15 Tempat Wisata Anak & Keluarga di Bandung yang Populer

Wisata Anak Keluarga Bandung

Ingin Liburan lebih Seru? Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Anak dan Keluarga Hits di Bandung, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Populer yang Menarik untuk Anda Jelajahi.

Bandung merupakan salah satu kota besar di daerah Jawa Barat. Terlebih kota ini juga merupakan ibukota dari Jawa Barat itu sendiri. Bandung pun mempunyai julukan Paris van Java karena keindahan yang tak ada bandingnya. Kota ini terkenal dengan Gedung Sate yang dimilikinya oleh masyarakat domestik maupun mancanegara.

Bandung merupakan kabupaten yang sudah maju dan memiliki kekayaan yang patut diunggulkan. Terletak di dataran tinggi, membuat kota ini terasa lebih dingin dibanding kota-kota besar lainnya. Berbagai destinasi wisata baik wisata alam, kuliner, hingga budayanya sangat menarik untuk dikunjungi. Objek wisata di Bandung pun tentunya memiliki harga yang terjangkau dan tentunya ramah di kantong para wisatawan.

Jika Anda berkunjung ke Bandung, maka akan dengan mudah mendapatkan berbagai wisata yang berkonsep edukatif. Tempat-tempat seperti itulah yang sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga. Terlebih bagi Anda yang memiliki buah hati, maka dipastikan dapat menambah wawasan bagi buah hati tersebut, meski dibalut dengan suasana liburan. Berikut daftar tempat wisata anak dan keluarga hits di Bandung yang bisa Anda pilih.

1. Bandung Science Center (BSC)

Bandung Science Center

Image Credit: Google Maps (Bang Hery Gietong)

Objek wisata yang harus dikunjungi di Bandung yaitu Bandung Science Center. Tempat ini biasa disingkat menjadi BSC oleh masyarakat. Objek wisata BSC ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata edukatif paling baik di Kota Bandung. Maka, tak jarang jika tempat ini sering dikunjungi oleh anak-anak sekolah.

Bandung Science Center ini menghadirkan suasana berwisata sambal belajar yang menyenangkan. Dengan tujuan agar anak-anak dapat mudah memahami apa yang sebenarnya diajarkan di sekolah. Hal ini dapat dicapai dengan adanya berbagai fasilitas belajar di Bandung Science Center yang dipaparkan secara visualisasi, audio, maupun audio-visualisasi.

Di objek wisata ini para pengunjung akan menemukan banyak wahana mengenai fisika, kimia, dan juga wahana mengenai teknologi. Bandung Science Center ini buka setiap hari Selasa sampai hari Minggu, dan untuk hari Senin maka objek wisata ini libur. Mulai dibuka pukul 09:00 sampai pukul 17:00 WIB.

Harga Tiket: Rp 45.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sirnagalih No.15, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Rabbit Town Bandung

Rabbit Town Bandung

Image Credit: Twitter.com @o2_adventure

Destinasi wisata yang sangat cocok untuk anak-anak maupun keluarga selanjutnya yaitu Rabbit Town Bandung. Tempat wisata ini menggabungkan beberapa konsep di dalamnya. Tempat ini memiliki konsep penyuguhan dan pengenalan hewan. Namun di samping itu, tempat ini juga menyuguhkan konsep kuliner maupun spot foto yang digabung menjadi satu.

Meski namanya Rabbit Town, akan tetapi tempat ini tidak hanya mengenalkan kelinci saja. Berbagai macam hewan seperti monyet, merpati, dan lain sebagainya pun ada di tempat ini. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata edukatif yang menyenangkan bagi anak-anak. Setelah lelah berkeliling, maka Anda bisa menikmati kuliner yang sudah tersedia di tempat ini.

BACA:  50 Tempat Wisata di Bandung Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rancabentang No.30-32, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

3. Orchid Forest

Orchid Forest

Image Credit: Google Maps (Priyo Panji Utomo)

Destinasi wisata selanjutnya yaitu wisata alam yang bernama Orchid Forest. Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa objek wisata alam ini berupa taman anggrek. Tentu saja jika Anda berkunjung ke taman ini, maka Anda akan menemukan aneka macam anggrek. Karena sejatinya taman ini dipergunakan untuk budidaya anggrek agar tidak punah.

Taman anggrek ini masuk ke dalam kategori taman anggrek terluas se-Indonesia. Di taman anggrek ini, berbagai macam anggrek baik lokal maupun anggrek negara lain tumbuh subur. Bahkan untuk anggrek hitam yang langka pun dapat Anda temui di taman anggrek ini.

Orchid Forest ini buka setiap hari dari pukul 09:00 sampai pukul 18:00 WIB. Untuk dapat masuk kawasan wisata ini Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak, karena tentunya harga tiket masuk sangat ramah di kantong. Jika telah memasuki taman ini, maka Anda akan disuguhi indahnya hutan pinus yang rindang, sejuk, dan juga asri.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

4. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey

Image Credit: Twitter.com @xinzhongschool

Bagi Anda yang menyukai wisata alam dan berbagai kegiatan outdoor, sangat disarankan untuk mengunjungi Kebun Strawberry Ciwidey ini. Pasalnya, di Kebun Strawberry Ciwidey ini para wisatawan akan diajak berpetualang, menyatu dengan alam, dan juga tentunya berkebun. Hal yang paling dinanti ketika berkebun yaitu memetik buah strawberry untuk kemudian dinikmati.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu sarana edukasi untuk siapapun yang mengunjungi kebun ini. Karena tentunya para wisatawan akan diajari tentang bagaimana cara memetik yang benar. Setelah puas memetik strawberry, maka strawberry ini ditimbang dan jangan lupa untuk dibayar, ya. Agar Anda bisa menikmati hasil kebun sendiri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung, Jawa Barat.

5. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang

Image Credit: Google Maps (TripleSV_Official)

Bagi Anda yang ingin berlibur dengan nuansa alam namun juga ingin mendapatkan spot foto ala-ala bangunan modern, maka Farmhouse Lembang adalah jawabannya. Objek wisata satu ini banyak dilirik oelh wisatawan domestik maupun mancanegara. Perpaduan konsep di farmhouse ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Di tempat ini para wisatawan akan menemui berbagai bangunan ala negara-negara di Eropa. Selain itu juga akan ditemui seperti adanya peternakan hingga proses pemerahan susu. Nah, di tempat ini para wisatawan dapat menikmati segelas susu kental yang masih segar hasil perasan ternak di sana.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

6. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang

Image Credit: Google Maps (Tommy Tjahjono)

Jika tadi telah dibahas mengenai Farmhouse Lembang, maka selanjutnya akan dibahas wisata Floating Market Bandung. Berdasarkan namanya saja, sudah tentu Floating Market ini merupakan sebuah pasar terapung yang mengapung di atas danau. Sehingga Anda tidak perlu meminjam perahu untuk melakukan transaksi.

BACA:  Cikadongdong River Tubing, Wisata Arum Jeram Favorit di Majalengka

Para penjual di Floating Market ini biasanya berada di pinggiran danau. Sehingga memudahkan para wisatawan yang ingin membeli. Dan di bagian daratan disediakan pula meja dan kursi untuk menyantap makanan sekaligus menikmati keindahan alam yang dimiliki Floating Market ini. Berbagai jajanan banyak terdapat di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

7. Museum Geologi

Museum Geologi

Image Credit: Facebook.com @best-travel

Tujuan wisata yang patut dikunjungi Anda sekeluarga yaitu Museum Geologi. Salah satu objek wisata yang dapat mengedukasi para pengunjungnya dengan berbagai kejadian alam di bumi ini khususnya Indonesia. Mulai dari awal mula bumi berasal yang disajikan dengan audio-visual hingga di lantai atas yang menyajikan tentang meletusnya gunung dengan bukti barang yang tersisa.

Di museum ini Anda akan mengenal lebih dekat mengenai ilmu geologi dengan mudah dan menarik. Tentunya dengan pengarahan dari pemandu wisata. Museum ini mempunyai letak yang sangat strategis dan juga mudah dijangkau. Bahkan untuk harga tiket masuk tempat ini pun tergolong murah. Museum ini tutup di hari libur nasional dan juga hari Jumat.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.

8. Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari

Image Credit: Google Maps (Taufik hidayat)

Destinasi selanjutnya yaitu Kampung Batu Malakasari. Sebuah kampung yang sengaja didirikan untuk wisata alam dengan mengusung konsep geo wisata. Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri dari kampung ini yaitu danau buatan yang mana dikelilingi oleh persawahan yang menghampar hijau dan juga kolam-kolam.

Berbagai kegiatan edukasi dapat dilakukan di kampung ini. Mulai dari berkebun, beternak, mengenal seni budaya dan juga rumah adat khas Sunda, maupun kegiatan outdoor berupa outbond. Fasilitas di kampung ini pun cukup memadai. Sehingga wisatawan akan merasa nyaman untuk berlibur.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Banjaran Rencong, Desa Malakasari, Kec. Baleendah, Kota Bandung, Jawa Barat.

9. Karang Setra Water Park

Karang Setra Water Park

Image Credit: Google Maps (Ica Anisa)

Objek wisata yang cocok untuk anak-anak selanjutnya yaitu Karang Setra Water Park. Tempat ini merupakan sebuah kolam renang tertua di Bandung. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, kolam renang ini tetaplah eksis dan banyak diminati pengunjung.

Kolam renang ini tergolong murah dan juga nyaman. Berbagai fasilitas dapat Anda dapatkan ketika berkunjung ke kolam renang ini. Misalnya saja penyewaan alat renang, mushola, hingga food court dapat anda temukan di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sirnagalih KM.4,5 No.15, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

10. Jendela Alam

Jendela Alam

Image Credit: Instagram.com @praya_hawa

Perpaduan konsep alam dan edukasi dapat Anda temukan di Jendela Alam. Salah satu tempat rekreasi yang patut dicoba oleh anak Anda. Jika berkunjung ke tempat ini, maka anak Anda dapat belajar dan berbaur dengan alam juga.

BACA:  10 Tempat Wisata di Jonggol Bogor Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Berbagai fasilitas bermain dan belajar bagi anak-anak tersedia lengkap. Seperti wisata diedukasi mengenai perkebunan dan juga peternakan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sersan Bajuri No.KM, RW.5, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

11. Taman Kupu Cihanjuang

Taman Kupu Cihanjuang

Image Credit: Google Maps (eltantra channel)

Wisata Taman Kupu Cihanjuang akan sangat menarik dan juga mengasyikkan bagi para wisatawan yang mengunjunginya, terlebih bagi anak-anak. Taman ini merupakan tempat wisata yang memadukan alam dan juga edukasi.

Di taman ini, para wisatawan akan menemui banyaknya spesies kupu-kupu. Dan anak-anak juga akan mengenal lebih tentang metamorfosis kupu-kupu. Jika berkunjung ke taman ini, Anda akan didampingi oleh pemandu wisata yang akan menjelaskan perihal kupu-kupu.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cihanjuang Cibaligo Permai Raya No.58, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

12. Dago Dream Park

Dago Dream Park

Image Credit: Instagram.com @bandung.banget

Objek wisata keluarga yang harus masuk daftar list Anda kali ini yaitu Dago Dream Park. Objek wisata ini menawarkan keindahan alam yang dimilikinya dengan latar belakang bukit yang menakjubkan. Suasana di Dago Dream Park pun masih terjaga keasriannya.

Di tempat ini, baik orang dewasa maupun anak-anak dapat menikmati berbagai fasilitas maupun wahana yang telah disediakan. Untuk dapat memasuki objek ini masih tergolong murah. Sehingga aman dan ramah bagi kantong Anda.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

13. Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali

Image Credit: Instagram.com @ichirv

Bagi Anda yang cukup lelah setelah berkeliling Bandung, maka tidak ada salahnya jika berkunjung ke Glamping Lakeside Rancabali. Terlebih jika Anda ingin menginap, maka tempat ini sangatlah direkomendasikan untuk Anda.

Tempat ini menyediakan penginapan yang cukup asri karena keberadaannya yang dekat dengan kebun teh. Selain penginapan, lokasi ini juga menyediakan restaurant dengan berbagai menu yang menggugah selera.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Ciwidey-Patengan, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung, Jawa Barat.

14. Puspa Iptek Sundial Bandung

Puspa Iptek Sundial Bandung

Image Credit: Twitter.com @thinkway_id

Wisata edukatif selanjutnya yaitu Puspa Iptek Sundial Bandung. Tempat ini merupakan museum sains yang sangat cocok dikunjungi para pelajar dari berbagai kalangan. Hal yang menarik dari museum ini yaitu bangunannya yang memiliki fungsi sebagai jam matahari.

Museum ini menyuguhkan berbagai ilmu pengetahuan dan juga teknologi yang dikemas dengan lebih menyenangkan, sehingga anak-anak dapat belajar sambil bermain saat berada di museum ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Padalarang No.427, Kertajaya, Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

15. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Image Credit: Google Maps (Biel Ziggy)

Referensi wisata edukatif terakhir yaitu Kebun Binatang Bandung. Bagi Anda yang memiliki anak-anak, pergi ke kebun binatang ini bisa menjadi rekreasi yang menyenangkan. Selain akan menambah wawasan si kecil, maka Anda dapat melepas penat sejenak.

Di kebun binatang ini terdapat banyak sekali ragam flora maupun fauna. Untuk tiket masuk pun sangatlah bersahabat dengan kantong Anda.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Beberapa destinasi wisata di atas adalah referensi bagi Anda yang ingin berlibur di Bandung bersama anak maupun keluarga, namun tidak melupakan konsep edukatifnya. Referensi mana yang akan dijadikan daftar kunjungan pertama Anda?