13 Tempat Wisata di Pekalongan

Jika mendengar nama Kota Pekalongan, tentu yang akan kamu ingat adalah batiknya. Ya, Pekalongan memang sangat identik dengan batik. Namun, selain identik dengan kekayaan budaya batiknya, Pekalongan juga memiliki tempat-tempat wisata yang indah.

Nama Pekalongan berasal dari kata kalong, yang berarti kelelawar, namun bukan berarti kota ini memiliki banyak kelelawar. Nama itu diambil karena dulu ada Bupati Kendal pertama yang bernama Raden Bahu sering melakukan tapa kalong, bertapa seperti kalong dengan posisi terbalik.

Di Kota Pekalongan ini ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata dengan aneka keunikan dan karakteristik, baik bersama teman, saudara, atau keluarga. Berikut adalah 13 tempat wisata di Pekalongan yang bisa kamu kunjungi:

1. Wisata Batik

Wisata Batik

Lokasi: Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kab.  Pekalongan, Jawa Tengah. – Image Credit by Kampungwisatabatikmas.blogspot.com

Pekalongan memang identik dengan batik, maka di sini kamu juga akan menemukan museum batiknya.  Dengan berkunjung ke museum ini, kamu bisa memperkaya pengetahuanmu mengenai batik yang ada di Indonesia.

Di dalam museum ini terdapat ratusan jenis batik dengan berbagai corak, baik batik kuno maupun batik yang modern. Untuk masuk ke museum, kamu tidak perlu khawatir karena ada tiket masuknya, sebab biaya tiket masuk museumnya cukup murah.

2. Wisata Watu Ireng

Wisata Watu Ireng

Lokasi: Jl. Raya Lambur, Hutan, Kec.  Kandangserang, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah. – Image Credit by Tipswisata.co

Wisata ini berada di Kandang Serang, dan tempatnya ada di sebuah bukit dengan luas sekitar 2 hektare. Di bukit tersebut ada banyak batu besar berwarna hitam, dan di atas bukit juga tumbuh semak belukar yang jika kamu injak akan berbunyi dung-dung layaknya suara gong.

Di tempat wisata satu ini ada banyak mitos yang beredar terkait watu ireng. Dan konon, di puncak bukit ada mulut goa yang terhubung dengan dasar bukit dan di dalamnya ada seperangkat gamelan serta pasukan kuno. Watu ireng ini juga sering digunakan untuk meditasi.

3. Curug Bajing

Curug Bajing

Lokasi: Jl. Raya Petungkriyono, Hutan, Curugmuncar, Kec. Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah. – Image Credit by Ksmtour.com

Salah satu tempat wisata alam yang ada di Pekalongan adalah curug bajing, unik bukan namanya? Curug ini berada di ketinggian 1300 mdpl, sehingga suasana di sana sangatlah sejuk dan segar. Air curug dengan ketinggian 70 meternya juga mengalir cukup deras, kamu pasti akan sangat betah berada di sini.

Kamu akan mendengar suara gemericik air yang merdu dan pastinya akan memberikan rasa nyaman ketika kamu mendengarnya. Curug yang berada di Kecamatan Petungkriyono ini dapat kamu nikmati dengan berjalan kaki sekitar 300 meter terlebih dulu.

4. Pantai Slamaran Indah

Pantai Slamaran Indah

Lokasi: Krapyak Lor, Kec. Pekalongan Utara, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah. – Image Credit by Cintapekalongan.com

Apakah kamu suka berwisata ke pantai, jika iya, pantai Samaran Indah yang berada di Pekalongan Utara ini bisa kamu jadikan sebagai rujukan. Pantai ini sangat identik dengan mitos Dewi Lanjar yang keratonnya dikatakan berada di Pantai Slamaran.

Maka ketika kamu berada di pantai ini, kamu akan menemukan beberapa wisatawan yang melakukan beberapa ritual untuk menghormati Dewi Lanjar. Fasilitas pengunjung di sana sudah cukup memadai, jadi kamu  dapat berwisata dengan nyaman di pantai ini.

5. Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto

Lokasi: Wonokerto Kulon, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah. – Image Credit by Cintapekalongan.com

Jika hendak ke Pantai Wonokerto, kamu hanya perlu menempuh waktu kurang lebih 20 menit dari jalur Pantura. Jalanan menuju pantai ini juga sudah diaspal, kamu bisa ke sana dengan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Namun sayangnya ada beberapa jalan yang berlubang.

Di pantai Wonokerto ini kamu bisa menikmati pasir putih dan juga menikmati suasana pantai dengan berjalan-jalan di pinggir pantai. Jika ingin liburanmu lebih menyenangkan, kamu bisa menaiki perahu dengan menyewa perahu milik para nelayan yang ada di sana.

6. Curug Muncar

Curug Muncar

Lokasi: Curugmuncar, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah. – Image Credit by Inibaru.id

Wisata alam curug yang selanjutnya adalah Curug Muncar, salah satu curug yang populer dengan ketinggian 1.249 di atas permukaan air laut. Curug ini berada di Kecamatan Petungkriyono, sekitar 30 kilometer dari ibukota kabupaten Pekalongan.

Di curug ini kamu akan mendapatkan suasana sejuk dan menenangkan. Curug ini juga dikelilingi oleh lereng gunung Rogojembangan. Jika berkunjung ke curug ini, kamu tak perlu khawatir, berbagai fasilitas sudah disediakan untuk pengunjung, meskipun jalan menuju ke sana cukup panjang dan juga berliku-liku.

7. Gunung Kendalisodo

Gunung Kendalisodo

Lokasi: Hutan, Tlogohendro, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah. – Image Credit by Majalahjejak.id

Jika kamu suka berwisata ke gunung, Gunung Kendalisongo dapat menjadi salah satu rekomendasi buat kamu. Meski belum banyak pendaki yang mengetahui keberadaan gunung ini, namun para pecinta alam dan warga lokal sekitar gunung sudah sering melakukan pendakian ke gunung ini.

Gunung ini berada di ketinggian 1.697 meter di atas permukaan air, sehingga di atas akan terasa cukup dingin. Jika hendak mendaki ke sana, kamu perlu melakukan persiapan, sebab jalur pendakiannya cukup menantang dengan medan yang curam. Jadi, persiapkan fisik dan mentalmu sebelum mendaki ya.

8. Kedung Si Pingit Petungkriyono

Kedung Si Pingit Petungkriyono

Lokasi: Jl. Raya Doro – Pekalongan, Kayupuring, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah. – Image Credit by Ksmtour.com

Selain Bandung, Pekalongan juga punya grand canyon ala Pekalongan. Jika kamu sedang mencari tempat tenang untuk berenang, kamu bisa berkunjung ke sini. Kedung si Pingit bisa menjadi salah satu tempat yang tepat untuk kamu berlibur.

Selain itu, kamu juga bisa terjun dan juga melompat dari atas tebing, itupun jika kamu berani. Kedung yang berada di Kecamatan Petungkriyono ini memiliki air yang sangat jernih, juga sangat segar dengan warna birunya. Jadi sangat cocok untuk bermain air bersama teman dan keluarga.

9. Wisata Lolong

Wisata Lolong

Lokasi: Jl. Raya Karanganyar Lebakbarang KM. 5, RT. 7 RW. 3, Kec. Karanganyar, Kel. Lolong, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah. – Image Credit by Thesagescontemplations.blogspot.com

Apakah kamu suka wisata air? Jika iya, berkunjunglah ke wisata Lolong yang ada di daerah Karanganyar. Di tempat ini kamu bisa memacu adrenalin dengan melakukan rafting, outbound,  camping, dan juga arum jeram.

Jika kamu adalah pecinta durian, kamu juga harus berkunjung ke wisata Lolong. Karena di desa wisata ini akan diadakan festival durian setiap tahun sekali, jadi kamu bisa menyesuaikan waktu kedatanganmu dengan diadakannya festival.

10. Wisata Linggo Asri

Wisata Linggo Asri

Lokasi: Yosorejo, Linggoasri, Kec. Kajen, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah. – Image Credit by Twitter.com @DWKabPekalongan

Jika kamu ingin belajar sambil berlibur, kamu bisa mengunjungi wisata alam Linggo Asri yang berada di Kabupaten Pekalongan. Di tempat wisata ini kamu bisa menikmati wisata pendidikan, olahraga, dan juga berbagai hiburan yang sudah disediakan.

Kamu dapat menikmati suasana pedesaan yang asri, hijau, dan tentunya berudara segar. Kamu juga bisa menjadikan lokasi wisata ini untuk berkemah. Jika akan bermalam di sana, kamu bisa menyewa sebuah mess yang memiliki kapasitas untuk 200 orang.

11. Kebun Teh Pagilaran

Kebun Teh Pagilaran

Lokasi: Jl. Botosari, Paninggaran, Area Hutan/Perkebunan, Gununglangit, Kalibening, Kab.Pekalongan, Jawa Tengah. – Image Credit by Blogmasyarief.blogspot.com

Jika kamu adalah penyuka wisata alam yang sejuk, dingin, asri, dan segar, kamu bisa berlibur ke Kebun Teh Pagilaran. Untuk sampai ke Kebun Teh ini kamu dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan umum.

Kebun teh Pagilaran ini sangatlah luas, sehingga satu tempat ini terletak di beberapa kecamatan. Di sini kamu dapat memanjakan matamu dengan hamparan luas kebun teh berwarna hijau dengan suasananya yang sejuk.

12. Masjid Al-Jami

Masjid Al-Jami

Lokasi: Kauman, Kec. Pekalongan Timur, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah. – Image Credit by Binfahma.wordpress.com

Masjid Al-Jami adalah salah satu wisata religi di Pekalongan yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Masjid ini berada di Pekalongan Timur, kamu bisa singgah ke sana setelah menjalankan berbagai aktivitasmu selama seharian di Pekalongan.

Masjid ini dulunya dibangun oleh Raden Ario Wirio Temenggung Adinegoro,  Bupati Pekalongan yang ketiga, pada tahun 1852. Masjid ini sangatlah indah dengan gaya arsitektur tradisional Jawa dan Timur Tengah. Dan masjid ini juga terkenal dengan keunikannya dalam melaksanakan salat tarawih.

13. Wisata Bahari PPNP

Wisata Bahari PPNP

Lokasi: Jl. W.R. Supratman, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah. – Image Credit by Rkb.pekalongankota.go.id

Kepanjangan dari PPNP adalah Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan, yaitu salah satu wisata alam laut yang ada di Pekalongan. Di tempat ini kamu akan menemukan berbagai macam jenis ikan, taman bunga, taman bermain anak, seperti ayunan, puteran, dan jungkat-jungkit.

Jika berkunjung ke wisata ini kamu bisa mengajak adikmu yang masih kecil. Karena selain berbagai area bermain, kamu juga bisa berkunjung ke sebuah ruang IPTEK yang berisi buku hasil penelitian, alat tangkap ikan, miniatur kapal, dan masih banyak lagi.

Itulah daftar tempat wisata yang dapat kamu kunjungi saat berlibur ke Pekalongan. Ada berbagai jenis tempat wisata bukan? Mulai dari wisata alam maupun wisata pendidikan dan juga religi. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat tersebut dengan siapapun. Kamu bisa menentukan dengan siapa kamu bisa berwisata, dan juga memilih tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Selamat berlibur ya, dan jangan lupa untuk menyiapkan berbagai kebutuhan untuk liburanmu yang menyenangkan.