15 Oleh-Oleh Khas Sukabumi Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Sukabumi

Sukabumi salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Barat. Nama Sukabumi berasal dari dua kata yaitu suka dan bumen yang jika disatukan berarti wilayah yang nyaman dan disukai untuk menetap karena memiliki iklim yang sejuk.

Sukabumi ikut mendukung program pemberdayaan sektor pariwisata. Mulai dari wisata alam sampai dengan wisata kekinian yang disukai anak muda.

Tidak hanya pariwisatanya, Sukabumi juga menyimpan berbagai kekayaan kuliner khas Sunda yang enak dan unik untuk dijadikan oleh-oleh khas. Untuk Anda yang berencana berlibur ke Kabupaten Sukabumi sempatkan waktu Anda untuk mencari berbagai oleh-oleh khas Sukabumi.

1. Roti priangan

Roti priangan

Image Credit by Pasundan.id

Makanan khas legendaris dari Sukabumi yang pertama adalah roti priangan. Adonan roti yang sangat khas jadi buruan banyak wisatawan.

Rasa roti yang enak ditambah dengan taburan gula halus perpaduan rasa gurih dan manis yang pas. Rasakan nikmatnya roti priangan bersama keluarga tercinta.

2. Surabi Sukabumi

Surabi Sukabumi

Image Credit by Reresepan.com

Surabi adalah makanan khas dari daerah Jawa Barat. Berbagai daerah di Jawa Barat memiliki cita rasa surabi yang unik dan berbeda, salah satu surabi yang wajib Anda coba adalah Surabi Sukabumi.

Surabi dari Sukabumi dibuat dari durian. Rasa durian khas dari daerah di Sukabumi menjadikan cita rasa surabi yang nikmat.

3. Sekoteng Singapore

Sekoteng Singapore

Image Credit by Kaskus.co.id

Sekoteng Singapore salah satu minuman khas Sukabumi yang wajib dicoba ketika berkunjung kesana. Ciri khas sekoteng Sukabumi dibandingkan minuman sekoteng dari daerah lain terletak pada jenis roti yang dipakai yaitu roti jahe.

Rasa hangat dari minuman Sekoteng Singapore sangat cocok diminum untuk hawa Sukabumi yang dingin. Soal harga tenang minuman ini sangat bersahabat, dijamin setelah minum sekali Anda akan ketagihan.

4. Bandros

Bandros

Image Credit by Menuresepkue.com

Kue khas Sukabumi yang sekilas mirip dengan kue pancong. Perbedaan kue bandros dengan kue pancong terletak pada bahan yang dipakai, kue bandros menggunakan tepung tapioka sedangkan kue pancang tidak.

Kue bandros punya aneka rasa seperti keju, original, gula tabur, cokelat dan vanila. Harga seporsi kue bandros dipatok mulai dari 8 ribu saja.

BACA:  Wisata Edukasi Seru Desa Kampung Bambu Bogor

5. Sagon bakar

Sagon bakar

Image Credit by Batiksukabumi.com

Oleh-oleh khas dari Sukabumi selanjutnya ada sagon bakar. Sagon bakar adalah olahan yang berbahan dasar aci dan kelapa.

Rasa gurih dan renyah cocok disantap sebagai pendamping kopi atau teh di waktu bersantai. Variasi rasa sagon bakar Sukabumi yang bisa dipilih ada original, kopi, keju, dan cokelat.

6. Kue Jahe

Kue Jahe

Image Credit by Liburanterus.wordpress.com

Udara sejuk cenderung dingin di Sukabumi memang butuh makanan yang bisa menghangatkan badan, salah satunya kue jahe. Kue jahe adalah oleh-oleh khas dari Sukabumi yang bercitarasa manis.

Anda akan mendapatkan efek hangat setelah memakannya. Bentuk dari kue jahe yang lucu dipadukan dengan rasa yang gurih dan nikmat menjadi paket lengkap.

7. Kue Mochi

Kue Mochi

Image Credit by News.detik.com

Oleg-oleh khas Sukabumi yang paling terkenal sejak zaman dahulu adalah kue mochi. Penjual mochi yang paling terkenal adalah Mochi Kaswari Lampion.

Setiap tahunnya selalu ada inovasi baru dari Mochi Kaswari ini. Inovasi dari olahan mochi bisa dilihat dari beragam isian yang ada di dalamnya seperti cokelat, keju, kacang bahkan sampai buah stroberi.

8. Nasi Uduk Ungu

Nasi Uduk Ungu

Image Credit by Travel.tribunnews.com

Nasi Uduk Ungu, Nasi uduk khas Sukabumi yang memiliki tampilan warna ungu yang menarik ini berasal dari warna ubi ungu atau buah bit. Satu porsi nasi uduk ungu terdiri dari nasi uduk, ayam goreng, tahu, tempe, telur dadar, lalapan dan sambal.

Penjual nasi uduk ungu yang paling terkenal di Sukabumi ada Mimih Ungu. Mimih Ungu merupakan penggagas dari lahirnya kuliner unik ini.

9. Geco

Geco

Image Credit by Inilah-sukabumi.blogspot.com

Geco makanan khas dari Sukabumi selanjutnya yang wajib dicoba. Kata Geco sendiri memiliki arti tauge tauco. Geco biasa dijadikan menu sarapan masyarakat Sukabumi dan hanya bisa ditemui di pedagang kaki lima.

Untuk bisa menikmati seporsi Geco Anda harus datang di pagi hari supaya tidak kehabisan. Harga satu porsi Geco mulai dari 7 ribu saja. Murah, enak dan mengenyangkan untuk menu sarapan Anda tentunya.

BACA:  8 Air Terjun (Curug) di Purwakarta Paling Hits Dikunjungi

10. Cokelat Unaichoco

Cokelat Unaichoco

Image Credit by Riantikinasih-food-travel.blogspot.com

Pecinta cokelat ketika sedang berkunjung ke Sukabumi akan dimanjakan dengan sajikan khas cokelat dari Sukabumi yaitu hasil olahan cokelat dari Dapur Unaichoco.

Satu toples Cokelat Unaichoco di banderol mulai dari 35 ribu. jika setoples dirasa terlalu kebanyakan tenang, ada juga kemasan yang lebih kecil dengan aneka bungkus yang sangat menarik.

11. Deblo

Deblo

Image Credit by Cookpad.com

Deblon makanan khas dari Sukabumi yang sudah mulai sulit dijumpai seiring dengan perkembangan zaman. Deblon terbuat dari bahan utama singkong yang dibumbui kunyit, bawang putih, daun bawang, merica, garam dan penyedap.

Semua bahan ditumbuk sampai halus kemudian dibentuk bulatan lalu digoreng. Perpaduan rasa manis, gurih dan asing menjadi satu dalam kelezatan Deblo.

12. Sate Aci

Sate Aci

Image Credit by Sukabumixyz.com

Sate biasanya terbuat dari bahan daging, tetapi di Sukabumi ada kuliner khas yaitu sate yang terbuat dari bahan aci. Aci yang ditusuk kemudian dibakar disajikan dengan bumbu kacang dan irisan cabai untuk menambah citarasa pedas.

Cara membuat adonan aci menjadi sate cukup sederhana tepung kanji dicampur dengan air dan penyedap rasa, aduk diatas kompor dengan api kecil. Jangan sampai adonan menggumpal, setelah mendidih lalu dituang dalam cetakan, setelah dingin baru dipotong-potong.

13. Pepes ikan

Pepes ikan

Image Credit by Islampos.com

Pepes ikan dari Sukabumi memiliki cita rasa yang khas dan nikmat. Salah satu warung makan yang terkenal adalah Pepes ikan mas Ibu Tatty degan menu andalannya adalah ikan pepes mas duri lunak yang enak.

Pepes ikan memiliki kemasan yang tidak ribet sehingga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. jika sudah tidak sabar ingin mencicipi pepes ikan bisa juga langsung disantap di tempat.

14. Pisang Coklat Cakra

Pisang Coklat Cakra

Image Credit by Abowlofclover.com

Pisang Cokelat Cakra terbuat dari bahan dasar pisang kemudian di balur dengan kulit lumpia. Bentuknya pipih dan memanjang dengan bagian kulit lumpia yang gurih.

BACA:  14 Tempat Makan Enak di Karawang Favorit Wisatawan

Perpaduan rasa gurih dan manis dari cokelat lumer menjadi satu di mulut. Pisang cokelat cakra memiliki tampilan yang cantik dan menarik yang tentunya cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Sukabumi.

15. Bubur ayam

Bubur ayam

Image Credit by Garnesia.com

Bubur ayam menjadi menu sarapan yang akan paling sering dijumpai. Bubur ayam yang paling terkenal ada bubur ayam Bu Nut yang memiliki banyak cabang di Sukabumi.

Bubur ayam Bu Nut buka setip hari dari jam 6 pagi sampai 11 malam. Warung makan Bu Nut berkonsep tradisional modern terdiri dari ruang indoor dan outdoor.

5 Toko Pusat Oleh-Oleh Khas Sukabumi

1. Mochi Kaswari Lampion

Mochi Kaswari Lampion

Lokasi: Gunung Kaswari No.19, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Sangnanang.com

Pusat oleh-oleh khas Sukabumi yang tidak hanya menjual mocha tetapi juga beragam oleh-oleh lainnya. Jika sedang banyak pengunjung akan diberikan nomor antrean supaya pengunjung bisa membayar dengan tertib.

Ada beragam jenis mochi dengan berbagai varian rasa yang bisa dipilih. Dari segi harga prinsip dari Mochi Kaswari Lampion adalah ada harga ada kualitas.

2. Bandros Ata

Bandros Ata

Lokasi: Jl. Gudang, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Foto.tempo.co

Sesuai dengan namanya Bandos Atta adalah tempat berburu oleh-oleh khas Sukabumi yang menyuguhkan ciri khas resep yang terjaga secara turun temurun. Warung ini sudah buka sejak tahun 1973.

Pembeli rela mengantri lama bahkan lebih dari setengah jam. Meskipun harus mengantri lama namun tidak membuat surutnya minat pembeli.

3. Kue Sari jahe di Animo Siliwangi

Kue Sari jahe di Animo Siliwangi

Lokasi: Jl. Siliwangi, Gg. Mansur No.7, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Kompasiana.com

Tempat jual kue jahe legendaris yang ada di Sukabumi sudah ada sejak tahun 1950-an. lokasi toko terletak di gang sempit sederhana, tempat produksinya pun sangat sederhana.

Satu bungkus kue jahe di banderol dengan harga mulai dari 15 ribu. Sekali coba dijamin bakal ketagihan dan ingin coba terus.

4. Oey Tjiang Lie

Roti priangan

Lokasi: Jl. Parigi, Nyomplong, Kec. Warudoyong, Kota Sukabumi. – Image Credit by Genpi.co

Rumah produksi yang membuat roti priangan legendaris dari Sukabumi sejak 1943. Sampai sekarang rumah produksi ini masih aktif memproduksi dan memasarkan roti buatnya.

Roti priangan tanduk adalah ciri khas dari Oey Tjiang Lie. Citarasa roti yang dihasilkan masih terjaga sampai sekarang meskipun sudah masuk ke generasi ketiga.

5. Unai choco

Unai choco

Lokasi: Jl. Zamrud Raya No.9, Baros, Kec. Baros, Kota Sukabumi. – Image Credit by Tempatwisataindonesia.id

Toko aneka olahan cokelat dari Sukabumi. Cokelat yang dihasilkan Unaichoco terbuat dari 100 persen cokelat asli dengan berbagai varian rasa seperti stroberi, blueberry dan masih banyak lagi.

Olahan cokelat dari Unaichoco terkenal karena tahan lama dan memiliki citarasa yang unik. Jika sedang mencari souvenir aneka cokelat dari Unaichoco bisa dijadikan pilihan.