Jembatan Gantung Situ Gunung, Wisata Ikonik Sukabumi

Jembatan Gantung Situ Gunung

Lokasi: Sukamanis, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi.
MapCek Lokasi

Masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango keberadaan jembatan gantung Situ Gunung kini menjelma menjadi ikon wisata baru di Sukabumi, hal itu tidak terlepas dari sempat viralnya jembatan gantung tersebut di media sosial. Memiliki panjang sekitar 240 meter serta luas 2 meter Jembatan gantung situ gunung merupakan salah satu yang terpanjang di Asia.

Viralnya jembatan gantung ini bermula saat salah seorang netizen (Internet Citizen) memposting sebuah foto ketika berada di tempat tersebut, karna keelokan pemandangannya dibalut latar belakang hutan hujan tropis yang mempesona dalam waktu singkat banyak warga yang penasaran berduyun-duyun mengunjungi jembatan situ gunung. Tidak kurang dari 1.500 wisatawan berkunjung setiap harinya.

Selain menawarkan lanskap yang intagramable bagi pecinta foto tempat wisata ini juga sangat direkomendasikan untuk menghilangkan stres dan penat, suasana jembatan gantung situ gunung yang sejuk, asri dan menenangkan ditambah dengan faktor pendukung lainnya sangat layak untuk masuk list tempat yang akan Anda kunjungi jika ingin refreshing kala sedang libur bekerja.

1. Jarak dan Rute Menuju Situ Gunung Mudah Dijangkau

Jarak dan Rute Menuju Situ Gunung Mudah Dijangkau

Image Credit: Situgunungbridge.com

Merupakan pertimbangan utama saat hendak berlibur adalah jarak serta rute yang akan dilalui untuk sampai ke tempat tujuan, mengingat tujuan utama berlibur adalah menghilangkan penat dan stres. Jika terlalu jauh atau rute sulit dijangkau bukan malah membuat pikiran fresh sebaliknya akan menambah pusing.

wisata jembatan gantung situ gunung sendiri letaknya cukup dekat dengan stasiun cisaat, bagi wisatawan lokal yang membawa kendaraan pribadi hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri sebab jalan yang dekat dengan stasiun pasti kondisinya bagus, dan layak untuk dilewati karena perawatan yang selalu dijaga oleh pemerintah apalagi menjadi rute wisata.

BACA:  7 Oleh-Oleh Khas Karawang Paling Populer

bagi Anda yang mungkin berasal dari Jakarta Anda bisa ikut kereta api rute stasiun bogor kemudian dilanjutkan ke stasiun bogor pegelan lanjut ke stasiun Sukabumi. Namun sebelum sampai di stasiun Sukabumi, Anda harus turun dan mengikuti pemberhentian di stasiun cisaat, dari sini Anda bisa langsung naik angkot ke tempat tujuan.

2. Banyak Spot Kekinian dan Instgramable

Banyak Spot Kekinian dan Instgramable

Image Credit: Inews.id

Seiring dengan perkembangan zaman sosial media menjadi semakin digemari khususnya oleh kaula muda, banyak hal yang bisa kita lakukan di media sosial. ada sebagian orang yang menjadikan media sosial sebagai tempat untuk berekspersi adapula yang menjadikannya sebagai panggung pamer hal-hal yang menurut mereka berharga

Salah satu yang sering dipamerkan di sosial media adalah foto saat pergi traveling alias berlibur, banyak kaula muda yang bahkan menganggap berlibur merupakan kebutuhan pokok selaian makan, minum, dan tempat tinggal. Alasannyapun beragam, ada yang ingin menghilangkan stres dan penat, adapula yang hanya ingin menghasilkan foto terbaik untuk di share di sosial media.

3. Suasana Asri dan Pemandangan Eksotis Situ Gunung

Suasana Asri dan Pemandangan Eksotis Situ Gunung

Image Credit: Wego.co.id

Merupakan ciri has wisata alam pegunungan adalah suasanya yang asri dan menenangkan selain itu, pemandangan yang menawan biasanya menjadi paket komplit daripada wisata alam. Hal ini juga berlaku di tempat wisata jembatan gantung situ gunung. Sejauh mata memandang Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan yang mempesona.

Jembatan gantung tampak memanjang seolah membelah lebatnya hutan hujan tropis dan ketika Anda mulai melangkah melewati jembatan gantung tersebut, Anda akan merasakan sejuknya hutan hujan tropis. Sungguh akan menjadi pengalaman yang sulit dilupakan apalagi jika kita berasal dari perkotaan, yang setiap hari harus melalui hiruk pikuk kendaraan untuk pergi bekerja.

BACA:  22 Wisata Kuliner di Bandung yang Enak & Wajib Anda Coba

4. Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung Relatif Murah

Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung Relatif Murah

Image Credit: Nizarnizar.com

Untuk sebuah pemandangan indah serta suasana asri dan menenangkan yang akan kita rasakan harga tiket untuk masuk ke tempat wisata ini bisa dibilang cukup murah, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 35.000 pada hari-hari biasa dan Rp 50.000 saat weekend harga tersebut sudah termasuk biaya perijinan, Anda juga akan mendapatkan sebotol air mineral.

Tiket tersebut juga termasuk biaya masuk ke air terjun curug sawer, harga tiket yang kami sebutkan tadi mungkin saja berubah sewaktu-waktu namun tidak akan terlalu signifikan mengingat tempat wisata ini sudah dikelola oleh pemerintah, tentu pemerintah tidak ingin menurunkan reputasinya dengan menaikkan harga secara semena-mena.

5. Tersedia Objek Wisata Tambahan, Curug Sawer

Tersedia Objek Wisata Tambahan, Curug Sawer

Image Credit: Situgunungbridge.com

Setelah puas menikmati keindahan pemandangan jembatan gantung yang memanjang diantara hutan hujan tropis juga suasana menenangkan berada di tengah hijaunya dedaunan saatnya Anda beranjak pulang, berbeda dengan saat akan berangkat yang dipenuhi rasa penasaran perjalanan pulang selalu terasa lebih melelahkan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab di tempat wisata jembatan gantung situ gunung ada destinasi wisata lain yang lokasinya sangat dekat dengan pintu keluar, menariknya lagi Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk masuk ke tempat wisata curug sawer karena sejumlah uang yang telah Anda bayar di loket masuk sudah termasuk ke tempat wisata ini.

6. Tersedia Penjual Makanan

Tersedia Penjual Makanan

Image Credit: Kedaipena.com

Terletak di tengah hutan belantara tidak membuat tempat wisata ini sepi dari penjual makanan, ada banyak penjual makanan untuk mengisi perut yang keroncongan pasca berkeliling menikmati indahnya pemandangan. Berbagai macam makanan bisa Anda dapatkan di tempat wisata ini, baik makanan ringan maupun yang benar-benar membuat kenyang.

BACA:  Pohon Miring Pancawati, Tempat Rekreasi Favorit di Karawang

Jadi bagi Anda yang tidak sempat membawa bekal dari rumah masing-masing tidak perlu khawatir kelaparan, selama Anda masih memiliki sejumlah uang Anda tidak akan kelaparan ketika mengunjungi tempat wisata ini. Namun Anda jangan kaget jika harga makanan disana sedikit lebih mahal daripada di kota, sebab para penjual juga butuh tambahan biaya transportasi.

7. Keamanan Pengunjung Situ Gunung Terjamin

Keamanan Pengunjung Situ Gunung Terjamin

Image Credit: Belajarkalkulus.com

Banyak orang enggan untuk mengunjungi tempat wisata yang menurut mereka ekstrim karena khawatir akan keselamatannya, meski letak jembatan gantung ini berada diatas pohon dengan ketinggian ratusan meter dari permukaan tanah Anda tidak perlu cemas, sebab untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan petugas sudah menyediakan tali pengaman.

Kekokohan dari jembatannya sendiri juga tidak usah Anda ragukan, jembatan ini dibangun diatas pondasi yang kokoh serta menggunakan salah satu jenis kayu terbaik sebagai pijakan, jembatan gantung situ gunung menggunakan jenis kayu merbau asal papua yang kekokohannya sudah teruji, Anda tidak perlu cemas perihal keamanan.

Pihak pengelola juga menetapkan beberapa larangan terhadap pengunjung selain karena alasan keamanan, larang tersebut dibuat demi menjaga fasilitas agar tidak cepat rusak. Beberapa larangan yang berlaku di tempat wisata antara lain: pembatasan jumlah bagi pengunjung yang hendak melewati jembatan, larangan menaiki pagar, serta melompat-lompat diatasnya.

Itulah faktor-faktor pendukung yang menjadikan wisata jembatan gantung situ gunung layak dimasukkan pada list tujuan wisata Anda ketika weekend atau sedang tidak bekerja. Berbagai fasilitas yang disediakan objek wisata ini tentu akan membuat liburan menjadi terasa lebih berkesan.