Ingin bersantai dan menikmati suasana sore hari, Taman Lampion di Klaten menjadi tujuan terbaik. Menawarkan tempat bermain untuk anak-anak dan menikmati liburan bersama keluarga.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 04.00-22.00, Alamat: Jl. Bareng Lor, Kec. Klaten Utara, Kab. Klaten, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Taman Lampion adalah salah satu wisata yang ada di daerah Klaten, yang mana berita tersebut sangat menarik untuk bisa dikunjungi. Bisa dikatakan wisata yang satu ini merupakan kawasan yang baru. Sebab awal pembangunan dilakukan pada tahun 2014.

Pemerintah daerah telah merencanakan pembangunan taman cantik ini sebab adanya kemajuan pada sektor ekonomi terlebih lagi pada wisata. Bahkan banyak sekali wacana yang dibentuk oleh kota Klaten dalam pembentukan destinasi wisata baru.

Jika saja Anda ingin mencari wisata yang murah, hits dan juga sangat instagramable maka Taman Lampion Klaten bisa menjadi pilihan. Karena saat malam hari, keindahan dari taman ini bisa membuat siapapun betah.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Lampion Klaten

Daya Tarik Taman Lampion
Image Credit: Google Maps (Choirul Oto Cahya Nugraha)

Banyak sekali yang menjadikan Taman Lampion Klaten ini sebagai tempat nongkrong untuk anak muda. Karena memang suasananya yang sangat mendukung untuk bisa berkumpul bersama dengan teman. Tentunya Taman ini memiliki daya tarik yang membuat siapapun ingin berkunjung ke sana.

1. Lampion Warna-Warni

Jika dilihat saat siang hari tentu saja lampu lampion ini tidak akan terlihat keindahannya. Akan tetapi, jika Anda datang ke tempat ini dari sore sampai malam hari untuk bisa menikmati keindahan dari lampion warna-warni ini.

Warna dari lampion juga cukup variatif, mulai dari warna merah, warna biru, warna kuning, warna pink dan lain sebagainya. Sehingga taman ini pun sangat cocok jika didatangi bersama dengan si kecil, karena mereka pasti akan senang dengan warna-warna dari lampion.

2. Tempat Melepas Lelah

Keunikan yang dimiliki oleh taman ini kerap kali digunakan sebagai tempat untuk melepas lelah. Biasanya para pengunjung merupakan wisatawan dari luar kota yang melewati taman sehingga bisa beristirahat sejenak.

Taman ini memang menyediakan kursi untuk bersantai. Jadi Anda bisa menikmati pemandangan yang ada di taman sembari duduk bersantai dan menyantap camilan.

3. Memiliki Banyak Spot Menarik

Memang betul jika di Taman Lampion Klaten mempunyai banyak spot yang menarik untuk digunakan sebagai tempat berfoto. Itulah mengapa banyak sekali para anak muda yang sangat suka jika nongkrong di tempat ini.

Daya Tarik Taman Lampion Klaten
Image Credit: Google Maps (Hannugra E.A.)

4. Sering Menjadi Tempat Lomba

Keunikan lain yang bisa menjadi daya tarik taman ini seringkali digunakan sebagai tempat lomba. Sedangkan untuk perlombaan yang dilakukan juga cukup banyak. Namun biasanya perlombaan ini adalah perlombaan untuk anak-anak, seperti menggambar, mewarnai dan lain sebagainya.

5. Suasana Gerbang Taman

Para pengunjung yang telah memasuki area taman akan disambut dengan adanya gerbang yang memiliki tulisan taman lampion. Di mana ketika saat malam hari tulisan tersebut akan mengeluarkan cahaya.

Kemudian juga terdapat ornamen ornamen yang dibuat dari bahan besi. Sedangkan pada bagian bawahnya terdapat sungai yang memiliki berbagai macam ikan kecil. Taman satu ini memang mengusung tema keindahan kota tapi tidak merusak kondisi alamnya.

Sebab, di sekitar area taman juga telah ditumbuhi oleh pohon-pohon maupun tanaman kecil. Yang menjadikan taman ini tetap sejuk meskipun saat siang hari.

6. Suasana di Dalam Taman

Suasana yang disuguhkan taman ini memang menyenangkan sehingga sangat cocok jika dinikmati pada akhir pekan. Saat senja sudah menjelang tentu view pada taman ini akan semakin cantik. Terlebih lagi dengan lampu lampion yang akan menyala kemudian terdapat cahaya senja yang ada di langit.

Waktu yang paling tepat untuk datang ke taman memang saat sore hari. Selain memiliki pemandangan yang indah, Taman lampion juga memiliki udara yang sejuk dikarenakan banyaknya pohon yang rindang. Sehingga matahari pun tidak akan terlalu menyengat kulit.

Dan yang paling unik lagi pada taman ini, pada bagian tengahnya terdapat kolam yang memiliki air mancur bertingkat. Di area Tengah kolam inilah terdapat sebuah patung Hanoman yang cukup besar, lalu patung ini dikelilingi oleh sekitar 12 patung monyet yang memiliki ukuran kecil dengan adanya hiasan lampu warna-warni.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Taman Lampion

Alamat Taman Lampion
Image Credit: Google Maps (Hawary Rs)

Bagi siapapun yang ingin berkunjung ke taman ini, harus mengetahui alamat serta rute agar tidak kesasar. Alamatnya sendiri di kecamatan Klaten Utara, bahkan rute yang bisa ditempuh pun juga sangat mudah.

Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun sepeda roda dua, maka jalan yang ditempuh adalah Jalan Raya Kota Solo Jogja. Baru setelah itu Anda harus melewati lampu lalu lintas Bareng yang jaraknya kurang lebih sekitar 300 meter.

Ketika Anda menggunakan transportasi umum seperti bus, Anda harus berhenti di terminal Tirtonadi yang berada di Giwangan ataupun kota solo. Kemudian Anda bisa langsung menggunakan angkutan umum ataupun ojek online untuk menuju ke taman. Untuk yang menggunakan fasilitas kereta api juga bisa dan harus naik dari stasiun Balapan Solo ataupun stasiun Tugu Yogyakarta.

Taman Lampion menjadi salah satu destinasi wisata gratis yang hampir mirip dengan alun-alun kota. Jadi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan lampion yang ada di taman ini sama sekali tidak akan dipungut biaya apapun.

Namun, bagi para wisatawan yang berkunjung dengan menggunakan kendaraan seperti mobil ataupun sepeda roda dua, diharuskan membayar parkir yang cukup terjangkau. Yakni untuk foto2 hanya mengeluarkan biaya parkir Rp 2.000 sedangkan untuk kendaraan mobil harus mengeluarkan biaya parkir Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Lampion

Aktivitas di Taman Lampion
Image Credit: Google Maps (Salam Kikuk Kikuk Channel)

1. Jalan Santai

Kegiatan asyik yang bisa dilakukan ketika datang ke taman lampion dengan berjalan santai di area Jalan setapak. Kegiatan ini memang kerap kali dilakukan oleh warga sekitar pada saat pagi hari ataupun sore hari.

Selain bisa melihat keindahan dari lampu lampion yang ada di taman tersebut. Tentu saja Anda aktivitas ini bisa membuat tubuh semakin sehat dan juga bugar.

2. Aktivitas Jogging

Jika memang Anda berlibur di sekitar area Taman tersebut, tidak ada salahnya jika melakukan jogging di taman ini. Karena tempat ini sangat nyaman untuk dijadikan olahraga jogging bersama dengan pasangan.

Intinya meskipun tengah berwisata jangan sampai melupakan untuk selalu berolahraga. Agar kesehatan dari tubuh tetap terjaga. Jogging ini bisa dinikmati saat pagi ataupun sore hari, yang pasti akan menjadikan aktivitas olahraga semakin menyenangkan.

3. Menjadi Tempat Piknik

Kegiatan piknik memang seringkali dilakukan di taman lampion ini. Banyak keluarga yang menghabiskan waktu sore hari dengan piknik bersama anggota keluarga. Tentu saja aktivitas ini sangat menyenangkan karena bisa menambah keharmonisan hubungan kekeluargaan.

Dengan membawa makanan sendiri dari rumah tentu akan semakin menghemat pengeluaran Anda. Meskipun yang dimakan merupakan olahan rumahan, tentu saja kegiatan ini sangat menyenangkan dan menjadi momen yang tidak akan terlupakan saat berkumpul dengan keluarga.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Lampion Klaten

Fasilitas di Taman Lampion Klaten
Image Credi: Google Maps (Saiful Arifin)

1. Angkringan di Area Taman

Mengisi tenaga sehabis jalan-jalan menyusuri area taman tentu akan semakin nikmat karena bisa dinikmati bersama dengan keluarga ataupun pasangan. Anda bisa menikmati jajanan yang ada di angkringan dengan pemandangan suasana lampion yang berwarna-warni.

Apalagi jajanan yang dijual di angkringan ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Bahkan sangat ramah dikantong para anak muda ataupun mahasiswa. Itulah mengapa, tak heran jika banyak para anak muda yang nongkrong di tempat ini.

2. Terdapat Fasilitas Mainan Anak

Untuk fasilitas yang tersedia di tempat ini memang sangat mendukung bagi para keluarga yang memiliki buah hati. Sebab teman ini memiliki area bermain anak, yang pastinya para orangtua harus selalu mengawasi anak-anaknya.

Contohnya saja seperti permainan ayunan, permainan jungkat-jungkit dan masih banyak lagi. Bahkan para orangtua pun tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk datang ke wisata yang mahal karena di taman ini sudah banyak fasilitas bermain anak

3. Tersedia Tempat Sampah

Tempat sampah menjadi salah satu fasilitas yang paling penting untuk menjaga kebersihan wisata apapun. Maka dari itu Anda tidak perlu cemas jika datang ke taman lampion, sebab para pengelola telah menyiapkan tempat sampah di berbagai macam sudut. Yang mana setiap jenis sampahnya juga bisa dibedakan.

4. Toilet

Toilet juga sangat diperlukan oleh wisatawan, apalagi para pengunjung yang berasal dari luar kota. Adanya toilet ini, para wisatawan tidak akan kesusahan jika ingin buang air kecil. Bahkan toiletnya pun juga cukup bersih dan sangat nyaman ketika digunakan. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 2.000 saja untuk bisa menggunakan fasilitas toilet.

Nah, demikianlah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda tentang wisata Taman Lampion Klaten. Jika berkunjung ke Klaten usahakan untuk datang ke wisata ini dan nikmatilah keindahan serta suasana yang ada di dalam taman. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan ketika datang ke tempat ini.