Pesona Keindahan Alam Geopark Ciletuh di Sukabumi

Geopark Ciletuh Sukabumi

Lokasi: Girimukti, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.
MapCek Lokasi

Sukabumi merupakan salah satu kota terkecil yang ada di Jawa Barat. Meski begitu, kota yang dikenal sebagai penghasil manggis terbesar ini memiliki pesona alam yang menakjubkan. Hamparan keanekaragaman hayati serta pesona alam yang masih alami sangat layak untuk Anda kunjungi.

Di kota Sukabumi, Anda dapat melepaskan segala penat maupun stres akibat aktivitas sehari-hari yang super padat. Pengunjung dapat menikmati beragam destinasi wisata menarik yang bahkan banyak di antaranya belum terjamah teknologi, sehingga masih alami dan menyejukan.

Anda dapat mengunjungi beragam tempat wisata menaik. Mulai dari gunung, pantai, laut, bukit, air terjun dan masih banyak lagi. Semua pesona alam luar biasa tersebut dapat Anda nikmati di Geopark Ciletuh Sukabumi. Di bawah ini penjelasan lengkap tentang Geopark Ciletuh di Sukabumi.

Sekilas Tentang Wisata Geopark Ciletuh di Sukabumi

Sekilas Tentang Wisata Geopark Ciletuh di Sukabumi

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Berada di lokasi yang strategis membuat tempat wisata yang satu ini begitu populer di kalangan wisatawan. Apalagi kebanyakan destinasi masih sangat alami dan belum terjamah teknologi. Sehingga pengunjung dapat merasakan langsung nuansa alami alam sekitar.

Geopark Ciletuh di Sukabumi bahkan telah di akui Unesco pada tahun 2015 sebagai Global Geopark. Hal itu tidak terlepas dari warisan geologi yang luar biasa yang juga dipadu dengan keanekaragaman hayati dan budaya yang tersimpan di dalamnya. Belum lagi soal keindahan pesona alam yang terhampar luas yang akan menjadi daya tarik bagi setiap pengunjung.

Geopark Ciletuh memiliki luas wilayah seluas 128 ribu hektar dan itu mencakup delapan kecamatan di wilayah Sukabumi. Wajar saja dengan luas yang membentang demikian, Geopark memiliki tempat wisata yang indah mulai dari gunung, bukit, beragam pantai yang sangat indah, curug, taman alam serta masih banyak lagi.

Bagi Anda yang sedang berada di Sukabumi tentu jangan sampai melewatkan destinasi wisata Geopark Ciletuh ini. Dengan banyaknya tempat wisata yang ada rasanya waktu sehari tidak akan cukup untuk menjelajahi keindahan alam yang ada. Untuk itu sebaiknya Anda menyiapkan waktu beberapa hari dan ajak pula kerabat atau rekan agar semakin menyenangkan.

Daya Tarik Keindahan Alam Geopark Ciletuh

Daya Tarik Keindahan Alam Geopark Ciletuh

Image Credit: Republika.co.id

Geopark Ciletuh di Sukabumi memiliki daya tarik kuat untuk di kunjungi. Bagaimana tidak, ada banyak sekali pesona wisata alam yang menarik dan layak untuk di jelajah. Pilihan tempat yang bervariasi tentu membuat Anda akan semakin betah serta merasa tertantang. Apalagi pesona alam yang ditawarkan masih terasa alami, bersih dan juga masih terjaga dengan sangat baik.

Bagi Anda yang suka menghabiskan waktu di pantai. Geopark Ciletuh di Sukabumi juga terdapat pantai yang indah. Ada beberapa pilihan pantai populer seperti pantai ujung genteng dan muara cipanaikan. Keduanya memiliki bibir pantai yang luas, pasir putih dan air berwarna hijau. Bersantai di sekitar akan membuat Anda seperti tengah berada di pulau dewata.

Jika Anda menyukai tantangan dengan pergi ke hutan maupun alam. Geopark Ciletuh di Sukabumi memiliki beberapa puncak atau bukit yang bisa pengunjung jelajah. Salah satunya yaitu puncak Darma yang memiliki ketinggian 230 mdpl. Butuh perjuangan memang untuk sampai ke atas namun setelah sampai Anda bisa melihat pesona alam sekitar Sukabumi yang begitu menakjubkan.

Ketika mengunjungi Geopark Ciletuh di Sukabumi, Anda tidak hanya bisa mengunjungi beragam pesona wisata yang menakjubkan. Bila ingin mengetahui budaya masyarakat sekitar pun bisa, yakni dengan mengunjungi kesepuhan Ciptagelar. Di situ pengunjung akan lebih mengenal budaya dan kearifan lokal yang masih di junjung tinggi oleh masyarakat setempat.

Fasilitas Geopark Ciletuh di Sukabumi

Fasilitas Geopark Ciletuh di Sukabumi

Image Credit: Pariwisataku.com

Bila Anda berencana untuk menghabiskan waktu luang atau hari libur Geopark Ciletuh tidak perlu risau soal keamanan dan kenyamanan. Keamanan dan kenyamanan pengunjung selalu menjadi prioritas pihak penyelenggara. Untuk mendukung itu semua, bahkan di setiap destinasi telah dilengkapi beragam fasilitas lengkap mulai dari area parkir kendaraan, mushola dan kamar mandi.

Banyaknya tempat wisata yang dapat di eksplor membuat penyelenggara sadar bahwa Anda bisa menetap lama di Geopark Ciletuh di Sukabumi. Oleh karena itu, ada beberapa penginapan yang bisa di sewa untuk Anda dan keluarga menghabiskan malam. Segala rasa lelah berpetualang akan terbayar dengan beristirahat di resort yang super nyaman.

Belum lengkap rasanya jika mengeksplor suatu wilayah tanpa berwisata kuliner. Anda tidak perlu panik sebab ada bermacam-macam resto yang menyediakan hidangan lezat yang memanjakan lidah. Beberapa pusat oleh-oleh makanan pun tersedia untuk pengunjung yang ingin membeli sesuatu untuk di rumah.

Rute Menuju Kawasan Wisata Geopark Ciletuh

Rute Menuju Kawasan Wisata Geopark Ciletuh

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Akses yang di tempuh untuk sampai ke Geopark Ciletuh di Sukabumi sangatlah mudah. Semua sudah dirancang sedemikian rupa sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menempuh ke lokasi. Pengunjung dapat menggunakan pribadi baik itu motor maupun mobil. Bila bepergian ramai-ramai alangkah lebih baik menggunakan kendaraan roda empat agar semakin seru dan kompak.

Jarak yang ditempuh dari pusat kota tidak terlalu jauh mengingat kota Sukabumi itu sendiri tidak terlalu besar. Bagi Anda yang hendak datang dari arah ibukota Jakarta maka akan butuh waktu 6 sampai tujuh jam untuk sampai ke lokasi wisata. Namun jalur yang di tempuh sangat mudah untuk di ikuti, jadi pengunjung jangan takut untuk tersesat.

Bagi Anda yang berhalangan tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi juga tidak perlu risau. Beberapa pilihan transportasi juga bisa di akses seperti bus ataupun angkutan umum lain. Anda hanya perlu langsung menuju tempat wisata tujuan atau berhenti di terminal bus. Selanjutnya pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan jasa ojek maupun sewa kendaraan.

Harga Tiket Masuk Geopark Ciletuh

Harga Tiket Masuk Geopark Ciletuh

Image Credit: Jurnaljabar.id

Jika Anda ingin belibur di kawasan Geopark Ciletuh di Sukabumi, jangan khawatir mengenai soal harga tiket. Sebab kawasan wisata yang populer ini tidak mengenakan tiket apapun di beragam tempat yang ada. Apabila ada tarif saja itu pun hanya beberapa saja biasanya berhubungan dengan parkir kendaraan.

Paling tidak biaya setiap destinasinya hanya 3 ribu – 10 ribu saja itu sudah mencakup parkir kendaraan. Sebuah harga yang sangat murah dan tidak sebanding dengan keindahan pesona alam yang luar biasa yang bisa Anda nikmati.

Perlu Anda pahami bahwa kemungkinan adanya perubahan terkait harga tiket bisa saja terjadi. Hal itu pasti tidak terlepas dari pengembangan daerah wisata. Untuk itu ada baiknya Anda selalu mengikuti update harga tiket maupun penginapan bila berencana menginap.

Itu dia beberapa informasi yang perlu Anda ketahui tentang pesona keindahan Geopark Ciletuh di Sukabumi. Banyaknya lokasi wisata membuat pengunjung akan semakin betah berada di sini. Bagaimana pun pesona alam yang masih asri alangkah lebih baik tetap dijaga dan dirawat.