Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 10.00–16.00 WIB, Alamat: Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Saloka Theme Park memiliki luas area sekitar 18 hektar dan resmi dibuka pada tanggal 15 Desember tahun 2018 lalu. Nama dari tempat wisata itu sendiri diambil dari cerita legenda yang berasal dari rawa pening.

Akan ada banyak sekali keseruan ketika Anda berkunjung ke taman bermain tersebut. Di sana disediakan banyak sekali wahana dan fasilitas yang menyenangkan. Mengunjungi Taman Saloka bersama dengan keluarga merupakan pilihan yang tepat saat berkunjung ke kota Semarang.

Bagi Anda yang penasaran mengenai informasi lebih jauh taman bermain yang satu ini, maka berikut akan diulas lebih lengkap mengenai daya tarik, fasilitas dan lain sebagainya terkait taman Saloka.

Daya Tarik yang Dimiliki Saloka Theme Park

Daya Tarik Saloka Theme Park
Image Credit: Google Maps danis setiaji

1. Bianglala Cakrawala

Daya tarik pertama dari Saloka Theme Park yaitu bianglala cakrawala. Bianglala tersebut terdapat di zona pesisir. Tinggi dari bianglala itu sendiri yaitu mencapai 33 meter. Dari atas bianglala ini, nantinya Anda akan mampu melihat pemandangan Saloka secara lebih menyeluruh.

Di zona pesisir ini, selain Anda bisa menemukan bianglala, Anda juga akan bisa melihat Arena Jejogedan dan juga Kapal Jenju. Di sanalah biasanya para wisatawan banyak mengambil gambar sebagai kenang-kenangan.

2. Wahana Kumbang Layang

Berikutnya Anda juga bisa menemukan wahana kumbang layang. Wahana yang satu ini terdapat di zona belantara. Di zona tersebut banyak sekali hewan dan tumbuhan liar. Wahana kumbang layang mengambil tema mengenai tumbuhan dan hewan.

Wahana ini nantinya akan menyajikan pengalaman pada Anda untuk melihat berbagai macam tumbuhan serta bangunan jamur yang sangatlah unik. Di safari bocah Anda juga bisa menemukan kendaraan mobil yang tersambung dengan rel. Terdapat juga perahu jamur yang bisa dinikmati bersama dengan anak-anak Anda.

Di atas kumbang layang Anda dapat melihat pemandangan yang ada di sekitar. Anak-anak Anda nantinya juga dapat bermain dengan hewan di wahana angon atau juga mereka dapat menguji ketangkasan di wahana adu tangkas.

3. Wahana Gonjang Ganjing

Zona lain yang terdapat di Saloka Theme Park yaitu zona segala prana. Di sana nanti Anda dapat bermain di lumbung ilmu Galileo yang di dalamnya berisi banyak sekali alat sains. Setiap alat tersebut nantinya boleh Anda mainkan langsung, sehingga dengan demikian akan menambah ilmu pengetahuan baru bagi Anda dan keluarga.

Di zona segara prana ini juga terdapat wahana seru lain yang nantinya bisa membawa Anda berpetualang menyusuri sungai yang memiliki arus deras. Panjang dari lintasan yang dimiliki oleh wahana mencapai 360 meter. Nantinya Anda juga akan menemukan sebuah terowongan di tempat tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Saloka Theme Park
Image Credit: Google Maps Yazid Pranata

4. Wahana Polah Bocah

Untuk wahana yang berikutnya ini memang dikhususkan bagi anak-anak. Berada di zona kamayayi yang di dalamnya berisi berbagai macam wahana seru dan dapat dimainkan oleh anak Anda. Tak perlu khawatir nantinya mereka akan terluka, karena memang wahana yang disediakan sudah sangat aman.

Beberapa wahana yang bisa ditemukan di dalamnya yaitu komedi putar, teka-teki dan lain sebagainya. Bagi Anda yang memiliki anak berusia 5 hingga 10 tahun, maka sangat cocok untuk dibawa berpetualang di zona kamayayi ini.

5. Wahana Lika Liku

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh Taman Saloka yaitu di tempat ini juga terdapat wahana yang bisa dimainkan oleh orang dewasa. Jadi tidak hanya untuk anak kecil saja, tapi orang dewasa pun juga disediakan tempat untuk seru-seruan. Salah satu wahana tersebut yaitu lika-liku, paku bumi dan lain-lain.

Tidak sedikit dari orang-orang dewasa yang mencoba untuk menikmati wahana tersebut. Selain menikmati wahana yang disediakan di sana, Anda juga bisa menyaksikan berbagai jenis hiburan yang dipentaskan.

Inilah alasan mengapa Saloka Theme Park ini selalu menjadi favorit bagi warga Semarang yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka bersama dengan teman, keluarga ataupun sahabat. Karena memang daya tarik yang ditawarkan oleh tempat tersebut membuat banyak wisatawan merasa terhibur.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Saloka Theme Park
Image Credit: Google Maps Iwan Haniyoto

Saloka Theme Park ini berada di kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Lokasi dari taman tersebut memang sangatlah strategis. Taman terletak di jalur utama Semarang, Salatiga dan Solo. Selain itu juga berada dekat dengan rawa pening yang juga merupakan wisata yang ada di kota Semarang.

Dengan Anda memanfaatkan petunjuk dari Google maps, nantinya Anda dapat mencapai tempat tersebut dengan lebih mudah jika memakai kendaraan pribadi. Atau jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, maka disini Anda bisa menyewa mobil dan supir untuk membawa Anda menuju ke lokasi wisata tersebut.

Saat berencana untuk berkunjung ke Taman Saloka, maka Anda perlu datang setelah pukul 10.00. Karena memang wisata ini baru dibuka ketika jam 10 pagi dan akan ditutup saat menjelang pukul 6 sore. Untuk harinya, Anda bisa datang kapan saja, karena memang taman ini dibuka setiap hari. Sedangkan untuk hari libur atau akhir pekan, Taman Saloka akan tutup lebih lama, yaitu pada pukul 7 malam.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Saloka Theme Park
Image Credit: Google Maps Pasha Can

Untuk harga tiket masuk Taman Saloka ini terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan wahana yang bisa di nikmati ketika telah masuk ke dalam. Anda hanya cukup membayar Rp 120.000.

Untuk tiket masuk non terusan Anda cukup membayar sebesar Rp 30.000 saja di hari libur. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa menikmati banyak wahana seru di dalamnya. Namun bagaimanapun juga harga dari tiket bisa saja berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola wisata.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Saloka Theme Park

Aktivitas di Saloka Theme Park
Image Credit: Google Maps el nurlia

1. Bermain Air

Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan ketika Anda berada di Saloka Theme Park, yaitu bermain air. Bagi para pengunjung yang memang gemar sekali dalam bermain air, maka tempat tersebut menyediakan salah satu wahana yang bernama semprot-semprot. Wahana yang satu ini memiliki bentuk lucu.

Selain itu warnanya yang biru nampak semakin menarik. Nantinya Anda dapat bermain air sepuasnya di wahana yang satu ini. Oleh karena itu, perlu bagi Anda menyiapkan baju renang atau membawa baju ganti.

2. Bermain di Bianglala

Untuk aktivitas yang satu ini dikhususkan bagi Anda yang memang tidak takut dengan ketinggian. Karena nantinya dengan menikmati bianglala, Anda akan berada di ketinggian hingga 33 meter.

Dari ketinggian tersebut lah nantinya Anda bisa menikmati panorama yang begitu indah dari Taman Saloka. Jika kebetulan Anda membawa kamera, maka jangan sia-siakan momen ketika Anda berada di atas bianglala tersebut.

Aktivitas Dilakukan di Saloka Theme Park
Image Credit: Google Maps Iwan Haniyoto

3. Permainan Komedi Putar

Wahana yang tak kalah seru dan banyak diminati oleh para pengunjung Saloka Theme Park yaitu komedi putar. Bagi Anda yang memang suka memacu adrenalin, maka sangat disarankan untuk mencoba wahana yang satu ini.

Namun pastikan Anda Memang benar-benar bernyali, karena memang komedi putar yang ada di taman tersebut berputar dengan cukup kencang. Bagi Anda yang belum terbiasa, maka sebaiknya jangan mencobanya.

4. Uji Nyali

Di banyak teman bermain memang selalu menyediakan wahana bagi para wisatawannya untuk melakukan uji nyali. Begitu juga dengan taman Saloka ini. Di taman tersebut nantinya Anda juga dapat menguji nyali.

Namun tidak perlu takut, karena memang segala yang ada di wahana uji nyali tersebut hanyalah rekayasa yang memang sengaja dibuat untuk menakut-nakuti para wisatawan. Jadi sebaiknya Anda cukup menikmati saja keseruan yang ada di wahana tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Saloka Theme Park Semarang
Image Credit: Google Maps Yazid Pranata

Fasilitas yang disediakan oleh Saloka Theme Park memang sudah sangat memadai. Karena itulah tempat ini menjadi salah satu wisata populer yang ada di kota Semarang saat ini. Anda akan menemukan banyak sekali fasilitas yang ditawarkan untuk membuat para wisatawan yang datang berkunjung merasa nyaman dan betah berada di taman Saloka.

Seperti yang telah diulas di atas, taman ini memiliki banyak wahana menarik yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Wahana tersebut tersebar di beberapa zona yang terdapat di taman itu sendiri. Beberapa wahana yang cukup populer telah disebutkan di atas dan bisa Anda nikmati. Namun tidak hanya itu saja, terdapat fasilitas lain yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan.

Fasilitas umum seperti contohnya mushola, ATM center, toilet, bisa Anda temukan di taman tersebut. Bahkan di sana Anda bisa juga melihat ada klinik kesehatan. Tak perlu capek-capek membawa bekal, karena di tempat itu pun juga tersedia cafe yang bisa Anda nikmati kulinernya. Menariknya lagi, kafe tersebut menghadap ke arah rawa pening, sehingga Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai daya tarik, fasilitas dan lain sebagainya dari Saloka Theme Park. Taman yang merupakan objek wisata populer di Kota Semarang ini memang menyajikan banyak sekali keseruan bagi para pengunjungnya. Karena itulah, bagi Anda yang kebetulan berada di Kota Semarang, maka jangan lupa menyempatkan waktu bersama keluarga mengunjungi tempat tersebut.