15 Wisata Pantai di Garut Paling Hits Dikunjungi

Wisata Pantai Garut

Pernahkah Anda berlibur ke Garut? Atau hanya mendapat oleh-oleh dodol Garut? Garut memang sangat terkenal dengan dodolnya. Tapi kenikmatan di Garut bukan hanya sekedar dodol. Ada banyak keindahan alam yang ditawarkan oleh salah satu wilayah di Jawa Barat ini. Keindahan alam yang selalu dirindukan kehangatannya adalah pantai.

Pantai selalu menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang menggiurkan. Suasananya, gemuruh ombaknya, percikan airnya, pasirnya, semua hal tentang pantai tetap asik dinikmati sendiri, berdua, maupun bersama keluarga. Terlebih lagi pantai-pantai yang ada di Garut, keeksotisan pemandangannya sangat memuaskan mata dan sangat indah jika didokumentasikan.

Tidak perlu merasa khawatir atau takut akan kecewa karena sudah meluangkan waktu, tenaga, dan uang Anda untuk berkunjung ke beberapa pantai di daerah ini. Disini akan diulas 15 wisata pantai di Garut yang banyak diminati dan memuaskan pengunjung. Tentunya sudah terkenal dan recomended.

1. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang

Image Credit: Digarut.com

Pantai yang satu ini menjadi salah satu tempat terfavorit untuk berwisata. Selain menikmati pemandangan yang elok, Anda juga bisa menghabiskan waktu sambil bermain voli. Anda juga bisa melihat ikan-ikan kecil diantara karang saat air laut mulai surut.

Momen yang selalu dinanti adalah saat matahari mulai terbenam. Keindahan langit berwarna oranye bergaris gelap ini sangat cantik untuk didokumentasikan. Anda juga bisa mendirikan tenda dan berkemah di tepi pantai untuk menikmati hembusan angin laut saat malam hari.

Lokasi: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

2. Pantai Santolo

Pantai Santolo

Image Credit: Jalanjalanyuk.com

Keunikan pantai ini adalah fasilitasnya yang sangat nyaman. Anda bisa menaiki perahu tradisional para nelayan untuk menikmati jembatan dari batu-batu besar yang sudah cukup tua. Anda juga bisa menyewa banana boats untuk menikmati keseruan di pantai ini.

Suka memancing? Anda bisa menyalurkan hobi Anda di sini, bahkan Anda punya kesempatan memancing di tengah lautan lepas. Anda juga bisa membeli ikan segar dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Lokasi: Pamalayan, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

3. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Image Credit: Topijelajah.com

Pemandangan air terjun yang membasahi karang dan menyatu dengan pantai Rancabuaya ini menjadi kenikmatan surgawi yang tak terganti. Indah, cantik, dan mempesona. Kata-kata itu yang sangat tepat untuk menggambarkan keindahan di pantai ini.

BACA:  10 Wisata Pantai di Indramayu Paling Hits Dikunjungi

Tempat kuliner dan penginapan di sekitar Pantai Rancabuaya ini juga sangat terjangkau. Jadi sangat cocok untuk pilihan wisata bersama keluarga tanpa mengalami pembengkakan pengeluaran.

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut.

4. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha

Image Credit: Pegipegi.com

Pantai ini menyajikan pemandangan tebing yang kokoh dan indah. Anda bisa masuk ke pantai ini dengan harga yang sangat terjangkau. Keseruan di pantai ini adalah Anda harus turun melewati tebing yang sangat curam untuk mencapai Pantai Puncak Guha.

Hal yang membuat pantai ini berbeda dari pantai lainnya adalah lebih banyaknya bebatuan daripada pasir. Pantai ini sangat cocok digunakan untuk berkemah atau sekedar destinasi perjalanan Anda di pagi atau sore hari.

Lokasi: Sinarjaya, Kec. Bungbulang, Kab. Garut.

5. Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak

Image Credit: Pantainesia.com

Ingin menenangkan pikiran? Atau menciptakan momen romantis? Pantai ini pilihannya. Pantai ini masih sangat bersih dan sedikit pengunjung yang datang. Bukan karena tidak bagus, tapi memang belum banyak yang tahu.

Pemandangan karang yang tinggi di hamparan laut lepas dan pepohonan tepi pantai sangat cocok dijadikan background foto Anda. Anda juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam sambil duduk santai di tepi pantai atau di atas karang-karang.

Lokasi: Karangwangi, Kec. Depok, Kab. Garut.

6. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje

Image Credit: Inspiradata.com

Hempasan ombak lautan yang menghantam karang menjadi pemandangan yang sangat indah untuk didokumentasikan. Para pengunjung banyak menggunakan kesempatan ini untuk mengambil foto pada moment ini.

Air yang jernih dan berwarna biru juga bisa Anda nikmati disini. Anda bisa berjemur atau berolahraga sambil menunggu sunset tiba. Kalau Anda mau menyaksikan panorama yang lebih indah, Anda bisa membulatkan niat dan tekad Anda menaiki tebing.

Lokasi: Karyasari, Kec. Cibalong, Kab. Garut.

7. Pantai Manalusu

Pantai Manalusu

Image Credit: Garutexpress.id

Pantai ini menyajikan keindahan biota laut yang bisa dinikmati dengan mata telanjang diantara karang-karang. Sangat indah dan menyenangkan pastinya. Anda juga bisa berkemah di Pantai Manalusu ini.

Bagi Anda yang suka makan ikan, Anda bisa langsung memborong ikan-ikan yang dijual di sepanjang jalan pantai ini. Anda bisa menikmati makan ikan bakar saat berkemah. Sungguh pengalaman yang menyenangkan!

BACA:  Mencoba Sensasi Dingin di Snow World International Bekasi

Lokasi: Cigadog, Kec. Sucinaraja, Kab. Garut.

8. Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Pantai ini memiliki warna yang berbeda dari pantai lainnya. Air di pantai ini berwarna hijau kecoklatan dan biru. Air yang berwarna hijau kecoklatan ini merupakan air sungai yang mengalir dan bermuara ke laut. Air yang berwarna biru adalah warna dari pantai itu sendiri.

Anda harus membawa bekal dan persiapan sebelum menuju ke pantai ini, karena di sini masih minim fasilitasnya. Anda bisa menyewa penginapan atau villa di sekitar pantai ini. Pemandangan saat sunset di sini juga tak kalah menarik.

Lokasi: Sancang, Kec. Cibalong, Kab. Garut.

9. Pantai Cidora

Pantai Cidora

Image Credit: Dreamers.id

Gemercik ombak dan tiupan angin sangat jelas terdengar di Pantai Cidora. Mungkin karena masih tidak banyak orang yang mengunjungi tempat wisata ini. Jadi, untuk Anda yang ingin mencari ketenangan, tempat ini sangat direkomendasikan.

Jika Anda ingin ke lokasi ini, sebaiknya saat musim panas. Pemandangan langit yang cerah dan merahnya sang fajar terlihat lebih jernih.

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut.

10. Pantai Gunung Geder Cikelet

Pantai Gunung Geder Cikelet

Image Credit: Digarut.com

Pantai ini akan mengajak Anda seolah berpetualang. Saat akan menuju ke pantai, Anda harus melewati jalan setapak yang di sampingnya ditumbuhi pohon-pohon rimbun. Udaranya cukup sejuk, dan kicauan burung siap menemani perjalanan Anda.

Walaupun sepi dari pengunjung karena keadaannya yang kurang terawat, Anda tetap bisa beristirahat di gazebo. Gazebo yang berjajar di tepi pantai ini bisa jadi tempat Anda menikmati pemandangan yang tenang di pantai ini.

Lokasi: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

11. Pantai Sancang

Pantai Sancang

Image Credit: Garutexpress.id

Lingkungan di pantai ini sangatlah bersih. Oksigen yang tersedia juga jauh dari berbagai polusi udara. Ketenangan di pantai ini, bisa Anda nikmati berlama-lama sambil mendengarkan deburan sang ombak.

Pantai ini sangatlah luas. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam pantai ini, bisa berjalan-jalan di sekitar pantai. Pantai ini kerap dihubungkan dengan legenda Prabu Siliwangi.

Lokasi: Sancang, Kec. Cibalong, Kab. Garut.

12. Pantai Cijayana

Pantai Cijayana

Image Credit: Digarut.com

Masyarakat di sekitar Pantai Cijayana sangat menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan ini. Walaupun jarang pengunjung yang datang, pantai ini tetap menyimpan keindahan yang menakjubkan. Julukan pantai ini adalah “pantai di atas awan”.

BACA:  De Ranch Lembang Bandung, Objek Wisata Unik Sambil Belajar Berkuda

Tepian dan pantai di sini, letaknya hampir sejajar. Jadi ketika liukan ombak itu datang, kita bisa menyaksikan seolah-olah ombak itu berada di atas kita. Terlebih lagi dengan pemandangan langit yang biru senada dengan warna sang ombak.

Lokasi: Cijayana, Kec. Bungbulang, Kab. Garut.

13. Pantai Karang Gajah

Pantai Karang Gajah

Image Credit: Ksmtour.com

Udara di pantai ini cukup sejuk, karena di sekitar pantai ini dipenuhi dengan rimbunan pohon-pohon yang menjulang tinggi. Pantai ini bertetangga dengan Pantai Sancang. Keindahan alam yang asri bisa Anda nikmati seraya duduk-duduk santai di gazebo-gazebo di sana.

Beberapa wisatawan yang berkunjung, meniatkan kepergian mereka untuk berziarah. Di titik-titik pantai ini terdapat beberapa lokasi ziarah. Akan tetapi, keindahan alam di pantai ini juga tidak kalah menarik untuk dibuat selfi.

Lokasi: Sancang, Kec. Cibalong, Kab. Garut.

14. Pantai Sodong Lalay

Pantai Sodong Lalay

Image Credit: Jejakrayap.blogspot.com

Pantai Sodong Lalay merupakan pantai yang masih asri keindahannya. Bukit-bukit yang tinggi menjulang di sekitar pantai menjadi daya tarik para wisatawan. Keunikan lainnya dari pantai ini adalah banyaknya burung walet yang tinggal di sini.

Burung-burung walet ini menempati goa-goa di sekitar pantai. Ada goa yang asli, da nada pula goa yang sengaja dibuat untuk dijadikan rumah walet. Pasirnya yang berwarna kehitaman juga menjadikan pantai ini tidak terlalu menyilaukan mata.

Lokasi: Karangwangi, Kec. Mekarmukti, Kab. Garut.

15. Pantai Karang Sebrotan

Pantai Karang Sebrotan

Image Credit: Jejak-arah.blogspot.com

Pantai ini cukup sulit untuk diakses pengunjung, terutama saat air laut sedang pasang karena pengunjung harus menyusuri karang-karang yang keamanannya juga kurang. Walet juga memilih tebing-tebing di sekitar pantai ini sebagai habitatnya.

Keunikan yang selalu dinantikan adalah datangnya sang ombak. Ombak di pantai ini cukup besar. Ketika ombak datang dan menghantam keras pada karang, akan muncul keindahan semprotan air laut ke udara. Momen ini menjadi bagian yang sangat ditunggu para pengunjung.

Lokasi: Karangwangi, Kec. Mekarmukti, Kab. Garut.

Itulah 15 rekomendasi wisata pantai di Garut yang paling hits. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa wisata pantai yang akan menjadi pilihan untuk wisata Anda berikutnya. Semoga bisa bermanfaat dan mengisi luangnya waktu Anda dengan kenangan yang menyenangkan. Tentukan destinasi wisata Anda, ciptakan kenangan indahnya.