15 Air Terjun (Curug) di Sukabumi Paling Hits Dikunjungi

Curug Sukabumi

Sukabumi merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Sukabumi dapat dikatakan dekat dengan kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Maka bagi Anda yang ingin berlibur untuk melepaskan penat dari kesibukan, Anda dapat mengunjungi Sukabumi.

Sukabumi merupakan daerah yang dikelilingi oleh pegunungan. Menjadikan kota ini memiliki suasana yang menyejukkan. Suasana yang sejuk dan menenangkan seperti inilah yang dapat menjadikan pengalaman berlibur Anda berkualitas. Anda dapat menikmati suasana alam dengan mengunjungi tempat wisata seperti air terjun atau curug.

Sukabumi memiliki beberapa air terjun yang memiliki keindahannya masing-masing. Anda perlu mengunjunginya untuk melakukan petualangan bersama keluarga maupun teman. Di air terjun Anda juga dapat bermain air atau memanfaatkan keindahannya sebagai objek fotografi. Untuk selengkapnya, Anda dapat menyimak 15 wisata curug di Sukabumi yang memiliki pesona menakjubkan:

1. Curug Pareang

Curug Pareang

Image Credit: Lingkarpena.id

Curug Pareang merupakan salah satu air terjun yang pesonanya dapat membuat siapapun terpukau. Disini Anda akan menemukan panorama air terjun yang tak biasa. Air yang mengalir disini tidak langsung menuju kolam dibawahnya, namun menyusuri tebing yang berundak. Keindahan ini tentunya dapat Anda manfaatkan untuk berfoto ria.

Selain itu, lingkungan di sekitar Curug Pareang juga masih bersih. Anda akan menemukan pepohonan rimbun yang dapat Anda gunakan untuk bersantai sembari menikmati gemericik air yang turun. Sangat menyegarkan dan menenangkan. Apalagi air terjun ini dapat terbilang belum banyak dikenal orang, sehingga suasananya sangat menentramkan.

Lokasi: Sindangresmi, Kec. Jampang Tengah, Kab. Sukabumi.

2. Curug Sentral

Curug Sentral

Image Credit: Bubuh.id

Curug Sentral merupakan air terjun yang didalamnya memiliki pesona perbukitan dan bebatuan yang sangat indah. Ketinggian dari Air Terjun Sentral ini juga tidak terlalu pendek. Air yang mengalir juga masih sangat bersih dan tidak tercemar. Anda dapat bermain-main air atau sekedar bersantai di bebatuan yang ada.

Perlu Anda ketahui bahwa Curug Sentral ini dahulunya merupakan tempat PLTU bekas Belanda. Selain itu di Curug Sentral ini Anda tidak hanya menemukan satu air terjun saja, melainkan tujuh. Letak ketujuh air terjun tersebut memang tidak terlalu berdekatan. Namun inilah yang dapat membuat Anda tertantang untuk menuju setiap lokasi tersebut.

Lokasi: Jl. Pondok Beureum, Kabandungan, Kec. Kalapa Nunggal, Kab. Sukabumi.

3. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum

Image Credit: Penawisata.com

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kota Sukabumi, Anda tidak boleh melewatkan pesona Curug Cibeureum. Curug Cibeureum ini terletak di lereng Gunung Gede Pangrango. Lokasi inilah yang menjadikan Curug Cibeureum memiliki keindahan yang masih terjaga dan asri. Air terjun disini dapat terbilang tidak terlalu tinggi, namun debit air yang mengalir cukup deras.

Di Curug Cibeureum ini Anda akan menyaksikan keeksotisan alam yang memukau. Dengan adanya tetumbuhan hijau dan pohon yang menjulang tinggi tentunya menjadikan kawasan air terjun yang teduh dan menentramkan. Oleh karena itu Anda wajib untuk mendatangi Curug Cibeureum ini. Tempat wisata ini juga telah populer di kalangan wisatawan.

Lokasi: Perbawati, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Sukabumi.

4. Curug Cikaso

Curug Cikaso

Image Credit: Alampriangan.wordpress.com

Curug Cikaso merupakan destinasi wisata air terjun yang dapat dikatakan masih memiliki akses yang sulit untuk menjangkaunya. Namun jangan meragukan keindahan dari Air Terjun Cikaso ini, karena disini Anda dapat menyaksikan tiga air terjun yang mengalir dari ketinggian sekitar delapan puluh meter. Hal ini tentu akan menjadi daya tarik pengunjung.

Ketiga air terjun yang mengalir memiliki namanya masing-masing. Yaitu Curug Aki, Curug Asepan, dan Curug Meong. Di bawah air terjun terdapat kolam alami yang dapat Anda gunakan untuk bermain air ataupun berenang. Kesegaran air di Curug Cikaso ini juga tidak diragukan lagi.

Lokasi: Ciniti, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi.

5. Curug Cirajeg

Curug Cirajeg

Image Credit: Satubumikita.blogspot.com

Curug Cirajeg merupakan air terjun yang dapat dikatakan berbeda dari air terjun yang lain karena terletak di area persawahan. Disini Anda dapat menyaksikan bentangan sawah asri yang tentunya akan memikat mata. Pemandangan yang disuguhkan sangatlah menarik sehingga menjadikan suasana hati yang tentram.

Salah satu keunikan dari Curug Cirajeg ini selain karena lokasinya, yaitu karena tebingnya yang bertingkat.  Air yang mengalir tidak langsung terjun dari ketinggian, melainkan melewati tebing yang bertingkat.  Selain itu air yang mengalir juga cukup deras dan jernih.

Lokasi: Neglasari, Kec. Purabaya, Kab. Sukabumi.

6. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa

Image Credit: Trepelin.com

Berbeda dari Curug Cirajeg yang terletak di kawasan persawahan, Curug Cigangsa ini terletak di kawasan perbukitan. Oleh karena lokasi Air Terjun Cigangsa yang berada di perbukitan, pemandangan yang ditawarkan juga masih sangat asri dan menyegarkan. Maka jangan lewatkan pesona Curug Cigangsa saat Anda di Sukabumi.

Selain itu, keunikan lain yang dimiliki Curug Cigangsa ini adalah air terjun yang memiliki 3 tingkatan pada tebing. Air mengalir pada tebing berbatu hitam yang tentunya menjadikan siapapun akan terpikat. Tebing ini dikatakan terbentuk karena longsor besar yang terjadi pada jaman dahulu.

Lokasi: Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

7. Curug Cikaret

Curug Cikaret

Image Credit: Cintaihidup.com

Curug Cikaret merupakan salah satu air terjun di Sukabumi yang dapat dikatakan memiliki akses lumayan mudah untuk ditempuh. Cocok bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan air terjun tanpa menguras banyak tenaga. Untuk menjangkaunya Anda cukup berjalan selama sekitar 30 menit dari perkampungan warga.

Namun walaupun akses yang terbilang cukup mudah, jangan menyangka bahwa Curug Cikaret ini memiliki keindahan yang kalah dari air terjun yang lain. Disini Anda masih dapat menyaksikan megahnya air terjun yang turun dari ketinggian serta lingkungan yang masih terjaga dan asri. Air yang ada juga masih jernih dan menyegarkan.

Lokasi: Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

8. Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik

Image Credit: Ridwanderful.com

Jika Anda mengunjungi Sukabumi jangan melewatkan pesona Curug Puncak Manik. Dikatakan air terjun ini merupakan air terjun terindah di kawasan Geopark. Air terjun disini memiliki keindahan yang sangat menawan karena air terjun turun dari tebing yang sangat tinggi.

Selain itu, konon katanya, pada air terjun ini terdapat harta karun milik kerajaan. Hal ini dikarenakan anggapan warga sekitar yang sering melihat cahaya kerlap-kerlip di air terjun pada malam hari yang diduga merupakan cahaya dari harta karun tersebut. Hal inilah yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Lokasi: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

9. Curug Sawer

Curug Sawer

Image Credit: Samsung.com

Curug Sawer merupakan air terjun yang terletak di Kecamatan Kadudampit. Memang terdengar sangat asing bagi beberapa wisatawan, hal ini dikarenakan tempatnya yang masih terpencil.

Namun jangan salah, nyatanya curug ini juga ramai akan pengunjung terutama saat musim berlibur. Keindahannya juga sering dimanfaatkan sebagai objek fotografi yang menarik.

Lokasi: Gede Pangrango, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi.

10. Curug Puncak Jeruk

Curug Puncak Jeruk

Image Credit: Triptrus.com

Curug Puncak Jeruk merupakan salah satu surga dunia yang tersimpan di Sukabumi. Disini Anda akan menikmati suasana alam yang sangat alami dan menentramkan. Ditambah tebing yang tertutupi oleh hijaunya tetumbuhan.

Di Curug Puncak Jeruk ini Anda akan menemukan dua aliran air terjun yang tentunya sangat memukau. Untuk mencapai air terjun ini Anda perlu melakukan perjalanan yang menantang terlebih dahulu.

Lokasi: Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

11. Curug Tengah

Curug Tengah

Image Credit: Ridwanderful.com

Curug Tengah merupakan air terjun yang dapat dikatakan memiliki pesona yang sangat memukau. Hal ini dikarenakan air terjun ini terletak di antara dua air terjun yang mengalir disampingnya. Itulah yang menjadikan air terjun ini dinamai Curug Tengah.

Saat Anda mengunjunginya pasti akan dibuat nyaman oleh lingkungan di kawasan air terjun. Dibawah air terjun terdapat kolam yang juga dapat Anda manfaatkan untuk bermain.

Lokasi: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

12. Curug Awang Sukabumi

Curug Awang Sukabumi

Image Credit: Ridwanderful.com

Curug Awang merupakan air terjun yang sarat akan keasrian alamnya. Disini Anda dapat menyaksikan air yang terjun dari tebing yang penuh dengan tetumbuhan. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan pelangi di curug ini. Yang tentunya dapat Anda abadikan dengan berfoto.

Lokasi: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

13. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung

Image Credit: Senengpiknik.com

Curug Cimarinjung terletak di Desa Girmukti Kecamatan Ciletuh. Curug Cimarinjung ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Untuk mengunjungi Curug Cimarinjung ini Anda perlu mempersiapkan fisik dan mental yang matang. Karena akses untuk menuju air terjun ini sangatlah sulit.

Lokasi: Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

14. Curug Sodong

Curug Sodong

Image Credit: Kedaipena.com

Curug Sodong terletak di Kecamatan Ciemas Sukabumi. Curug ini memiliki panorama alam yang memikat karena tebing yang bertingkat. Untuk menuju ke Curug Sodong Anda perlu melewati persawahan. Setelah itu Anda akan melanjutkannya dengan berjalan pada jalan setapak.

Lokasi: Ciletuh, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

15. Curug Bibijilan

Curug Bibijilan

Image Credit: Pikiran-rakyat.com

Curug Bibijilan terletak di Kecamatan Nyalindung. Memiliki keindahan alam yang masih sangat asri dan terjaga. Di samping air yang mengalir Anda akan menyaksikan keteduhan dari tetumbuhan yang ada. Keindahan ini sangat cocok untuk dijadikan objek foto.

Lokasi: Cimerang, Kec. Purabaya, Kab. Sukabumi.

Itulah 15 rekomendasi air terjun atau curug yang ada di Kota Sukabumi. Jangan ragu untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga disini. Semoga bermanfaat.