Harga Tiket: Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sangiang, Kec. Sepatan Timur, Kota Serang, Banten; Map: Cek Lokasi

Pulau Sangiang sendiri telah ada sejak abad ke-19. Menurut sejarah, awal mulanya terbentuk pulau ini yaitu ketika Raja Lampung menghimbau pada rakyatnya untuk menghuni pulau ini. Bagi para wisatawan yang menyukai alam bahari, pulau cantik di Serang ini adalah salah satu destinasi favoritnya. Objek wisata utama dari lokasi ini yaitu keindahan pantai serta terumbu karang dengan ikan warna-warninya.

Pulau ini juga memiliki beragam flora dan fauna yang masih asli. Selain itu, lokasi ini memiliki goa-goa peninggalan penjajahan Jepang yang memiliki nilai sejarah. Pulau ini terbilang unik karena berada diantara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Taman Wisata Alam ini merupakan lokasi wisata yang dulunya berupa cagar alam.

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang keberadaan wisata Pulau Sangiang Banten ini. Keindahan dan kebersihan pulau ini pun masih terjaga karena minimnya jumlah wisatawan. Surga yang tersembunyi di Selat Sunda ini memiliki perairan yang hijau dan asri. Masyarakat setempat mengatakan bahwa pulau ini sangat eksotis. Bagi anda yang penasaran, cobalah berkunjung ke dsini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sangiang

Daya Tarik Pulau Sangiang
Image Credit Facebook.com @piknikyuk

1. Flora dan Fauna

Flora dan Fauna yang dimiliki Pulau Sangiang sangat terjaga. Mereka hidup secara bebas di alam sekitar lokasi wisata. Fauna yang hidup di pulau ini diantaranya landak, biawak, juga lutung. Selain itu, berbagai macam ular hidup di dalam hutan-hutan yang terdapat di pulau ini. Karang-karang dan berbagai jenis ikan pun hidup di laut dengan keadaan yang sangat terjaga dan terlindungi.

2. Pantai Batu Mandi

Pantai ini berada di dekat dermaga pulau ini. Di pantai ini terdapat kolam alam yang dipenuhi dengan batu karang. Pantai ini akan berwarna jingga ketika matahari tenggelam dan menjadi panorama indah yang dinantikan wisatawan. Pantai Batu Mandi sendiri merupakan primadona di lokasi wisata ini.

3. Pantai Pasir Panjang

Pantai ini memiliki tepi yang sangat panjang serta pasir khas yang sangat lembut. Terdapat tebing-tebing pada bagian sisi pantai yang merupakan pondasi pulau ini. Ombak di pantai ini juga tidak begitu berbahaya sehingga aman untuk bermain di sekitar pantai.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Sangiang
Image Credit: Google Maps (Irawan Hendri Yanto)

4. Gua Tungku

Gua ini merupakan gua dengan bentuk unik yang hidup di Pulau Sangiang. Gua ini bernama Gua Tungku karena bentuknya yang seperti tungku. Tungku sendiri yaitu alat pembakaran yang digunakan untuk memasak. Untuk sampai ke gua ini, anda harus naik turun bukit dengan tebing yang curam agar dapat melihat keindahan gua dari dekat.

5. Menara Pantau

Menara Pantau adalah menara dengan tinggi 30 meter yang digunakan TNI AL untuk memantau kapal-kapal yang beroperasi di sekitar pulau. Anda bisa meminta izin kepada TNI yang sedang bertugas jika ingin mencoba naik ke atas puncak.

Dari menara ini anda juga bisa melihat berbagai jenis peninggalan pulau ini. Terlihat bekas bangunan rumah sakit dan hotel yang pernah dibangun sebelum terjadinya krisis moneter tahun 1998. Anda juga bisa menyaksikan bangunan-bangunan dari penjajahan Jepang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Sangiang
Image Credit: Google Maps (Jalan Jalal)

Pulau kecil yang berada diantara dua pulau besar ini beralamat di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Lebih tepatnya pulau ini berada di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer. Dalam peta, pulau ini terlihat kecil dan mungkin terkucilkan. Namun, Pulau Sangiang malah menjadi pulau yang sangat terkenal dan semakin diminati banyak wisatawan.

Rute menuju lokasi wisata tidak begitu sulit. Dari Kota Serang, anda hanya perlu menaiki transportasi umum seperti bis untuk sampai di Cilegon. Dari Cilegon, lanjutkan kembali perjalanan menuju Pelabuhan Paku Anyer.

Dari Pantai Anyer menuju pulau ini tidak begitu jauh. Dari Anyer hanya memerlukan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke lokasi tujuan. Anda tinggal menyeberang lautan menggunakan kapal-kapal yang ada di Pelabuhan Paku Anyer. Biasanya muatan kapal menuju lokasi utama hanya untuk 15 orang saja. Anda bisa menyebrangi lautan sambil menikmati keindahan alam di sekelilingnya.

Perkiraan Biaya Wisata ke Pulau

Perkiraan Biaya Wisata ke Pulau
Image Credit: Facebook.com @pulausangiangbanten

Untuk tiket masuk dari Pulau Sangiang sendiri yaitu sekitar 100.000 rupiah. Namun, anda harus menghubungi call center terlebih dahulu karena sewaktu-waktu harga bisa berubah. Untuk total pengeluaran yang harus disiapkan tergantung dari jenis penginapan yang wisatawan pakai.

Ketika anda berwisata ke pulau ini untuk berkemah atau sekedar jalan-jalan, pengeluaran pun tergolong minim. Hanya memerlukan sekitar 1.000.000 rupiah saja. Namun, jika anda ingin menikmati keindahan pulau berhari-hari dengan menginap memerlukan biaya hingga jutaan rupiah. Karena untuk menginap sudah tersedia fasilitas hotel maupun penginapan yang lengkap.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Sangiang

Aktivitas di Pulau Sangiang
Image Credit: Instagram.com @ciplukart_art

1. Wisata Budaya

Pulau ini memiliki banyak peninggalan sejarah yang harus dilestarikan keberadaannya. Peninggalan sejarah yang terdapat di Pulau Sangiang sebagian besar adalah sisa-sisa bukti Perang Dunia II. Goa-goa dan benteng-benteng bekas pertahanan tentara jepang pun menjadi saksi sejarah di wilayah ini. Untuk melakukan wisata budaya ini harus meminta izin terlebih dahulu kepada aparat setempat.

2. Wisata Bahari

Dikarenakan lokasi wisata ini berada di Selat Sunda, tentu saja terdapat banyak wisata bahari yang bisa dinikmati. Kegiatan dari wisata bahari yang biasanya dilakukan yaitu snorkeling dan scuba diving. Dengan melakukan kegiatan ini para wisatawan dapat menikmati terumbu karang dengan ikannya yang indah dan khas di taman laut.

Untuk scuba diving sendiri biasanya dilakukan di area Tanjung Raden. Uniknya dalam snorkeling maupun scuba diving dilakukan dengan kontainer yang hanyut dan tenggelam di perairan pulau. Wisatawan mancanegara memiliki kegiatan unik ketika berkunjung kesini. Mereka biasanya berjemur dan bersantai di pantai berpasir atau melakukan kegiatan memancing.

3. Wisata Alam

Kegiatan wisata alam yang dilakukan di Pulau Sangiang ini sangat beragam. Wisatawan yang berkunjung biasanya berwisata untuk pemotretan, kegiatan bersepeda, bahkan mendaki gunung. Sebagian wisatawan pun memilih untuk berkemah agar bisa melihat keindahan pantai di sekitar pulau.

Adapula beberapa wisatawan yang melakukan kegiatan tracking meskipun jalur yang dilalui cukup curam. Tracking ini dilakukan dengan tujuan mengunjungi goa kelelawar. Bagi anda yang beruntung akan bisa melihat ikan hiu di area sekitar goa kelelawar. Jika anda akan melakukan kegiatan ini, anda harus berhati-hati karena harus naik turun tebing batu.

Selain itu, anda bisa menikmati proses penangkaran penyu yang dilakukan masyarakat setempat di sekitar pantai. Anda akan diajak oleh penduduk untuk melihat proses bertelur penyu maupun kegiatan melepas tukik ke lautan.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau

Penginapan Pulau Sangiang
Image Credit: Pegipegi.com

1. Home Stay

Inilah penginapan unik yang berada di Pulau Sangiang. Meskipun pulau ini tidak memiliki fasilitas penginapan satupun, namun warga memiliki ide kreatif untuk hal ini. Warga menyulap rumahnya sendiri sebagai penginapan untuk para wisatawan yang ingin menginap di lokasi wisata. Rumah yang disewa pun hanya bisa untuk 15 orang saja. Selain itu tersedia kamar mandi serta dua kamar yang luas tanpa AC.

2. The Acacia Hotel Anyer

Bagi anda yang ingin menginap dengan fasilitas lengkap, solusinya adalah menginap di Anyer. Anda bisa bermain di lokasi tujuan dan kembali ke Pantai Anyer ketika malam hari untuk beristirahat. Fasilitas yang dimiliki The Acacia Hotel Anyer yaitu fasilitas hotel yang agak berbeda.

Fasilitas unik yang tersedia berupa pantai pribadi, kolam air panas, bar tepi kolam, area parkir luas serta restoran yang memadai. Anda bisa berlibur dengan fasilitas mewah dan membuat liburan anda menjadi nyaman.

3. RedDoorz Pluz

Jika anda ingin berlibur namun memiliki budget minim, anda dapat menginap di penginapan ini. Ini adalah penginapan termurah di Anyer dengan sistem rumah. Penginapan ini memiliki harga sekitar 100.000 rupiah untuk setiap malamnya.

Uniknya penginapan dengan harga murah ini memiliki AC, TV, fasilitas kolam renang outdoor hingga wifi gratis. Berlibur dengan penginapan yang nyaman serta memiliki fasilitas yang lengkap namun murah ini tentu saja diminati banyak wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Sangiang

Fasilitas di Pulau Sangiang
Image Credit: Google Maps (Wisma Karangbolong)

Untuk fasilitas di tempat lokasi ini masih terbilang umum dan belum begitu lengkap. Hal ini dikarenakan pulau ini masih terbilang asri dan masih jarang di datangi pengunjung. Selain itu, lokasi wisata ini lebih menyuguhkan dalam segi aktivitas pecinta alam.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Pulau Sangiang sendiri cukup lengkap seperti adanya dermaga, fasilitas untuk menyewa alat selam serta camping ground yang luas. Untuk segi keamanannya sendiri terdapat pemandu wisata, pusat informasi pariwisata, pos jaga, hingga polusi hutan. Dengan fasilitas yang aman ini anda dapat menikmati liburan dengan tenang dan nyaman.

Pulau yang indah dan memiliki banyak keunggulan ini wajib kita lestarikan agar semakin dikenal wisatawan baik nasional maupun mancanegara. Bahkan Pulau Sangiang di Serang kini mendapat julukan sebagai Seven Wonders of Banten. Memperkenalkan destinasi wisata dan menjaga kelestarian adalah kewajiban bagi kita sebagai bangsa.