Biaya Wisata: Mulai Rp 30.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Mandeh, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Sumatra Barat dikenal mempunyai pemandangan alam yang sangat asri dan juga beragam selain kuliner serta mallnya. Salah satunya ada Pulau Mandeh di Padang dengan keindahan alamnya yang dapat menarik pengunjung untuk datang ke tempatnya.

Di pulau ini Anda akan sering melihat banyaknya perahu mesin yang berlalu lalang melintas di pantai sambil mengangkut penumpang yang akan berkunjung ke pulau tersebut. Bahkan ada yang beroperasi untuk mencari ikan ditengah laut, karena mayoritas penduduk di area pantai tersebut bekerja sebagai nelayan.

Menariknya lagi di Pulau Mandeh juga membuat Anda merasa tenang karena letaknya yang dikelilingi lautan dan untuk sampai disini harus menggunakan jasa perahu. Sehingga cocok sekali dijadikan tempat untuk berlibur bersama keluarga hingga teman.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Pulau Mandeh

Daya Tarik Pulau Mandeh
Image Credit: Google Maps Wisata Pulau Mandeh

1. Jauh dari Keramaian

Daya tarik yang pertama yaitu jauh dari keramaian sehingga sesuai dengan Anda yang suka sepi. Karena suasana sepi yang tercipta dapat menimbulkan pikiran tenang dan santai sejenak setelah melakukan kegiatan yang melelahkan.

2. Mempunyai Pasir yang Halus

Pasir di pantai ini sangat cantik apalagi jika dilihat dari atas menggunakan drone akan nampak pasir putih yang sangat halus nan indah. Tidak ada batu maupun karang yang menghalangi langkah kaki oleh sebab itu aman ketika kita berjalan di pinggiran pantai tanpa menggunakan alas kaki.

3. Banyak Tumbuhan Hijau

Tumbuhan yang ada di Pulau Mandeh ini beragam sehingga dapat dijadikan sebagai tempat untuk mencuci mata agar lebih fresh lagi serta dapat menciptakan kondisi yang sejuk ketika siang hari jika Anda berada dibawahnya.

4. Air yang Jernih

Air di pantai ini sangat jernih sehingga Anda dapat melihat beragam tumbuhan serta ikan yang ada di perairan tersebut dari atas permukaan laut ketika sedang naik perahunya atau bahkan menggunakan kamera yang bisa terbang atau drone.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Mandeh
Image Credit: Instagram Minang Sedunia

Lokasi ini bisa Anda jumpai ketika berada di Sumatra Barat khususnya di wilayah pesisir selatan untuk lebih tepatnya berada di Koto XI Tarusan. Jika masih bingung dapat menggunakan maps ya ag ar lebih mudah. Bisa juga memanfaatkan papan tulisan yang terpampang di pinggiran jalan.

Rute yang bisa ditempuh ketika ingin berlibur ke Pulau Mandeh Padang yaitu pertama Anda harus melewati jalan Piai Tengah ikuti terus hingga sampai di jalan Dr Sutomo lalu lanjutkan perjalanan hingga bundaran dan pilihlah jalan sisingamaharaja. Setelah itu belok kiri ke jalan Dr Wahidin teruskan hingga di jalan Ganting.

Kemudian lewati juga jalan Arif Rahman Hakim dan belok kanan menuju jalan Kp Nias V hingga menemukan gereja dipinggiran jalan Anda dapat memilih belokan tersebut. Dari situ membutuhkan jarak beberapa meter saja untuk sampai di lokasi tujuan. Waktu tempuh yang Anda butuhkan untuk sampai di lokasi lumayan memakan waktu yaitu sekitaran 2 jam. Dengan jarak kurang lebih 56 km.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Mandeh

Biaya Wisata ke Pulau Mandeh
Image Credit: Twitter Harian Haluan

Untuk berkunjung ke pulau ini jika Anda berasal dari kota Padang maka bisa menggunakan bis ataupan kendaraan pribadi agar lebih murah karena cukup mengeluarkan biaya untuk mengisi penuh bahan bakarnya paling sekitaran 30.000 saja. Parkirkan juga kendaraan Anda di tempat parkir yang telah disediakan. Terkadang biayanya sebesar 2.000 untuk sepeda motor.

Sedangkan mobil akan dikenai biaya sebesar 5.000 rupiah. Habis itu gunakanlah jasa perahu mesin yang terparkir di pinggiran pelabuhan. Harga biasanya yaitu sekitaran 300.000 sampai 600.000 untuk diantarkan sampai di lokasi tujuan. Tetapi harga tersebut akan lebih murah lagi jika digunakan oleh banyak penumpang sehingga bisa mengirit budget pengeluaran.

Oleh sebab itu banyak sekali yang datang ke Pulau Mandeh ini dengan mengajak rombongan seperti teman ataupun saudara. Sehingga liburanmu juga akan menyenangkan karena berdatangan secara ramai-ramai serta nampak kompak.

Untuk masuk kedalam objek wisata ini Anda tidak akan dikenai biaya sepeserpun alias Cuma-Cuma. Namun Anda akan dikenai biaya dalam menggunakan permainannya seperti motor boat sebesar 150.000 ribu ataupun menyewa alat yang digunakan untuk snorkling sekitar 50.000 ribu saja. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu ya jadi ayo buruan datang ke wisata ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Mandeh

Aktivitas Menarik di Pulau Mandeh
Image Credit: Google Maps Tour Wisata Pulau Sumbar

1. Bermain Kano

Kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan yaitu bermain kano. Permainan ini seperti berjalan di atas air dengan menggunakan kapal yang didayung namun uniknya di objek wisata ini bentuk kapalnya sangat cantik dan lebih kecil serta untuk menjalankannya dibutuhkan orang untuk mendorong di belakangnya.

2. Bermain Air

Selanjutnya karena Pulau Mandeh dikelilingi oleh perairan yang luas maka Anda bisa menikmati bermain air disini ya. Tentunya sangat aman karena kedalaman laut dipinggirnya lumayan dangkal serta bersih sehingga tidak akan mempengaruhi ksehatan kulit Anda.

3. Bermain Wide Boarding

Permainan wide boarding ini cukup ekstrim hingga dapat membuat jantungmu berdetak kencang. Jadi yang punya penyakit jantung sebaiknya tidak mencobanya ya. Karena dalam mengoperasikannya Anda akan ditarik oleh motor boat dan dibawa ke tengah lautan.

Tetapi jangan khawatir walaupun terjatuh masih aman karena berada di air dan sebagai pengamannya Anda juga harus menggunakan pelampung agar yang tidak bisa berenang tidak tenggelam.

4. Meluncur dari Atas Tebing

Kegiatan selanjutnya yang juga lumayan ekstrim yaitu meluncur dari atas tebing. Disini sudah disediakan berbagai ukuran ketinggian tebing untuk memulai terjunnya. Yang terendah setinggi 5 meter saja dari bawah laut sehingga aman untuk yang takut ketinggian khususnya perempuan.

Namun Jika ingin lebih menantang lagi maka bisa menggunakan jalur tebing dengan ketinggian 15 meter dari permukaan air ya. Biasanya yang menggunakan ini kebanyakan laki-laki karena nyali mereka lebih tinggi serta tidak takut dengan ketinggian. Air disini juga sangat dingin sehingga mampu menyegarkan badan setelah berkeringat ketika melakukan perjalanan.

5. Berenang

Berenang di objek wisata ini menjadi hal yang wajib dilakukan karena air disini mempunyai warna yang indah dan juga bening. Saat berencana berenang di tempat ini sebaiknya membawa baju ganti agar dapat dipakai ketika sudah selesai.

Aktivitas di Pulau Mandeh
Image Credit: Google Maps Wisata Pulau Mandeh

6. Befoto dengan Keindahan Alamnya

Pemandangan di Pulau Mandeh Padang ini sangat indah dan terlihat alami. Oleh karena itu sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai tempat berfoto yang menghasilkan karya intagenic dan kekinian.

7. Snorkling

Kegiatan yang tidak boleh Anda lupakan yaitu bermain snorkling. Karena di bawah permukaan laut wisata ini menyuguhkan banyak sekali pemandangan yang indah seperti adanya ikan karang dengan warna yang cantik dan juga terumbu karangnya yang tumbuh subur dapat memanjakan mata Anda ya. Peralatan snorkling ini dapat Anda sewa di sekitar tempat wisata tersebut jadi tidak perlu repot membawa dari rumah.

8. Memancing

Selanjutnya Anda juga dapat memancing ikan di Pulau Mandeh. Agar mendapatkan tangkapan yang lumayan banyak Anda bisa bergabung dengan warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Supaya diajak ke tengah laut jika beruntung.

9. Berkemah

Ingin berlibur ditempat yang sepi supaya tidak stress mendengar kebisingan. Tempat ini sangat tepat sekali untuk dijadikan pilihan ya. Karena letak pulau ini berada di sekitaran perairan serta tidak berpenghuni. Jadi sesuai dengan keadaan Anda yang tidak suka ramai dan jika ingin bermalam juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah.

Sehingga Anda dapat menikmati keindahan alamnya ketika malam hari dengan bebas hingga puas. Seperti ditemaninya suara burung yang berkicau dengan merdu, hembusan angin kencang sampai membuat pohon disekitar bergoyang. Serta suara jangkrik maupun hewan lainnya hingga keindahan pantainya juga. Hal tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

10. Menikmati Sunrise dan Juga Sunset

Sebaiknya datang ke Pulau Mandeh saat pagi hari agar Anda dapat mencoba semua wahana sampai sore hari dan menikmati pemandangan sunrise hingga sunsetnya yang indah. Bermalam disini juga sangat disarankan untuk beristirahat karena telah melakukan perjalanan yang jauh serta merasakan banyak permainan hingga membuatmu lelah.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Terdekat Pulau Mandeh
Image Credit: Google Maps HERU HAKIMI

1. Penginapan Bunda Mandiri

Penginapan yang letaknya dekat dengan objek wisata pertama ada penginapan Bunda Mandiri. Tempat ini sangat nyaman dan juga aman serta fasilitas yang disediakan juga lengkap seperti kamar dengan ukuran kasur yang sangat besar, kamar mandi, AC, tempat parkir, wifi dan juga layanan resepsionis yang ramah serta buka 24 jam. Harga yang dikenakan juga sangat terjangkau.

2. Kapo-Kapo Beach Cottage

Penginapan ini dapat disewa dengan harga yang murah. Apalagi fasilitas yang disediakan juga memadai seperti terdapatnya restoran dan juga tempat parkir yang luas. Suasana di penginapan ini seperti layaknya berada di pedesaan ditambah banyaknya pepohonan serta rumput hijau yang tumbuh di halaman juga menambahkan kesan asri. Letak dari penginapan ini juga cukup dekat dengan tempat wisatanya.

3. Baga Beach Cottage

Penginapan ini sangat cocok untuk Anda huni karena letaknya yang mengarah langsung pada pemandangan lautan yang sangat indah dan airnya yang berwarna kebiruan. Walaupun penginapan ini terlihat biasa saja dari luar tapi isi bagian dalamnya cukup unik serta terkesan kuno karena terbuat dari bahan dasar kayu. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Wisata Pulau Mande
Image Credit: Twitter wineinfo

Fasilitas yang disediakan oleh objek wisata Pulau Mandeh ini sangat menarik dan lengkap. Seperti halnya parkiran yang luas hingga dapat menampung berbagai kendaraan mulai roda dua hingga roda empat. Selanjutnya ada kamar mandi yang dapat memudahkan pengunjung untuk mandi maupun yang lainnya.

Terlebih lagi ada wahana laut yang beragam seperti motor boat, Kano, wide boarding dan masih banyak lagi yang patut Anda coba. Wahana tersebut ada yang seru hingga menantang tergantung pilih yang mana karena semua tersedia.

Terakhir ada perahu motor yang bisa digunakan untuk menyebrang antar pulau agar sampai di tempat tujuan. perahu ini dapat diisi dengan beberapa jumlah penumpang sehingga pengeluaran budget lebih ringan.

Demikianlah pembahasan mengenai Pulau Mandeh di Padang yang bisa Anda baca. Agar dapat menafsirkan tarif biaya yang harus dikeluarkan untuk sampai di tempat tujuan dan juga mengetahui alamat serta rute yang bisa ditempuh.