15 Tempat Camping di Bogor Paling Hits Dikunjungi

Tempat Camping Bogor

Selain sebagai alternatif liburan yang berbeda, camping bisa dijadikan kegiatan untuk mengenal alam lebih jauh bagi para Anda yang ingin berkemah bersama keluarga. Salah satu daerah yang tepat untuk camping yakni di Bogor.

Beberapa tujuan wisata di Bogor memang bisa digunakan untuk berkemah. Ada yang hanya menyediakan tempat atau lokasi untuk berkemah saja dan ada yang sudah menyediakan tenda atau semacam gubuk untuk ditinggali. Jadi Anda tidak perlu membawa tenda sendiri dan tanpa perlu repot mendirikan tenda.

Konsep tenda yang sudah semi permanen atau biasa disebut glamping ini, mulai menjamur dan sudah banyak diaplikasikan di beberapa destinasi wisata di Bogor. Hal ini merupakan cara yang tepat untuk promosi wahana wisata. Berikut 15 rekomendasi tempat camping di Bogor yang paling hits dikujungi.

1. Gunung Pancar

Camping Gunung Pancar

Image Credit: Gunungpancar.com

Gunung yang memiliki ketinggian 300 – 800 meter dari permukaan laut ini, memiliki permukaan yang landai. Sehingga pengunjung tidak perlu mendaki terlalu terjal untuk dapat mencapai puncaknya. Wisatawan manca negara sudah cukup banyak yang mengenal lokasi ini.

Pemandian air panas adalah salah satu alasan banyak pengunjung berdatangan kesini. Selain pemandian air panas dan disini tersedia fasilitas outbond yang lengkap, wisatawan juga bisa berkemah di sini.

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.

2. Gunung Bunder

Gunung Bunder

Image Credit: Travelblog.id

Berkemah di sini tidak akan mudah untuk Anda lupakan. Dengan ketinggian 750 – 1.050 meter dari permukaan laut, hawa sejuk akan sangat terasa di sini. Perkemahan di sini sering sekali digunakan untuk aktivitas para pendaki gunung dan pecinta alam.

Selain perkemahan dan outbond yang sangat populer di sini, Gunung Bunder memiliki beberapa titik air terjun yang bisa Anda kunjungi. Seperti Curug Cihurang, Curug Cigamea, Curug Seribu, dan Curug Ngumpet.

Lokasi: Gunung Bunder II, Kec. Pamijahan, Kota Bogor.

3. Eagle Hill

Eagle Hill

Image Credit: Ex-adventure.com

 

Bagi Anda yang memulai hobi berkemah dan mendaki, mungkin Anda perlu mencoba Eagle Hill dulu. Di sini merupakan salah satu bumi perkemahan yang dikelola secara modern. Dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, Anda bisa menikmati wahana lain seperti outbond dan aktivitas berkelompok yang lain.

Selain digunakan untuk berkemah, para pengunjung di sini rata-rata adalah pengguna fasilitas untuk family gathering, outbond, dan beberapa studi tur yang belajar tentang kehidupan alam.

Lokasi: Jl. Al Barokah, Mega Mendung, Kec. Megamendung, Kota Bogor.

4. Perkemahan Citamiang

Perkemahan Citamiang

Image Credit: Travel.trubus.id

Sepanjang jalan Anda menuju bumi perkemahan, Anda akan disambut oleh pemandangan luas kebun teh. Setelah Anda berjalan lebih ke dalam, Anda akan memasuki hutan pinus yang rindang. Hawa sejuk akan langsung Anda rasakan hingga ke tulang.

Di kawasan perkemahan ini, sudah disediakan fasilitas sanitasi seperti toilet dan tempat sampah yang mudah diakses. Selain itu, tempat ibadah juga sudah tersedia. Bagi Anda yang tidak ingin repot membawa perlengkapan kemah, di dalam komplek perkemahan sudah disediakan oleh pengelola.

Lokasi: Jl. Ciliwung, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

5. Citra Alam Riverside

Citra Alam Riverside

Image Credit: Wisatacitraalam.blogspot.com

Dari namanya saja, Anda pasti sudah menduga bahwa wisata kemah ini berada dekat dengan sungai. Di sini ada banyak sekali fasilitas outbond yang dilakukan dan disediakan oleh pengelola.

Karena Citra Alam Riverside sudah dikelola secara modern dan memiliki akses yang mudah, sehingga fasilitas di sini sudah sangat lengkap. mulai dari penginapan tenda, aula terbuka, tempat ibadah, hingga fasilitas internet tanpa kabel atau WiFi.

Lokasi: Jogjogan RT03/RW01, Cilember, Kec. Cisarua, Kota. Bogor.

6. Bumi Perkemahan Suaka Elang

Bumi Perkemahan Suaka Elang

Image Credit: Dakatour.com

Karena bumi perkemahan berada di dalam kawasan hutan, Anda perlu berjalan sekitar 20 menit dari lahan parkir yang disediakan. Sebelum mencapai lokasi perkemahan, Anda ditantang untuk melewati jembatan gantung dari kayu dan tali tambang.

Berlibur di sini bisa jadi alternatif menikmati akhir pekan Anda. Anda cukup membawa tenda dan hammock untuk bersantai di antara dua pohon pinus yang banyak Anda temui. Kawasan ini sangat dekat dengan sungai, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Lokasi: Ciburayut, Kec. Cigombong, Kota Bogor.

7. Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Berwisata di sini selain untuk berkemah, Anda memiliki banyak aktivitas pendamping lain, seperti Tea Time yang bisa Anda nikmati. Teh yang digunakan adalah teh yang berasal dari kebun yang jadi pemandangan Anda saat itu.

Berkuda dan Off Road bisa jadi aktivitas yang menantang adrenalin bagi Anda yang suka tantangan. Selain itu, gantole juga banyak digandrungi para pengunjung. Bahkan hampir separuh pengunjung yang tidak berkemah, hanya datang untuk menikmati dan mencoba gantole.

Lokasi: Puncak Rd No.KM. 87, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

8. Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas

Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas

Image Credit: Farcantes.blogspot.com

Di kawasan Bumi Perkemahan mandalawangi Cibodas ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan akses ke air bersih. Fasilitas sanitasi seperti toilet juga sudah tersedia di sana. Bagi Anda yang ingin berkemah dengan keluarga, lokasi ini adalah lokasi yang tepat karena fasilitas yang sangat lengkap.

Anda juga bisa melakukan outbond atau aktivitas lainnya seperti flying fox, lintas danau, perahu dayung, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin membawa oleh-oleh untuk sanak famili di rumah, Anda juga akan disuguhkan berbagai macam pernak pernik buah tangan.

Lokasi: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

9. Bumi Perkemahan Sukamantri

Bumi Perkemahan Sukamantri

Image Credit: Agusstrav12.blogspot.com

Begitu Anda mulai masuk kawasan perkemahan, Anda akan disuguhi oleh deretan pedagang makan di sisi kanan dan kiri jalan. Anda bisa memilih sendiri dimana Anda akan mendirikan tenda karena lahan sangat luas.

Di sekitar kawasan wisata ini, Anda juga bisa mengunjungi Curug Nangka, Curug Daun, dan Curug Kaung. Selain berkemah, Anda bisa melakukan aktivitas outbond di sini bersama keluarga. Seperti membakar jagung atau berlarian bersama anak-anak.

Lokasi: Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Tamansari, Kec. Tamansari, Kota Bogor.

10. Perkemahan Ciputri Tenjolaya

Perkemahan Ciputri Tenjolaya

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Berkemah di alam liar bisa Anda jadikan pengalaman tersendiri. Di sini Anda masih bisa melihat dan bertemu dengan monyet liar. Meskipun liar, mereka tidak akan mengganggu. Sebelum Anda mencapai lokasi ini, Anda harus trekking terlebih dahulu.

Perkemahan ini berada di kaki Gunung Salak. Lokasi perkemahan ini sangat dekat dengan aliran air terjun Curug Ciputri. Jadi Anda juga bisa menikmati dua tujuan wisata sekaligus.

Lokasi: Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kota Bogor.

11. Kampoeng Awan

Kampoeng Awan

Image Credit: Airyrooms.com

Berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, menjadikan tempat ini cocok untuk berkemah. Perkemahan ini memiliki lahan sekitar 3,5 hektar yang berada di tengah-tengah hutan.

Pada malam hari, pemandangan lampu kota Bogor bisa Anda nikmati bahkan dari dalam tenda yang Anda dirikan. Anda bisa berkunjung ke perkebunan jamur yang ada di sekitar Kampoeng Awan. Pengunjung juga diperbolehkan untuk memanen jamur tersebut.

Lokasi: Jl. Mega Mendung, Sirnagalih, Bogor Tengah, Megamendung, Kec. Megamendung, Kota Bogor.

12. Bukit Alesano

Bukit Alesano

Image Credit: Edisas.wordpress.com

Satu lagi perkemahan glamping yang ada di Bogor. Bagi Anda yang tak mau repot membawa dan membangun tenda namun ingin berkemah, tempat ini adalah tempat yang tepat bagi Anda. Pemandangan lampu kota saat malam hari adalah hal yang paling ditunggu para pengunjung di sini.

Wisata ini memang masih tergolong baru. Namun sang pengelola masih belum terlalu mempedulikan fasilitas dan terkesan separuh hati dalam mengembangkan wisata ini. Padahal wisata ini bisa menjadi salah satu wisata yang sangat populer nantinya.

Lokasi: Cipelang, Kec. Cijeruk, Kota Bogor.

13. Alang Alang Nature Camp

Alang Alang Nature Camp

Image Credit: Tesyaskinderen.com

Kali ini Anda tidak akan tidur di dalam tenda, namun Anda akan tidur di saung atau gubuk beratap jerami. Ini merupakan pengalaman menarik tersendiri bagi Anda yang baru berkunjung ke Bogor.

Anda juga bisa berenang dengan pemandangan alam yang rindang di sekitar Anda. Hal ini benar-benar akan menjadi memori dan kenangan indah ketika Anda berlibur ke Alang Alang Nature Camp.

Lokasi: Ciconggang Kel, Sukaharja, Kec. Cijeruk, Kota Bogor.

14. Bravo Adventure

Bravo Adventure

Image Credit: Adventure-galaxy.com

Berkemah di Bravo Adventure, Anda akan merasa seperti tinggal di hotel. Dari luar memang nampak seperti tenda kemah biasa, namun di dalam Anda akan mendapatkan fasilitas lengkap layaknya berada di hotel bintang lima.

Selain itu, Anda juga bisa bermain arung jeram di sini. Arung jeram di sungai Citarik yang memang sudah populer sebagai spot arung jeram terbaik.

Lokasi: Bantarselang, Sungai Citarik, Kec. Cikidang, Kab. Sukabumi.

15. Pondok Rasamala

Pondok Rasamala

Image Credit: Misteraladin.com

Berkunjung ke Pondok Rasamala, Anda akan di tantang seperti hidup seorang diri di tengah hutan dengan fasilitas seperti hotel bintang lima. Nuansa hutan yang tenang dan gemericik air dapat Anda dengar dengan jelas.

Lokasi ini lebih cocok bagi Anda yang ingin berbulan madu. Karena lokasi ini bisa dibilang sangat private. Lokasi antar pondok pun terbilang cukup jauh, belum lagi pandangan Anda akan sering terhalang kabut hutan pinus.

Lokasi: Jl. Raya Gn. Salak Endah Jl. Gunung Bunder, Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kota Bogor.

Itulah 15 tempat camping di Bogor yang bisa Anda kunjungi bersama sahabat dan keluarga Anda. Menjadi kurang lengkap ketika menikmati sejuknya Bogor kalau Anda belum berkemah. Semoga beberapa daftar di atas bisa bermanfaat untuk mengisi liburan Anda Anda.