18 Tempat Wisata di Bengkulu

Salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan beragam destinasi wisata yang menarik adalah Bengkulu. Provinsi dengan sebutan sebagai Bumi Raflesia ini menyimpan banyak pesona alam yang tak kalah indah dari provinsi-provinsi lainnya.

Bagi Kamu yang sedang merencanakan sebuah liburan bersama teman ataupun keluarga, Bengkulu bisa menjadi destinasi wisata yang Kamu pertimbangkan. Dijamin Kamu tidak akan pernah menyesal pernah menghabiskan liburan di sana.

Berikut tempat-tempat wisata di Bengkulu yang bisa Kamu datangi. Namun, selama berada di sana jangan lupa untuk selalu mentaati peraturan yang ada. Agar tempat-tempat tersebut tetap terjaga dan selalu layak untuk dikunjungi.

1. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci

Lokasi: Pasar Pedati, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu. – Image Credit by Buayajalan.com

Destinasi yang pertama adalah Pantai Sungai Suci. Sebuah pantai yang menawarkan keindahan layaknya Tanah Lot di Bali. Di sana Kamu bisa menguji adrenalin dengan melewati sebuah jembatan kembar yang menghubungkan sebuah pulau kecil dengan Pantai Sungai Suci.

Setelah melewati jembatan tersebut, Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan debur ombak yang menghantam bebatuan serta hijaunya pepohonan.

2. Danau Biru

Danau Biru bengkulu

Lokasi: Surau, kec. Taba Menanjung, Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu. – Image Credit by Tmladventure.blogspot.com

Ketika berkunjung ke sana, Kamu tak hanya dimanjakan oleh indahnya satu danau, melainkan dengan empat danau sekaligus. Sesuai dengan namanya, danau-danau tersebut memiliki air jernih berwarna biru.

Untuk bisa mencapai ke sana Kamu harus merasakan lelahnya melewati bebatuan yang menanjak. Namun, lelah itu akan segera terbayar dengan keindahan yang ditawarkan Danau Biru.

3. Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah

Lokasi: Padang Betuah, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu. – Image Credit by Rahmadhimawan.com

Surga tersembunyi yang ada di Bengkulu ini, menawarkan keindahan pantai serta danau alami yang menawan. Destinasi wisata ini memang menyuguhkan pantai sekaligus danau yang dibatasi dengan eloknya pasir putih.

Kamu bisa memancing di pantai yang terkenal dengan julukan surga ikan ini sembari menikmati angin sepoi dan hijaunya pepohonan. Di sana Kamu juga bisa melihat adanya sumur besar berdiameter sekitar 90 meter.

4. Air Terjun Suban

Air Terjun Suban

Lokasi: Penantian, Kec. Pasemah Air Keruh, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu. – Image Credit by Ksmtour.com

Destinasi wisata ini menyuguhkan dua air terjun dengan kesegaran serta jernihnya air yang masih alami. Di sekitar air terjun terdapat banyak pepohonan tropis yang menambah kesejukan udara.

Tempat ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin meriklekskan badan maupun pikiran dari lelahnya aktivitas sehari-hari. Dijamin Kamu akan merasa nyaman dan betah berlama-lama berada di sana.

5. Danau Nibung

Danau Nibung

Lokasi: Ujung Pandang, Kec. Muko Muko Utara, Kab. Muko Muko, Provinsi Bengkulu. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Danau Nibung merupakan sebuah danau yang berada di kawasan hutan lindung, sehingga udara di sana sudah pasti segar. Kamu bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu, sembari menikmati keindahan yang ada.

Fasilitas yang bisa Kamu peroleh di sana seperti area parkir, gazebo, wahana air, spot-spot foto yang instagramable, villa, mushola serta warung-warung makan untuk mengenyangkan perut Kamu.

6. Sungai Air Berau

Sungai Air Berau

Lokasi: kaki Gunung Pandan Bungsu, Kab. Muko-muko, Bengkulu. – Image Credit by Tempatwisata.pro

Sungai dengan air yang cukup deras ini bisa Kamu jadikan sebagai pemacu adrenalin dengan melakukan arung jeram di sana. Pemandangan yang indah di sepanjang sungai akan menemani pengarungan Kamu.

Jika beruntung, Kamu bisa menyaksikan upacara adat di sana. Upacara tersebut bernama upacara anak daro, yakni upacara memandikan seorang bayi yang baru lahir di sungai.

7. Curug Sembilan

Curug Sembilan

Lokasi: Tanah Hitam, Marga Sakti, Kec. Padang Jaya, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu. – Image Credit by Wisatasia.com

Salah satu air terjun paling indah yang ada di Indonesia ini, memiliki 9 tingkatan sekaligus. Pemandangan yang disajikan benar-benar akan memanjakan mata Kamu. Tempat ini bisa menjadi spot foto terbaik Kamu.

Dinginnya air serta segarnya udara, ditambah pepohonan rindang yang berada di tebing-tebing curug akan membuat Kamu melupakan sejenak penat di kepala.

8. Bukit Kaba

Bukit Kaba

Lokasi: Sumber Urip, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu. – Image Credit by Phinemo.com

Nah, destinasi yang satu ini akan membawa Kamu melihat indahnya kawah aktif yang sangat cantik dari atas bukit. Tersedia dua cara untuk bisa mencapai puncak bukit ini, yaitu dengan menyewa ojek motor dan yang kedua dengan berjalan kaki.

Selama perjalanan, Kamu akan disuguhkan dengan hijaunya perkebunan sayur serta sungai dengan aliran air yang jernih. Kicauan burung yang terdengar juga akan menemani perjalanan Kamu.

9. Pemandian Air Panas Suban

Pemandian Air Panas Suban

Lokasi: Cawang Baru, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu . – Image Credit by Ksmtour.com

Pemandian air panas yang terletak di Kota Curup ini, berada di antara tebing-tebing dengan pepohonan yang asri. Airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, serta rematik.

Berendam di sana sembari menikmati keindahan alam yang tersedia akan membuat pikiran dan badan Kamu terasa nyaman dan rileks. Jadi cocok untuk Kamu yang tinggal di perkotaan.

10. Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari

Lokasi: Karang Jaya, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu. – Image Credit by Ksmtour.com

Danau Mas Harun Bastari merupakan sebuah danau yang berada di antara perbukitan hijau yang elok dan asri. Aktivitas yang bisa Kamu lakukan di sana seperti memancing atau berkeliling danau dengan perahu.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola cukup lengkap. Fasilitasnya seperti area parkir, area kuliner, sewa perahu, area bermain anak, toilet, gedung serbaguna, villa serta adanya pos penjagaan.

11. Bukit Batu Kandis

Bukit Batu Kandis

Lokasi: Jl. Bengkulu – Kepahiang, Durian Demang, Kec. Karang Tinggi, Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu. – Image Credit by Anekaresma.com

Daya tarik dari bukit yang bernama Kandis ini yakni bentuknya yang menyerupai Spink di Mesir serta adanya kolam mata air yang terdapat di puncak bukit. Kolam tersebut memiliki air yang cukup jernih.

Di sana Kamu bisa melakukan olah raga yang cukup memacu adrenalin yakni panjat tebing. Selain itu, Kamu juga bisa mendirikan tenda di sana sambil menikmati eloknya pemandangan.

12. Arung Jeram Sungai Ketahun

Arung Jeram Sungai Ketahun

Lokasi: Talang Ratu, Kec. Rimbo Pengadang, Kab. Lebong, Bengkulu. – Image Credit by Arusketahun.Com

Tempat wisata di Bengkulu yang akan membawamu berpetualang menyusuri sungai dengan pemandangan yang alami adalah Arung Jeram Sungai Ketahun. Ketika melakukan rafting di sana, Kamu akan melewati spot arung sepanjang 14 kilometer.

Terdapat dua spot foto mernarik yang akan Kamu lewati selama pengarungan untuk mengisi feed instagram Kamu, spot tersebut yaitu lintasan gua dan tempat yang disebut green canyon-nya Sungai Ketahun.

13. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough

Lokasi: Jl. Benteng, Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu. – Image Credit by Wikipedia.org

Selain wisata alam, Bengkulu juga memiliki wisata sejarah yang cukup populer, yakni Benteng Marlborough. Benteng Marlborough merupakan sebuah benteng yang berdiri sejak zaman penjajahan Inggris.

Benteng inilah yang menjadi tempat penahanan Bung Karno pada zaman dahulu. Ketika berkunjung ke sana Kamu akan menjumpai benda-benda peninggalan Inggris dan Belanda yang masih dijaga hingga saat ini.

14. Air Terjun Kepala Curup

Air Terjun Kepala Curup

Lokasi: Jl. Raya Curup – Lubuk Linggau No.113, Cahaya Negeri, Kec. Sindang Kelingi, Kab Rejang Lebong, Bengkulu. – Image Credit by Hariankoranbengkulu.co

Tempat wisata yang selanjutnya adalah Air Terjun Kepala Curup yang eksotis dan mempesona. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter ini, akan meneduhkan hati Kamu ketika berkunjung ke sana.

Karena tempat ini belum dilengkapi dengan fasilitas tempat makan, sehingga ketika berkunjung ke sana alangkah baiknya Kamu membawa bekal sendiri. Kamu bisa menikmati bekal sembari menikmati suara gemercik angin serta kicauan burung yang indah.

15. Pantai Panjang

Pantai Panjang

Lokasi: Jl. Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu. – Image Credit by Pegipegi.com

Pantai dengan pasir halus berwarna putih ini memiliki deretan pohon cemara juga pinus yang berbaris di sekitar bibir pantai. Kamu bisa berteduh di bawahnya dan menikmati debur ombak serta angin pantai.

Fasilitas yang berada di kawasan pantai ini meliputi restauran, area bermain anak, juga area olah raga. Di sana Kamu juga bisa melihat eloknya sunset maupun sunrise.

16. Kebun Teh Kabawetan

Kebun Teh Kabawetan

Lokasi: Jl. Kabawetan, Tangsi Baru, Kec. Kaba Wetan, Kab. Kepahiang, Bengkulu. – Image Credit by Wisatabengkuluku.blogspot.com

Kebun teh yang berada di ketinggian sekitar 600-1000 mdpl ini menawarkan pemandangan pegunungan yang hijau serta deretan tanaman  teh yang asri dan elok. Destinasi ini bisa membuat refresh pikiran Kamu.

Di sana Kamu bisa berfoto dengan latar belakang barisan teh yang hijau. Untuk mengisi perut setelah asyik berkeliling kebun Kamu bisa mampir ke warung-warung kecil yang ada di sekitar destinasi wisata ini.

17. Pulau Tikus

Pulau Tikus

Lokasi: Samudra Hindia, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu. – Image Credit by Ksmtour.com

Pulau yang berukuran sekitar 2 hektare ini menyuguhkan berbagai jenis terumbu karang yang mengagumkan. Saat berada di sana Kamu bisa bermain pasir, atau berenang di pinggir pantai karena ombak di sana terbilang aman.

Selain itu, Kamu juga bisa memancing di pantai yang memiliki air jernih kebiruan ini. Disini terdapat banyak ikan, bahkan lobster hingga kepiting di sana.

18. Teluk Sepang

Teluk Sepang

Lokasi: Teluk Sepang, Kec. Kampung Melayu, Kab. Bengkulu, Bengkulu. – Image Credit by Diseberangruangan.blogspot.com

Destinasi wisata yang terakhir ini sangat cocok bagi Kamu yang hobi melakukan surfing. Di sana Kamu akan ditantang untuk menaklukkan ombak setinggi tiga sampai empat meter. Selain surfing Kamu juga bisa bersantai sembari memancing.

Pantai yang dijadikan sebagai Kawasan Konservasi Taman Wisata Alam ini memiliki air yang sangat jernih. Tak heran jika Kamu dapat melihat keindahan bawah laut tanpa harus menyelam.

Itulah 18 tempat wisata di Bengkulu yang populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, terlebih di saat musim liburan. Apakah Kamu sudah tertarik untuk datang ke sana?