10 Wisata Kuliner di Serang yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Serang

Serang merupakan ibu kota provinsi Banten yang terletak di tepi pantai Laut Jawa. Beragam atraksi wisata dapat dinikmati di kawasan ini. Selain Pantai Anyer dengan kekhasan pasir putihnya, Serang juga memiliki beberapa air terjun. Bangunan-bangunan di Kota Serang juga tidak kalah menarik. Masih kental dengan kebudayaan kraton, Serang menawarkan panorama kota yang indah.

Selain mengunjungi berbagai tempat wisata di Serang, Anda juga dapat berkeliling kawasan ini untuk mencicipi berbagai panganan khas yang ditawarkan. Aneka masakan legendaris khas Serang patut Anda coba ketika berwisata ke daerah ini. Cita rasa masakan yang lezat tidak hanya membuat perut kenyang namun juga memanjakan lidah Anda.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Serang tidak ingin melewatkan wisata kuliner di daerah ini. Bahkan adapula yang sengaja berkunjung hanya untuk menikmati berbagai kuliner yang tersedia. Beberapa kuliner khas Serang ini tentu saja tidak boleh Anda lewatkan.

1. Rabeg Gonjleng

Rabeg Gonjleng

Lokasi: Jl. Mayor Syafei No.30, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by Bantennews.co.id

Salah satu makanan khas Serang bernama rabeg. Rabeg adalah sajian dengan bahan utama kambing, tidak hanya dagingnya namun juga bagian tulang dan jeroan. Kambing dimasak menggunakan berbagai bumbu. Yang membedakan Rebeg Gonjleng dengan tempat lain adalah kambing dipotong dengan ukuran kecil sehingga lebih empuk dan bumbu meresap dengan baik.

Rabeg adalah sajian khas kegemaran sultan-sultan di keraton Banten. Jadi tidak heran jika menu ini selalu hadir menjadi sajian istimewa saat pesta dan dalam sebuah perayaan. Akan lebih nikmat jika menyantap makanan ini dengan ditemani nasi hangat dan sambal pelengkap.

2. Sate bandeng

Sate bandeng

Lokasi: No. 63 Kaujon Tengah, Jl. Ki Uju, Serang, Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by Serang.wikimapia.org

Makanan khas lainnya adalah sate bandeng. Ada salah satu sate bandeng legendaris di Serang yaitu sate bandeng Langganan Anda yang terletak di Taktakan. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat musim liburan atau akhir pekan.

Anda dapat mencicipi sate bandeng dalam dua rasa, yakni rasa original yang dominan rasa gurih dan rasa pedas dengan bumbu khas. Kuliner ini tidak hanya dapat Anda nikmati di tempat, namun juga dapat Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

3. Ayam bakar bekakak

Ayam bakar bekakak

Lokasi: Jl. Sinar Hati Raya, RT.003/RW.002, Sukajadi, Kec. Karawaci, Kota Tangerang. – Image Credit by Lifestyle.okezone.com

Ayam bakar bekakak Kranggot Haji Maksum ini termasuk kuliner yang banyak dicari wisatawan, bahkan dari luar kota. Ayam bakar bekakak di sini memiliki cita rasa yang berbeda walaupun tampilannya sepintas mirip dengan ayam bekakak pada umumnya. Anda dapat memilih rasa ayam bakar bekakak sesuai dengan keinginan dan selera.

Ada tiga cita rasa ayam bekakak yang ditawarkan, yaitu pedas, manis, dan pedas manis. Yang istimewa dari ayam bakar bekakak di sini adalah ayam dipanggang menggunakan arang batok kelapa selama berjam-jam hingga empuk dan semua bumbu meresap ke dalam daging. Arang batok kelapa menambah aroma harum dan gurih pada ayam tersebut.

4. Nasi bakar Puri

Nasi bakar Puri

Lokasi: Jl. Kapten Swardo No.15B, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Nasi bakar Puri menyajikan kuliner khas Serang yang berbahan utama nasi. Kuliner ini sangat terkenal karena kelezatan dan rasa nikmatnya. Apalagi kalau bukan nasi sumsum. Dari namanya, dapat ditebak bahwa makanan ini merupakan olahan nasi dengan sumsum tulang kerbau.

Untuk menguatkan cita rasa, bumbu-bumbu yang digunakan tidak dihaluskan, melainkan ditumbuk dengan cara tradisional. Dengan memesan satu porsi nasi sumsum, Anda akan mendapatkan dua nasi bakar yang lezat dan gurih.

5. Sup Ikan Taman Taktakan

Sup Ikan Taman Taktakan

Lokasi: No 17, Jl. K.H. Abdul Hadi No.17, 14, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by Intisari.grid.id

Oalahan ikan khas Serang lainnya adalah sup ikan. Yang cukup populer adalah sup ikan di rumah makan Taman Taktakan. Rasa asam dan gurih mendominasi sajian kuliner ini. Ikan yang digunakan adalah ikan kuwe yang dipotong-potong cukup besar. Di dalam sup juga dilengkapi dengan cabe rawit hijau, tomat hijau, irisan daun bawang dan daun kemangi.

Selain sebagai sup, ikan kuwe juga diolah menjadi beberapa sajian lain seperti woku balanga dengan kuah kuning yang khas. Anda juga dapat mencicipi menu lainnya di sini. Tersedia beragam olahan gurame, aneka tumisan dan menu penyet tempe sederhana namun sangat lezat.

6. Nasi timbel Alam Sari

Nasi timbel Alam Sari

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.8, Panancangan, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang. – Image Credit by Reservasiku.com

Jika Anda menginginkan menu khas Sunda saat berkunjung ke Serang, jangan lewatkan mengunjungi rumah makan Alam Sari. Aneka sajian khas Sunda dapat anda cicipi di sini. Yang paling istimewa adalah sajian nasi timbel. Anda bisa mencoba nasi timbel dengan aneka lauk yang ditawarkan seperti ikan peda, sayur asam, lalapan dan sambal.

Selain itu, menu lain yang tersedia di rumah makan ini adalah olahan gurame, udang dan tumisan daun kailan. Letaknya yang berada di tengah persawahan semakin membangkitkan selera makan. Sembari menikmati lezatnya makanan, mata juga akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan.

7. Saung Liwet Bancakan

Saung Liwet Bancakan

Lokasi: Jl. TB Suwandi, Ciracas , Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by Adinkpato.wordpress.com

Saung Liwet Bancakan merupakan tempat makan dengan konsep yang kental dengan nuansa pasundan. Pengunjung akan merasa santai menikmati sajian makanan di atas saung dengan pemandangan ala pedesaan yang segar dan hijau.

Menu yang ditawarkan adalah masakan Sunda. Yang paling populer adalah cobek gurame dan ayam bekakak. Selain itu ada menu khas yang jarang ditemukan di tempat lain, yaitu olahan ikan benteur, ikan berukuran kecil yang mirip dengan ikan mas.

8. Rumah makan Bu Entin

Rumah makan Bu Entin

Lokasi: Jl. Raya Serang – Pandeglang KM. 5, Karundang, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang. – Image Credit by Namnamstory.blogspot.com

Jika Anda pecinta olahan seafood, tentu tidak akan melewatkan tempat makan satu ini. Rumah makan Bu Entin menyediakan berbagai olahan seafood segar seperti ikan bakar, cumi, dan udang. Selain itu, Anda dapat memesan aneka olahan sayur sebagai pelengkap.

Menu istimewa dan andalan rumah makan ini adalah ikan bakar dan otak-otak. Ikan bakar milik rumah makan ini terkenal karena memiliki cita rasa yang sangat sedap. Sedangkan otak-otak yang ditawarkan terbuat dari ikan segar pilihan diramu dengan berbagai bumbu dan rempah sehingga menghasilkan rasa gurih yang khas.

9. Sate Cilegon

Sate Cilegon

Lokasi: Jl. SA. Tirtayasa No.143, Masigit, Kec. Jombang, Kota Cilegon. – Image Credit by Ksmtour.com

Menu sate baik kambing maupun sate ayam dapat Anda nikmati di rumah makan Sate Cilegon. Di sini Anda dapat menyantap sate dengan dua pilihan bumbu yaitu bumbu kacang yang memiliki cita rasa gurih dan renyah, serta bumbu kecap yang didominasi rasa manis.

Selain itu, sebagai pendamping sate, Anda dapat memesan gulai kambing atau sop buntut. Sayur asam yang segar juga cocok menemani menu sate Anda.

10. Pecak bandeng Sawah Luhur

Pecak bandeng Sawah Luhur

Lokasi: Jl. Pontang KM.10, Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Kota Serang. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Pecak bandeng merupakan makanan khas Serang. Ikan bandeng disajikan dengan pecak, yaitu sambal khas dengan cita rasa gurih dan pedas. Lebih lengkap jika kuliner ini dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan aneka sayur lalapan.

Sawah Luhur tidak hanya menyajikan menu pecak bandeng yang lezat namun juga suasana tempat makan yang alami karena terletak di tepi area tambak bandeng. Dan karena lokasinya cukup jauh dari kota, Anda dapat menikmati segarnya udara dan panorama khas pedesaan yang indah.

Beberapa tempat wisata kuliner di Serang di atas semoga dapat menjadi referensi Anda saat berkunjung atau berwisata ke Serang. Menu-menu yang ada merupakan sajian khas yang tidak dapat Anda temui di tempat lain.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Karawang
13 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Karawang
7 Oleh-Oleh Khas Karawang Paling Populer
Tempat Makan Serang
10 Tempat Makan Enak di Serang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak