Harga Tiket: Rp 7.500, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Telaga Warna Bogor merupakan salah satu destinasi wisata alam yang mempunyai beragam keindahan yang tidak pernah tergores zaman. Walaupun sekarang ini telah banyak bermunculan destinasi wisata baru dengan konsep yang sangat kekinian, namun telaga yang satu ini tetap mempunyai tempat tersendiri di hati wisatawan yang berkunjung.

Wisatawan yang datang pun tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, melainkan banyak pula wisatawan yang rela datang jauh-jauh dari luar negeri hanya untuk menghabiskan waktu liburan di destinasi wisata yang satu ini. Tak heran apabila telaga yang satu ini juga menjadi wisata andalan serta menjadi kebanggaan Kota Bogor.

Oleh karena itu, sayang sekali apabila Anda tidak mampir ke destinasi wisata yang satu ini ketika sedang berada di Kota Bogor. Namun, sebelum Anda berkunjung ke telaga tersebut, alangkah baiknya apabila mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan tempat tersebut. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan destinasi wisata Telaga Warna.

Daya Tarik yang Dimiliki Telaga Warna

Daya Tarik Telaga Warna
Image Credit: Google Maps (Suprapti Sakura)

1. Hutan Hujan Tropis

Ketika Anda datang ke telaga yang satu ini, maka akan tampak sebuah telaga yang luas berada di tengah-tengah hamparan hutan yang sangat eksotis. Pasalnya, Telaga Warna ini memang dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang sampai saat ini masih dilindungi dengan baik. oleh karena itu, tidak heran apabila nuansa alami yang ada di tempat wisata yang satu ini benar-benar terpancar.

Hutan hujan tropis yang ada disana bukanlah dataran bisa, melainkan berupa pegunungan tropis yang cukup tinggi. Sehingga Anda bisa melihat indahnya hutan sampai yang berada di ujung atasnya. Hal inilah yang mungkin saja akan jarang Anda temui apabila berkunjung ke tempat wisata lainnya.

2. Kekayaan Flora

Flora yang ada di tempat wisata tersebut tidak bisa anggap main-main. Hal itu karena ada berbagai jenis flora yang tumbuh di kawasan tersebut. Misalnya saja seperti Paku Tihang, Rotan, Kihiur, Puspa, dan masih banyak lagi yang lainnya. Flora yang tumbuh disana juga tidak hanya sedikit, melainkan jumlah sampai tak terhitung. Tak heran apabila di kawasan tersebut terlihat sangat rimbun.

Udaranya pun tentunya sangat segar dan asri yang mana akan membuat Anda semakin betah menghabiskan waktu di destinasi wisata yang satu ini. Mata Anda pun akan dimanjakan dengan pemandangan yang dikombinasikan dengan warna kehijauan dari pepohonan. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang ingin pergi sejenak dari ramainya suasana di perkotaan besar.

Daya Tarik Dimiliki Telaga Warna
Image Credit: Instagram.com @#mydalmira

3. Berbagai Jenis Fauna

Karena terdapat hutan dengan pepohonan yang sangat rimbun, tentunya ada pula banyak binatang yang hidup di dalamnya. Bahkan, disini juga masih terdapat binatang seperti babi hutan, macan tutul, hingga beragama jenis burung liar. Apabila sedang beruntung, maka Anda bisa menyaksikan binatang-binatang tersebut menampakkan dirinya kepada wisatawan yang datang.

Namun, seluruh pengunjung yang ada di telaga ini tidak diperkenankan menyakiti maupun merusak habitat dari binatang yang ada disana. Pasalnya, binatang yang ada disana sangatlah dilindungi supaya jumlahnya tidak berkurang.

4. Warna Air yang Unik

Sesuai dengan namanya, tempat wisata Telaga Warna Bogor ini memiliki ciri khas pada airnya yang memiliki warna unik. Hal itu karena warna air di telaga yang satu ini sering kali berubah-ubah secara tidak menentu.

Perubahan warna tersebut disebabkan oleh adanya ganggang yang hidup di dalam air telaga tersebut. Sehingga, ketika terkena oleh sinar matahari, maka telaga tersebut akan bergradasi hingga air disana tempat tak sama.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Telaga Warna

Alamat Telaga Warna
Image Credit: Google Maps (Fadly Alkahfi)

Lokasi dari tempat wisata telaga yang satu ini terletak diantara rimba Hambalang dan rimba Gunung Megamendung. Untuk alamat dari telaga yang satu ini ada di Desa Tugu, Kec Cisarua, Bogor. Lebih tepatnya lagi terdapat di kawasan Perkebunan The Gunung Mas. Telaga yang satu ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan pusat Kota Bogor karena memerlukan waktu tempuh tidak sampai satu jam.

Rute perjalanan menuju ke tempat wisata tersebut juga bisa dilalui baik dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk dapat sampai ke Telaga Warna Bogor ini, maka arahkan saja kendaraan Anda menuju ke Masjid Atta’awun yang menjadi tempat paling dekat dengan gerbang masuk ke tempat wisata tersebut.

Kemudian, di bagian samping kiri dari masjid terdapat jalan yang berupa paving block yang mana merupakan pintu masuk ke tempat wisata telaga tersebut. Hal ini pun akan sama saja apabila Anda memilih untuk menggunakan kendaraan umum. Anda hanya tinggal menaiki bus dengan jurusan ke Cianjur, lalu turun saja di tepi Jalan Raya Puncak. Anda dapat berjalan kaki ke telaga sekitar 10 menit.

Namun, apabila Anda sudah pernah berlibur ke tempat wisata Cimory Riverside Bogor, yaitu salah satu wisata kuliner yang menyediakan berbagai menu olahan susu yoghurt. Maka jaraknya hanya sekitar 15 km saja dari telaga yang satu ini serta bisa Anda tempuh hanya dengan waktu sekitar 40 menit saja. Gunakan pula peta navigasi agar dapat membantu perjalanan Anda menjadi semakin lebih mudah lagi.

Harga Tiket Masuk Telaga Warna Bogor

Harga Tiket Telaga Warna
Image Credit: Google Maps (Lidia Y Tarck)

Supaya Anda dapat menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan di telaga yang satu ini, maka wajib membayar tiket masuk terlebh dahulu. Jika Anda datang kesini pada saat weekday, akan dikenakan harga tiket sebesar 5 ribu rupiah untuk satu orang. Sedangkan, jika Anda datang kesini pada saat weekend, akan dikenakan tiket masuk sebesar 7 ribu 500 rupiah untuk satu orang.

Semantara itu, untuk wisatawan asing akan dikenakan tiket masuk sebesar 100 ribu rupiah saat weekday dan 150 ribu rupiah saat weekend. Jangan lupa untuk memperhatikan juga jam operasional yang akan dibuka mulai dari jam 8 pagi serta akan tutup pada jam 5 sore. Dikarenakan Telaga Warna ini dibuka setiap hari, maka tidak aka nada alasan untuk tidak berkunjung kesini karena tempat wisata tutup.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Telaga Warna

Kegiatan di Telaga Warna
Image Credit: Google Maps (Bujang Racing)

1. Memberi Makan Monyet

Kegiatan menarik pertama di tempat wisata ini yaitu memberi makan kepada monyet liar yang hidup disana. Hampir di setiap spot pada kawasan tersebut terdapat banyak monyet liar yang berkeliaran. Akan tetapi monyet yang ada disana bukanlah hewan peliharaan pengelola, namun berasal dari dalam hutan.

Karena sudah kerang berinteraksi dengan wisatawan di Telaga Warna Bogor, monyet disana sudah terbiasa untuk mengerumuni wisatawan untuk meminta makanan. Oleh karena itu, hati-hati apabila Anda membawa makanan saat ke telaga tersebut. Pasalnya, apabila Anda tidak memberinya makanan, maka monyet-monyet bisa menggila dan sedikit menakutkan.

2. Flying Fox

Karena terdapat banyak sekali pepohonan dengan ukuran yang sangat besar, maka di tempat ini juga disediakan wahana bermain berupa flying fox. Tentu ini merupakan hal yang banyak sekali disukai oleh wisatawan. Dengan adanya flying fox ini Anda akan semakin dapat merasakan sensasi menikmati hamparan alam yang luas serta menyegarkan tersebut. Panjang lintasannya sendiri mencapai 100 meter.

3. Menaiki Sampan

Selain flying fox, Anda juga dapat menaiki sampan hingga menuju ke tengah danau serta akan dipandu oleh penyedia sewa sampan secara langsung. Akan tetapi, tentunya Anda harus membayar biaya sewa sampan tersebut. Harganya mulai dari 30 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah saja. Kegiatan menarik yang satu ini bisa juga menjadi suatu pengalaman yang luar biasa saat berkunjung ke telaga ini.

Kegiatan Dilakukan di Telaga Warna
Image Credit: Google Maps (Milik Pribadi)

4. Berfoto Ria

Berfoto ria merupakan kegiatan menarik yang jangan sampai Anda lewatkan saat menghabiskan waktu liburan di Telaga Warna ini. Sehingga, Anda bisa mengenang setiap momen berharga yang sudah dilakukan di tempat wisata yang satu ini. Selain itu, juga karena banyak sekali spot foto yang keren dan kece dengan pemandangan alam yang begitu memukau.

Dengan begitu, hasil dari jepretan Anda pun dijamin tidak akan mengecewakan. Untuk spot foto yang banyak digemari oleh wisatawan yaitu air telaga. Anda bisa berswafoto dengan background air telaga yang warnanya selalu berubah-ubah.

5. Bersepeda

Siapa yang sangka ternyata Anda dapat melakukan kegiatan bersepeda di kawasan tempat wisata yang satu ini. Pasalnya, terdapat tempat untuk menyewa sepeda yang diperuntukkan seluruh wisatawan disana. Anda hanya perlu membayar sebesar 10 ribu rupiah untuk bisa menyewa sepeda. Dengan begitu, Anda pun sudah dapat menyusuri kawasan telaga tanpa harus berjalan kaki.

Fasilitas yang Tersedia di Telaga Warna Bogor

Fasilitas di Telaga Warna Bogor
Image Credit: Google Maps (Telaga Warna Resort & Resto)

1. Pos Jaga

Di Telaga Warna ini sudah disediakan pos jaga yang bisa Anda jadikan sebagai tempat aduan apabila terjadi sesuatu hal. Anda dapat langsung melaporkan sesuatu hal tersebut kepada pengelola yang ada di pos jaga tersebut. Selain itu, pos jaga ini juga dapat digunakan untuk mencari informasi yang berkaitan dengan tempat wisata ini.

2. Mushola

Bagi wisatawan yang beragam Islam, maka telah disediakan mushola sebagai tempat melaksanakan ibadah. Kondisi dari mushola disana juga cukup terawatt dan bersih. Sehingga, kegiatan beribadah bisa dilakukan dengan nyaman.

3. Rumah Makan

Di tempat wisata yang satu ini pun sudah terdapat beberapa rumah makan dengan berbagai macam menu yang lezat. Restoran Rindu Alam merupakan rumah makan yang banyak dipilih wisatawan karena menyediakan menu makanan khas Sunda. Lokasinya pun tidak jauh dari gerbang masuk ke wisata ini.

4. Toilet Umum

Toilet merupakan fasilitas penting yang sebaiknya ada di kawasan wisata. Pengelola tempat wisata ini pun sudah menyediakan beberapa toilet umum untuk wisatawan.

4. Menara Pandang

Untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan bird watching, maka disana sudah disediakan menara pandang yang lumayan tinggi. Dari menara tersebut, Anda dapat dengan bebas melihat berbagai jenis burung ataupun bahkan memotretnya. Pastinya hal ini sangat menyenangkan bagi Anda yang menyukai hewan khususnya burung.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang berkaitan dengan wisata alam Telaga Warna di Bogor yang sangat eksotis. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini ketika waktu liburan telah tiba. Ajaklah pula sahabat maupun keluarga supaya liburan Anda semakin terasa menyenangkan.