Memiliki julukan ‘surga yang tersembunyi’, Pantai Greweng ini menyuguhkan keindahan yang masih alami. Selain itu, banyak kegiatan menarik yang dapat anda lakukan di pantai tersebut.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Keindahan pantai yang dikelilingi oleh tebing batu ini menjadikan lokasi tersebut tampak seperti surga tersembunyi yang banyak menawarkan keindahan alam. Berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta, Pantai Greweng ini menjadi lokasi favorit untuk para pemancing ikan air asin.

Selain spot tebing yang menjadi tempat berpijak untuk memancing, hal ekstrem lainnya pun dapat dirasakan oleh pemancing saat berdiri ditepian tebingnya. Tidak hanya itu, keindahan pantai yang disajikan pun tak kalah indah dengan pantai yang berada di kepulauan timur Indonesia.

Apalagi suasana pantai yang terlihat lebih sepi, wisatawan yang berkunjung pun serasa berada di pantai pribadi. Jika anda tertarik untuk mendatangi lokasi wisata pantai tersebut, berikut ini ada beberapa informasinya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Greweng

Daya Tarik Pantai Greweng
Image Credit: Twitter.com @travellerkaskus

1. Terdapat Goa Mistis

Goa sempit yang berada di salah satu sisi tebing dari Pantai Greweng ini, memiliki cerita mistis yang dapat membuat bulu kuduk anda berdiri. Konon dulunya, goa tersebut pernah digunakan tempat untuk bertapa oleh presiden pertama RI, yakni Soekarno.

Selain itu, di area dalam goa tersebut sering muncul pasar gaib yang hanya dapat dilihat oleh orang tertentu saja. Bahkan wisatawan yang sedang melakukan kegiatan mendaki atau tracking, saat melewati goa sering mendapat gangguan suara dari pasar gaib tersebut.

Mulut goa yang terlihat sempit ini, hanya dapat dilalui oleh satu orang saja. Tidak hanya itu, batuan karang tajam yang berada di setiap dinding goa dapat menggoreskan luka di badan anda jika tidak berhati-hati.

2. Suasana Sepi Layaknya Pantai Pribadi

Berada di antara dua tebing batu kapur yang berukuran cukup tinggi, membuat pantai ini seperti surga tersembunyi yang dimiliki oleh Gunung Kidul. Hamparan pasir putih yang memenuhi bibir pantainya, akan terlihat berkilau saat terkena paparan sinar matahari.

Lokasinya yang tersembunyi ini menjadikan Pantai Greweng memiliki suasana yang sepi dan cocok bagi anda yang sedang mencari ketenangan. Wisatawan yang berkunjung pun tidak lebih dari 50 orang setiap harinya, karena memang nama pantai ini belum terlalu populer.

Walaupun begitu, sebagian wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, tertarik akan suasananya yang lebih sepi dan terbilang jauh dari keramaian itu. Bagi anda yang ingin menenangkan pikiran sejenak dengan menikmati keindahan dari pantai ini, maka mampir sebentar ke bagian sisi selatan Yogyakarta.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Greweng

Alamat Pantai Greweng
Image Credit: Google Maps (Muhamad Faisol)

Lokasi pantai ini berada di daerah Girisubo, yang lebih tepatnya terletak di Jalan Pendowo. Tempatnya yang berdekatan dengan lokasi wisata lain, menjadikan rute perjalanan yang harus anda tempuh pun tidak terlalu sulit. Dengan total perjalanan dari arah pusat kota yang berjarak 75 km.

Dari arah kota, kendaraan anda akan menuju Jalan Wonosari yang dapat anda lewati dengan melalui Jalan Piyungan. Kondisi jalan setelah memasuki kawasan Wonosari pun akan menanjak, tak jarang tikungan di beberapa titik memiliki ketajaman yang cukup mengerikan.

Namun jalanan ekstrem tersebut tidak akan membuat rasa takut anda muncul, karena pemandangan hutan di setiap perjalanannya akan membuat anda lebih rileks. Setelah menemukan pertigaan yang menunjukkan arah Tepus, ambil kiri dengan memasuki jalan yang berukuran lebih kecil.

Selama di perjalanan melewati daerah Tepus, jangan sungkan untuk bertanya jalan menuju wisata Pantai Greweng kepada masyarakat sekitar. Karena dalam perjalanan ini akan banyak anda temukan persimpangan yang menuju kawasan wisata pantai lain.

Setelah sampai di wisata Pantai Wediombo, kendaraan anda harus berhenti di lokasi tersebut. Perjalanan selanjutnya harus ditempuh dengan berjalan kaki, jarak tempuh dari parkir kendaraan menuju pantainya pun cukup jauh, yakni sekitar 2 hingga 3 km.

Melewati jalanan setapak yang hanya ada satu untuk menuju kawasan pantainya, anda dapat menemui beberapa ladang milik warga setempat. Beberapa batuan kapur yang memiliki ukuran bervariasi ini, akan menemani setiap perjalanan anda untuk sampai di lokasi pantai tersebut.

Perjalanan tracking selama 15-20 menit ini akan terbayar dengan keindahan pantai yang mampu menyihir setiap mata yang memandangnya. Sesampainya di lokasi pantai, anda dapat beristirahat dan membasuh wajah dengan air yang mengalir dari mata air dekat tebing sisi barat pantai tersebut.

Wisatawan yang berkunjung di pantai ini akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 5.000 untuk setiap orangnya. Harga tersebut tidak berubah saat weekend, dimana biasanya wisatawan yang berkunjung akan lebih banyak dari hari-hari biasa. Tentu harga tersebut tidak akan membuat kering isi dompet anda.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Greweng

Kegiatan di Pantai Greweng
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja285)

1. Camping

Kegiatan menarik seperti camping atau berkemah ini dapat anda lakukan saat mengunjungi wisata Pantai Greweng. Bibir pantainya yang landai dan tidak terlalu jauh dengan air laut, membuat lokasi tersebut cocok untuk mendirikan sebuah tenda.

Namun yang perlu diingat sebelum camping di kawasan pantai tersebut, pilih tempat yang jauh dari tebing, karena dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Dan untuk peralatan serta kebutuhan camping, anda harus membawanya sendiri dari rumah.

Camping di kawasan pantai akan menjadi pengalaman baru bagi anda, angin laut yang berhembus saat malam hari pun akan menambah hawa dingin. Hal lain yang perlu diingat adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dengan cara membawa pulang kembali sampah selama camping.

2. Bermain Air dan Pasir

Berkunjung di Pantai Greweng tidak lengkap rasanya jika tak bermain air lautnya yang dingin dan terasa segar saat terkena tubuh. Berhadapan langsung dengan samudra Hindia, membuat ombak di sekitar pantai tersebut terbilang cukup besar.

Namun wisatawan masih diijinkan untuk bermain air pantainya, karena batu karang yang berada di kawasan pantai tersebut dapat memecah ombak tinggi. Keseruan saat bermain air pun dapat anda rasakan, apalagi jika melakukannya bersama teman atau keluarga.

Tidak hanya itu, wisatawan yang malas untuk menyentuh air laut dapat bermain pasir di sekitar bibir pantainya. Dengan membuat istana pasir atau menguburkan setengah dari tubuh anda di pasir pantai, akan menjadi hal baru yang dapat anda lakukan di pantai tersebut.

Kegiatan Dilakukan di Pantai Greweng
Image Credit: Instagram.com @dedyhgl

3. Rekreasi Bersama Keluarga

Jika anda mengunjungi pantai ini bersama keluarga, maka rekreasi menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi kegiatan anda dan keluarga selama di kawasan pantai. Camilan dan makanan lainnya perlu anda siapkan terlebih dahulu sebelum berniat berekreasi di pantai tersebut.

Anda bisa memilih tempat yang teduh di lokasi pantai, akan ada banyak pohon khas pantai Gunung Kidul yang bisa menangkal panasnya sinar matahari. Menggunakan kain atau karpet khusus untuk tanah berpasir, anda beserta keluarga bisa duduk santai sambil menikmati suasana pantai.

Semilir angin dari arah laut dapat membuat pikiran anda menjadi lebih rileks, terlebih dengan suara deburan ombak yang terdengar seperti musik dari alam. Menghabiskan waktu seharian penuh pun tidak akan terasa karena terlalu asik bercanda tawa bersama keluarga tercinta.

4. Memancing di Batuan Tebing

Kegiatan yang membutuhkan kesabaran ini memang digemari oleh banyak orang, apalagi saat banyak waktu senggang atau hari libur telah tiba. Namun selain kesabaran, jika anda memilih Pantai Greweng sebagai spot untuk memancing, maka siapkan mental anda dengan baik.

Tebing berbatu di kawasan pantai tersebut menjadi spot favorit untuk memancing. Banyak pemancing yang rela datang dari jauh hanya untuk merasakan mendapatkan ikan dari tempat yang terbilang cukup ekstrem. Jenis ikan yang biasa didapatkan pun cukup beragam.

Deburan ombak yang terpecah oleh batuan karang dibawah tebing, sebagian akan mengenai tubuh, yang mana akan membuat basah baju yang anda kenakan. Adrenalin pun semakin tertantang tak kala umpan dimakan oleh ikan, tarikan kuat dari ikan tersebut dapat menarik anda jika tidak ahli dalam memancing.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat
Image Credit: Agoda.com

1. Joglo Wediombo Cottage and Resto

Berjarak 1,4 dari lokasi pantainya, penginapan sekaligus restoran ini dapat anda pilih sebagai tempat bermalam untuk anda yang berlibur bersama keluarga. Tipe kamar yang ditawarkan bagi para tamu memiliki desain minimalis dengan ruangan yang cukup rapi di setiap sudutnya.

Fasilitas tiap kamarnya pun tercilang cukup lengkap, dimana terdapat kamar mandi dan televisi untuk menonton siaran langsung. Selain itu, di halaman depan dari penginapan ini, sebuah joglo berukuran cukup luas tersedia untuk menyelenggarakan beberapa acara.

2. Widya Loka Guest House

Mempunyai kamar yang nyaman dengan televisi dan kipas angin tempel, membuat penginapan Widya Loka Guest menjadi banyak pilihan wisatawan Pantai Greweng. Jarak dari wisata pantainya pun cukup dekat, dan hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 menit saja.

Pemandangan keindahan pantai menjadi primadona penginapan ini. Tidak hanya itu, lahan parkir yang luas tersedia untuk kendaraan pribadi para tamu penginapan.

3. Limasan Bangsal Endah

Keunikan dari penginapan satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu yang menginap. Pemilihan tema kamar dengan bangunan menyerupai rumah papan yang berada di Kalimantan, membuat hal tersebut banyak menarik perhatian tamu yang berkunjung.

Harga sewa kamarnya pun dibandrol cukup murah, dimana tidak lebih dari Rp 100.000 anda sudah mendapat satu kamar sederhana dengan beberapa fasilitas didalamnya. Lokasinya yang berada di pedesaan, membuat suasana sekitar penginapan terlihat lebih asri dan sejuk.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Greweng Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Greweng
Image Credit: Twitter.com @hondaistimewaid

Fasilitas umum seperti toilet dan tempat untuk berganti pakaian dapat anda temukan di lokasi wisata Pantai Greweng ini. Walaupun jarak parkir kendaraan dengan pantai terbilang cukup jauh, namun hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri untuk dapat menikmati keindahan pantai tersebut.

Selain itu, beberapa warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan bisa anda temukan di pintu masuk kawasan pantai. Fasilitas lain seperti mushola atau rumah makan memang belum tersedia di pantai ini. Hal tersebut masih menjadi PR bagi pemerintah setempat untuk dapat menunjang potensi wisata di daerah tersebut.

Itulah informasi mengenai pantai yang berjuluk ‘surga tersembunyi’ di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Jadi apakah anda sudah siap berlibur dengan menikmati keindahan dan melakukan banyak kegiatan menarik lainnya di Pantai Greweng ini?