Salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan beragam destinasi wisata yang menarik adalah Bengkulu. Provinsi dengan sebutan sebagai Bumi Raflesia ini menyimpan banyak pesona alam yang tak kalah indah dari provinsi-provinsi lainnya.

Bagi Kamu yang sedang merencanakan sebuah liburan bersama teman ataupun keluarga, Bengkulu bisa menjadi destinasi wisata yang Kamu pertimbangkan. Dijamin Kamu tidak akan pernah menyesal pernah menghabiskan liburan di sana.

Berikut tempat-tempat wisata di Bengkulu yang bisa Kamu datangi. Namun, selama berada di sana jangan lupa untuk selalu mentaati peraturan yang ada. Agar tempat-tempat tersebut tetap terjaga dan selalu layak untuk dikunjungi.

1. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci
Image Credit: Buayajalan.com

Destinasi yang pertama adalah Pantai Sungai Suci. Sebuah pantai yang menawarkan keindahan layaknya Tanah Lot di Bali. Di sana Kamu bisa menguji adrenalin dengan melewati sebuah jembatan kembar yang menghubungkan sebuah pulau kecil dengan Pantai Sungai Suci.

Setelah melewati jembatan tersebut, Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan debur ombak yang menghantam bebatuan serta hijaunya pepohonan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasar Pedati, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu.

2. Suban Air Panas Curup

Suban Air Panas Curup
Image Credit: Google Maps (fidya ardika)

Destinasi yang satu ini menawarkan sebuah sensasi berendam di sebuah sumber air panas. Terletak di kawasan Cawang Baru, tempat ini memberikan pengalaman berlibur yang berbeda. Pasalnya, tidak jauh dari sumber air tersebut terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 90 meter. Namun, air terjun tersebut memiliki air yang dingin.

Dipercaya bahwa air panas yang ada di sana dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Air tersebut nampak begitu bening dan tidak memiliki aroma khas belerang, sehingga membuat siapapun yang berendam menjadi nyaman. Kawasan tersebut ramai dikunjungi warga lokal untuk berendam karena hal tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cawang Baru, Kec. Curup Timur, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

3. Danau Biru

Danau Biru bengkulu
Image Credit: Tmladventure.blogspot.com

Ketika berkunjung ke sana, Kamu tak hanya dimanjakan oleh indahnya satu danau, melainkan dengan empat danau sekaligus. Sesuai dengan namanya, danau-danau tersebut memiliki air jernih berwarna biru.

Untuk bisa mencapai ke sana Kamu harus merasakan lelahnya melewati bebatuan yang menanjak. Namun, lelah itu akan segera terbayar dengan keindahan yang ditawarkan Danau Biru.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Surau, kec. Taba Menanjung, Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu.

4. Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah
Image Credit: Instagram.com @windy_rondonuwu

Nama danau ini memang unik karena konon dahulu terdapat sepasang kekasih yang menceburkan diri ke sana untuk bunuh diri. Hal itu dikarenakan hubungan mereka tidak mendapatkan restu dari orang tua si perempuan. Pemandangannya tidak perlu diragukan lagi keindahannya.

Berlokasi di Dusun Besar yang masih berada di Kota Bengkulu, pengunjung tidak akan kesulitan untuk mencapainya. Sekitar danau tersebut terdapat beberapa tanaman langka seperti anggrek matahari dan juga hewan khas daerah tersebut yakni siamang. Pengunjung juga dapat menikmati hidangan khas Bengkulu di rumah makan sekitarnya.

Harga Tiket:Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Besar, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu.

5. Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah
Image Credit: Rahmadhimawan.com

Surga tersembunyi yang ada di Bengkulu ini, menawarkan keindahan pantai serta danau alami yang menawan. Destinasi wisata ini memang menyuguhkan pantai sekaligus danau yang dibatasi dengan eloknya pasir putih.

Kamu bisa memancing di pantai yang terkenal dengan julukan surga ikan ini sembari menikmati angin sepoi dan hijaunya pepohonan. Di sana Kamu juga bisa melihat adanya sumur besar berdiameter sekitar 90 meter.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padang Betuah, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu.

6. Curug Mingga

Curug Mingga
Image Credit: Google Maps (Yoga MR)

Destinasi wisata ini belum terlalu dikenal oleh kebanyakan orang. Namun, mengunjunginya bak datang ke sebuah tempat layaknya surga tersembunyi. Objek ini memang menyuguhkan sebuah pemandangan alam yang begitu indah dengan tebing-tebing batu serta kejernihan airnya. Anda tidak akan kecewa ketika berkunjung ke lokasi tersebut.

Bertempat di Kabupaten Seluma tepatnya di Desa Cawang, panorama tempat ini menampilkan susunan tebing batu yang menghimpit kolam air terjun di bagian tengahnya. Jarak kedua tebing tersebut memang cukup sempit, namun hal inilah yang membuatnya semakin eksotis bak destinasi kelas dunia. Selain menikmati alamnya, pengunjung juga dapat berfoto-foto di tempat tersebut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lkasi
Alamat: Cawang, Kec. Lubuk Sandi, Kab. Seluma, Bengkulu.

7. Air Terjun Suban

Air Terjun Suban
Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata ini menyuguhkan dua air terjun dengan kesegaran serta jernihnya air yang masih alami. Di sekitar air terjun terdapat banyak pepohonan tropis yang menambah kesejukan udara.

Tempat ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin meriklekskan badan maupun pikiran dari lelahnya aktivitas sehari-hari. Dijamin Kamu akan merasa nyaman dan betah berlama-lama berada di sana.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Penantian, Kec. Pasemah Air Keruh, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

8. PLTA Musi Ujan Mas

PLTA Musi Ujan Mas
Image Credit: Instagram.com @ariaprilian15

Sungai Musi adalah salah satu sungai terpanjang yang ada di Indonesia. Dengan panjangnya tersebut, menyimpan beberapa titik di sekitar bantarannya. Hulu dari sungai tersebut berada di Bengkulu, tepatnya daerah Ujan Mas.

Pada daerah tersebutlah dibangun sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang tidak hanya bermanfaat untuk memproduksi tenaga listrik, namun juga mempunyai pemandangan yang elok. Bangunan yang megah tersebut berpadu dengan aliran sungai yang mengalir nampak mengagumkan untuk dipandang dan juga tentunya diabadikan melalui foto-foto yang dipotret.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujan MAS Atas, Kec. Ujan MAS, Kab. Kepahiang, Bengkulu.

9. Danau Nibung

Danau Nibung
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Danau Nibung merupakan sebuah danau yang berada di kawasan hutan lindung, sehingga udara di sana sudah pasti segar. Kamu bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu, sembari menikmati keindahan yang ada.

Fasilitas yang bisa Kamu peroleh di sana seperti area parkir, gazebo, wahana air, spot-spot foto yang instagramable, villa, mushola serta warung-warung makan untuk mengenyangkan perut Kamu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujung Pandang, Kec. Muko Muko Utara, Kab. Muko Muko, Bengkulu.

10. Pantai Manula

Pantai Manula
Image Credit: Instagram.com @adtymelta28_

Provinsi ini tidak hanya menampilkan panorama alam pepohonan asri nan hijau saja, namun juga potret pinggir lautnya yang indah. Terdapat sebuah pantai yang cukup mengagumkan. Pantai tersebut terletak di perbatasan antara 2 provinsi, yakni Lampung dan tentu saja Bengkulu. Tepatnya berada di Kabupaten Kaur.

Panorama yang ditawarkan yakni sebuah kenampakan pantai dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi. Hal ini akan membuat pengalaman berlibur di tempat tersebut mengesankan meskipun harus menempuh jarak yang cukup jauh jika dari pusat Bengkulu. Waktu yang disarankan untuk menyinggahi destinasi ini yakni saat air sedang surut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai Manula, Kec. Nasal, Kab. Kaur, bengkulu.

11. Sungai Air Berau

Sungai Air Berau
Image Credit: Tempatwisata.pro

Sungai dengan air yang cukup deras ini bisa Kamu jadikan sebagai pemacu adrenalin dengan melakukan arung jeram di sana. Pemandangan yang indah di sepanjang sungai akan menemani pengarungan Kamu.

Jika beruntung, Kamu bisa menyaksikan upacara adat di sana. Upacara tersebut bernama upacara anak daro, yakni upacara memandikan seorang bayi yang baru lahir di sungai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: kaki Gunung Pandan Bungsu, Kab. Muko-muko, Bengkulu.

12. Hutan Mangrove Pulau Baai

Hutan Mangrove Pulau Baai
Image Credit: Instagram.com @bengkuluirahlal

Terletak pada sebuah pulau sebelah barat Sumatra dengan jarak kurang lebih 20 kilometer dari jantung Kota Bengkulu, hutan tersebut merupakan salah satu kawasan konservasi alam. Menampilkan pemandangan pepohonan bakau, tempat tersebut nampak cukup eksotis untuk dikunjungi oleh siapapun yang hendak berwisata di provinsi tersebut.

Untuk menjelajahinya, pengunjung dapat menggunakan perahu nelayan yang disewakan. Pemandangan hijaunya hutan mangrove, tidak akan mengecewakan wisatawan yang singgah. Selain itu, tidak jauh dari sana juga terdapat hamparan pantai pasir putih yang nampak indah. Pulau ini memang cocok untuk tempat berfoto menangkap momen yang ada.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padang Serai, Kec. Kampung Melayu, Kota Bengkulu, Bengkulu.

13. Curug Sembilan

Curug Sembilan
Image Credit: Wisatasia.com

Salah satu air terjun paling indah yang ada di Indonesia ini, memiliki 9 tingkatan sekaligus. Pemandangan yang disajikan benar-benar akan memanjakan mata Kamu. Tempat ini bisa menjadi spot foto terbaik Kamu.

Dinginnya air serta segarnya udara, ditambah pepohonan rindang yang berada di tebing-tebing curug akan membuat Kamu melupakan sejenak penat di kepala.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanah Hitam, Marga Sakti, Kec. Padang Jaya, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

14. Pantai Linau

Pantai Linau
Image Credit: Instagram.com @jojo_hutagalung

Dengan bentuknya yang memanjang, membuat provinsi di Pulau Sumatera tersebut memiliki garis pantai yang cukup panjang. Dengan kondisi seperti itu, terdapat banyak pantai-pantai indah di sana. Salah satunya yaitu Pantai Linau yang berada di Kabupaten Kaur. Tempat ini menampilkan sebuah pemandangan indah pasir putih seperti halnya destinasi dunia yang mengagumkan.

Selain itu, daya tarik lain dari objek wisata yang satu ini yakni deretan batuan karang di bawah laut sekitarnya masih nampak asri nan alami. Airnya yang nampak jernih terlihat bening kebiru-biruan membuat penampakan dasar lautnya dapat dilihat oleh mata telanjang. Wisatawan juga dapat merasakan santapan makanan laut terutama gurita yang dijajakan di sana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Barat, Linau, Kec. Maje, Kab. Kaur, Bengkulu.

15. Bukit Kaba

Bukit Kaba
Image Credit: Phinemo.com

Nah, destinasi yang satu ini akan membawa Kamu melihat indahnya kawah aktif yang sangat cantik dari atas bukit. Tersedia dua cara untuk bisa mencapai puncak bukit ini, yaitu dengan menyewa ojek motor dan yang kedua dengan berjalan kaki.

Selama perjalanan, Kamu akan disuguhkan dengan hijaunya perkebunan sayur serta sungai dengan aliran air yang jernih. Kicauan burung yang terdengar juga akan menemani perjalanan Kamu.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumber Urip, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

16. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat
Image Credit: Instagram.com @rizkipepe14

Taman nasional ini memiliki luas yang sangat besar hingga mencakup 4 provinsi yang ada di Sumatera, tak terkecuali Bengkulu. Terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan hingga dataran tinggi sekitarnya, membuat tempat ini memiliki pesona asri, hijau, dan tentu saja masih alami. Di sana terdapat sebuah konservasi gajah layaknya Way Kambas yang ada di Lampung.

Tempat perlindungan gajah yang ada di salah satu situs warisan dunia menurut UNESCO tersebut bernama Pusat Pelatihan Gajah (PPG) Seblat. Gajah-gajah yang ada di sana telah dilatih agar berguna untuk manusia. Jadi, tidak hanya melestarikannya, namun hewan tersebut dapat menghibur para pengunjung dengan atraksi serta berpotret ria dengan mereka.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

17. Pemandian Air Panas Suban

Pemandian Air Panas Suban
Image Credit: Ksmtour.com

Pemandian air panas yang terletak di Kota Curup ini, berada di antara tebing-tebing dengan pepohonan yang asri. Airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, serta rematik.

Berendam di sana sembari menikmati keindahan alam yang tersedia akan membuat pikiran dan badan Kamu terasa nyaman dan rileks. Jadi cocok untuk Kamu yang tinggal di perkotaan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cawang Baru, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

18. Goa Kacamata

Goa Kacamata
Image Credit: Instagram.com @samsulsui

Tempat ini dahulu merupakan salah satu penambangan emas pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Setelah hasil alamnya habis, tempat tersebut ditinggalkan. Objek ini berada di tebing berbatu dengan 2 bibir goa sehingga nampak seperti kacamata. Oleh karena itu, tempat tersebut dinamakan demikian.

Berada di daerah Desa Lebong, destinasi ini memberikan pengalaman berlibur yang berbeda. Pengunjung dapat menikmati sebuah area tambang yang sudah tidak dipakai dengan berbagai pahatan di dalamnya karena proses eksplorasi. Waktu yang direkomendasikan untuk singgah ke sana yakni sekitar pukul 9 pagi karena sinar matahari dapat menerangi bagian dalamnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lebong Tambang, Kec. Lebong Utara, Kab. Lebong, Bengkulu.

19. Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari
Image Credit: Ksmtour.com

Danau Mas Harun Bastari merupakan sebuah danau yang berada di antara perbukitan hijau yang elok dan asri. Aktivitas yang bisa Kamu lakukan di sana seperti memancing atau berkeliling danau dengan perahu.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola cukup lengkap. Fasilitasnya seperti area parkir, area kuliner, sewa perahu, area bermain anak, toilet, gedung serbaguna, villa serta adanya pos penjagaan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Jaya, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

20. Lubuk Sepit Kancing

Lubuk Sepit Kancing
Image Credit: Google Maps (Nana Storada)

Destinasi ini merupakan sebuah sungai yang terjebak di antara bebatuan tebing. Air yang mengalir di sana sangat bening menunjukkan kejernihannya dengan warna biru kehijau-hijauan. Tempat ini masih nampak alami dan tidak banyak orang datang ke sana. Untuk sampai ke destinasi ini, memerlukan kondisi yang prima karena harus berjalan selama kurang lebih 1.5 jam.

Terletak di Desa Sukarami yang ada pada Kabupaten Bengkulu Selatan, objek wisata ini juga memberikan tantangan bagi pengunjungnya. Bagi Anda yang menyukai kegiatan ekstrem, dapat mencoba lompat tinggi dari atas tebing di sekelilingnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukarami, Kec. Air Nipis, Kab. Bengkulu Selatan, Bengkulu.

21. Bukit Batu Kandis

Bukit Batu Kandis
Image Credit: Anekaresma.com

Daya tarik dari bukit yang bernama Kandis ini yakni bentuknya yang menyerupai Spink di Mesir serta adanya kolam mata air yang terdapat di puncak bukit. Kolam tersebut memiliki air yang cukup jernih.

Di sana Kamu bisa melakukan olah raga yang cukup memacu adrenalin yakni panjat tebing. Selain itu, Kamu juga bisa mendirikan tenda di sana sambil menikmati eloknya pemandangan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bengkulu – Kepahiang, Durian Demang, Kec. Karang Tinggi, Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu.

22. Pulau Enggano

Pulau Enggano
Image Credit: Instagram.com @exa_fr

Pulau ini termasuk bagian terluar dari Indonesia dan memiliki berbagai pesona di dalamnya. Banyak hal dapat didapatkan oleh siapapun yang menyinggahinya. Di bagian tengahnya terdapat sebuah danau air tawar yang memukau serta taman burung.

Pulau yang masih termasuk Kabupaten Bengkulu Utara ini juga tentunya mempunyai pesona pantai serta kenampakan lautnya yang menakjubkan. Wisatawan dapat menikmati kealamian pantai pasir putih dengan berselancar ataupun snorkeling.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

23. Arung Jeram Sungai Ketahun

Arung Jeram Sungai Ketahun
Image Credit: Arusketahun.Com

Tempat wisata di Bengkulu yang akan membawamu berpetualang menyusuri sungai dengan pemandangan yang alami adalah Arung Jeram Sungai Ketahun. Ketika melakukan rafting di sana, Kamu akan melewati spot arung sepanjang 14 kilometer.

Terdapat dua spot foto mernarik yang akan Kamu lewati selama pengarungan untuk mengisi feed instagram Kamu, spot tersebut yaitu lintasan gua dan tempat yang disebut green canyon-nya Sungai Ketahun.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Talang Ratu, Kec. Rimbo Pengadang, Kab. Lebong, Bengkulu.

24. Pantai Bengkenang

Pantai Bengkenang
Image Credit: Instagram.com @manna_eksiss

Objek wisata ini terletak di Kabupaten Bengkulu Selatan tepatnya pada Desa Tanjung Besar. Layaknya pantai-pantai pada umumnya, tempat ini juga memukau bagi siapapun yang singgah ke sana. Hamparan pasirnya nampak indah berpadu dengan air laut serta nyiur kelapa yang melambai karena diterpa hembusan angin,

Terdapat beberapa titik kreasi dari pengelola yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Diantaranya yaitu taman rumput, ayunan, patung angsa dan bebek, serta titik berswafoto yang terbuat dari kayu dan membentuk lambang cinta. Wisatawan juga dapat menikmati santapan khas daerah tersebut, seperti Gulai Kamba’ang, Gulai Lema, dan Cak Uncung yang dijual di sana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tj. Besar, Kec. Manna, Kab. Bengkulu Selatan, Bengkulu.

25. Kota Curup

Kota Curup
Image Credit: Instagram.com @panggilsajaamay

Daerah ini merupakan Ibukota dari Kabupaten Rejang Lebong. Tempat ini terkenal sebagai penghasil beras, sayur mayur, dan juga kopi yang ada di Sumatera. Selain itu, kawasan tersebut juga dikenal sebagai salah satu tempat tumbuhnya bunga bangkai atau Rafflesia Arnoldi yang populer tersebut.

Kota ini memiliki beberapa destinasi yang layak menjadi salah satu tujuan wisata Anda. Selain sumber air panas Curup yang cukup populer, terdapat juga wisata Air Terjun yang ada di Kepala Curup serta Gunung Kaba. Terdapat juga situs prasejarah di sana, diantaranya yaitu Batu Panco. Kota mungil tersebut akan membuat sebuah pengalaman berlibur yang mengesankan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Curup, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

26. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough
Image Credit: Wikipedia.org

Selain wisata alam, Bengkulu juga memiliki wisata sejarah yang cukup populer, yakni Benteng Marlborough. Benteng Marlborough merupakan sebuah benteng yang berdiri sejak zaman penjajahan Inggris.

Benteng inilah yang menjadi tempat penahanan Bung Karno pada zaman dahulu. Ketika berkunjung ke sana Kamu akan menjumpai benda-benda peninggalan Inggris dan Belanda yang masih dijaga hingga saat ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Benteng, Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu.

27. Danau Suro

Danau Suro
Image Credit: Instagram.com @arisasmadi18

Terdapat satu lagi danau yang ada di provinsi yang satu ini, tepatnya berada di Kabupaten Kapahiang. Ialah danau Suro dengan pemandangan yang begitu indah. Menampilkan potret pegunungan dan hutan hijau nan asri, tempat ini sangat disayangkan jika tidak dikunjungi.

Berlokasi di daerah Ujan Mas, objek ini ternyata merupakan hasil dari bendungan PLTA Sungai Musi. Tidak hanya sebagai tempat berekreasi, danau tersebut nampaknya juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Banyak dari mereka yang menggunakannya untuk budidaya ikan dengan keramba.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suro Ilir, Kec. Ujan Mas, Kab. Kepahiang, Bengkulu.

28. Air Terjun Kepala Curup

Air Terjun Kepala Curup
Image Credit: Hariankoranbengkulu.co

Tempat wisata yang selanjutnya adalah Air Terjun Kepala Curup yang eksotis dan mempesona. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter ini, akan meneduhkan hati Kamu ketika berkunjung ke sana.

Karena tempat ini belum dilengkapi dengan fasilitas tempat makan, sehingga ketika berkunjung ke sana alangkah baiknya Kamu membawa bekal sendiri. Kamu bisa menikmati bekal sembari menikmati suara gemercik angin serta kicauan burung yang indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Curup – Lubuk Linggau No.113, Cahaya Negeri, Kec. Sindang Kelingi, Kab Rejang Lebong, Bengkulu.

29. Air Terjun Singkai

Air Terjun Singkai
Image Credit: Google Maps (Andres Tommy Susanto)

Tempat wisata ini berada di Kabupaten Muko-Muko. Air terjun yang cukup tinggi ini menampilkan kenampakan indah Desa Lubuk Selandak yang ada di sekitarnya. Ketinggian airnya dapat mencapai kurang lebih 80 meter.

Banyak hal dapat dilakukan oleh pengunjung yang berwisata ke tempat tersebut. Hawa sejuknya sangat cocok digunakan untuk menikmati airnya dengan berenang. Selain itu, tentu saja wisatawan dapat mengabadikan momen karena beberapa titik sangat cocok digunakan untuk berfoto-foto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Selandak, Kec. Teramang Jaya, Kab. Mukomuko, Bengkulu.

30. Pantai Panjang

Pantai Panjang
Image Credit: Pegipegi.com

Pantai dengan pasir halus berwarna putih ini memiliki deretan pohon cemara juga pinus yang berbaris di sekitar bibir pantai. Kamu bisa berteduh di bawahnya dan menikmati debur ombak serta angin pantai.

Fasilitas yang berada di kawasan pantai ini meliputi restauran, area bermain anak, juga area olah raga. Di sana Kamu juga bisa melihat eloknya sunset maupun sunrise.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu.

31. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno
Image Credit: Instagram.com @d_fajrie

Presiden pertama Indonesia pernah diasingkan ke provinsi ini mulai tahun 1938 hingga 1942 setelah menyelesaikan pengasingannya di Flores. Rumah yang dipakai oleh Ir. Soekarno tersebut merupakan bangunan dengan kombinasi gaya China dan juga Eropa.

Rumah tersebut nampak indah dan dapat memberikan pengalaman liburan klasik yang unik. Berlokasi di daerah Anggut Atas, pengunjung akan sangat mudah mengaksesnya karena masih berada di area perkotaan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Soekarno Hatta Kelurahan No.8, Anggut Atas, Kec. Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Bengkulu.

32. Kebun Teh Kabawetan

Kebun Teh Kabawetan
Image Credit: Wisatabengkuluku.blogspot.com

Kebun teh yang berada di ketinggian sekitar 600-1000 mdpl ini menawarkan pemandangan pegunungan yang hijau serta deretan tanaman  teh yang asri dan elok. Destinasi ini bisa membuat refresh pikiran Kamu.

Di sana Kamu bisa berfoto dengan latar belakang barisan teh yang hijau. Untuk mengisi perut setelah asyik berkeliling kebun Kamu bisa mampir ke warung-warung kecil yang ada di sekitar destinasi wisata ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kabawetan, Tangsi Baru, Kec. Kaba Wetan, Kab. Kepahiang, Bengkulu.

33. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi
Image Credit: Instagram.com @chris13jkt

Pantai ini cukup diminati oleh masyarakat sekitar karena keeksotisannya yang luar biasa. Berada pada Teluk Segara, objek wisata ini cukup mudah untuk dikunjungi. Biaya untuk menikmati keindahan alamnya juga relatif murah. Pantai ini adalah pelabuhan pertama yang ada di Provinsi Bengkulu sejak jaman kolonialisasi Belanda.

Hamparan pasirnya nampak begitu indah berpadu dengan air lautnya yang nampak jernih nan segar tersebut. Pengunjung akan menyaksikan panorama yang lebih indah lagi ketika momen matahari tenggelam. Semburat sinar jingga matahari berpadu dengan birunya langit yang mulai gelap nampak begitu elok.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kebun Keling, Kec. Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu.

34. Pulau Tikus

Pulau Tikus
Image Credit: Ksmtour.com

Pulau yang berukuran sekitar 2 hektare ini menyuguhkan berbagai jenis terumbu karang yang mengagumkan. Saat berada di sana Kamu bisa bermain pasir, atau berenang di pinggir pantai karena ombak di sana terbilang aman.

Selain itu, Kamu juga bisa memancing di pantai yang memiliki air jernih kebiruan ini. Disini terdapat banyak ikan, bahkan lobster hingga kepiting di sana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Samudra Hindia, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu.

 35. Teluk Sepang

Teluk Sepang
Image Credit: Diseberangruangan.blogspot.com

Destinasi wisata yang terakhir ini sangat cocok bagi Kamu yang hobi melakukan surfing. Di sana Kamu akan ditantang untuk menaklukkan ombak setinggi tiga sampai empat meter. Selain surfing Kamu juga bisa bersantai sembari memancing.

Pantai yang dijadikan sebagai Kawasan Konservasi Taman Wisata Alam ini memiliki air yang sangat jernih. Tak heran jika Kamu dapat melihat keindahan bawah laut tanpa harus menyelam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Sepang, Kec. Kampung Melayu, Kab. Bengkulu, Bengkulu.

Itulah 35 tempat wisata di Bengkulu yang populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, terlebih di saat musim liburan. Apakah Kamu sudah tertarik untuk datang ke sana?