Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Seruni sudah tidak asing lagi dikenal masyarakat sekitar Gunung Kidul. Bahkan pelancong dari luar daerah pun diketahui sering mampir ke tempat ini. Kecantikan alam sangat banyak yang ditawarkan disana.

Laut lepas yang begitu luas menyejukkan mata karena bercorak biru jernih. Apalagi laut ini dilengkapi pasir yang begitu putih ketika dilihat. Pengunjung tentu akan terpesona setiap kali datang dengan kerabat dekat.

Pada bagian lain terlihat bukit yang begitu asri. Siapapun yang pergi ke bukit akan mendapat panorama berupa pesona alam dari bibir Pantai Seruni yang begitu indah. Selain itu ada pula biota laut yang mempunyai keindahan tersendiri dan sangat beragam.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Seruni

Daya Tarik Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps Totox Nugroho

1. Dekat Bukit

Pantai Seruni dekat bukit yang berada pada ketinggian tertentu. Sudah banyak yang menanjak ke bukit untuk sekedar menikmati alam dari atas. Wisatawan juga kerap berkemah disana karena bukit menghadap ke laut lepas. Jika Anda ingin naik kesana maka sebaiknya mengajak kerabat dekat agar tidak sendirian.

Bukit yang telah dipadati rumput segar berwarna hijau telah menarik perhatian. Para tamu sering kali merasa kagum karena tidak semua Pantai berjejeran dengan bukit. Anda yang melipir ke bukit bisa pula menikmati tebing yang tampak tinggi. Sehingga daya tarik unik itulah yang mampu memberi kesan alam serta menyejukkan mata.

2. Beragam Biota Laut

Biota laut memang sudah menjadi kekayaan Pantai Seruni yang jumlahnya tidak terhitung. Pada kawasan dekat pasir terdapat beberapa tumpukan batu karang yang menyebar. Traveller yang ingin melihat langsung biota cantik itu bisa beranjak ke batu karang. Celah yang ada di karang biasanya memiliki beberapa ikan kecil.

Pada siang hari terdapat pula kepiting hingga kerang yang berada di bawah batu karang. Bahkan sejumlah rumput laut dan bulu babi yang menjadi ciri khas Seruni mudah dijumpai. Anda yang melihat biota laut tersebut boleh menjepret foto lewat kamera digital. Hal yang perlu diingat jangan sampai merusak spesies dari biota itu.

3. Pasir dan Laut

Pantai Seruni semakin hits di kalangan karena menyimpan pasir yang begitu putih. Pengunjung dapat melihat pasir yang mirip seperti kapas karena bersih dan lembut. Setiap orang yang berdatangan pasti selalu menyempatkan diri untuk mampir ke pasir. Disana sudah tidak jarang digunakan menikmati kecantikan laut Seruni.

Berkunjung ke Pantai cantik tersebut tidak lengkap jika Anda hanya berdiam diri saja. Nikmati permainan air yang dapat dicoba pada laut lepas ini. Air laut yang mempunyai kedalaman tertentu tampak jernih serta berwarna biru bagaikan langit saat cerah. Pada saat surut akan terlihat batu karang di bawah air laut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps Fajar

Pantai Seruni tepat berada di Desa Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Letak Seruni diketahui sangat strategis karena dekat dengan Pantai lain. Bahkan pelancong yang melipir ke Pantai ini sering mampir ke wisata lain yang dekat sana. Perjalanan dari poros kota memang mudah karena aspal mulus, tetapi dekat Pantai terlihat jalan yang sulit.

Berangkat ke destinasi bisa dimulai dari Wonosari yang termasuk sebagai pusat kota. Lewati Jalan Imogiri menggunakan jenis kendaraan apapun atau pakai ojek jika perlu. Kemudian melipir ke Jalan Panggang, disana sudah terhitung cukup dekat daerah wisata. Tidak jauh dari sana lurus sampai Jalan Saptosari serta temukan Jalan Tepus dengan melihat papan.

Para tamu diperkirakan menempuh perjalanan selama 50 menit jika datang dari rute yang telah dijelaskan. Jika sudah berada di daerah Tepus masuk ke Jalan Pantai Selatan Jawa sampai bertemu pertigaan. Lalu pilih petunjuk rute yang mengarah ke Pantai Seruni karena disana banyak sekali obyek wisata. Selama berkendara lihat keindahan bukit yang cantik.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps wawan ichi

Pantai Seruni mempunyai penawaran harga menarik yang cocok bagi kantong pelajar maupun orang dewasa. Tiket masuk Rp 10.000 per orang yang tidak pernah berubah mulai dari awal Pantai buka. Setiap hari pengelola telah menetapkan tiket itu agar semua orang tidak butuh banyak biaya liburan. Harga ini bisa diterima dengan baik oleh traveller.

Tempat mendirikan beberapa tenda untuk camping dikenai biaya Rp 5.000. Menikmati suasana Seruni yang mengalami pergantian warna langit ini memang menarik dengan berkemah. Anda yang ingin menggunakan tempat parkir pun perlu menyiapkan Rp 5.000 khusus sepeda. Lalu jika mengendarai roda empat maka bisa membayar Rp 10.000.

Selama melakukan kunjungan dan ingin memakai kamar mandi pelancong harus mengeluarkan budget Rp 5.000. Semua harga yang sudah ada di Pantai Seruni masih mendapat perhatian baik dari masyarakat karena tidak mahal. Makanan juga dibandrol mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 20.000 yang dapat dibeli oleh siapapun yang merasa lapar.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Seruni

Aktivitas Menarik Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps Yuda Wijaya

1. Memancing

Wisatawan tentu sudah tidak asing dalam melihat biota laut yang menyebar di setiap laut lepas Seruni. Sebagian pelancong yang hobi menangkap ikan sengaja memancing disana. Tempat pemancingan ada di dalam destinasi dengan tempat duduk berupa batu. Anda bisa memancing apa saja, setelah itu siapkan kayu bakar untuk menikmati ikan bakar di Pantai.

2. Jogging

Lari kecil di sepanjang pesisir cocok dicoba saat pagi hari karena matahari belum terlalu terik di Pantai. Pasir yang lembut sangat bagus untuk menjadi spot jogging dan pelancong bisa mengajak sebagian kerabat. Sebelum berolahraga di Pantai bawa air minum serta pakai alas kaki yang nyaman. Selain itu, aktivitas ini juga bisa digunakan untuk melihat sudut Seruni.

3. Berenang

Pantai Seruni Gunung Kidul menawarkan laut yang dilengkapi ombak tidak terlalu tinggi. Berenang pada laut yang sedang surut menjadi kesukaan pelancong. Apalagi sebagian biota akan muncul pada waktu tertentu yang membuat permainan air semakin seru. Pastikan mengajak teman atau keluarga untuk berenang dan merasakan laut biru kehijauan tersebut.

4. Naik ke Bukit

Kawasan bukit tidak jauh dari Pantai menawan ini karena tampak jelas. Traveller yang suka hiking sering naik ke bukit untuk melihat panorama laut dari atas. Terdapat pula tebing yang melengkapi bukit hijau tersebut yang dapat dipakai berfoto. Biasanya pengunjung yang naik ke bukit sambil membawa tenda karena suasana hijau ini cocok sebagai tempat kemah.

Aktivitas Menarik di Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps Musisi Kamar

5. Berburu Sunrise

Langit pagi yang perlahan menyinari Pantai Seruni begitu menakjubkan. Sunrise yang muncul di Pantai tidak pernah terlewatkan dari pandangan wisatawan. Tetapi jika ingin berburu sunrise harus menginap disana karena fenomena itu muncul pada jam pagi. Pemandangan alam mulai terlihat jelas saat matahari ini perlahan naik ke atas.

6. Bersantai di Pasir

Pantai Seruni dikelilingi pasir yang lembut jika disentuh menggunakan tangan secara langsung. Alas kaki sudah tidak diperlukan lagi ketika menginjak pasir karena batu yang menyebar tidak begitu banyak. Kebersihan pasir pun selalu diperhatikan untuk mempertahankan warna putihnya. Sehingga berada di Seruni bisa menikmati pasir putih.

7. Menjepret Foto

Bukit, laut biru, serta bentangan pasir yang bercorak putih dapat menjadikan foto tampak menarik. Berburu obyek pemandangan alam dari arah Pantai cocok bagi Anda yang hobi memotret. Bahkan setiap obyek ini bisa memberi kesan liburan yang tidak terlupakan. Para tamu dapat menjepret foto dengan pose yang cantik di setiap hamparan pasir dan spot lain.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps Rochmat Purwanto

Pantai Seruni sudah menyediakan fasilitas yang menunjang setiap aktivitas. Beberapa titik telah disediakan kursi yang mengarah ke laut untuk tempat istirahat. Bagi yang ingin duduk pada pasir putih juga bisa menyediakan tikar pribadi. Mushola yang sudah ada di pesisir sengaja disediakan bagi pengunjung muslim yang ingin melaksanakan ibadah.

Deretan warung dengan aneka makanan yang disuguhkan penjual tidak susah dijumpai. Jika traveller ingin sekedar memanjakan perut tidak perlu ragu lagi melipir ke kios itu. Area yang luas sebagai tempat camping tampak sudah ada dan berbayar. Kalangan muda yang ingin berkemah harus booking tempat atau izin kepada petugas, jangan lupa pula ajak keluarga.

Pantai cantik ini juga diketahui mempunyai toilet umum yang dikenai biaya sendiri ketika dipakai. Parkir kendaraan sudah ada secara luas untuk melengkapi fasilitas yang memadai. Tak hanya itu saja, terdapat spot hiking yang kerap menjadi sorotan pengunjung. Obyek foto pun tidak terhitung karena Seruni menawarkan Pantai yang cantik.

Demikian ulasan Pantai Seruni yang menjadi destinasi bahari hits di Gunung Kidul, Yogyakarta. Melipir kesana tidak lengkap rasanya jika hanya sendirian tanpa kerabat. Apalagi beragam daya tarik yang telah ditawarkan mampu membuat kegiatan bertambah seru. Anda yang suka berlibur ke alam wajib datang kesana.