tanpa harus bingung mencari tempat yang tepat. Selain itu, juga sudah disediakan fasilitas berupa toilet umum. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kebersihannya karena toilet umum di pantai ini selalu dirawat dan dikelola dengan baik.

Rumah makan pun sudah bisa Anda temukan di sekitaran area pantai. Berbagai macam kuliner yang menggugah selera juga dijual dengan harga yang variatif. Oleh karena itu, Anda tidak harus repot-repot membawa bekal dari rumah. Fasilitas lain yang juga ada di pantai ini seperti pendopo, lahan parkir, dan toko oleh-oleh.

Nah, itulah berbagai macam informasi yang membahas tentang tempat wisata Pantai Siung yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika berada di Gunung Kidul, mampirlah untuk menikmati keindahan alam dari pantai yang satu ini.