Kendal merupakan sebuah kota yang berada di Jawa Tengah. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang wajib untuk kamu kunjungi. Mulai dari wisata alam yang menakjubkan hingga wisata yang menantang.

Sehingga tidak mengherankan apabila kota yang memiliki sebutan sebagai kota satelit ini menjadi tujuan para wisatawan menghabiskan liburan mereka. Karena kota ini memang memiliki destinasi wisata yang menarik.

Bila kamu sedang merencanakan sebuah liburan, maka tempat-tempat di bawah ini bisa menjadi list tempat wisata di Kendal yang bisa kamu kunjungi baik bersama teman, pacar maupun keluarga. Dijamin seru dan akan membuat liburanmu berkesan.

1. Pantai Cahaya Kendal

Pantai Cahaya Kendal
Image Credit: Krjogja.com

Nah, tempat wisata di Kendal yang masih tergolong baru ini bisa membawamu menikmati indahnya pantai beserta melihat aksi pintarnya lumba-lumba, kamu juga bisa berenang bersama mereka serta melakukan threatment lumba-lumba.

Banyak fasilitas yang ditawarkan di sana, mulai dari waterking, mini zoo, kolam unik yang bisa membuat siapa saja mengapung, loker, kamar ganti, kamar bilas disertai shower, area mandi bola, restoran, gazebo, kereta mini, perahu kano, panggung hiburan hingga balkon untuk melihan sunset.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Klampok, Sendang Sikucing, Rowosari, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

2. Wisata Kali Bladon

Wisata Kali Bladon
Image Credit: Instagram.com @riantfkh

Warga Kendal mana yang tidak kenal dengan Wisata kali Bladon. Hampir semuanya tidak asing lagi dengan tempat yang beberapa waktu lalu sempat viral. Bagaimana tidak tempat ini dikenal memiliki pesona yang begitu memukau. Di mana deretan pohon hijau yang seakan mengelilingi sebuah kali kecil.

Wisata Kendal yang berada di kecamatan Purwokerto ini sebenarnya adalah kolam pemancingan. Namun karena memiliki pemandangan yang indah, Wisata kali Bladon menjadi serbuan wisatawan.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beberan, Purwokerto, Kec. Brangsong, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

3. Curug Semawur

Curug Semawur
Image Credit: Blog.umy.ac.id

Curug Semawur merupakan sebuah curug yang memiliki delapan tingkat dengan airnya yang jernih. Tingkatan yang pertama merupakan air terjun kembar. Dikelilingi oleh pepohonan rindang menambah kesejukan tempat ini dan akan membuatmu betah berada di sana.

Di tengah perjalanan menuju Curug, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan yang memukau. Seperti perkebunan kopi, gunung-gunung kecil yang hijau, dan sungai-sungai dengan air jernih. Kamu juga bisa bermalam di curug ini dengan menginap di home stay yang berada di sekitar air terjun.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kejiwan, Blumah, Plantungan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

4. Taman Sayur

Taman Sayur
Image Credit: Instagram.com @insta_kendal

Bosan dengan wisata perairan, Kendal juga memiliki taman Sayur sebagai tempat yang menarik untuk dikunjungi. Berada di kecamatan Limbangan wisata yang satu ini menawarkan liburan edukasi. Di mana Anda bisa sekaligus belajar mengenai berbagai macam sayuran yang ada di dalamnya.

Tidak hanya itu, Taman Sayur juga memiliki tempat yang menawan untuk spot foto. Terdapat sebuah fasilitas yang dibentuk seperti balon udara. Sehingga Anda bisa melihat tempat ini dari ketinggian setelah menaiki tangga menanjak.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sumowono – Boja, Nambangan, Gondang, Kec. Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

5. Gua Kiskendo

Gua Kiskendo
Image Credit: Travelingyuk.com

Wisata alam yang terletak di kecamatan Singorojo ini menyuguhkan megahnya sebuah gua dengan stalagtit dan stalagmit yang indah. Kondisi alam di sekitarnya masih sangat alami. Di sekitar Gua Kiskendo juga terdapat lima gua lagi yang ukurannya lebih kecil.

Saat menempuh perjalanan menuju tempat ini kamu akan melihat keanekaragaman flora serta fauna, yang membuat perjalananmu terasa menyenangkan. Di dalam gua ini juga terdapat sebuah aliran sungai yang belum banyak diketahui orang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trayu, Kec. Singorojo, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

6. Kampoeng Djowo Sekatul

Kampoeng Djowo Sekatul
Image Credit: Google Maps (Kampoeng Djowo Sekatul)

Bosan suasana perkotaan dan ingin segera merasakan suasana perkampungan yang begitu asri. Kendal punya Kampoeng Djowo Sekatul yang bisa menjadi target kunjungan. Di tempat ini Anda dapat bersenang-senang di area outbound.

Bahkan kampoeng Djowo Sekatul juga dilengkapi dengan kolam renang. Jika lapar melanda Anda bisa pergi ke restaurant yang ada di tempat tersebut. Tersedia pula penginapan untuk pengunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sekutis, Margosari, Kec. Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

7. Pemandian Air Panas Nglimut

Pemandian Air Panas Nglimut
Image Credit: Coretanpetualang.wordpress.com

Apakah kamu ingin merasakan sensasi berendam di air panas sembari menikmati pemandangan yang indah dan nuansa udara yang sejuk? Jika iya, maka Pemandian Air Panas Ngelimut adalah jawabannya. Berendam di sana akan membuat tubuhmu menjadi nyaman dan rileks.

Pemandian air panas ini dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Disini tersedia berbagai fasilitas seperti taman rekreasi, mini zoo, zona bermain anak, area outbond, kolam pemancingan, kawasan kuliner dan juga spot-spot foto yang menarik seperti karpet terbang, ayunan tinggi, sepeda udara, dan juga penginapan.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nglimut, Gonoharjo, Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

8. River Walk Boja

River Walk Boja
Image Credit: Instagram.com @riverwalkboja

River walk Boja ada tempat wahana air berad. Di sini Anda akan menemukan taman bermain dengan desain arsitektur yang indah. Mulai dari seluncur air, sensasi diguyur dari atas, juga bangunan berwarna-warni dengan kombinasi yang estetis.

Anda bisa mengajak teman ataupun keluarga untuk berkunjung ke River Walk Boja. Pasalnya tidak hanya wahana air saja, tapi Anda juga bisa melihat berbagai jenis hewan. Tempatnya indah dengan suasana sejuk akan membuat kuburan semakin mengesankan.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Veteran, Nagadibolo, Ngadibolo, Kec. Boja, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

9. Arung Jeram di Tubing Genting

Arung Jeram di Tubing Genting
Image Credit: Wisatasia.com

Tempat wisata yang berada di kecamatan Sinorojo ini akan menguji adrenalinmu. Pasalnya, kamu akan melakukan river tubing hanya dengan menggunakan ban, live jacket dan helm. Di sepanjang sungai berjejer bebatuan rapi berbentuk kotak yang mempercantik tempat ini.

Pemandangan yang akan kamu nikmati ketika menuju tempat ini, juga tak kalah indah dan sangat memukau. Kamu akan melihat perkebunan karet yang hijau dan nuansa perbukitan yang menyegarkan mata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Genting Baru No. 94 Kec. Singorojo, Hutan, Kedungboto, Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

10. Pantai Karangmalang

Pantai Karangmalang
Image Credit: Instagram.com @achmad_noer_cholis

Bosan dengan tempat liburan yang itu-itu saja. Maka cobalah mengunjungi Pantai Karangmalang yang ada di Kabupaten Kendal. Bisa dibilang tempat wisata yang satu ini masih terbilang baru. Oleh karenanya belum banyak wisatawan yang berkunjung.

Meski begitu pantai ini memiliki panorama alam yang indah. Di mana Anda dapat suasana yang jauh dari kebisingan, udara yang sejuk, juga berbagai spot foto yang pastinya instagramable.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangmalang Wetan, Kec. Kangkung, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

11. Perkebunan Teh Medini

Perkebunan Teh Medini
Image Credit: JejakPiknik.com

Salah satu tempat wisata di Kendal yang bagus untuk refreshing dan dijamin dapat menyegarkan matamu adalah Perkebunan Teh Medini. Sejauh mata memandang, kamu akan melihat hamparan teh yang luas dan hijau.

Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengisi feed IG mu dengan suasana yang berbeda, yakni latar pemandangan perkebunan teh yang elok. Tak jauh dari perkebunan ini terdapat sebuah air terjun yang masih alami.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jatirejo, Ngampel, Hutan, Ngesrepbalong, Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

12. Pulau Tiban

Pulau Tiban
Image Credit: Instagram.com @aji7792

Berada di Kendal jangan lupa untuk melipir sejenak ke Kecamatan Patebon. Di sini Anda akan menemukan sebuah pulau yang tidak pernah sepi pengunjung, Pulau Tiban namanya. Sebenarnya tempat yang satu ini adalah sebuah pantai yang bernama Kartika jaya.

Agar bisa sampai di tujuan Anda harus melewati beberapa rute. Meski acap kali dibilang memiliki jalur yang cukup sulit, Pulau ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kartika Jaya, Kec. Patebon, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

13. Curug Sewu

Curug Sewu
Image Credit: Piknikasik.com

Curug yang satu ini merupakan curug tertinggi degan aliran air cukup besar yang ada di Kendal. Di area curug ini, terdapat tiga air terjun yang sangat mempesona. Dan jika beruntung kamu akan melihat pelangi yang muncul di antara ketiga air terjun tersebut.

Ketika pengunjung ingin melihat lebih dekat keindahan air terjun ini, pengunjung harus menuruni puluhan anak tangga terlebih dahulu dan menikmati hawa sejuk serta pemandangan yang indah. Untuk masalah perut kamu tak perlu takut kelaparan karena banyak warung di sekitar sana.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Remboko, Curugsewu, Patean, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

14. Ngebruk Patean

Ngebruk Patean
Image Credit: Google Maps (Nindya Meita Rahayu)

Ingin merasakan sensasi memetik buah di kebun sendiri? Agrowisata Ngebruk Patean bisa menjadi lokasi berlibur yang tepat. Di sini pengunjung dipersilahkan untuk memetik buah secara langsung. Selain itu kendaraan wisata juga tersedia untuk mengajak Anda berkeliling di sekitar pekarangan kebun.

Pengunjung akan diajak melihat berbagai tanaman tropis diantaranya durian, srikaya, jambu, buah rambutan, buah naga, dan kelengkeng. Kebun buah yang begitu luas membuat suasana begitu sejuk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalidukuh, RT.026/RW.9, Manggung, Sidodadi, Kec. Patean, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

15. Promas Greenland

Promas Greenland
Image Credit: Gramho.com

Tempat wisata di Kendal yang satu ini juga menarik untuk kamu kunjungi. Lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Ungaran membuat lokasi wisata ini memiliki udara yang sangat segar dan sejuk.

Fasilitas yang tersedia di sana seperti kolam renang, ada juga kolam pemandian air panas yang mengandung belerang yang baik bagi kesehatan, waterboom, taman bunga, mini zoo, kolam pemancingan dan rumah makan lesehan untuk memanjakan lidahmu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nglimut, Gonoharjo, Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

16. Curug Corong

Curug Corong
Image Credit: Instagram.com @habib_farindra

Kendal seakan tidak mau berhenti untuk menyuguhkan berbagai kekayaan alamnya, salah satunya adalah air terjun Curug Corong. Tempat ini masih begitu alami sebab belum banyak tercampur oleh tangan manusia. Meski tebingnya airnya tidak terlalu tinggi, namun Curug ini banyak menjadi incaran para penikmat alam bebas.

Bebatuan alam, udara yang sejuk, serta pepohonan rindang menjadi kombinasi yang sempurna. Airnya jernih dan begitu menyegarkan karena bersumber asli dari Gunung Unggaran. Untuk menuju lokasi pengunjung harus melewati tracking yang cukup terjal, sebab harus melewati rimbunnya pepohonan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gondang, Kec. Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

17. Desa Wisata Sembrani

Desa Wisata Sembrani
Image Credit: Cinepha.wordpress.com

Desa wisata ini menawarkan suasana yang amat menakjubkan. Aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke sana seperti berkuda, belajar bertani bersama warga, serta memakan durian langsung dari kebunnya.

Fasilitas yang tersedia juga cukup beragam, mulai dari homestay untuk pengunjung yang ingin menginap, tempat bermain anak, restauran, serta kafe. Di sekitar wisata ini juga terdapat sebuah petilasan Ki Hajar Buntit yang memiliki daya tarik berupa akar pohon yang menjuntai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Leban , Kec. Boja, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

18. Curug Panglebur Gongso

Curug Panglebur Gongso
Image Credit: Instagram.com @kertatisumekar

Ragam keindahan Indonesia salah satunya tercermin dari Curug Panglebur Gongso. Wisata yang satu ini merupakan sebuah air terjun yang penampakannya seperti tirai. Suasananya yang jauh dari kebisingan membuat pikiran lebih rileks.

Suasana yang sejuk dikombinasikan dengan suara gemericik air yang menenangkan, akan menambah syahdu suasana. Dari lokasi parkir ke Curug Panglebur Gongso harus melawati jalan setapak yang sudah begitu tertata.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gondang, Kec. Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

19. Plantera Fruit Paradise

Plantera Fruit Paradise
Image Credit: Rynari.WordPress.com

Tempat yang satu ini sangat cocok untuk kamu datangi bersama keluarga. Di sana kamu bisa melihat berbagai tanaman buah tropis yang ditanam di kebun. Kamu bisa mengelilingi area tersebut menggunakan mobil yang disediakan pengelola.

Tak hanya melihat dan berkeliling, kamu juga diperkenankan untuk memetik sebagian buah yang ada di kebun. Buah yang bisa kamu temui di sana seperti, srikaya, buah naga, buah durian montong, lengkeng itoh, jambu citra dan rambutan binjai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sido Kumpul, Manggung, Sidodadi, Kec. Patean, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

20. Agrowisata Tirto Arum Baru

Agrowisata Tirto Arum Baru
Image Credit: Seputarsemarang.com

Tempat ini menyajikan berbagai fasilitas mengasyikkan yang bisa kamu datangi bersama teman atau keluarga. Terdapat berbagai wahana permainan seperti flying fox, arena bola volli dan futsal, arena atv, mini zoo, kolam renang untuk dewasa dan anak.

Terdapat pula wahana unggulan yang paling diminati oleh pengunjung, wahana tersebut adalah wahana bermain lumpur. Tempat wisata di Kendal ini juga dilengkapi oleh sebuah penginapan serta restauran.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Soekarno-Hatta Barat KM. 2,7, Bugangin, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

21. Danau Cengkehan

Danau Cengkehan
Image Credit: Google Maps (ISMI AFIFAH)

Wisata alam yang ada di Kendal selanjutnya adalah Danau Cengkehan. Danau dengan air yang begitu jernih ini akan membuat Anda kagum. Pasalnya tidak hanya kenampakan danaunya, tapi banyak pula spot foto yang eksotis.

Selain itu, pengunjung juga akan difasilitasi agar bisa berkeliling hingga ke tengah danau. Berada di Kecamatan Kalikonal, Danau Cengkehan di kelilingi oleh pepohonan yang menghijau dengan jalan setapak yang estetik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sidokumpul, Patean, Kalikonal, Sidokumpul, Kec. Kendal, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

22. Mercusuar Weleri, Pantai Moro

Mercusuar Weleri, Pantai Moro
Image Credit: Eksapedia.com

Apakah kamu sudah pernah merasakan sensasi selfie dari atas ketinggian? Jika belum, kamu bisa mencobanya di Mercusuar Weleri yang ada di Pantai Moro. Selain berselfie kamu juga bisa melihat keindahan pantai dari atas ketinggian.

Dari mercusuar yang menjulang tinggi tersebut kamu bisa melihat pemandangan di sekitar sana. Namun, kamu perlu berhati-hati saat menaiki menara setinggi 40 meter tersebut. Karena menara tersebut tidak dilengkapi oleh keamanan yang memadai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gubugsari, Gempolsewu, Rowosari, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

23. Danau Banaran

Danau Banaran
Image Credit: Instagram.com @sandie_5029gd

Danau Banaran merupakan danau buatan yang memiliki air berwarna hijau muda. Berada di kawasan kebun cengkeh, membuat udara di sana terasa segar. Ketika menempuh perjalanan menuju tempat ini, kamu akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan.

Air danau yang sangat jernih, membuat kamu bisa melihat ikan tawar yang berenang di dalamnya. Latar belakang danau yang memukau bisa kamu jadikan spot foto yang menarik untuk kamu yang hobi berfoto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Surugajah, Ngargosari, Sukorejo, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

24. Sekartama Waterland

Sekartama Waterland
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu datangi bersama keluarga. Skartama Waterland adalah sebuah kolam renang yang sangat luas dengan wahana seluncuran yang memiliki tiga tingkat ketinggian.

Tempat ini tak hanya menyediakan kolam untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak. Pengelola menyediakan fasilitas khusus untuk pengunjung mulai dari kamar ganti, toilet, mushola dan juga food court untuk mengisi perut kamu yang kosong setelah puas bermain air.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nawangsari I, Nawangsari, Weleri, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

25. Bukit Watu Lawang

Bukit Watu Lawang
Image Credit: Travelingyuk.com

Nah, satu lagi destinasi wisata yang ada di Kendal yang tak kalah menarik adalah Bukit Watu Lawang. Bukit ini menawarkan pemandangan yang elok. Kamu bisa melakukan selfie di atas bebatuan besar yang ada di puncak bukit ini.

Namun, untuk bisa mencapai bukit ini kamu harus memanjat batu yang memiliki kemiringan sebesar 90 derajat. Hal ini akan menjadi pengalaman wisata yang cukup menantang, meskipun sudah disediakan pegangan tali dan besi akan tetapi kamu masih wajib untuk selalu berhati-hati ya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Watulawang, Kedungboto, Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Nah itulah 25 objek wisata di Kendal yang wajib kamu kunjungi bersama teman maupun keluarga. Namun ingat, saat berkunjung kamu harus tetap menaati peraturan yang ada ya. Agar tempat-tempat tersebut tetap terjaga dan layak untuk dikunjungi wisatawan lainnya.