14 Wisata Pantai di Cianjur Paling Hits Dikunjungi

wisata pantai cianjur

Cianjur merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Bandung, Garut dan Samudra Hindia. Selain itu, wilayah kota Cianjur sebagian besar adalah pegunungan.

Aktivitas di lahan pertanian, perkebunan dan kehutanan merupakan sumber penghasilan masyarakat di kota tersebut. Meskipun sebagian lapangan kerja penduduk di kota tersebut adalah bertani atau dalam urusan pertanian, ada banyak destinasi wisata di kota Cianjur yang memiliki ciri khas tersendiri. Terutama tempat wisata pantai yang sangat indah dan menarik dikunjungi.

Ada banyak sekali objek wisata pantai yang ada di tempat ini. Jika Anda berlibur ke tempat ini khususnya di kota Cianjur, tentu bisa menjadi solusi yang tepat jika Anda mencoba menjelajahi tempat wisata pantai di Cianjur di bawah ini.

1. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti

Image Credit: Pegipegi.com

Jika kita membicarakan pantai tidak akan aneh jika di Cianjur. Namun, Cianjur juga memiliki pantai yang indah. Pantai ini berdekatan dengan cagar alam bojong larang yang ada di Cianjur.

Anda bisa menikmati pasir pantai yang cukup panjang yang dihiasi oleh batu karang yang indah. Ombak yang selalu menghantam pinggiran pantai, membuat suasana semakin indah dan menyenangkan.

Lokasi: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

2. Pelabuhan Jayanti

Pelabuhan Jayanti

Image Credit: Stockimage.blogspot.com

Selain pantainya, pelabuhan di pantai jayanti sangat indah dan menarik untuk Anda kunjungi. Jika berkunjung di pantai ini tentu akan melewati pelabuhan ini. Banyak wisatawan yang datang ke lokasi ini untuk menikmati pemandangan dengan keunikannya tersendiri.

Di sini Anda bisa melihat kegiatan nelayan yang sedang berburu ikan di hamparan laut. Selain itu, Anda bisa berfoto dengan background kapal-kapal nelayan yang akan melaut maupun yang sedang bersandar.

Lokasi: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

3. Pantai Apra

Pantai Apra

Image Credit: Doyanjalan.com

Cianjur memang tak pernah kehabisan dengan objek wisata berupa pantai. Pantai apra adalah pantai di Cianjur yang sangat memukau. Pasir hitam dan luas pantainya yang mirip dengan pantai parangtritis di Jogja membuat pantai ini memiliki nuansa tersendiri jika dikunjungi.

BACA:  18 Tempat Wisata di Garut Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Pantai ini adalah tempat yang pas untuk Anda berlibur. Karena tempatnya sangat indah dan tidak akan membuat Anda bosan. Selain itu, Anda juga bisa bermain-main dan berjemur di pantai ini.

Lokasi: Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur.

4. Pantai Cigebang

Pantai Cigebang

Image Credit: Berita-cidaun.blogspot.com

Pantai cigebang adalah pantai yang memiliki garis pantai yang cukup panjang. Pantai ini merupakan pantai di Cianjur yang berjajar dari pantai Jayanti, pantai apra dan pantai-pantai lain. Pantai ini memang belum terkenal, namun jika Anda ke sana, Anda bisa menikmati keindahan yang luar biasa.

Di sini banyak lanskap yang jarang ditemukan di pantai lain terutama di Cianjur. Selagi tiket masuknya masih gratis, tak ada salahnya jika Anda berkunjung ke pantai ini, apalagi jika Anda adalah pemburu spot foto keren.

Lokasi: Karangwangi, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

5. Pantai Sereg

Pantai Sereg

Image Credit: Pinterest.co.uk @Juditpugh43

Pantai sereg adalah pantai yang paling dekat dengan kota Cianjur. Pantai ini menampilkan keindahan alami yang memukau dan menarik. Liburan di pantai ini akan menjadi menyenangkan dengan menikmati pemandangan alam.

Jika Anda berlibur di Cianjur pantai paling pertama yang harus Anda kunjungi adalah pantai ini. Di pantai ini Anda bisa merasakan kesejukan angin dan ombak pantai yang beralun. Dipastikan Anda akan betah berlama-lama di pantai ini.

Lokasi: Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur.

6. Pantai Karang Potong

Pantai Karang Potong

Image Credit: Senengpiknik.com

Pantai ini letaknya berada di balik bukit. Sehingga pantai ini dijuluki sebagai surga tersembunyi di Cianjur. Pantai ini menampilkan keindahan matahari terbenam yang sangat eksotis yang saying jika dilewatkan.

Jika berlibur ke Cianjur, tempat inilah yang paling pas untuk Anda jadikan spot selfi setiap sore. Karena Anda bisa melihat dan berfoto bersama senja di pantai tersebut. Selain itu, jika ke pantai ini Anda tidak dikenakan biaya alias masih gratis.

Lokasi: Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur.

7. Pantai Ciwidig

Pantai Ciwidig

Image Credit: Metromedianews.co

Pantai Ciwidig adalah salah satu pantai terhits di bagian selatan Cianjur. Pantai ini sangat indah karena menyajikan keindahan pantai yang dikelilingi oleh hutan jati. Sehingga ketika di pantai ini seolah-olah berada di pantai tengah hutan.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Bogor Paling Populer

Pantai ini juga merupakan pantai yang berada di kawasan hutan perum Perhutani KPH. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda juga tidak perlu ragu karena tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. Selain itu, Anda bebas untuk berfoto di pantai ini.

Lokasi: Kertajadi, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

8. Pantai Cipanglay

Pantai Cipanglay

Image Credit: Senengpiknik.com

Pantai Cipanglay termasuk pantai di kota Cianjur yang memiliki keindahan yang berbeda dari pantai lainnya. Pantai ini masih terbilang pantai yang masih perawan karena masih asri dan sangat alami.

Di pantai ini Anda bisa menghirup udara yang tidak ada polusi. Meskipun belum dikelola dengan baik, Anda tidak perlu khawatir jika berkunjung ke tempat ini. Di jamin Anda akan puas dengan pemandangan yang disajikan karena memiliki keunikan tersendiri dibanding wisata bahari lainnya.

Lokasi: Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

9. Pantai Agrabinta

Pantai Agrabinta

Image Credit: Jurnalcianjurselatan.com

Pantai Agrabinta adalah pantai dengan pemandangan indah dan mewah yang ada di kota Cianjur. Di pantai ini Anda akan merasakan pemandangan alami yang akan membuat perasaan Anda menjadi relaks.

Jika Anda berkunjung ke pantai ini, Anda bisa sekedar berjalan-jalan dengan ditemani ombak pantai. Selain itu, pantai ini meskipun masih alami kini sudah banyak pengunjung yang datang. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika pantai ini banyak binatang buas karena terbilang masih perawan.

Lokasi: Mekarsari, Kec. Agrabinta, Kab. Cianjur.

10. Pantai Batu Kukumbung

Pantai Batu Kukumbung

Image Credit: Wisataanakbandung.blogspot.com

Mencari tempat wisata pantai yang bersejarah, sepanjang pantai selatan adalah alternatifnya. Salah satunya adalah Pantai Batu Kukumbung. Pantai ini memiliki sejarah penting. Karena ditemukan banyak artefak bersejarah yang telah berusia ratusan tahun.

Selain itu, di pantai ini terdapat makam panglima Prabu Kian Santang. Jika Anda ke pantai ini selain untuk sarana refreshing dan bermain air di pantai Anda juga akan menemukan pengalaman dan wawasan baru.

BACA:  15 Wisata Museum di Bandung yang Paling Favorit Dikunjungi

Lokasi: Karangwangi, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

11. Pantai Lugina

Pantai Lugina

Image Credit: Jurnalcianjurselatan.blogspot.com

Salah satu surga tersembunyi di Cianjur adalah pantai lugina. Pantai ini menyimpan banyak keindahan. Meskipun masih jarang yang kenal dengan pantai ini, pantai ini menyimpan beragam pesona keindahan yang memukau.

Di sini Anda bisa merasakan potensi alam yaitu sunset dengan deburan ombak yang begitu menakjubkan. Anda juga bisa sekedar berjalan-jalan menyusuri pinggiran pantai ini. Selain itu, berfoto-foto pun bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Lokasi: Wanasari, Kec. Agrabinta, Kab. Cianjur.

12. Pantai Sarongge

Pantai Sarongge

Image Credit: Indonesia.tripcanvas.co

Pantai Sarongge adalah pantai yang memiliki keindahan yang sangat natural dan indah. Di pantai ini Anda akan merasakan suasana pantai yang sejuk dan segar. Selain itu, di pantai sarongge ini Anda bisa melihat matahari yang sedang terbenam.

Sunset bisa menjadi spot foto yang bagus di pantai ini. Pantai ini sangat recommended untuk Anda dan keluarga yang ingin berlibur ke Cianjur.

Lokasi: Mekar Sari, Kec. Cikalongkulon, Kab. Cianjur.

13. Pantai Sindangbarang

Pantai Sindangbarang

Image Credit: Yanssupriyatna.blogspot.com

Berlibur ke Cianjur memang tidak bosannya jika mengunjungi dan menelusuri berbagai pantai yang masih belum terkenal hingga yang sudah ramai pengunjung. Di pantai sindang barang menjadi destinasi pantai yang indah dan cukup menarik.

Jika Anda berlibur alangkah baiknya bersama dengan keluarga. Karena pantai ini masih terbilang asri dan belum ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Lokasi: Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur.

14. Pantai Cieurih

Pantai Cieurih

Image Credit: Facebook.com @Atuk46bc

Pantai cieurih ini adalah pantai yang memiliki pemandangan indah dan sangat menarik di kota Cianjur, karena di pantai ini Anda bisa menikmati seperti di gurun pasir di Arab Saudi. Sangat indah sekali pemandangan di pantai ini.

Jika Anda berlibur, pantai ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bagus. Di pantai ini Anda juga bisa mengambil foto untuk prawedding dan juga spot foto yang tak kalah menarik dan tentunya instagramable.

Lokasi: Jayagiri, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur.

Itulah 14 rekomendasi tempat wisata pantai di Cianjur yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda kunjungi. Dengan mengunjungi pantai-pantai tersebut, liburan di Cianjur Anda lebih berkesan dan selalu menyimpan kenangan indah. Selain itu, pengalaman batin dan wawasan yang lebih terbuka bisa Anda dapatkan jika berlibur ke pantai ini.