Taman Buah Mekarsari, Tempat Rekreasi Agrowisata di Jawa Barat

Taman Buah Mekarsari

Lokasi: Jl. Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Kab. Bogor.
MapCek Lokasi

Jawa Barat memiliki banyak tempat wisata yang terkenal. Dimana industri pariwisata berbondong-bondong untuk bersaing satu sama lain. Setiap destinasi memiliki keunggulan masing-masing dimana tempat memfasilitasi sesuai kebutuhan wisatawan.

Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Barat. Tempat ini adalah tempat budi daya dan pelestarian berbagai macam tanaman dari seluruh wilayah Indonesia. Selain itu Anda bisa melakukan banyak hal yang tentunya sangat cocok untuk destinasi bersama keluarga. Terlebih dengan buah hati, yang sekaligus menjadi wisata edukasi.

Keunggulan dari Taman Buah Mekarsari ini, Anda bisa membeli bibit tanaman dengan 3 cara. Yakni melalui toko online Mekarsari garden and nursery, outlet mekarsari di pintu masuk serta call and send melalui nomor resmi. Sementara itu Anda bisa melakukan reservasi kunjungan grup.

Lokasi, Jam Operasional & Harga Tiket Taman Buah Mekarsari

Lokasi, Jam Operasional & Harga Tiket Taman Buah Mekarsari

Image Credit: Mekarsari.com

Taman Buah Mekarsari terletak di Kabupaten Bogor. Dan untuk jam operasional mulai 8.30 hingga 16.00 di hari biasa dan week end atau hari libur mulai 8.00 hingga 17.00 sore. Maka dari itu teruntuk Anda wisatawan yang berjarak lumayan jauh dari wilayah ini, silahkan melakukan pemberangkatan lebih awal, agar Anda bisa sampai lebih awal juga memiliki lebih banyak waktu di sini.

Untuk tiket masuk ada banyak jenis yang terbagi menjadi beberapa tipe antara lain:

  • Tiket tipe A sebesar Rp 65.000
  • Tiket tipe B sebesar Rp 50.000
  • Tiket tipe C sebesar Rp 50.000
  • Tiket tipe D sebesar Rp 50.000
  • Tiket tipe E sebesar Rp 50.000
  • Tiket tipe F sebesar Rp 55.000
  • Tiket tipe G sebesar Rp 92.000

Selain tiket di atas ada lagi tiket internasional yaitu

  • Tiket masuk sebesar Rp 50.000
  • Tiket tipe H sebesar Rp 110.000
  • Tiket tipe I sebesar Rp 120.000
  • Tiket masuk mobil Rp 20.000
  • Tiket masuk motor Rp 10.000
  • Tiket masuk bus Rp 40.000

Tiket masuk kendaraan di atas, berlaku untuk satu kali kunjungan. Biaya parkir sendiri untuk sepeda motor Rp 5.000, mobil Rp 15.000 dan bus Rp 35.000.

Taman Buah Mekarsari, Agrowisata Andalan Jawa Barat

Taman Buah Mekarsari, Agrowisata Andalan Jawa Barat

Image Credit: Twitter.com @Tamanmekarsari

Di dalam Taman Buah Mekarsari terdapat berbagai macam buah dengan berbagai jenis pula. Jambu biji contohnya, ada beberapa jenis jambu biji di taman ini antara lain jambu biji super merah, jambu biji sukun, jambu biji sukun merah, jambu biji falangka, jambu biji kristal, jambu biji brasil, jambu biji variegate dan lain-lain.

Selain jambu, masih ada banyak lagi buah yang bisa Anda panen, langsung ambil dari pohonnya. Ada mangga, melon, nangka, salak, buah naga, sawo kecik dan lain-lain. Uniknya di taman ini juga terdapat buah kepel, dimana pohonnya bernama pohon kepel sedangkan dalam bahasa ilmiah yakni stelechocarpus birahol, buah ini banyak disukai oleh para putri keraton.

Selain buah ada juga macam-macam tanaman. Ada bunga anggrek bulan, bunga telang (memiliki banyak khasiat terutama bagi kesehatan dan kecantikan), bunga bangkai (jenis amorphophallus titanum dan amorphophallus ongsakulii yang merupakan bunga bangkai terkecil) dan lain-lain.

Taman buah ini juga sebagai sarana edukasi karena Anda bisa melakukan reservasi kunjungan grup. Dimana edukasi mengajarkan belajar pembibitan, teknik perbanyakan tanaman, penelitian dan breeding serta penyuluhan. Anda juga bisa membeli tanaman yang ada di sini melalui cara-cara yang sudah disebutkan di atas.

Adapun kegiatan yang paling banyak disukai pengunjung antara lain senam pagi, piknik keluarga, fruitwalk, barbeque, company gathering dan wisata kebun sayur atau buah.

Wahana Rekreasi dan Wahana Air Taman Buah Mekarsari

Wahana Rekreasi dan Wahana Air Taman Buah Mekarsari

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Taman Buah Mekarsari juga menyediakan paket wisata antara lain paddy village, come out and play, tropical camp, fun days, back to green world, kids farm, company and family gathering serta tour of since. Selain itu terdapat wahana rekreasi dan wahana air dimana harga tiket berbeda-beda.

Untuk wahana rekreasi terdapat wahana ATV, big balloon, skuter, sepeda(tandem, tuk-tuk, bmx), bungge trampoline, 3D trick art (week day dan week end) serta KFV (logam dan plastic) dimana harga tiket tersebut berkisar mulai dari harga Rp 6.000 hingga Rp 30.000.

Sedangkan untuk wahana air terdapat wahana bebek air, perahu (kanal, naga WK, naga SKO), floating donut, rolling donut, sepeda air keluarga dan speed boat dengan harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 35.000. selain itu ada banan boat dimana satu paket untuk 6 orang dengan harga Rp 300.000. Waterkingdom seluas 5,2 hektar.

Wahana air sendiri berupa kolam dan danau. Waterkingdom adalah wahana berupa kolam yang terdapat wahana atraksi di dalamnya seperti boomerang. Permainan di danau akan ada lebih banyak lagi dan lebih menantang seperti banana boat yang bisa dilakukan oleh 6 orang dalam satu paket.

Penginapan & Toko Souvenir di Kawasan Wisata

Penginapan & Toko Souvenir di Kawasan Wisata

Image Credit: Lolipopslife.com

Selain fasilitas-fasilitas di atas Taman Buah Mekarsari ini menyediakan penginapan untuk Anda yang ingin bermalam di sini. Adapun tipe penginapan tersebut family biking camp Rp 1.250.000, family camp Rp 800.000, d’cabin Rp660.000 di week days dan Rp 880.000 di week end, serta rumah pohon Rp 770.000 di week days dan Rp 990.000 di week end.

Untuk Anda yang traveling pasti ada yang kurang jika belum membeli souvenir. Souvenir biasanya dijadikan sebagai kenang-kenangan ketika Anda mengunjungi suatu tempat untuk oleh-oleh dibawa pulang. Nah Anda bisa mendapatkan souvenir di kawasan garden paradiso.

Souvenir ini berupa tanaman seperti bonsai yang dijual dengan harga murah. Juga terdapat pula kios souvenir yang menjual seperti kerajinan tangan, gantungan kunci, kaos, topi dan lain-lain).

Fasilitas Lainnya di Taman Buah Mekarsari

Fasilitas Lainnya di Taman Buah Mekarsari

Image Credit: Indonesiaituindah.com

Adapun fasilitas lainnya seperti tempat wisata lainnya yang menyediakan rumah makan dan toilet. Rumah makan terletak di dekat taman ini mungkin mengharuskan Anda untuk berkendara. Sedangkan toilet umum sendiri sudah banyak disediakan. Jadi Anda tidak perlu cemas.

Demikian akomodasi dari Taman Buah Mekarsari dimana Anda bisa membeli bibit unggul karena memang ini tempatnya mengembangbiakkan bibit unggul, memanen buah secara langsung dari pohonnya, beredukasi dalam hal pertanian dan perkebunan, serta bermain dengan wahana-wahana yang lumayan banyak. Di sisi lain disediakan pula untuk penginapan.

Jadi tempat wisata ini paling cocok untuk Anda sekeluarga dimana selain untuk berlibur sekaligus sebagai sarana edukasi untuk buah hati Anda. Selain bermain seru-seruan dengan wahana-wahana yang ada Anda juga bisa menginap dimana terdapat beberapa tipe penginapan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Dan sekedar catatan, fruity merupakan salah satu paket wisata di atas dimana Anda akan diajak berkeliling menggunakan kereta plus untuk mengunjungi kebun buah yang sedang dipanen. Pengunjung juga diperbolehkan mencicipinya. Seru bukan? Berlibur sekaligus beredukasi.