Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 08.00 – 18.30 WIB, Alamat: Meunasah Masjid, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh; Map: Cek Lokasi

Pantai Lampuuk merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang terletak di Provinsi Aceh. Berada di bagian Barat Aceh, pantai ini berjarak kurang lebih 17 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh. Diperkirakan jarak tersebut dapat ditempuh hanya dengan 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi para pengunjung.

Lampuuk dikenal karena keindahannya yang luar biasa. Banyaknya pepohonan yang tumbuh di sekitaran area pantai membuat wisata ini sangat asri dan rimbun. Hijaunya pepohonan dengan jernihnya air laut dan putihnya pasir yang membentang luas membuat panorama Lampuuk semakin indah dan berciri khas.

Fakta mengejutkan dari Pantai Lampuuk ini ialah bahwa dalam peristiwa tsunami Aceh di tahun 2004 lalu, tepatnya tanggal 26 Desember, pantai ini juga ikut tersapu oleh gelombang tsunami tersebut. Dan seiring berjalannya waktu Lampuuk mulai bersih dari Puing bekas tsunami pun dapat teratasi dan Lampuuk perlahan terlihat kembali.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lampuuk

Daya Tarik Pantai Lampuuk
Image Credit: Instagram.com @v_johni

Lampuuk menjadi salah satu destinasi wisata pantai terkenal yang berlokasi di kawasan Aceh bagian barat. Sempat berduka karena terkena gelombang tsunami Aceh di tahun 2004, kini Lampuuk kembali dengan kondisi yang luar biasa bersih. Pemandangan yang disuguhkan pun akan memanjakan siapa saja yang berkunjung ke wisata satu ini.

1. Berhasil Pulih Ganasnya Tsunami Aceh 2004

Bencana tsunami Aceh di tahun 2004 termasuk dalam tsunami terbesar yang terjadi di seluruh dunia. Banyak pihak mengalami kerugian yang ratusan hingga milyaran rupiah. Banyak ratusan ribu korban berjatuhan akibat bencana alam tsunami ini. Hal ini juga sempat memberi dampak pada keberadaan wisata Lampuuk waktu itu.

Tsunami raksasa yang terjadi di tahun 2004 ini, menyapu bersih wilayah Aceh, tak terkecuali Lampuuk. Letaknya yang berada di dekat pabrik semen, membuat pantai ini hampir tidak terlihat. Namun, seiring berjalannya waktu dan pembersihan terus menerus, Lampuuk mulai pulih dan kembali terlihat keindahannya.

2. View Pantai yang Menakjubkan

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika pantai terkenal Aceh ini memiliki pemandangan pantai yang luar biasa cantiknya. Pasir halus berwarna putih bersih yang membentang luas di area pesisir pantai dengan jernihnya perairan pantai, menciptakan sisi Pantai Lampuuk lainnya yang sangat cantik, indah, dan menakjubkan.

Pengunjung bisa melihat keindahan kehidupan bawah laut hanya dengan melihat dari atas permukaan pantai. Selain itu, halus pasir akan sangat cocok dijadikan sebagai tempat bermain anak-anak, dalam radius jarak yang masih aman. Jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, Lampuuk bisa dijadikan pilihan.

3. Jejeran Pohon Pinus

Daya tarik selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah jejeran pohon pinus yang berdiri kokoh di hampir seluruh area pantai satu ini. Dengan adanya tanaman pohon pinus di sekitaran area pantai, membuat suasana di sekitar Lampuuk semakin rimbun dan rindang. Hal tersebut juga menciptakan suasana sejuk di waktu siang hari.

Tidak heran jika pepohonan pinus di area pantai, menjadikannya spot foto alami yang sangat menyatu dengan alam. Pengujung bisa mengambil foto di sekitaran pohon pinus ini saat berkunjung ke wisata perairan Lampuuk. Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai di siang hari di bawah pepohonan pinus langsung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Lampuuk

Alamat Pantai Lampuuk
Image Credit: Instagram.com @aneukaceh_travel

Secara geografis, kawasan Pantai Lampuuk terletak di Jalan Raya Lampuuk yang masuk dalam wilayah Desa Meunasah Masjid. Desa ini masuk di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Nangroe Aceh Darussalam. Area ini berada dekat dengan wisata di Aceh lainnya, seperti Pulau Weh, Danau Laut Tawar, hingga Dataran Tinggi Takengon.

Untuk mengunjungi wisata Lampuuk, wisatawan bisa menaiki kendaraan pribadi. Dengan menempuh waktu perjalanan antara 20 hingga 30 menit, Anda bisa sampai di area pantai dari pusat Kota Bandar Aceh. Selain kendaraan pribadi, pengujung juga bisa menaiki angkutan umum Aceh yang bernama labi-labi dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Secara umum terdapat empat rute atau jalur yang bisa dilewati wisatawan untuk bisa sampai di area Lampuuk. Jalur tersebut diberi nama Jalur Babah Satu sampai dengan Jalur Babah Empat. Seringnya Jalur Babah Satu dan Dua merupakan jalur Lampuuk bagi wisatawan lokal. Dua jalur selanjutnya, merupakan jalur bagi wisatawan asing.

Akses jalur untuk menuju kawasan pantai ini sudah cukup bagus dan memadai. Sehingga masyarakat memberi akses kendaraan pribadi bagi pengunjung yang ingin datang ke wisata Aceh satu ini. Pengelola pantai menyediakan lahan parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi mereka ke wilayah pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Lampuuk

Harga Tiket Pantai Lampuuk
Image Credit: Twitter.com @aggnala

Berlibur ke wisata pantai yang indah dengan low budget, murah, dan terjangkau tentu menjadi impian semua orang. Hal tersebut juga bisa Anda lakukan di wisata perairan Pantai Lampuuk. Pengelola pantai memberlakukan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau dan tidak sebanding dengan keindahan yang disuguhkan.

Untuk bisa menikmati indahnya view Lampuuk, wisatawan bisa merogoh kocek tiket masuk sebesar Rp. 3.000,00 per orang. Namun, perlu diingat jika Rp. 3.000,00 tersebut hanya sebagai tiket masuk. Biaya lahan parkir hingga fasilitas yang disediakan dan disewakan akan dikenakan biaya sendiri. Biayanya pun cukup murah dan terjangkau.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Lampuuk

Kegiatan Dilakukan di Pantai Lampuuk
Image Credit: Facebook.com @(Rio Aditama)

1. Menikmati Indahnya Pemandangan Pantai

Garis pantai yang ada di perairan Lampuuk cukup panjang. Memiliki panjang hingga 5 kilometer, menciptakan teluk berukuran kecil yang menjadikan Lampuuk lebih cantik dan indah. Warna air laut yang berwarna biru cenderung hijau seakan menambah keindahan pantai Aceh satu ini. Tidak heran jika di hari libur, pantai satu ini selalu ramai wisatawan.

2. Berselancar

Karakteristik ombak di perairan Pantai Lampuuk termasuk besar, tapi masih dalam batas yang aman. Ombak semacam ini sangat bagus digunakan sebagai spot berselancar. Tidak heran jika Lampuuk diburu para pecinta olahraga selancar, baik oleh wisatawan lokal atau pun wisatawan mancanegara. Ibaratnya Lampuuk merupakan Kuta-nya Aceh.

3. Berenang

Meski ombak perairan Lampuuk cukup besar, tetapi kawasan pantai ini masih aman dijadikan sebagai tempat berenang. Ini akan menjadi aktivitas yang menyenangkan saat berlibur ke wisata Lampuuk. Pengelola juga menyediakan fasilitas persewaan pelampung yang bisa dinikmati pengunjung dengan biaya sewa yang murah dan terjangkau.

Kegiatan di Pantai Lampuuk
Image Credit: Facebook.com @henni.rambe

4. Menaiki Jet Sky

Kegiatan menarik lainnya, yakni menyewa fasilitas jet sky. Pengujung bisa menaiki jet sky untuk menikmati keindahan perairan Pantai Lampuuk dengan mengelilingi kawasan pantainya yang sangat luas. Deburan ombak akan menciptakan sensasi tersendiri yang bisa Anda nikmati selama menaiki wahana seru satu ini.

5. Menyewa Banana Boat

Berlibur ke wisata pantai tidak lengkap rasanya tanpa menaiki banana boat. Pengunjung yang menyukai wahana uji adrenalin, dapat menyewa banana boat yang disediakan. Naiki wahana satu ini bersama teman-teman Anda. Jangan lupa untuk memakai perlengkapan keamanan yang sudah disediakan agar keselamatan tetap terjaga dan tetap aman.

6. Terdapat Penangkaran Penyu

Selain kegiatan seru di atas, ada satu kegiatan edukasi menarik yang bisa dilakukan di wisata Lampuuk, yakni penangkaran hewan penyu. Konservasi ini berada di kawasan Jalur Babah Dua yang biasa digunakan wisatawan lokal. Penangkaran ini dapat dijadikan sebagai sarana edukasi anak-anak, juga sebagai pentingnya menjaga kelestarian alam.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Tripadvisor.co.id

1. Panglima Polem Aceh

Panglima Polem Aceh dikenal sebagai penginapan dengan pelayanan yang ramah, serta kondisi kamar yang bersih dan nyaman. Menyediakan fasilitas lahan parkir cuma-cuma alias gratis menjadi buruan wisatawan. Penginapan ini cocok Anda jadikan referensi.

2. Rudi’s House

Penginapan di sekitar area Pantai Lampuuk selanjutnya, yakni Rudi’s House. Tatanan kamar yang aesthetic dengan fasilitas akses langsung ke pantai dan akses Wifi selama 24 jam penuh, menjadikannya banyak direkomendasikan sebagai tempat menginap.

3. Joel’s Bungalows Lampuuk

Selanjutnya ialah Joel’s Bungalows Lampuuk. Penginapan ini merupakan penginapan paling dekat yang ada di area pantai. Terdapat fasilitas snorkling dan diving yang sengaja disediakan pengelola. Joel’s Bungalows sangat cocok bagi penyuka olahraga snorkling.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Lampuuk Aceh Besar

Fasilitas di Pantai Lampuuk
Image Credit: Twitter.com @iloveaceh

Berbagai fasilitas yang disediakan pengelola Pantai Lampuuk bisa wisatawan nikmati dengan bebas. Fasilitas tersebut meliputi, wahana pantai yang bermacam-macam dengan biaya sewa yang sangat terjangkau. Pelayanan yang diberikan pun dipastikan sangat nyaman dan membuat wisatawan betah berada di Lampuuk.

Wisatawan juga bisa menikmati fasilitas pendukung lainnya, sepeti lahan parkir, hingga warung dan tempat makan yang tersedia. Terdapat berbagai menu khas yang banyak disajikan oleh tempat-tempat tersebut. Hal tersebut juga sebagai bentuk pelayanan wisatawan yang berlibur ke mari.

Informasi mengenai Pantai Lampuuk di atas bisa Anda dijadikan sebagai referensi saat akan mengunjungi wisata perairan Aceh ini. Mengujungi destinasi wisata satu ini, dijamin akan membuat Anda terbuai akan Lampuuk yang luar biasa. Tiket masuk yang terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri.