Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Ujong Blang, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh; Map: Cek Lokasi

Berwisata ke pantai menjadi pilihan tepat saat liburan datang. Sebagai destinasi wisata, setiap pantai tentu akan memiliki ciri khasnya masing-masing. Seperti halnya Pantai Ujong Blang. Salah satu pantai yang ada di Aceh ini memiliki pemandangan alam yang indah nan mempesona. Pantai ini menyuguhkan panorama indah yang memanjakan mata.

Lokasi pantai ini sangatlah strategis dari wilayah kota. Di sekitar pantai terdapat pohon-pohon kelapa yang melambai-lambaikan daunnya mengikuti gerakan angin yang berdatangan.

Jadi jika Anda tengah berada di provinsi paling Barat Indonesia ini, tak ada salahnya untuk berkunjung ke pantai ini. Namun, biar lebih menambah wawasan, berikut beberapa informasi detail terkait Pantai Ujong Blang

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ujong Blang

Daya Tarik Pantai Ujong Blang
Image Credit: Google Maps Sofia Nurvita

1. Keindahan Eksotis Pantai

Pantai Ujong Blang adalah salah satu pantai yang memiliki hamparan lautan yang eksotis. Ketika memasuki lokasi pantai, terdapat hamparan pasir yang berwarna putih yang saat disentuh memiliki tekstur halus. Bentangan hamparan air laut bersatu membentuk warna kebiruan muda yang jernih hingga dapat melihat dasar laut.

Di sekeliling bibir pantai terdapat pohon-pohon kelapa yang berjejer dengan rapi seperti membentuk suatu barisan. Tanaman kelapa ini tumbuh secara alami. Saat diterpa angin, daun pohon kelapa akan seperti melambai-lambai secara bersamaan dengan indah. Anda dapat berteduh di bawah pohon kelapa yang rindang.

Selain pohon kelapa, terdapat juga beberapa pohon lainnya yang tak kalah rindangnya. Pohon ini liar tumbuh secara alami. Pohon yang rimbun dengan udara rindang di bawahnya.

Keindahan pohon ini juga dilengkapi dengan beberapa warung yang berada di samping pohon. Sambil berteduh di rindangnya pepohonan, anda dapat menyantap makanan.

Di sekitar pantai, wisatawan juga akan memandang panorama deburan ombak yang menggoda telinga. Deburan ombak ini disambut dengan terpaan angin yang deras membuat suasana asri. Udara pantai di siang hari sedikit terik, oleh karena itu waktu terbaik berkunjung adalah pada pagi hari dan sore hari saat memandang matahari.

Pantai Ujong Blang juga memanfaatkan aktivitas para nelayan. Terlihat di pinggiran pantai terdapat banyak perahu yang bertengger dengan rapi. Saat berkunjung, Anda dapat menyaksikan para nelayan melaksanakan misi menangkap ikan di tengah-tengah laut.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sekitar pantai dengan menikmati keindahan. Wisatawan dapat mencelupkan kaki langsung di bibir pantai yang lembut dengan warna pasir putih. Jika ingin merasakan dinginnya air, dapat melepas sepatu atau tanpa alas kaki sambil menikmati halusnya pasir putih yang menyentuh kaki.

2. Wisata Kuliner yang Menarik

Pantai Ujong Blang merupakan pantai yang menjadi suatu aktivitas para nelayan. Oleh karena itu kuliner yang dilihat adalah pemandangan wisata kulinernya yang menyajikan berbagai hal menarik. Menu makanan dan minuman khas dengan seafood. Ragam kuliner ini sangat menakjubkan.

Menu-menu yang disajikan berbagai macam jenisnya, seperti rujak, ikan, cumi, mie aceh dan ada banyak olahan laut atau seafood lainnya yang menarik untuk disantap. Menu-m enu makanan dan minuman ini disajikan di berbagai warung-warung yang berada di pesisir pantai.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ujong Blang
Image Credit: Google Maps Rezeqi Imam Sahroni

3. Pesona Sunset dan Sunrise

Pantai ini menyuguhkan pesona dengan lanskap senja sore hari yang menawan. Keindahan Pantai Ujong Blang semakin terpancar dengan menakjubkan ketika sore semakin larut. Anda dapat menikmati waktu dengan tenang.

Spot tempat favorit yang sering digunakan wisatawan untuk memandang langit senja adalah dari bibir pantai mendekati jernihnya air laut dan putihnya pasir yang membentang. Selain itu, waktu terbaik lainnya adalah waktu sunrise.

Menunggu matahari yang perlahan-lahan muncul menyinari sekitar lokasi pantai. Terlihat juga beberapa kawanan burung menemani sambil bersaut-sautan memanggil di atas pepohonan yang menghijau.

4. Menenangkan

Pantai Ujong Blang berada jauh dari hiruk pikuk kepadatan penduduk dan polusi udara. Hal ini tentu menjadi salah satu daya tarik yang menenangkan. Khususnya bagi wisatawan yang berwisata tapi menginginkan kedamaian yang tenang dapat menjadikan pantai sebagai alternatif liburan akhir pekan.

Saat memasuki lokasi pantai, hal pertama yang akan didengar wisatawan adalah suara keras dari deburan ombak yang menghantam batu-batu karang. Ombak di pantai ini cukup tinggi disaat-saat tertentu tetapi tetap bersahabat dengan para nelayan yang berlayar. Terdengar juga suara tiupan angin yang deras menerpa pakaian.

Suasana ini sangat menjanjikan ketenangan jiwa dan kedamaian. Merasakan pemandangan yang mengagumkan ini dapat menenangkan jiwa terlebih untuk Anda yang mengajak keluarga. Ke pantai bersama dengan keluarga menikmati tenangnya sambil mengabadikan momen-momen indah dengan sensasi yang berbeda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ujong Blang
Image Credit: Google Maps Muhammad Salman

Destinasi wisata Pantai Ujong Blang berada di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, tepatnya terletak di Kota Lhokseumawe dengan Kecamatan Banda Sakti. Lokasi wisata sangat strategis dan mudah untuk ditemui. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil. Selain itu juga dapat menggunakan kendaraan umum.

Anda memulai perjalanan dari Lhokseumawe, Anda dapat mengikuti jalan dengan beberapa peetunjuk menuju ke Kecamatan Banda Sakti. Setelah sampai hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk sampai ke lokasi pantai yang menakjubkan ini.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan angkutan umum. Saat telah memasuki Kecamatan Banda Sakti terdapat angkutan umum yang langsung menuju ke lokasi wisata pantai. Perjalanan menuju pantai melewati jalanan yang beraspal dan pemandangan yang menghijau dari beberapa perkebunan penduduk.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Ujong Blang
Image Credit: Google Maps Asmaul Husna

Setiap pengunjung yang datang dan ingin memasuki lokasi wisata akan dibebankan biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 per orang. Biaya retribusi ini sudah termasuk dalam biaya parkir kendaraan yang berada di dekat kawasan pantai.

Biaya tersebut terbilang sangat terjangkau karena keindahan yang disuguhkan wisata ini sangatlah menarik. Jadi, wisatawan tak akan merasa rugi. Anda pun bisa mengunjungi pantai ini setiap waktu karena dibuka selama 24 jam non stop.

Pantai Ujong Blang juga menyediakan beberap perahu yang bertengger di dekat bibir pantai untuk dipakai berlayar. Menikmati sensasi berada di tengah laut yang membentang luas. Anda hanya perlu membayar beberapa biaya sebagai ganti memakai perahu. Selain itu terdapat juga supir perahu langsung dari nelayan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ujong Blang

Aktivitas Menarik Pantai Ujong Blang
Image Credit: Google Maps haqqa tumband

1. Bermain di Pesisir

Kegiatan lainnya adalah bermain di bibir pantai. Anda dapat melakukan aktivitas bermain bola maupun volly pantai secara bersama-sama, bahkan dapat juga hanya bermain air di sisi pingir pantai sambil khusyuk menikmati pemandangan yang dipertontonkan.

Namun perlu diingat, Anda harus tetap berhati-hati ketika memutuskan bermain di sekitar Pantai Ujong Blang karena ombak bisa datang sewaktu-waktu.

2. Hunting Spot Foto

Kegiatan menarik yang dapat dilakukan adalah berfoto. Anda dapat berfoto dengan lanskap pemandangan pantai yang menyuguhkan keadaan eksotis. Lautan yang membentang mewarnai panorama biru yang cantik, ditambah awan-awan putih yang bersatu.

Beberapa spot menarik seperti berfoto di sekitar pantai mulai dari pesisir pantai, di bawah pasir putih, di atas perahu nelayan yang berwarna warni, serta di bawah pepohonan dan di dalam pondok-pondok kayu.

3. Mencoba Wahana Menarik

Pantai Ujong Blang juga menyediakan berbagai wahana permainan air yang seru seperti menyewa ban hitam, banana boat ataupun menaiki perahu dengan berlayar. Wahana ini sangat seru ada yang membutuhkan nyali kuat untuk menaikinya, tetapi ada juga yang hanya membutuhkan tekad saja.

4. Berburu Kuliner

Di kawasan pantai ini juga terdapat banyak warung yang menyediakan berbagai macam kuliner menarik untuk dikonsumsi. Anda dapat berburu berbagai kuliner khas laut dengan leluasa.

Menikmati kuliner sambil memandang indahnya lautan tentu akan terasa lebih berkesan jika dilakukan bersama teman ataupun keluarga. Jadi, Anda sangat disarankan untuk menikmati kuliner di sekitar pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Ujong Blang
Image Credit: Google Maps Muhammad Salman

Pantai Ujong Blang mempunyai berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan wisatawan. Di sekitar lokasi pantai tersedia toilet yang dipergunakan untuk wanita dan pria. Toilet ini cukup dijaga oleh pihak pengelola, yakni selalu bersih. Di samping toilet juga terdapat ruang ganti pakaian yang basah.

Sebelum memasuki lokasi pantai, terdapat juga lahan khusus untuk area parkir kendaraan yang luas. Anda dapat memarkirkan kendaraan beroda empat maupun beroda dua dengan nyaman dan tenang karena memiliki penjagaan yang ketat. Di kawasan juga terdapat tempat ibadah seperti Musholla bagi yang menunaikan sholat.

Pantai ini juga menyediakan beberapa pondok-pondok yang terbuat dari kayu khusus untuk para wisatawan beristirahat sambil menikmati pemandangan. Terdapat juga beberapa penginapan di sekitar kawasan. Pantai ini juga menyediakan wisata kuliner dengan makanan dan minuman khas seafood dan daerah.

Demikian gambaran menarik mengenai Pantai Ujong Blang. Bila melihat dari semua fasilitas dan pemandangan yang tersaji, pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi. Selain menikmati pemandangan, Anda dapat terjun langsung merasakan keindahan lautan dengan berbagai aktivitas, karena itu sangat layak untuk didatangi.