15 Tempat Wisata di Rangkasbitung Lebak Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Wisata Rangkasbitung Lebak

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Rangkasbitung Lebak, Banten. Temukan Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Paling Hits untuk Dikunjungi Saat Liburan Bersama Orang Tercinta.

Rangkasbitung, nama kota yang ada di Banten dan mungkin saja masih terasa asing untuk didengar. Namun, Rangkasbitung sendiri sebenarnya merupakan ibukota Kabupaten Lebak yang menyimpan segudang panorama indah yang wajib untuk dieksplorasi. Bahkan, keindahan dari panorama wisatanya dijamin dapat membuat Anda enggan untuk pulang.

Rangkasbitung memiliki beberapa spot tempat wisata yang sangat menarik untuk dijadikan list kunjungan wisata. Bagaimana tidak, wilayah yang jarang diketahui orang ini akan memberikan kenangan tersendiri untuk Anda bersama keluarga yang ingin liburan. Jika tak bersama keluarga Anda bisa juga mengajak rombongan sahabat untuk datang ke sana.

Tak ada salahnya jika sekali-kali mengunjungi wisata di kota yang masih memiliki keasrian tinggi tentang alamnya. Namun jika ingin memperdalam ilmu sejarah terhadap wilayah-wilayah yang ada di Indonesia, spot Rangkasbitung bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab di wilayah ini Anda bisa menemukan wisata alam, pantai, sejarah dan budaya. Berikut ulasan 15 tempat wisata di Rangkasbitung Lebak sangat direkomendasikan untuk lokasi liburan.

1. Museum Multatuli

Museum Multatuli

Image Credit: Merahputih.com

Tempat wisata yang pertama adalah Museum Multatuli. Dari namanya saja sudah bisa ditebak jika tempat ini banyak menyimpan peninggalan kuno di jaman dahulu. Lokasinya dekat dengan Alun-Alun Timur, sehingga jika sudah mengunjungi museum ini bisa langsung mampir ke alun-alunnya.

Menurut sejarahnya Museum Multatuli merupakan peninggalan dari Multatuli. Namun nama tersebut bukan asli dari warga pribumi, melainkan ciptaan tokoh terkenal yaitu Eduard Douwes Dekker yang tertuang pada novel “Max Havelar”

Lokasi: Jl. Alun-Alun Timur No.8, Rangkasbitung Barat, Kec. Rangkasbitung, Kab. Lebak.

2. Curug Sata

Curug Sata

Image Credit: IG (@4k_dragneel)

Destinasi wisata satu ini bisa disebut sebagai panorama alam yang menawarkan keindahan memukau. Tempat ini berlokasikan di Cimangyangray, akan tetapi masih belum dikembangkan untuk sektor pariwisata. Sehingga air terjun yang mengalir bebas dari pencemaran sampah.

Curug Sata tak hanya memiliki destinasi alam yang menawarkan air terjunnya saja. Melainkan juga pemandangan sekeliling air terjun yang sangat menyejukkan dan asri. Udaranya pun sangat sejuk, sehingga sangat cocok untuk menjadi tujuan agar pikiran fresh.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Serang yang Enak & Wajib Anda Coba

Lokasi: Desa Cimanyangray, Kec. Gunung kencana, Kab. Lebak.

3. Pantai Karang Bokor

Pantai Karang Bokor

Image Credit: Dispar.lebakkab.go.id

Jika tadi berbicara tentang wisata alam dan sejarah maka tempat berikutnya menawarkan keindahan pantainya. Pantai Karang Bokor, berlokasikan di wilayah Sawarna, Bayah dan memiliki keindahan spektakuler untuk menghipnotis para pengujungnya.

Pantai Karang Bokor dilansir menjadi pantai yang terindah di Kawasan Rangkasibitung. Tempatnya sangat bersih nan asri, tanpa ada sampah yang berserakan di sekitar pantai. Sehingga membuat siapapun betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Lokasi: Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

4. Gua Maria Bukit Kanada

Gua Maria Bukit Kanada

Image Credit: Ndereksangdewimaria.blogspot.com

Destinasi wisata di Rangkasbitung selanjutnya bernama Gua Maria Bukit Kanada. Gua ini merupakan peninggalan dari suku Paroki, dan mulai berdiri pada tahun1988 silam.

Selain sebagai tempat untuk berwisata, gua ini juga biasa digunakan untuk berziarah bagi orang-orang asli Banten. Sedangkan pada bagian belakang digunakan untuk berkumpulnya para wisatawan yang ingin melihat keindahan gua.

Lokasi: Desa Jatimulya, Kec. Rangkasbitung, Kab. Lebak.

5. Balong Ranca Lentah

Balong Ranca Lentah

Image Credit: Bantenhits.com

Balong Ranca Lentah merupakan destinasi wisata yang menawarkan keindahan berupa bendungan yang memiliki air sangat bersih. Di sekelilingnya, terdapat beberapa wahana permainan yang biasa digunakan oleh anak kecil bermain ketika mengunjunginya.

Ada juga beragam makanan khas lokal yang bisa dinikmati pengunjung saat berada di lokasi. Harganya pun sangat terjangkau, sehingga tak akan membuat pengunjung kapok untuk membelinya.

Lokasi: Jl. Sentral, Rangkasbitung Barat, Kec. Rangkasbitung, Kab. Lebak.

6. Curug Cihear

Curug Cihear

Image Credit: Topmedia.co.id

Curug Cihear merupakan destinasi wisata alam yang akan memanjakan mata pengunjung dengan panorama yang sangat indah. Letaknya terdapat di wilayah Gunung Halimun Salak dan mempunyai tinggi berkisar 28 meter dengan lebar mencapai 6 meter.

Untuk bisa mengunjungi Curug Cihear, para pengunjung harus melewati medan terjal. Karena memang lokasinya yang berada di tengah hutan. Namun, setelah sampai ke tempatnya, bisa dipastikan wisatawan tak akan mau beranjak pulang, sebab sudah terhipnotis keindahannya.

Lokasi: Lebaksitu, Kec. Lebakgedong, Kab. Lebak.

7. Situ Palayangan

Situ Palayangan

Image Credit: Radarbanten.co.id

Tempat wisata Situ Palayangan terletak tak jauh dari Kecamatan Cimarga, Lebak. Wisata satu ini menawarkan pesona keindahan danau yang sangat bersih. Pemandangannya pun tak kalah menariknya, yaitu dikelilingi pohon-pohon rindang yang masih alami.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Tangerang Paling Populer

Sehingga hal itu membuat udara di sekitar Situ Palayangan menjadi sejuk dan asri. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga untuk menghabiskan waktu bersama.

Lokasi: Pelayangan, Marga Jaya, Kec. Cimarga, Kab. Lebak

8. Situs Cibedug

Situs Cibedug

Image Credit: Ahmadsamantho.wordpress.com

Bagi para wisatawan yang menyukai tentang sejarah, maka Situs Cibedug bisa dijadikan pilihan untuk dikunjungi. Karena destinasi yang memiliki lokasi di Kecamatan Cibeber, Lebak akan memberikan pengetahuan lebih tentang sejarah.

Di tempat wisata tersebut pengunjung bisa menemukan peninggalan benda kuno seperti menhir dan punden berundak. Semua itu masih sangat terawat dan berada di wilayah komplek dari Situs Cibedug. Namun sayang, sekarang ini Situs Cibedug masih diisolasi oleh pemerintah daerah untuk sementara waktu.

Lokasi: Desa Citorek, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

9. Gua Seribu Candi

Gua Seribu Candi

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Berlokasikan di Kecamatan Bayah, Lebak membuat Gua Seribu Candi bisa dijadikan list untuk berlibur akhir pekan bersama orang tersayang. Keindahan dari stalagtit dan stalagmite yang terbentuk alami membuat gua menjadi sangat indah untuk dinikmati.

Bentuknya yang serupa dengan candi Borobudur membuat gua ini dikenal dengan gua seribu candi. Para pengujung bisa pula menjelajah ke dalam gua, asalkan ditemani oleh pemandu dan tidak terlalu dalam untuk meminimalisir kecelakaan.

Lokasi: Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

10. Wisata Air Panas Cipanas

Wisata Air Panas Cipanas

Image Credit: Wisata28.blogspot.com

Destinasi Wisata Air Panas Cipanas merupakan tempat buatan yang menyediakan fasilitas kolam renang dengan air panas. Di sini pengunjung bisa berenang sesuka hati tanpa takut kedinginan. Kolam renang yang tersedia pun disesuaikan dengan usia pengunjung agar lebih aman dan nyaman.

Wisata Air Panas Cipanas terletak di Kecamatan Cipanas, Lebak yang sangat rekomendasi untuk dikunjungi dengan keluarga. Selain bisa refreshing otak, berenang dengan air panas juga akan membuat tubuh lebih segar.

Lokasi: Jl. Raya Rangkasbitung-Bogor Km. 37, Desa Cipanas, Kec. Cipanas, Kab. Lebak.

11. Pantai Talanca

Pantai Talanca

Image Credit: Ihategreenjello.com

Pantai Talanca merupakan Pantai Emas yang berlokasikan di Kecamatan Malingping, Lebak. Keindahan pasir putih khas pantai yang membentang luas tanpa batas menjadikan pantai ini menjadi destinasi yang menarik. Tak hanya itu saja, ketika berada di lokasi pengunjung bisa melihat jejeran pohon yang sangat banyak.

BACA:  15 Tempat Wisata di Cilegon Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Semua itu membuat suasana pantai semakin sejuk dan adem. Tak sampai situ saja, pada ujung Timur pengunjung dapat menyaksikan secara langsung proses perpaduan air laut dan tawar yang dibatasi oleh bukit kecil.

Lokasi: Sukamanah, Kec. Malingping, Kab. Lebak.

12. Pantai Suka Hujan

Pantai Suka Hujan

Image Credit: Kompasiana.com

Membicarakan tentang destinasi pantai memang di Rangkasbitung merupakan sumbernya. Di Kecamatan Cihara, Lebak juga terdapat sebuah wisata Pantai Suka Hujan. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati banyaknya karang laut sekitar pantai dengan pasir putihnya.

Namun, Pantai Suka Hujan tak seluas pantai lain yang ada di Rangkasbitung. Akan tetapi jika berkunjung ke sini, dijamin akan menjadi pengalaman menarik yang tak akan bisa terlupakan.

Lokasi: Desa Suka Hujan, Kec. Cihara, Kab. Lebak .

13. Situ Cicinta

Situ Cicinta

Image Credit: Hikmahua.wordpress.com

Jika ingin mengunjungi wisata yang bisa main air dan basah-basahan maka Situ Cicinta menjadi solusinya. Tempatnya di Kecamatan Maja, Lebak dan memiliki pesona air terjun yang dangkal. Sehingga bisa digunakan pengunjung untuk main air.

Situ yang satu ini tak terlalu besar dan luas, namun jika dihitung sudah banyak wisatawan yang mengunjunginya. Terutama yang ingin merasakan sensasi memancing dan mandi di bawah air terjun.

Lokasi: Maja, Kec. Maja, Kab. Lebak.

14. Wisata Kampung Baduy

Wisata Kampung Baduy

Image Credit: Kompas.com

Wisata Kampung Baduy merupakan destinasi yang terletak di Leuwidamar. Pemandangan di tempat ini sangat menyejukkan dan bersih dari polusi. Wisatawan dapat menikmati alam yang masih terjaga dengan keindahan alami.

Tak hanya itu saja, wisatawan juga bisa mengenal adat Baduy secara langsung di sini. Sehingga sambil berlibur juga dapat menambah wawasan yang bermanfaat.

Lokasi: Desa Kanekes, Kec. Leuwidamar, Kab. Lebak.

15. Masjid Agung Al-Araf

Masjid Agung Al-Araf

Image Credit: Mapio.net

Tempat wisata yang terakhir adalah Masjid Agung Al-Araf. Letaknya bersebelahan dengan Alun-Alun Rangkasbitung dan bangunan kokoh untuk beribadah umat islam ini merupakan masjid kebanggaan masyarakat sekitar.

Wisatawan dapat melihat 2 lantai dari bangunan nan kokoh dan megah itu. Lantai pertama digunakan oleh Departemen Agama dan lantai kedua digunakan untuk beribadah. Uniknya lagi masjid ini memiliki menara setinggi 40 meter.

Lokasi: Jl. Kaum, Rangkasbitung Barat, Kec. Rangkasbitung, Kab. Lebak.

Nah, itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Rangkasbitung Lebak yang bisa Anda kunjungi ketika membutuhkan liburan yang berkesan. Entah itu untuk sekedar main-main atau mengabadikannya, yang pasti tempat-tempat tersebut memiliki daya tarik tersendiri untuk memberikan pengalaman terbaik.