17 Tempat Wisata di Sukabumi

Sukabumi merupakan kabupaten terluas ke dua di Indonesia, daerah ini pun terkenal dengan Pelabuhan Ratu yang berada di ibu kotanya. Namun, tahukan Anda kabupaten yang terletak di Jawa Barat ini memiliki berbagai macam tempat wisata yang dapat Anda kunjungi.

Sukabumi memang memiliki banyak destinasi wisata alam dan sejumlah tempat menarik lainnya. Banyaknya tempat wisata ini dapat memberikan pilihan bagi Anda yang ingin berlibur ke dataran Sunda bersama teman atau keluarga.

Anda pun tidak perlu khawatir akan mengeluarkan banyak biaya untuk pergi ke tempat ini,  pasalnya tempat wisata di Kabupaten Sukabumi tidak mematok tarif yang mahal bagi para pengunjungnya. Di bawah ini terdapat  17 Tempat Wisata di Sukabumi yang perlu Anda kunjungi.

1. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Lokasi: Jl. Raya Cipanas, Kabandungan, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Bacadulu.news

Wisata alam ini terletak terletak di Jalan Raya Cipanas, Kecamatan Kabandungan, Sukabumi. Gunung Halimun Salak sendiri  mempunyai luas 113.357 hektar, yang mana kawasan ini dijadikan sebagai hutan lindung. Tempat ini memiliki air terjun yang indah dan masih alami, air sungai yang mengalir di sana pun juga masih jernih.

Maka tak heran bila Gunung Halimun Salak sering dijadikan wisatawan sebagai tempat berkemah ataupun melakukan kegiatan outbound yang seru. Untuk memasuki taman nasional ini Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang, namun jika masuk dengan rombongan 10 orang akan lebih murah lagi, yaitu hanya Rp 3.000 saja per orang.

2. Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan

Lokasi: Mekarsakti, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Klikhotel.com

Tebing ini berada di Desa Tamnajaya Kec Ciemas, Sukabumi, Nama tebing ini bersal tenjo yang mempunyai arti tempat untuk melihat. Arti nama ini sangatlah cocok, dikarenakan dari tebing ini Anda dapat melihat pemandangan Sukabumi yang indah dari ketinggian. Adapun pemandangan alam yang dapat Anda lihat seperti air terjun, hamparan sawah, bahkan pemandangan biru air laut.

Anda tidak dikenakan biaya untuk mengunjungi tebing yang terletak di gerbang Geopark Ciletuh ini, namun jika Anda membawa kendaraan mungkin akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 – 5.000.

3. Bukit Karang Numpang

Bukit Karang Numpang

Lokasi: Cibolang, Kec. Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Tempat yang berlokasi di Kecamatan Guruh Sukabumi ini menyajikan pemandangan hijau dari atas bukit, Anda akan dibuat terpukau bila senja dan sunsetnya telah tiba. Sesuai namanya bukit ini memang memiliki banyak batu karang dengan bentuk-bentuk yang unik ditambah dengan pemandangan hamparan rumput yang menyejukkan mata.

Sekalipun masih terbilang baru, namun tempat wisata ini cukup ramai dikunjungi terutama oleh anak-anak muda yang ingin berburu foto. Untuk masuk ke tempat ini Anda hanya perlu membayar Rp.3000 rupiah saja, dan keindahan bukit pun dapat Anda nikmati sepuasnya.

4. Situ Gunung

Situ Gunung

Lokasi: Sukamanis, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Lostpacker.com

Danau Situ Gunung ini terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango Sukabumi, keindahannya terlihat dari pepohonan yang mengelilingi danau jernih tersebut. Biaya untuk memasukinya sebesar 32.500, namun hal ini sepadan dengan nuansa segar yang Anda dapatkan.

Bagi Anda yang masih belum puas menikmati situ gunung, maka Anda dapat mencoba sensasi menginap di vila yang terdapat di sekitar kawasan situ. Umumnya harga villa ini disewakan sekitar Rp 400.000 per malamnya.

5. Goa Buniayu

Goa Buniayu

Lokasi: Cipicung, Kerta Angsana, Nyalindung, Cimerang, Purabaya, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Hobiwisata.com

Siapa yang menyangka kalau pesona alam di Sukabumi tersimpan juga di dalam goa? Tempat ini adalah Goa Buniayu yang berarti “kecantikan tersembunyi”. Hal ini terlihat dari stalagmit serta ornamen-ornamennya yang begitu eksotis. Bagi Anda yang menyukai petualangan alam yang  menawarkan pengalam berbeda, tidak ada salahnya untuk mengunjungi goa yang terletak di Cipicung, Kerta Angsana ini.

Harga yang ditawarkan tempat ini pun cukup ekonomis, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 saja per orang. Tetapi jika Anda ingin menyusuri goa secara mendalam, disarankan untuk menyewa sejumlah peralatan keamanan serta ditemani oleh para pemandu yang bersiaga disana.

6. Jembatan Situ Gunung

Jembatan Situ Gunung

Lokasi: Desa Gunung Pangrango, Kec. Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Situgunungbridge.com

Jembatan yang terletak di Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Jembatan gantung ini pun sudah banyak disorot oleh para travel blogger dan media televisi, karena pemandangan dan sensasi menyeberangi jembatan ini sulit diungkapkan oleh kata-kata.

Jembatan yang tersembunyi di kawasan situ Gunung ini memiliki panjang 250 meter dengan ketinggian dari tanah kurang lebih 150 meter. Dengan nuansa hijau hutan dan juga pemandangan dari ketinggian tentunya Anda bisa mendapatkan berbagai macam foto yang eksotis di sini.

7. Danau Batu Bacan

Danau Batu Bacan

Lokasi: Bojong, Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Blog.reservasi.com

Satu lagi danau eksotis yaitu Danau Batu Bacan, Objek Wisata di Sukabumi ini berada di Ds. Bojongharjo, Kecamatan Cikembar. Keunikan dari danau ini adalah airnya yang berwarna hijau dan hal inilah yang membuatnya dinamakan Danau Batu Bacan.

Dulunya danau ini adalah pertambangan batu yang menjadi mata pencaharian masyarakat setempat. Kemudian  tiba-tiba air muncul dan menggenangi kawasan tersebut hingga terbentuk sebuah danau.

8. Rafting Citarik

Rafting Citarik

Lokasi: Jl. Raya Pelabuhan Ratu KM. 27, Cikiray, Cikidang, Sampora, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Ksmtour.com

Sukabumi memiliki banyak sungai yang jernih, salah satunya adalah Sungai Citarik yang sering dimanfaatkan untuk kegiatan Arung Jeram. Sungai sepanjang 44 km ini memang sudah terkenal sebagai tempat yang diminati oleh para pecinta olahraga air.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung paket yang Anda pilih, Arung Jeram di sini sangat cocok bagi semua kalangan, bahkan yang belum pernah mencobanya sekalipun.

9. Pantai Citepus

Pantai Citepus

Lokasi: Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Pariwisata-sukabumi.blogspot.com

Kabupaten di Jawa Barat ini juga diberkahi dengan deretan pantai-pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Citeprus. Pantai yang terletak di Jl Raya Cisolok pelabuhan ratu ini memiliki tekstur pasir yang sedikit keras. Ombak pantai ini pun juga lumayan besar, jadi jika Anda membawa anak kecil sebaiknya jangan melepaskannya dari pengamatan Anda.

Untuk memasuki pantai yang memiliki luas 5 km ini Anda perlu membayar Rp 17.500 per orang, namun harga ini biasanya akan naik saat libur panjang.

10. Pantai Cipanarikan

Pantai Cipanarikan

Lokasi: Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Pantaipedia.com

Selanjutnya ada Pantai Cipanarikan  yang bertempat Ujung Genteng Sukabumi. Pantai ini memiliki ciri pasir berwarna putih yang lembut. Pantai yang cukup luas ini memiliki air yang berwarna hijau kebiruan dengan ombak yang lumayan tinggi.

Bukan hanya itu di dalam kawasan ini terdapat juga sungai kecil yang banyak ditumbuhi pohon bakau. Tempat wisata yang terletak di Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi ini dapat Anda masuki secara cuma-cuma alias gratis, namun tentunya terdapat biaya parkir jika Anda membawa kendaraan.

11. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu

Lokasi: Jl. Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Eljohnnews.com

Pantai ini merupakan pantai yang lumayan padat kunjungannya,  hal ini dikarenakan Pantai Amanda Ratu memiliki ombak yang cukup tenang. Selain itu pantai ini pun juga dilengkapi dengan batu karang yang berbentuk menyerupai pulau-pulau kecil, dan hal ini pun semakin menambah keindahannya.

Untuk menikmati pantai ini tidaklah mahal, Anda hanya perlu membayar Rp 5000 saja. Kemudian bagi Anda yang tertarik bermalam di sini dapat menginap di villa-villa yang ada di sekitar pantai.

12. Pantai Cikembang

Pantai Cikembang

Lokasi: Pasir Baru, Pelabuhan Ratu, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Pemburuombak.com

Pantai Cikembang adalah pantai yang masih alami yang letaknya berada di Cisolok. Sekalipun memiliki pemandangan yang indah, namun pantai ini tidak seramai pantai lainnya. Hal ini dikarenakan jalan menuju pantai masih terbilang sulit.

Pantai ini hanya mematok harga Rp 5.000 saja bagi Anda yang tertarik berkunjung kemari. Suasana pantai yang masih sepi sangat cocok bagi Anda yang menyukai ketenangan.

13. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi

Lokasi: Cicaladi, Sukatani, Surade, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Zonabikers.com

Bosan dengan suasana pantai yang biasa saja, maka cobalah berkunjung ke Pantai Cicaladi yang terletak di Cicaladi, Sukatani, Surade, Kabupaten Sukabumi. Berbeda dengan pantai lain yang memiliki hamparan pasir, Pantai Cicaladi justru tampil beda dengan hamparan rumput layaknya padang savana.

Tanpa dipungut biaya masuk, Anda dapat bersantai-santai, berpiknik ataupun merebah pada rumput sambil ditemani nyanyian ombak. Berkunjung  ke pantai ini adalah pilihan yang tepat, dikarenakan tidak banyak pantai yang menyajikan suasana hijau seperti ini.

14. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja

Lokasi: Desa Cimaja, Kec. Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Bagi yang Hobi berselancar pasti sudah tidak asing dengan pantai yang satu ini, Pantai Cimaja memang terkenal di kalangan para peselancar, bahkan hingga ke dunia internasional. Yang menjadi buruan para peselancar adalah gelombang ombaknya yang dapat mencapai ketinggian 4m.

Namun pantai yang terletak di Desa Cimaja ini tetap dibekali dengan pemandangan yang indah dari alam. Di sana juga terdapat banyak saung untuk Anda menikmati suasana pantai dengan santai, terdapat pula banyak resort dan hotel bila Anda ingin bermalam di sini.

15. Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh

Lokasi: Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Buahatiku.com

Nama Pantai Ombak Tujuh berasal dari gelombang ombak besar yang kerap terburai saat menabrak dinding karang.  Pantai ini memiliki pantai putih yang lembut disertai dengan air yang jernih, dari jernihnya air ini Anda bisa melihat ikan-ikan kecil yang sedang berenang, kepiting, bahkan bintang laut.

Tetapi dikarenakan ombaknya yang cukup besar, maka Anda disarankan agar bermain di tepian saja. Pantai yang terletak di Ujung genteng ini dapat Anda kunjungi secara gratis, namun akses menuju ke lokasi cukup sulit, dikarenakan belum adanya infrastruktur menuju jalur pantai.

16. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan

Lokasi: Jl. Cipinang-Gunung Batu, Pangumbahan, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Triconetravel.com

Pantai pangumbahan juga merupakan pantai yang sangat sering dikunjungi oleh wisatawan, bahkan pantai ini akan sangat ramai saat liburan tiba. Hal ini sangatlah wajar melihat pantai ini memiliki banyak keunggulan dalam satu tempat. Pantai Pangumbahan memiliki pasir berwarna putih yang sangat lembut, selain itu pantai ini pun memiliki ombak yang pas digunakan untuk berselancar.

Tidak sampai disitu, pantai ini juga memiliki penangkaran penyu yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga sebagai sarana edukasi. Menjelang petang sekitar pukul 17.00 biasanya Anda akan disuguhkan penampakan anak-anak penyu yang lucu sedang dilepaskan ke laut bebas. Harga tiket untuk memasuki pantai ini sebesar Rp 5.000 per orang.

17. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa

Lokasi: Pasiripis, Surade, Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Iklantravel.com

Curug yang terletak di Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ini memiliki pesona yang membuatnya tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Keindahan tebing dan juga air terjunnya bahkan memikat berbagai pengunjung dari luar kota. Dengan keeksotisan Curug Cigangsa ini Anda bisa mendapatkan foto-foto yang instagramable.

Tiket masuknya pun sangat terjangkau, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 3.000 saja, dengan biaya parkir rata-rata Rp 12.000. Namun sebaiknya jangan mengunjungi tempat ini di musim hujan, karena batuan di sini sangatlah licin, ditambah lagi arus akan berubah menjadi tidak bersahabat.

Itulah tadi 17 rekomendasi Destinasi Wisata di Sukabumi yang wajib Anda kunjungi. Kabupaten ini memang dikaruniai oleh banyak destinasi wisata alam yang mengagumkan. Oleh karena itu hendaknya pada pengunjung ikut memperhatikan kebersihan serta kelestariannya saat berkunjung, agar tempat wisata ini tetap terjaga.