Jika bepergian ke Jawa Tengah, jangan lupakan untuk datang ke Kabupaten Boyolali. Boyolali termasuk salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki keanekaragaman jenis wisata beserta keindahan alam yang menakjubkan.

Banyak destinasi wisata yang populer maupun tersembunyi di Boyolali. Maka dari itu, wisatawan bisa memilih banyak tempat wisata yang tersedia di Boyolali. Jika ingin di tempat tenang, wisatawan bisa berlibur ke destinasi wisata yang jarang diketahui publik. Namun jika ingin berwisata di tempat yang ramai, wisatawan bisa mengunjungi Tempat Wisata di Boyolali yang cukup populer.

Jika memiliki rencana untuk berlibur ke Boyolali, Anda tidak perlu khawatir karena panorama alam yang ada di Boyolali sangat indah dan cantik. Walaupun tidak semua orang mengetahui Boyolali memiliki tempat wisata, namun dibawah ini terdapat beberapa tempat wisata yang tersedia di Kabupaten Boyolali.

1. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu
Image Credit: Ksmtour.com

Lembah Gunung Madu menawarkan pesona dan keindahan alamnya yang sangat cantik. Lembah ini merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Kabupaten Boyolali karena digunakan sebagai tempat persembunyian masyarakat Indonesia dari jajahan Jepang.

Lembah Gunung Madu sangat bagus untuk dijadikan spot foto karena pemandangan alamnya yang sejuk dan suasananya yang menyegarkan. Selain itu, wisatawan juga bisa mengenang para pahlawan yang rela memperjuangkan kemerdekaan pada masa penjajahan Jepang. Untuk bisa berlibur ke lembah ini, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 2.000.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Simo-Klego KM. 5, Gunung Madu, Tanjung, Klego, Kedunglengkong, Kec. Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

2. Candi Lawang

Candi Lawang
Image Credit: Situsbudaya.id

Candi Lawang seringkali dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah oleh wisatawan dari berbagai daerah. Candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno dan masih bertahan hingga sekarang.

Berada di tempat ini, Anda akan menemukan candi induk yang dikelilingi oleh empat candi pendamping. Bagian dari candi yang masih tampak bagus dan lengkap adalah candi induk dengan temuan batur, tubuh bawah, kaki, dan pintu di sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dangean, Gedangan, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

3. Bukit Gancik

Bukit Gancik
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Bukit Ganik merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat asli Boyolali. Bukit Gancik menawarkan pemandangan alam yang hijau dan menyegarkan. Ada juga kabut tipis yang menambah keindahan pemandangan di Bukit Gancik. Bukit ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun pasangan karena tempatnya yang sangat romantis.

Selain itu, ada juga tempat piknik yang dilengkapi dengan gardu pandang yang sangat cocok digunakan untuk menambah koleksi foto liburan wisatawan. Sehingga Bukit Gancik sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang memiliki hobi foto. Tiket masuk untuk memasuki destinasi wisata ini hanya sebesar Rp 5.000.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

4. Arjuna Wijaya Boyolali

Arjuna Wijaya Boyolali
Image Credit: Karyabesa.com

Di jantung Kota Boyolali, berdiri patung megah yang dinamai Arjuna Wijaya Boyolali. Patung megah ini menjadi monumen ikonik dari kota susu ini. Tempatnya sendiri berada di pusat kota Simpang Lima Boyolali.

Di balik pembangunan patung Arjuna Wijaya Boyolali, terdapat makna tersembunyi yang terkandung di dalamnya. Penggambaran Arjuna yang sedang berperan melawan saudaranya, Adipati Karna, melambangkan ketegasan dalam menegakkan hukum tanpa pandang bulu. Selain itu, arti dari delapan kuda di patung itu yakni bumi, matahari, api, bintang, samudera, angin, hujan, dan bulan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Semarang-Surakarta No. 171, Banaran, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

5. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Image Credit: Kompas.com

Air Terjun Kedung Kayang merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Boyolali. Banyak pemandangan alam yang ditampilkan di destinasi wisata tersebut, seperti air terjun, pepohonan hijau, bebatuan besar, dan masih banyak lagi.

Terdapat beberapa fasilitas yang disediakan jika mengunjungi Air Terjun Kedung Kayang. Contoh fasilitas yang disediakan adalah penginapan, perkemahan, warung, homestay, dan masih banyak lagi. Air Terjun Kedung Kayang ramai dikunjungi wisatawan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Kec. Sawangan, kab. Magelang, Jawa Tengah.

6. Alun-Alun Boyolali

Alun-Alun Boyolali
Image Credit: C.mi.com

Berkunjung ke suatu daerah, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi taman kotanya. Di Kabupaten Boyolali, terdapat ruang publik yang banyak dimanfaatkan warga sekitar sebagai sarana rekreasi yang murah, yaitu Alun-Alun Boyolali.

Banyak spot foto menarik yang disediakan di taman ini. Mulai dari Pendopo Gede, patung sapi Lembu Sura, tulisan besar “Alun-Alun Kidul”, kantor bupati yang dibuat mirip istana merdeka, dan gedung DPRD yang dibangun menyerupai gedung DPR/MPR di Jakarta. Fasilitas lain yang disediakan di taman ini yaitu adanya wahana permainan anak-anak dan panggung hiburan yang bisa diisi siapa saja.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wonosari, Kemiri, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

7. Waduk Cengklik

Waduk Cengklik
Image Credit: Detik.com

Waduk yang terletak di Kabupaten Boyolali ini menjadi salah satu destinasi favorit untuk menyaksikan keindahan pemandangan sunset yang terlihat jelas di area sekitar waduk. Banyak fotografer alam yang datang kesini untuk bisa memiliki hasil jepretan sunset yang indah dan cantik.

Waduk Cengklik sangat cocok dikunjungi pada sore hari karena suasananya yang tenang, nyaman, serta pemandangan alamnya yang indah. Waduk ini berada di Desa Ngargorejo dan Desa Sobokerto. Waduk ini termasuk salah satu waduk yang memiliki usia cukup tua karena dibangun pada masa penjajahan Belanda. Awalnya, Waduk Cengklik dibangun bertujuan untuk mengaliri sawah. Namun, sekarang waduk tersebut juga digunakan sebagai destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Waduk Cengklik, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

8. Wisata Alam Sutra

Wisata Alam Sutra
Image Credit: Pegipegi.com

Wisata Alam Sutra merupakan salah satu destinasi wisata yang viral di media sosial. Di tempat ini, dibangun menara dari bambu yang menyerupai Menara Eiffel di Paris sepanjang tiga belas meter dengan tiga tingkat.

Mencoba menaiki menara ini, Anda akan disuguhkan pemandangan lahan pertanian, gunung Merapi dan Merbabu, dan pemandangan Kota Boyolali dari ketinggian. Bila beruntung, Anda akan melihat penampakan elang jawa atau kera-kera liar di sekitar tempat wisata. Disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua karena kondisi jalan yang cukup curam di setengah kilometer tempat wisata.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebokanigoro, Dusun II, Samiran, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

9. Air Terjun Semuncar

Air Terjun Semuncar
Image Credit: Visitjawatengah.jatengprov.go.id

Wisata alam yang terdapat di Kabupaten Boyolali selanjutnya adalah Air Terjun Semuncar. Air terjun ini berada di lokasi yang cukup sulit ditemukan sehingga tidak banyak wisatawan yang tahu tentang Air Terjun Semuncar. Walaupun begitu, keindahan dan pesona alam yang ada di area sekitar air terjun sangat cantik dan indah.

Air Terjun Semuncar berada di Desa Candisari, lebih tepatnya di dekat lereng Gunung Merbabu sebelah timur. Destinasi wisata ini cukup dekat dengan Kota Ampel dengan jarak 10 km saja. Biaya masuk untuk bisa menikmati keindahan alam Air Terjun Semuncar sekitar Rp 3.000 per orang. Dengan harga segitu, wisatawan bisa menikmati keindahan alam ditambah dengan kesegaran Air Terjun Semuncar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Candisari, Kec. Ampel, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

10. Watu Blerek

Watu Blerek
Image Credit: Datawisata.com

Kabupaten Boyolali, banyak menghadirkan objek wisata berbau gardu pandang. Di jalur pendakian gunung Merapi, terdapat destinasi wisata berbau gardu pandang yang dinamai Watu Blerek. Yang unik dari gardu pandang ini adalah terdapatnya jembatan sepanjang sepuluh meter yang menghubungkan antara satu gardu pandang dengan gardu pandang lainnya.

Di sini, Anda akan menikmati pemandangan hamparan pepohonan hijau nan asri serta udara yang begitu sejuk. Jika tidak tahan dingin, disarankan untuk membawa jaket atau pakaian tebal. Disarankan pula untuk membawa perbekalan karena warung penjual makanan masih jarang ditemui.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tegalseruni, Samiran, Selo, Dusun 1, Suroteleng, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

11. Ekowisata Tlatar

Ekowisata Tlatar
Image Credit: Pejalansantai.com

Jika ingin liburan sambil menambah pengetahuan, maka Ekowisata Taman Air Tlatar menjadi destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Destinasi wisata ini merupakan sebuah taman air yang memiliki keragaman sumber daya alam yang bisa digunakan sebagai tempat wisata.

Disini, wisatawan akan diajarkan dan melihat langsung proses pembudidayaan ikan. Selain itu, wisatawan juga bisa berenang sambil menikmati panorama di bawah air yang menakjubkan. Dengan mengunjungi Ekowisata ini, pengunjung dapat menikmati liburan mereka ditambah dengan mendapat ilmu pengetahuan baru.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gombol, Tlatar, Kebonbimo, Kec. Boyolali, Kab.Boyolali, Jawa Tengah.

12. Bukit Kinasih

Bukit Kinasih
Image Credit: Google Maps (Vella Lila)

Bukit Kinasih merupakan salah satu destinasi wisata alam terkenal yang ada di Boyolali. Di tempat ini, keindahan panorama pegunungan tidak bisa ditampik lagi. Di bukit ini, aktivitas berkemah bisa dilakukan sembari menunggu matahari terbit atau matahari terbenam untuk dinikmati dan diabadikan keindahannya.

Hal yang membuat destinasi ini semakin emnarik yakni banyaknya spot untuk berfoto. Disini, pengelola telah menyediakan spot foto menarik seperti rumah pohon, susunan kayu berbentuk hati dengan tulisan “Bukit Kinasih”, jembatan gantung, dan lain-lain.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasah, Dusun I, Senden, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

13. Pemandian Umbul Pengging

Pemandian Umbul Pengging
Image Credit: Kompas.com

Pemandian Umbul Pengging menawarkan kualitas air yang jernih sehingga banyak wisatawan yang tidak sabar untuk bisa menceburkan diri ke kolam tersebut. Selain itu, dasar kolam yang terdiri dari batu halus juga menambah daya tarik wisatawan untuk bisa berkunjung ke tempat wisata ini.

Tempat pemandian ini dulunya merupakan pemandian yang spesial karena digunakan sebagai tempat pemandian keluarga keraton. Jadi tidak heran jika di destinasi wisata tersebut masih terdapat beberapa bangunan yang memiliki nuansa keraton. Walaupun begitu, wisata air ini memiliki banyak pengunjung karena pesona alamnya yang indah.

Harga Tiket: Rp 3.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Umbulsari, Bendan, Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

14. Vihara Veluvana

Vihara Veluvana
Image Credit: Facebook.com @boyolaliwisata

Vihara Veluvana seringkali dijadikan sebagai destinasi wisata religi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Pagoda dengan arsitektur merah, hijau, dan putih mencolok jarang ditemui pada wihara-wihara di Indonesia.

Berada di sini, Anda akan merasa seolah sedang berkunjung ke wihara di Thailand. Wihara ini menjadi jujukan bagi para mahasiswa beragama Buddha untuk melakukan persembahyangan dan menuntut ilmu agama. Tempat ini hanya buka ketika hari libur dan ketika mendapat izin berkunjung saja bagi khalayak umum. Jika Anda ingin berkunjung, usahakan untuk memakai pakaian yang sopan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dukuh Ngelo, Desa Kaligentong, Kec. Gladagsari, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

15. Oemah Bamboo Merapi

Oemah Bamboo Merapi
Image Credit: Asedino.com

Destinasi wisata yang tidak kalah menarik berikutnya adalah Oemah Bamboo Merapi. Destinasi wisata ini cukup populer dikalangan penduduk lokal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar kota. Disini, wisatawan dapat menikmati keindahan alam berupa perbukitan dan pegunungan yang luar biasa.

Oemah Bamboo Merapi termasuk salah satu destinasi wisata yang baru dikembangkan di Boyolali. Memiliki konsep rumah bambu yang memiliki view pemandangan alam yang indah dan hijau. Hal tersebut tentu banyak disukai wisatawan karena dapat menikmati suasana alam yang tradisional dan sejuk untuk dirasakan. Tiket masuk untuk bisa menikmati itu semua cukup murah, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 per motor.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Plalangan, Lencoh, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

16. Kebun Raya Indrokilo

Kebun Raya Indrokilo
Image Credit: Google Maps (Amin Nurrokhman)

Kebun Raya Indrikilo merupakan kebun raya terbesar di Boyolali. Pada perkembangannya, tempat ini berfungsi sebagai balai konservasi tanaman, edukasi, penelitian, penghasil oksigen, dan tempat wisata.

Banyak tersedia spot foto keren di sana. Ada tujuh ciri khas dari objek wisata di sini yaitu gerbang Pasingsingan, patung Sosro Birowo, taman paku, taman labirin, miniatur Air Terjun Niagara, ruang Elektronik Banyu Udan, dan fitur lukisan kolam. Direncanakan, kebun raya ini juga akan dibuka ketika malam hari.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Butuh, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

17. Agrowisata Sapi Perah

Agrowisata Sapi Perah
Image Credit: Nasirullahsitam.com

Boyolali terkenal sebagai penghasil susu sapi perah yang ada di Indonesia. Kondisi tersebut membuat pemerintah membangun destinasi wisata berupa agrowisata sapi perah. Agrowisata ini dapat ditemukan di daerah Cipago.

Objek Wisata di Boyolali ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga maupun rombongan. Selain bisa melihat bagaimana proses pemerahan susu sapi, pengunjung juga bisa langsung menikmati susu sapi yang diperah langsung oleh dirinya sendiri. Hal tersebut tentu menjadi kesenangan dan kenangan manis yang dimiliki ketika berlibur ke agrowisata ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cepogo, Paras, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

18. Waduk Bade

Waduk Bade
Image Credit: Google Maps (Sang Ridwan)

Waduk Bade sangat terkenal di antara para pecinta memancing. Waduk ini sering menjadi rujukan untuk mendapatkan ikan-ikan besar seperti ikan mas, ikan nila, ikan tawes, ikan tombro, dan masih banyak lagi.

Sembari menunggu ikan tertangkap, Anda bisa duduk bercengkerama bersama teman atau menikmati keindahan pemandangan alam waduk. Selesai memancing, berwisata kuliner ikan air tawar sangat direkomendasikan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wates Timur, Bade, Kec. Klego, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

19. Pemandian Kedung Goro

Pemandian Kedung Goro
Image Credit: Ksmtour.com

Untuk wisatawan yang suka menjelajah alam, Pemandian Alam Kedung Goro menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Disini, wisatawan dapat menikmati kesegaran air yang tersedia di sana ditambah dengan pemandangan alamnya yang indah. Air yang ada di pemandian juga cukup dalam sehingga bisa digunakan untuk menyelam.

Pemandian Kedung Goro dikelilingi oleh hutan dan pohon hijau yang tinggi. Udara yang ada di sekitar pemandian cukup sejuk dan tidak terlalu dingin. Terletak di Desa Bolo, Boyolali. Untuk bisa menikmati keindahan alam di pemandian alam ini, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Wonosegoro, Bolo, Wonosegoro, Kauman, Kec. Kemusu, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

20. Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali

Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali
Image Credit: Google Maps (Satria Mangkunegara)

Mencari destinasi wisata religi, bisa dengan mengunjungi sebuah makam. Yaitu makam yang masih sarat dengan sejarah terlupakan Kerajaan Majapahit, Makam Ki Ageng Kebo Kenongo Pengging.

Alkisah, Ki Ageng Kebo Kenongo merupakan keturunan langsung Raja Bawijaya V yang menguasai Kerajaan Majapahit sebelum runtuh dan digantikan oleh Kerajaan Demak. Berziarah ke makam itu, Anda akan melihat sebuah bangunan berpintu hijau dan krem yang menjadi pintu masuk kedua sebelum makam. Di balik pintu itu, terdapat beberapa makam dengan ujung, pintu terakhir makam Ki Ageng Kebo Kenanga.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Solo-Jogja, RT.09/RW.02, Gedong, Jembungan, Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

21. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu
Image Credit: Kurio.id

Bagi wisatawan yang memiliki hobi mendaki, maka mengunjungi Gunung Merbabu menjadi pilihan yang tepat untuk didatangi. Gunung Merbabu yang ada di Boyolali bisa dipakai untuk mendaki dan menyalurkan hobi Anda.

Wisatawan dapat melewati jalur Selo yang ada di Boyolali untuk mendaki ke Gunung Merbabu. Jalur Selo termasuk jalur yang paling cantik karena terdapat pemandangan alamnya yang indah. Wisatawan akan menemukan pemandangan padang sabana yang dipenuhi bunga edelweis sehingga perjalanan untuk menuju puncak Merbabu akan sangat menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suroteleng, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

22. Makam Ki Ageng Kebo Singoprono Boyolali

Makam Ki Ageng Kebo Singoprono Boyolali
Image Credit: Instagram.com @badarulcham

Di Boyolali, terdapat sebuah makam yang sering diadakan peringatan. Makam tersebut merupakan tempat peristirahatan terakhir kepunyaan Ki Ageng Singoprono yang berjasa atas persebaran agama Islam di Indonesia terutama wilayah Boyolali.

Berkunjung ke tempat ini, Anda akan melihat dua batu nisan yang berdiri di puncak bukit. Warga setempat percaya bahwa meskipun tanpa ukiran, satu makam tersebut merupakan kepunyaan Ki Ageng Singoprono dan satunya lagi kepunyaan cucunya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangak-Simo, Dusun II, Tempursari, Kec. Sambi, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

23. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo
Image Credit: Budayajawa.id

Objek wisata satu ini juga tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kabupaten Boyolali. Waduk Kedung Ombo menawarkan pemandangan alam yang bagus dan cantik. Waduk ini berjarak 50 km dari Kota Boyolali. Tidak hanya digunakan sebagai destinasi wisata, Waduk Kedung Ombo juga digunakan sebagai salah satu irigasi persawahan milik penduduk sekitar.

Banyak fasilitas yang disediakan di waduk seperti pemancingan, perkemahan, rumah makan apung, dan wisata air. Pemandangan alam yang masih asri menjadikan waduk ini banya diminati oleh wisatawan untuk sekedar melepaskan stres, penat, dan beban pikiran.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Grobogan, Kab. Sragen dan Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

24. Masjid Cipto Mulyo

Masjid Cipto Mulyo
Image Credit: Google Maps (Miku dan paman)

Masjid Cipto Mulyo menjadi salah satu incaran destinasi wisata religi bagi wisatawan muslim. Masjid ini merupakan masjid tertua di Boyolali dengan usia lebih dari satu abad.

Keunikan yang terdapat di masjid ini yakni dibangun oleh Raja Paku Buwono X dan arah kiblat serong ke kiri meskipun kelihatannya bangunan masjid dibuat mengarah ke barat. Arsitektur masjid ini sangat kental dengan adat Jawa kuno. Biasanya, tempat ini ramai dikunjungi ketika memasuki bulan Ramadan. Juga, terdapat pengajian rutin setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngaliyan, Banyudono, Dukuh Ireng, Bendan, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

25. Candi Sari

Candi Sari
Image Credit: Wartabengawan.net

Jika ingin memiliki liburan yang menyenangkan sekaligus meningkatkan edukasi, maka berkunjung ke Candi Sari menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan. Objek wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata yang mengusung tema pada zaman sejarah. Di destinasi wisata ini terdapat beberapa peninggalan sejarah yang masih terjaga kelestariannya.

Banyak masyarakat yang mempercayai jika bukit yang ada di Candi Sari ini menjadi sumber mata air penduduk sekitar. Hal tersebut karena masih banyaknya penduduk asli Boyolali yang memegang kepercayaan tersebut sehingga kebudayaan asli Boyolali masih lestari hingga sekarang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Gedangan, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

26. Tikungan Irung Petruk

Tikungan Irung Petruk
Image Credit: Google Maps (Intas Ratri)

Boyolali memiliki berbagai macam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tikungan Irung Petruk ini salah satunya. Dinamakan demikian karena jalannya yang berliku mirip sepeti hidung tokoh wayang, Petruk.

Di tikungan ini, berdiri sebuah monumen Petruk sebagai penanda bahwa pengunjung telah berada di kawasan Tikungan Irung Petruk. Tempat ini berada di bahu jalan dan biasanya dijadikan sebagai tempat berswafoto oleh pengendara yang lewat. Ketika pagi hari, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbit. Sedangkan, saat malam berupa pemandangan gemerlap lampu kota.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Magelang–Boyolali, Dusun II, Genting, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

27. Kampung Air Kragilan

Kampung Air Kragilan
Image Credit: Topwisata.info

Kampung Air Kragilan menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak disukai oleh para wisatawan. Desa wisata ini memiliki pemandangan alam yang indah serta alami karena dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang asri dan enak untuk dipandang. Kampung wisata ini sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat dan beristirahat sejenak dari segala aktivitas keseharian.

Terdapat beberapa fasilitas yang disediakan di desa wisata ini seperti live musik, waterboom, gazebo, dan rumah makan. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu khawatir jika berkunjung kke destinasi wisata ini karena dijamin tidak akan membuat kecewa.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kragilan, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

28. Restu Wijaya Waterboom

Restu Wijaya Waterboom
Image Credit: Google Maps (Riyadi Wahyu Tri Marsono)

Restu Wijaya Waterboom merupakan salah satu wisata air di Boyolali. Di tempat ini, tersedia kolam renang untuk anak-anak dan orang dewasa.

Pada kolam anak, sudah disediakan lengkap perosotan dan ember tumpah yang semakin menambah keseruan ketika bermain air di tempat ini. Sedangkan, seluncuran untuk orang dewasa dibuat lebih panjang agar pengunjung betah berlama-lama di sini. Fasilitas yang tersedia yaitu kamar mandi, toilet, tempat ibadah, loker, dan lapangan futsal.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangak–Simo, Kebayanan 3, Pelem, Kec. Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

29. New Selo

New Selo
Image Credit: Bukafakta.com

Banyak penduduk lokal yang sudah tidak asing dengan destinasi wisata yang satu ini. Destinasi wisata ini termasuk tempat yang cukup populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota. New Selo menghadirkan pemandangan alam yang bisa dilihat langsung dari ketinggian sehingga akan terlihat menakjubkan.

Untuk bisa kesini, wisatawan harus berhati-hati karena harus melewati lereng yang cukup terjal walaupun akses jalannya cukup bagus. New Selo dapat dijadikan sebagai tempat objek foto.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Samiran, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

30. Museum R. Hamong Wardoyo

Museum R. Hamong Wardoyo
Image Credit: Google Maps (Hape Kece)

Museum ini dikenal sebagai salah satu wisata edukasi sejarah di Kabupaten Boyolali. Dulunya, museum ini merupakan bekas kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang disulap menjadi bangunan futuristik dengan atap panel kaca dan berbentuk piramida dua lantai mirip Museum Louvre di Prancis.

Di museum ini, Anda dapat menyaksikan berbagai peninggalan sejarah, miniatur Lembu Sura, harimau sumatera, kereta kencana, lesung, luku (alat pembajak sawah), koleksi foto sejarah Boyolali, koleksi tanaman, dan lain-lain. Kebanyakan pengunjung yang datang ke tempat ini adalah siswa taman kanak-kanak dan sekolah dasar yang sedang belajar sejarah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pandanaran No.19, Tegalmulyo, Siswodipuran, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

31. Brown Canyon

Brown Canyon
Image Credit: Wikipedia.org

Merupakan sebuah bukit bekas penambangan batuan yang mengandung mineral. Namun, lama kelamaan bukit tersebut dijadikan sebuah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Banyak spot foto yang bagus dan indah saat wisatawan berkunjung kesana. Bagi yang hobi fotografi, mengunjungi Brown Canyon menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kragilan, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

32. Kedung Cinta

Kedung Cinta
Image Credit: Instagram.com @ahmadhafidz.a.c

Kedung Cinta merupakan objek wisata air yang menyuguhkan keindahan sebuah bendungan raksasa. Selain sebagai irigasi, waduk ini juga dijadikan sebagai tempat wisata. Hal yang bisa Anda lakukan ketika datang ke tempat ini adalah mencoba pengalaman berkeliling waduk menggunakan perahu motor.

Di samping keindahan panoramanya, waduk ini memiliki spot foto unik yaitu simbol berbentuk hati yang dibuat sangat besar dan cocok sebagai tempat berswafoto para pasangan. Lelah berkeliling, Anda bisa mencoba wisata kuliner di warung apung yang akan menjadi pengalaman tidak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Blawong, Wonoharjo, Kec. Kemusu, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

33. Kampung Lele

Kampung Lele
Image Credit: Tataufiku.blogspot.com

Destinasi wisata ini menghadirkan konsep tradisional dan pedesaan. Wisatawan akan diajarkan bagaimana cara menangkap dan melakukan budidaya lele. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat pengolahan lele hingga menjadi aneka masakan.

Mengunjungi Kampung Lele sangat digemari oleh wisatawan yang sudah berkeluarga karena dapat menambah ilmu pengetahuan. Selain itu, orang tua akan merasa senang karena anak dapat bersosialisasi dengan alam.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kampung Lele, Mangkubumen, Tegalrejo, Kec. Sawit, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Itulah beberapa referensi Destinasi Wisata di Boyolali yang bisa dikunjungi. Wisatawan dapat memilih destinasi wisata sesuai dengan keinginan karena banyak destinasi wisata lainnya yang siap menyambut pengunjung dengan senang hati.