Harga Tiket: Rp 17.500, Jam Operasional: 07.30-17.00 WIB, Alamat: Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Subang, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Cijalu merupakan objek wisata alam air terjun yang patut Anda kunjungi jika sedang berada di Subang. Wisata ini memiliki pemandangan yang indah serta suara aliran air terjun yang bisa membuat Anda menghilangkan rasa penat, jenuh, bosan. Dan juga dapat merelaksasikan pikiran sejenak karena lelah beraktivitas.

Air terjun ini lebih tinggi hingga mencapai 70 meter. Pada siang hari dalam keadaan cerah para pengunjung dapat mengamati waduk jati luhur dan kota Purwakarta serta subang. Karena letak air terjun ini mencapai ketinggian sekitar 1300 mdpl. Menariknya lagi lokasi wisata ini juga termasuk kedalam area cagar alam gunung Burangrang.

Curug Cijalu ini sudah cukup lama dibuka atau diresmikan yaitu mulai dari 1 September 1984. Air terjun ini memiliki kolam yang sangat besar sehingga Anda dapat berendam maupun bermain air didalamnya. Debit airnya juga tidak begitu besar sehingga nyaman untuk bermain air dibawahnya. Air terjun ini berjarak 300 meter dari tempat parkir dan pengunjung harus berjalan kaki untuk sampai di lokasi.

Daya Tarik Yang Dimiliki Wisata Curug Cijalu

Daya Tarik Curug Cijalu
Image Credit: Instagram.com @jameskancil12

1. Mitos

Dahulu mempunyai nama Curug Cikondang, akan tetapi setelah adanya jawara yang sakti mandraguna datang ke tempat ini namanya berubah menjadi Curug Cijalu. Curug yang berarti air terjun dan ci yang artinya air serta jalur yang memiliki arti laki-laki.

Di dekat air terjun ini terdapat air terjun lagi namun aliran airnya lebih halus, yang diberi nama air terjun Putri. Masyarakat menggambarkan bahwa keduanya adalah sepasang kekasih dari sinilah muncul berbagai mitos.

Sejak saat wisata air terjun ini dibuka untuk pertama kalinya. Banyak sekali para pengunjung yang datang ke tempat wisata ini terutama masyarakat Indramayu sendiri. Mitosnya air terjun Curug Cijalu ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti serangan kelumpuhan maupun yang lainnya. Caranya yakni dengan mandi maupun bersemedi di air terjun ini.

Seiring dengan berjalannya waktu karena sering didatangi warga Indramayu, objek wisata ini menjadi cukup populer dan memiliki pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, mitos yang sangat populer ada lagi yaitu cepat menemukan jodoh yakni dengan cara mandi di air terjun tersebut.

Walaupun mitos tersebut belum bisa di buktikan kebenarannya, akan tetapi banyak orang yang percaya tentang mitos tersebut. Dengan adanya mitos ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, sehingga banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk mengunjungi wisata ini. Baik sekedar menikmati pemandangan ataupun berendam di air terjunnya.

2. Pemandangan yang Sejuk

Di dalam air terjun ini memiliki banyak pohon yang membuat udaranya tampak bersih. Selain itu juga menambah keindahan di sekitar air terjun Curug Cijalu ini. Pada saat pagi hari air terjun ini sangat berkabut sehingga memberi kesan dingin dan juga sejuk bagi pengunjung. Sedangkan pada siang hari, Anda bisa melihat keindahan kota subang dari atas ketinggian air terjun tersebut. Cukup menarik bukan?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Lokasi
Image Credit: Google Maps (Indra Hutagalung)

Objek wisata populer di Jawa Barat ini letaknya di kabupaten Subang, kecamatan Serangpanjang tepatnya di daerah Sipancar. Memiliki jarak 37 km dari pusat kota dan membutuhkan waktu tempuh 1 jam dengan menggunakan kendaraan. Untuk memudahkan perjalanan pakailah google maps maupun papan penunjuk arah yang berada di jalan.

Rute yang bisa Anda gunakan untuk sampai di objek wisata air terjun Curug Cijalu yaitu apabila Anda dari arah Purwakarta maka pilih arah selatan dengan jarak kurang lebih sekitar 40 kilometer dari lokasi tujuan. Jika dari Bandung maka membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus menempuh jarak sejauh 63 kilometer.

Setelah tiba di Subang lewatilah situ winayasa. Jika sampai di pertigaan lalu belok ke kiri menuju alun-alun serta pasar winayasa lalu lurus sampai di wilayah kecamatan Serangpanjang. Kemudian ambil jalur kiri untuk menuju gapura pintu masuk Curug Cijalu.

Di pintu masuk ini terdapat penjaga tiket yang digunakan untuk membayar tiket masuk. Setelah itu, Anda harus menempuh jalan pedesaan yang jaraknya kurang lebih sekitar 3 kilometer dari area parkirnya. Setelah memarkir kendaraan Anda bisa masuk ke air terjun dengan berjalan yang berjarak 300 meter.

Untuk sampai di objek wisata ini Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Bisa juga menggunakan kendaraan umum seperti bus akan tetapi hanya sampai di pusat kota saja. Karena jalan yang akan dilalui cukup mudah maka bisa menggunakan alat transportasi pribadi tersebut.

Bila menggunakan bus Anda bisa menyewa ojek untuk sampai di lokasi tujuan. Akan tetapi pada saat hari libur jasa umum seperti ojek ini kurang efektif dikarenakan tidak banyak yang tersedia. Perjalanan Anda akan lebih menyenangkan jika menggunakan kendaraan pribadi karena tidak harus pindah-pindah posisi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Objek Wisata
Image Credit: Google Maps (Ria Arini D.J.)

Untuk membeli tiket masuk ke wisata ini Anda juga tidak perlu mengeluarkan kocek yang begitu banyak. Cukup membayar sebesar Rp 17.500 setiap orangnya. Serta memiliki biaya tambahan untuk membayar parkir kendaraan harganya pun juga berbeda-beda. Untuk biaya parkir kendaraan bermotor sekitar 2000 rupiah.

Sedangkan yang menggunakan mobil dikenakan tarif sebesar Rp 5.000. serta untuk busnya sendiri dikenakan tarif sebesar Rp 15.000.

Untuk waktu beroperasinya wisata Curug Cijalu ini yaitu pada hari senin sampai hari minggu pada pukul 07.30 pagi sampai 17.00 sore. Waktu yang cukup lama bukan? Maka dari itu, Anda bisa berendam, mandi maupun hanya melihat pemandangan di sekitar objek wisata ini sepuasnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cijalu

Kegiatan Menarik di Curug Cijalu
Image Credit: Google Maps (Aini Firdaus Rahman)

Di objek wisata ini setiap libur panjang maupun akhir pekan selalu padat dengan pengunjung. Ada saja kegiatan yang mereka lakukan karena keunikan dan keindahan wisata ini selalu bisa dimanfaatkan untuk kegiatan outdoor maupun yang lainnya.

1. Berkemah

Karena suasana di objek wisata ini sangat cocok untuk digunakan kegiatan outdoor maka para komunitas maupun mahasiswa biasanya menjadikan tempat ini untuk berkemah bareng. Pasalnya, air terjun Curug Cijalu ini pemanfaatannya bisa dibuat opsi. Alasannya yaitu terdapat zona air terjun, zona camping ground, pendakian maupun zona hutan.

Sedangkan bagi pelancong biasanya melakukan tamasya di wilayah tersebut dengan menginap. Sehingga dapat sepuasnya menikmati pemandangan air terjun serta mendengarkan aliran gemuruh air yang mengenai bebatuan. Ada juga suara burung dan serangga yang saling bergantian. Untuk melakukan kemah ini Anda akan dikenai biaya sebesar 20.500 rupiah.

2. Melakukan Treking

Setelah dari area parkir kemudian memasuki jalan menuju air terjun ini Anda akan di perlihatkan dengan panorama kebun teh yang indah dan menarik. Selain itu udaranya semakin terasa dingin, jalur mulai menanjak setelah melewati tangga dari undukkan batu yang terbelah. Area treking yang dilalui cukup mudah karena memiliki rute menanjak yang sangat jelas. Untuk jaraknya Sekitar 300 meter dari tempat parkir.

3. Berselfie

Dalam perjalanan menuju air terjun dari area parkir. Anda akan melihat banyak sekali pemandangan alam yang indah seperti perkebunan teh dan pepohonan yang rindang di sekelilingnya. Maka dari itu abadikan moment tersebut dengan berselfie yang berlatar belakang pemandangan tersebut.

Tak cukup hanya itu saja Anda juga harus mengabadikan moment saat berada di air terjun Curug Cijalu maupun di air terjun Curug Putri. Hal ini merupakan suatu kewajiban bagi Anda yang suka berfoto serta bisa digunakan untuk diunggah ke sosial media.

Kegiatan di Curug Cijalu
Image Credit: Instagram.com @hafizprat

4. Bermain Air

Jika Anda mengunjungi air terjun ini tetapi tidak bermain air rasanya kurang lengkap banget, karena objek wisata ini utamanya yaitu air. Anda bisa bermain air di Curug Cijalu maupun Curug Putri. Keduanya sama-sama air terjun yang membedakannya hanya pada ukuran kolam serta besarnya aliran air dan ketinggian saja.

Biasanya para pengunjung lebih suka bermain air di curug ini dikarenakan kolam yang dimilikinya lebih besar sehingga mampu memuat banyak orang. Anda tidak perlu khawatir jika membawa anak karena kedalaman dari air terjun ini juga bertahap mulai dari dangkal sampai dalam. Tetapi kedalamannya masih dalam batas wajar karena hanya sampai dada orang dewasa.

Bagian terdalam ini terletak di bawah air terjunnya. Sehingga perlu hati-hati dan mengawasi si kecil agar tetap di pinggiran supaya aman. Area air terjun ini memiliki udara yang sangat dingin sampai membuat Anda terasa menggigil.

5. Menikmati Keindahan Curug Putri

Curug Putri ini letaknya cukup dekat dengan air terjun Curug Cijalu yaitu hanya berjarak sekitar 100 meter dari tempat parkir. Berbeda dengan air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan aliran airnya tidak begitu besar. Ditambah lagi banyak bebatuan yang berhamburan di sekeliling air terjun ini dapat menambah keindahan air terjun tersebut.

6. Menikmati Keindahan Air Terjun

Air terjun ini selain untuk bermain air maupun berendam juga memberikan panorama alam yang indah serta menarik. Dengan udara yang sejuk yaitu sekitar 18-26 derajat celcius .

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cijalu Subang

Fasilitas di Curug Cijalu Subang
Image Credit: Google Maps (Rangga Sofiansyah)

Objek wisata Curug Cijalu ini memiliki fasilitas pendukung diantaranya yaitu tempat parkir di wilayah wisata untuk sepeda motor maupun mobil serta kendaraan umum. Di bagian pintu masuk terdapat pos penjaga atau tempat loket untuk membeli karcis. Selain itu juga di sediakan mushola dan kamar mandi.

Tersedia juga jalan setapak yang ada shelternya. Selain itu ada tempat berduduk-duduk santai, dan juga kios penjual makanan. Sehingga Anda tidak perlu membawa bekal makanan dari rumah.

Kawasan tersebut dilengkapi juga dengan tempat sampah sehingga para pengunjung tidak membuang sampah secara sembarangan dari bungkus makanan yang dibelinya.

Di objek wisata ini juga ada toko souvenir buat dijadikan oleh-oleh seperti daster dan t-shirt khas darah tersebut. Selain itu, juga bisa digunakan sebagai baju ganti setelah bermain air di air terjun.

Itulah beberapa pembahasan mengenai objek wisata Curug Cijalu yang sangat populer di Subang ini. Terlepas dari sajian pemandangan yang indah juga ada mitos yang sangat menarik yaitu cepat mendapatkan jodoh apabila mandi di air terjun ini. Maka dari itu, buat Anda para jomblo wajib dicoba ya dengan mengunjungi wisata ini.