Alun-Alun Kidul merupakan ikon wisata Kabupaten Boyolali dan menjadi tujuan favorit warga untuk bersantai dan menikmati kuliner. Memiliki patung sapi raksasa dan area bermain untuk anak-anak.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Wonosari, Kemiri, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Alun-Alun Kidul Boyolali merupakan fasilitas umum yang diberikan pemerintah setempat untuk beristirahat maupun berlibur. Baik untuk warga lokal maupun luar daerah. Selain itu tempat ini juga memiliki bangunan unik yang berada di sekitarnya seperti pendopo gede, gedung Bupati, dan gedung DPRD.

Bukan hanya itu, beragam aktivitas menarik juga bisa di lakukan di kawasan ini. Diantarannya adalah olahraga, piknik, berburu foto, berwisata kuliner, dan banyak lainnya. Anda juga bisa membeli aneka oleh-oleh seperti sepatu, tas, pakaian, aksessoris dengan harga yang sangat bersahabat.

Selain itu, Alun-Alun Kidul juga memiliki ikon yang sangat dibanggakan oleh masyarakat setempat. Ikon tersebut adalah patung raksasa berbentuk sapi. Penduduk setempat menyebutnya Sapi Ndekem. Namun ada pula yang menyebutnya dengan sebutan Lembu Suro. Yang mana hal ini merupakan simbol Boyolali penghasil Susu Sapi.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Kidul

Daya Tarik Alun-Alun Kidul
Image Credit: Facebook.com @ikasepti.indriyani.1

1. Patung Sapi Raksasa atau Lembu Suro

Alun-Alun Kidul juga memiliki ikon yang sangat sering dijadikan spot foto wajib oleh para pengunjung. Spot tersebut adalah patung Sapi raksasa atau disebut dengan Sapi Ndekem alias Lembu Suro. Patung inilah yang menjadi daya tarik utama pengunjung saat berlibur di tempat ini.

Banyaknya pengunjung yang ingin berfoto di tempat ini membuat Anda harus sabar mengantri untuk bisa berfoto dengan sapi tersebut. Sambil menunggu pun Anda bisa melakukan aktivitas lain, atau mungkin menyiapkan pose foto yang pas terlebih dahulu. Sehingga nanti bisa langsung bergaya saat giliran Anda berfoto.

2. Tulisan Alun-Alun

Daya tarik selanjutnya adalah Tulisan “ALUN-ALUN KIDUL”. Tulisan tersebut biasanya dijadikan sebagai putaran untuk jogging (Jogging Track). pas sekali untuk Anda yang hobbi olahraga lari.

Warna tulisan tersebut mencolok sehingga cocok untuk berfoto. Selain itu tulisan tersebut nampak instagramable. Hal tersebut pun sering dilakukan oleh pengunjung. Baik yang memang berwisata maupun yang hanya sekadar mampir dan jalan-jalan saja.

3. Pendopo Gede Alun-Alun Kidul

Selain hal-hal yang sudah disebutkan diatas, ada pula spot menarik lain di kawasan in, yakni Pendopo Gede. Yang mana pendopo ini masih terlihat sangat kuno dan terasa sekali jaman dahulunya. Pendopo tersebut ada di bagian barat tak jauh dari lokasi Alun-Alunnya.

Anda juga bisa menggunakan tempat ini sebagai spot foto ataupun konten Anda bagi Anda yang aktif di sosial media kreator video. Apalagi tantangan foto dan video dengan nuansa jadul saat ini sedang marak-maraknya. Sehingga tempat ini sangat pas untuk tantangan tersebut. Tentu Anda tidak ingin ketinggalan tren ini bukan?

4. Kuliner dan Aneka Jualan Lain

Tempat ini memiliki banyak jajanan yang bisa di coba. Rasanya juga sangat enak dan harganya juga cukup terjangkau. Hal ini menjadi daya tarik pengunjung, sebab tak jarang pula pengunjung datang ke tempat ini hanya untuk sekadar mengganjal lapar.

Apalagi saat makan di tempat ini ada pemandangan gedung-gedung yang tertata dan nampak rapi. Membuat pengunjung betah dan nyaman untuk berlama-lama di Alun-Alun Kidul ini. Untuk menemukan kuliner di kawasan ini Anda tak perlu bingung. Sebab di setiap sudut Alun-Alun pasti ada yang menjualnya.

Selain kuliner tempat ini juga terdapat penjual aksessoris seperti gelang, kalung, cincin, dll. Selain itu ada pula penjual pakaian, sepatu, dan juga tas. Lengkap sekali dan cocok untuk di jadikan oleh-oleh saat berlibur di Boyolali.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Alun-Alun Kidul

Alamat Alun-Alun Kidul
Image Credit: Google Maps (How To)

Ikon kota ini terletak di Dusun Wonosari, Desa Kemiri. Yang mana desa tersebut terdapat di Kecamatan Mojosongo yang ada di Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Anda tak perlu khawatir tersesat sebab jaman sekarang sudah ada teknologi GPS Untuk bisa mengetahui lokasi yang ingin Anda tuju. Keakuratannya pun bisa terjamin.

Tempat ini tidak menarik tiket masuk sama sekali. Sehingga Alun-Alun kidul ini menjadi obyek wisata gratis yang biasa digunakan pengunjung untuk beristirahat di tengah lelahnya perjalanan. Namun ada pula pengunjung yang memang sengaja ingin berlibur di tempat ini. Baik untuk jalan-jalan maupun sekedar berswafoto.

Anda juga bisa menikmati suasana Alun-Alun Kidul ini selama 24 jam. Sehingga Anda bisa menjelajahi semua spot foto, wisata kuliner, serta aneka wahana permainan di tempat wisata satu ini. Sekadar informasi, untuk harga tiket dan jam operasionalnya bisa diubah oleh pengelola setempat sewaktu-waktu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Alun-Alun Kidul

Kegiatan Menarik di Alun-Alun Kidu
Image Credit: Facebook.com @kus.labeneamata

1. Panggung Hiburan

Pada umumnya Alun-Alun di setiap kota dijadikan sebagai ruang publik, termasuk di Boyolali. Sehingga tempat ini juga menyediakan fasilitas-fasilitas publik seperti panggung hiburan. Biasanya panggung ini akan digunakan pada saat ada acara khusus seperti perayaan-perayaan dan juga pertunjukan seni

Namun saat tidak ada aktivitas seperti demikian, panggung ini dimanfaatkan pengunjung sebagai spot foto yang unik. Sehingga banyak sekali yang berfoto di panggung ini. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

2. Berburu Foto

Seperti yang sudah disebutkan, tempat ini memang sering dijadikan spot foto. Sebab banyak sekali foto-foto yang bisa diambil di tempat ini. Seperti di depan gedung DPRD dan gedung Bupati, bangunan bersejarah yang unik, panggung, becak hias, sapi raksasa, dan banyak lagi alinnya.

Hasilnya pun akan memuaskan jika Anda menyiapkan kamera terbaik Anda. Baik kamera DSLR maupun kamera telepon pintar Anda. Dengan sedikit sentuhan filter, foto-foto tersebut pun akan nampak indah dan siap untuk di bagikan di sosial media yang Anda miliki. Pasti akan nampak hits, kekinian, dan instagramable.

3. Jalan-Jalan Keliling Alun-Alun

Berkeliling di Alun-Alun Kidul Boyolali sangat rekomendasi sekali. Sebab Anda akan menemukan gedung Bupati yang bentuknya mirip dengan Istana Merdeka. Bagi Anda yang tinggal di Provinsi Jawa Tengah pun tak peru jauh-jauh ke Ibukota untuk bisa berfoto di Istana Merdeka. Sebab Boyolali sudah memiliki Istana Merdeka KW.

Bukan itu saja, saat Anda jalan-jalan dan berkeliling di tempat ini, Anda juga bisa menjumpai gedung DPRD Boyolali. Gedung tersebut merupakan duplikasi dari gedung DPR dan MPR yang ada di DKI Jakarta. Sekali lagi, warga Jateng tak perlu jauh-jauh ke DKI Jakarta untuk bisa melihat gedung DPR/MPR tersebut.

Kegiatan di Alun-Alun Kidu
Image Credit: Google Maps (Winda Pratiwi)

4. Piknik

Kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di tempat ini adalah Piknik. Hal ini dikarenakan tempatnya yang luas serta pemandangannya juga indah. Sebab itu, saat berlibur ke tempat ini jangan lupa membawa tikar sebagai alas. Untuk makanannya Anda bisa membawa dari rumah ataupun membeli aneka jajanan yang ada di tempat ini.

Suasana ini pun cocok untuk diabadikan, apalagi jika pikniknya bersama keluarga, ataupun teman-teman Anda. Andapun bisa mengobrol santai sambil memakan beberapa camilan dengan disuguhkan panorama gedung-gedung bersejarah yang nampak unik. Sangat menarik sekali bukan piknik di tempat ini?

5. Bermain Wahana Permainan

Ada berbagi wahana permainan di Alun-Alun Kidul yang sangat cocok untuk anak-anak. Salah satunya yakni becak hias, yang bisa di tumpangi oleh anak-anak. Selain itu, becak tersebut juga biasa digunakan sebagai tempat foto. Foto di becak hias tersebut pun nampak unik dan terkesan aestetik.

Warna dari becak hias sendiri cukup bervariasi. Sehingga anak-anak dijamin menyukainya dan tentu akan senang sekali. Momen bahagia anak-anak tersebut akan menciptakan kesan khusus di hati orang tuanya dan sangat pas untuk diabadikan.

6. Berolahraga

Alun-Alun Kidul sangat pas untuk olahraga. Sebab tanah di kawasan ini penuh dengan rumput-rumputan yang membuat pengunjung tidak kesakitan jika ingin berolahraga push up, sit up, dan sejenisnya. Selain itu ada pula jalanan luas yang bisa digunakan untuk jogging.

Hari yang tepat untuk melakukan olahraga di tempat ini yaitu pada saat weekend. Baik pagi,siang, ataupun sore. Biasanya pada saat hari pekan banyak pengunjung yang bersenam serta berolahraga lain. Tak lupa lomba olahraga juga seringkali diadakan di tempat ini. Diantaranya seperti drumb band dan sepeda.

Fasilitas yang Tersedia di Alun-Alun Kidul Boyolali

Fasilitas di Alun-Alun Kidul
Image Credit: Google Maps (Goang Channel)

Fasilitas di tempat ini cukup menunjang kebutuhan pengunjung seperti area parkir yang memadai. Apalagi kebanyakan fasilitasnya tidak dipungut biaya sama sekali. Tempat ini juga memiliki toilet umum.

Di sekitar alun-alun ini terdapat fasilitas untuk ibadah. Uniknya ada 5 tempat ibadah setiap agama yang ada di Indonesia. Sehingga Anda tidak perlu khawatir telat beribadah saat berlibur ke tempat ini. Selain itu, ada pula aneka streetfood yang bisa dijelajahi di tempat ini. Rasanya pun pasti enak dan sangat menggoda.

Itulah beberapa ulasan mengenai Alun-Alun Kidul di Boyolali. Tempat ini sangat cocok untuk persinggahan dikala penat saat berada di perjalanan. Apalagi tiket masuknya masih gratis, sehingga membuat biaya lebih hemat.