Bukit Baros, Menikmati Keindahan & Kesejukan Hutan Pinus di Sukabumi

Bukit Baros Sukabumi

Lokasi: Kampung Cihuis, RT.11/RW.04, Sasagaran, Kec. Kebon Pedes, Kab. Sukabumi.
MapCek Lokasi

Kota Sukabumi mungkin belum terlalu mentereng dalam hal pariwisata. Kota ini lebih dikenal akan hasil buah manggis yang berkualitas. Padahal Sukabumi memiliki keanekaragaman hayati dan pesona alam yang menakjubkan. Sayangnya belum banyak yang mengekspor keindahan alamnya.

Di kota Sukabumi, nuansa keindahan alam yang tersaji begitu asri. Belum banyak sentuhan teknologi yang masuk di dalamnya. Hal itu membuat tempat ini begitu sejuk dan menyegarkan. Sangat cocok untuk Anda melepaskan segala rasa penat akibat aktivitas sehari-hari.

Ada banyak sekali destinasi indah yang dapat Anda kunjungi. Salah satu tempat yang sedang banyak dibicarakan yakni Bukit Baros. Bukit Baros menawarkan suatu destinasi wisata alami dibalut sentuhan-sentuhan kreatif yang membuat Anda tidak akan bosan. Informasi selengkapnya ada di bawah ini:

Apa yang Istimewa dari Bukit Baros?

Apa yang Istimewa dari Bukit Baros

Image Credit: Wisatabukitbaros.com

Bukit Baros merupakan kawasan wisata alam populer di kota Sukabumi. Bukit ini bisa di bilang sangat istimewa yang mana di kelilingi pohon pinus. Hal itu membuat suasana di sekitar menjadi tenang dan menyegarkan. Sembari berjalan-jalan Anda juga bisa mengambil foto mengingat pemandangannya yang sangat natural.

Kehadiran pohon-pohon pinus memang membuat suasana tenang. Apalagi telah disediakan pula tempat-tempat duduk menarik sebagai spot foto. Pengunjung bisa bersantai di jaring tali yang telah di sediakan pihak penyelenggara sembari menikmati udara yang menyegarkan. Atau Anda juga bisa menaiki rumah pohon untuk melihat keindahan bukit dari atas.

Bukit Baros sebelumnya bukanlah tempat wisata, melainkan pabrik keju. Baru pada tahun 2017 sebuah inovasi di bentuk yang mengubahnya menjadi destinasi wisata komplit. Di katakan demikian sebab segala bentuk fasilitas sangat lengkap. Program-program seru pun ada di tempat wisata ini mulai dari camping, rafting, outbond dan masih banyak lagi.

Fasilitas Outbond Bukit Baros Sukabumi

Fasilitas Outbond Bukit Baros Sukabumi

Image Credit: Outbound-sukabumi.com

Bukit Baros menawarkan banyak sekali fasilitas yang bisa pengunjung pilih. Salah satunya ialah kegiatan outbond. Jadi bila mana Anda sedang memikirkan lokasi outbond yang berbeda dari biasanya, lokasi di Bukit Baros bisa menjadi pilihan. Berbagai kegiatan seru akan di tunjang dengan lokasi yang indah dan masih alami.

Pilihan fasilitas yang di tawarkan sangat bervariasi. Mulai dari flying fox, permainan sambung pipa, permainan tali dan masih banyak lagi. Segala keseruan akan semakin terasa jika Anda mengajak rekan maupun keluarga. Dengan begitu nuansa kekeluargaan atau keakraban akan semakin terjalin. Tentunya kegiatan pun akan semakin seru serta mengesankan.

Bila Anda hobi menguji nyali dengan mengendarai mobil di medan penuh tantangan, memilih kegiatan offroad bisa menjadi opsi. Bukit Baros menawarkan lintasan sirkuit offroad penuh tantangan. Anda akan melewati beberapa medan terjal dan penuh tikungan. Hal itu jelas akan menambah keseruan saat berkendara. Apalagi wilayah sekitar lintasan yang masih indah dan menyejukan mata.

Bukit baros juga menawarkan program santai seru di malam hari. Apalagi kalau bukan camping. Lokasi camping ground sudah di siapkan dengan segala rupa. Anda dapat menyewa tenda dan satu tendanya sendiri bisa digunakan oleh 3 orang. Keseruan akan terasa mengingat lokasi camping yang indah dan menyejukan. Kedekatan Anda dan kerabat akan semakin terjalin satu sama lain.

Fasilitas Waterpark dan Spot Foto Menawan

Fasilitas Waterpark dan Spot Foto Menawan

Image Credit: Travelspromo.com

Bukit Baros juga menawarkan fasilitas untuk santai seperti kolam renang. Ada lebih dari satu kolam yang disediakan yang salah satunya kolam dengan bentuk angka delapan. Anda juga dapat menikmati beragam permainan air. Pengunjung akan merasakan kemurnian air dari bukit asli. Agak dingin memang namun rasa itu akan hilang mengingat kegiatannya sangat seru.

Di kawasan Bukit Baros, anak-anak juga dapat ikut berenang mengingat kolam airnya yang tidak terlalu tinggi. Beberapa fasilitas seperti seluncur mini pun ada sehingga anak-anak akan semakin betah berada di kolam.

Bagi Anda yang suka mengabadikan momen lewat swafoto, Bukit Baros menyediakan semua itu. Artinya di bukit dengan lahan kurang lebih 27 hektar ini memiliki beberapa spot foto yang dapat Anda pilih. Mulai dari bangunan kastil, payung warna-warni, rumah pohon, pohon berstiker, sayap kupu-kupu serta masih banyak lagi. Dengan begitu Anda tidak akan kehabisan stok foto.

Rute Menuju Kawasan Wisata Bukit Baros

Rute Menuju Kawasan Wisata Bukit Baros

Image Credit: Wartawisata.id

Akses jalan menuju kawasan wisata Bukit Baros tidaklah susah. Akses jalan sudah dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan pengunjung untuk datang ke lokasi. Anda bisa mengendarai mobil pribadi ataupun menaiki kendaraan umum apabila datang bersama rekan-rekan yang banyak. Jadi pengunjung tidak perlu takut tersesat.

Jarak yang ditempuh untuk sampai ke Bukit Baros dai pusat kota Sukabumi yakni kurang lebih 7 km. Sebuah jarak yang tidak jauh dan dapat sampai dalam waktu 20 menitan. Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi pertama hanya perlu keluar dari Tol Ciawi lalu menuju Bukit Baros yang ada sebelum terminal Jubleg.

Jika Anda menggunakan angkutan umum, bisa berhenti di stasiun Sukabumi kemudian hanya perlu mencari angkutan yang menuju ke lokasi wisata. Jangan khawatir karena banyak kendaraan transportasi yang tersedia. Bahkan sistem angkutan online pun sudah bisa di pesan sehingga Anda tidak akan tersesat.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Bukit Baros

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Bukit Baros

Image Credit: Sky-adventure.com

Bila Anda ingin menghabiskan waktu untuk berkunjung ke Bukit Baros maka jangan khawatir tentang harga tiket. Harga tiket yang diberlakukan masih tergolong terjangkau mengingat ada banyak sekali fasilitas yang tersedia. Anda hanya perlu menggelontorkan uang sebesar 30 ribu untuk hari biasa sedangkan untuk weekend seharga 45 ribu.

Harga yang demikian tergolong bijak mengingat fasilitas yang sangat memadai. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi beragam taman yang ada dan juga datang langsung ke lokasi pembuatan keju. Pengunjung dapat pula belajar mengenai pembuatannya. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk datang dan menjadi saksi keindahan Bukit Baros yang di kelilingi hutan pinus menyegarkan.

Perlu Anda ketahui bahwa harga sewaktu-waktu bisa berubah tergantung dari kebijakan pengelola. Jadi pengunjung disarankan mengecek terus pemberitahuan terbaru mengenai harga tiket masuk untuk datang ke hutan pinus di Bukit Baros.

Jangan lupa pula bahwa jam buka atau operasional Bukit Baros itu sendiri di mulai dari pagi sampai sore. Waktu terbaik untuk mengunjunginya tentu saja saat pagi dan siang hari mengingat udara masih sangat segar. Pengunjung juga bisa sampai malam hari jika memutuskan untuk menginap atau mengikuti program camping ground.

Itu saja informasi menarik seputar keindahan hutan pinus Bukit Baros di Sukabumi. Mengingat akan keindahan dan memiliki fasilitas keren maka tak salah jika Anda memutuskan untuk mengunjunginya. Pengunjung bisa datang di sela-sela waktu luang maupun saat sedang libur. Mengunjungi Bukit Baros bersama keluarga akan membuat nuansa semakin seru dan menyenangkan.