Taman Kelinci salah satu objek wisata alam dan edukasi untuk keluarga di Malang. Taman sejuk yang memungkinkan pengunjung berinteraksi dengan kelinci yang menarik dikunjungi untuk liburan yang berkesan.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-15.00, Alamat: Samaan Klojen, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Kota Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Daerah Jawa Timur khususnya Malang, memiliki banyak tempat wisata edukasi yang bisa Anda temukan. Salah satu wisata baru yang mengambil tema edukasi adalah Taman Kelinci yang berada di Kota Batu. Wisata baru tersebut sedang banyak dibicarakan karena daya tariknya yang berbeda.

Sudah bisa ditebak dari namanya, Anda akan menemukan banyak hewan pengerat satu ini. Selain bisa bermain dengan kelinci yang menggemaskan, terdapat objek wisata lain yang berada di taman tersebut.

Suasana dan udaranya yang sejuk, akan membuat pengunjung semakin betah berlama-lama. Area taman yang dikelilingi oleh perbukitan ini memiliki beragam fasilitas yang akan didapatkan oleh para pengunjungnya. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai wisata Taman Kelinci Batu Malang.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Kelinci

Daya Tarik Taman Kelinci
Image Credit: Google Maps (Ardantya Syahreza)

1. Berinteraksi Dengan Kelinci

Siapa yang tak kenal dengan hewan pemilik telinga panjang satu ini. Cara jalannya yang melompat-lompat akan membuat gemas siapa pun yang melihatnya. Di Taman Kelinci, Anda bisa leluasa bermain dan memberi makan hewan kelinci.

Pengunjung yang membawa serta anak-anak sangat disarankan untuk mengunjungi wisata edukasi ini. Kegiatan berinteraksi dengan hewan ini dapat membantu dalam perkembangan saraf motorik anak. Tentu hal ini akan membuat perasaan anak-anak menjadi ceria.

Kelinci yang berkeliaran bebas di area taman ini juga ramah dengan pengunjung. Tak segan para kelinci tersebut akan menghampiri pengunjung yang berusaha mendekatinya. Para kelinci ini akan senang jika dielus atau digendong.

Anda juga bisa memberi makan kelinci ini dengan wortel atau sayuran lainnya. Untuk makanannya sendiri, pengunjung bisa membelinya di area taman. Jangan sekali-kali memberi pakan kelinci dengan snack atau makanan lainnya yang Anda bawa.

2. Suasana Sejuk Perbukitan

Taman Kelinci ini terletak di kawasan perbukitan, maka tak jarang banyak pengunjung yang berdatangan memilih tempat ini untuk refreshing. Terhitung banyak pengunjung yang datang berasal dari kota-kota besar yang ada di pulau Jawa.

Karena terletak di ketinggian, udara khas perbukitan akan terasa sejak Anda berada di perjalanan yang mulai menanjak. Udara yang masih bersih ini dapat memberikan pasokan oksigen yang cukup untuk paru-paru.

Bagi pengunjung yang memiliki riwayat penyakit pernafasan, sangat disarankan untuk berwisata di taman wisata edukasi ini. Suasana sejuk dengan udara bersih dari perbukitan, tentu akan lebih sehat untuk pernafasan Anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Kelinci

Alamat Taman Kelinci
Image Credit: Instagram.com @yukstravelingkebatumalang

Berada di Kecamatan Pujon yang merupakan daerah perbukitan, tidak akan ada kesulitan saat Anda mencari lokasinya. Taman Kelinci ini hanya berjarak 25 km saja dari pusat kota, jalan yang dilalui pun sudah baik kondisinya.

Rute yang akan Anda ambil jika berangkat melalui pusat kota adalah melewati Jalan Sarangan yang merupakan jalur satu arah. Perjalanan melewati jalur ini akan melalui jalan yang lurus, sampai pada akhirnya akan bertemu dengan pertigaan Jalan Mawar dan Jalan Sendang Biru.

Arahkan kendaraan Anda dengan berbelok ke kanan memasuki Jalan Mawar. Jalan yang kedua ini juga sama, bahkan akan banyak Anda lalui jalan yang lurus tanpa harus berbelok-belok.

Setelah bertemu perempatan, Anda ambil arah kiri yang menuju Jalan Kalpataru. Kemudian akan ada sungai yang Anda sebrangi dengan melewati Jembatan Soekarno-Hatta. Berbelok ke kanan setelah selesai jembatan, perjalanan Anda sudah semakin dekat.

Perjalanan tersebut memakan waktu 41 menit jika kondisi jalan tidak macet sama sekali. Lokasi wisata yang berdekatan dengan tempat wisata lain, akan semakin memudahkan pengujung untuk mendatanginya.

Jalanan berkelok khas perbukitan baru akan Anda temukan setelah memasuki Jalan Raya Songgoriti. Walaupun kondisi jalan yang cukup ekstrem, pepohonan yang berada di setiap perjalanan akan dapat mengurangi rasa khawatir Anda.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Taman Kelinci

Tiket Masuk Taman Kelinci
Image Credit: Google Maps (Ganda 69)

Harga tiket untuk hari biasa dan libur akhir pekan memang berbeda. Dimana Rp 15.000 adalah harga tiket untuk week days, sementara week end akan dikenakan biaya Rp 20.000 per orangnya.

Biaya ini sudah termasuk dengan destinasi wisata lain yang berada di kawasan taman wisata edukasi di Malang ini. Harga ini bisa dibilang murah, terhitung ada banyak spot wisata tambahan yang ada di taman tersebut.

Buka mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore, memang wisata ini jika sudah memasuki malam akan berubah menjadi daerah yang berkabut. Oleh karena itu, tidak dibukanya taman ini hingga malam hari karena dikhawatirkan jalanan akan tertutup oleh tebalnya kabut dari perbukitan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Kelinci

Aktivitas Dilakukan di Taman Kelinci
Image Credit: Google Maps (Arfan Wijaya)

1. Memetik Buah Stroberi

Tak hanya terkenal akan hewan lucu yang menjadi ikon utama wisata ini. Di Taman Kelinci ini, terdapat juga kebun buah stroberi yang bisa pengunjung datangi. Buah yang memiliki warna merah dengan rasa manis sedikit asam, banyak tumbuh subur di kawasan wisata tersebut.

Buahnya pun memiliki ukuran yang lumayan besar, ini terjadi karena pemilihan tempat untuk menanam sangat pas. Daerah perbukitan memang habitat dari buah tersebut, maka dari itu hasil buah yang didapatkan pun akan sangat memuaskan.

Selain dapat berkeliling di kebun buah stroberi, pengunjung juga dapat memetik sendiri buah yang akan dibawa pulang. Pengelola kebun tersebut akan menyediakan keranjang kecil dan sebuah gunting untuk memetik buah stroberi.

Setelah puas memetik buah, Anda bisa membawanya pulang untuk oleh-oleh atau memakannya secara langsung. Jika Anda memilih memakannya secara langsung, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu agar tidak ada kotoran yang ikut termakan.

2. Membeli Oleh-Oleh

Liburan namun tidak membeli oleh-oleh rasanya akan ada yang kurang. Ya, di Taman Kelinci ada sebuah toko yang khusus menyediakan oleh-oleh yang bisa dibeli oleh para pengunjung.

Berbagai macam jenis barang dapat Anda temui setelah memasuki tempat yang menjual beragam oleh-oleh ini. Ada kerajinan benda-benda unik dari akar tumbuhan yang memiliki baru harum. Sebagian benda yang dibuat dari akar tumbuhan ini adalah hiasan seperti pot bunga atau rak kecil.

Harga yang dibandrol pun beragam, tergantung dari ukuran dan detail barang tersebut. Jika barang yang Anda beli memiliki detail rumit, harga yang dipatok bisa mencapai ratusan rupiah bahkan puluhan juta.

Tak hanya benda mati saja yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh, minuman seperti olahan dari susu sapi dapat Anda jadikan oleh-oleh juga. Olahan susu ini memiliki daya tahan konsumsi hingga 3 minggu.

Karena telah diproses dengan baik, hasil olahan susu sapi ini akan berkualitas jauh lebih baik. Agar dapat memborong minuman ini, Anda bisa membelinya terlebih dahulu kemudian baru berkeliling taman.

3. Berfoto di Rumah Hobbit

Pengunjung akan menemukan rumah-rumah hobbit yang dibangun di kawasan Taman Kelinci Malang. Bangunan yang seperti ada didalam negri dongeng ini menjadi spot foto favorit bagi para pengunjung.

Rumah berukuran mini yang terbuat dari kayu dan beberapa akar tumbuhan ini akan terlihat lucu sekaligus unik. Rumah khas hunian para troll dari serial kartun ini akan menarik jika Anda memakainya sebagai latar belakang.

Anda bisa memasuki rumah tersebut walau harus sedikit membungkuk. Terdapat jendela-jendela kecil yang ditambahkan pada rumah hobbit tersebut.

Aktivitas di Taman Kelinci
Image Credit: Facebook.com @kotawisatabatumalang

4. Bersantai Menikmati Pemandangan

Jika hanya akan bersantai memandang perbukitan sembari meminum kopi atau coklat panas, Anda bisa duduk di dalam sebuah cafe di taman ini. Cafe ini dibangun dengan sebuah kaca sebagai dindingnya, sehingga dari dalam akan terlihat pesona perbu

Rumah penduduk yang tinggal di sekitar taman juga akan terlihat dari ketinggian ini, warna-warni atap rumah akan menambah keunikan tersendiri. Pengujung bisa mengenang keindahan ini dengan cara memotret di beberapa sudutnya.

5. Berkunjung di Goa Pinus

Tepat sekali jika daerah perbukitan banyak ditumbuhi oleh pohon berjenis pinus. Pada area Taman kelinci ini, terdapat sebuah goa yang dulunya berfungsi untuk kegiatan penambangan pasir. Jaraknya hanya 50 meter dari taman, Anda dapat berjalan kaki saja untuk sampai ke lokasinya.

Suasana di dalam goa agak dingin karena lingkungannya yang lembab. Pengunjung bisa masuk ke dalam doa yang memiliki tinggi sekitar 1 meter ini.

6. Melihat Pengolahan Susu Sapi

Ada satu tempat yang mengijinkan pengunjung Taman Kelinci untuk melihat secara langsung pengolahan susu sapi. Berbagai macam olahan hasil susu sapi ini dijual di pusat oleh-oleh yang ada di taman tersebut.

Sebelum memasuki tempat pengolahan, Anda diharuskan mengenakan pakaian khusus agar tidak mengotori produk. Pakaian ini tentunya sudah disiapkan oleh pihak setempat, dengan mendapat bonus seorang pemandu yang akan menemani Anda.

Walaupun tidak memeras susu sapi dari hewannya langsung, namun Anda bisa melihat bagaimana proses pengolahan tersebut hingga pemasarannya. Hal ini akan menjadi pengalaman baru bagi Anda yang sebelumnya belum pernah melihat pengolahan susu sapi.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Kelinci Malang

Fasilitas di Taman Kelinci Malang
Image Credit: Google Maps (Dhina Bsa)

Fasilitas yang tersedia di taman wisata ini sudah bisa dikatakan lengkap. Dimana mulai dari toilet hingga pusat oleh-oleh, dapat ditemukan di area yang memiliki luas 1-2 hektar tersebut.

Rumah makan atau cafe yang menyajikan beragam menu juga tersedia bagi para pengunjung untuk memenuhi isi perutnya. Menu andalan rumah makan yang ada di Taman Kelinci ini adalah makanan khas Jawa Timur yang terkenal akan rasa pedasnya.

Untuk cafenya yang memiliki desain unik, memiliki minuman unggulan yang terbuat dari olahan susu sapi murni. Sembari menikmati makanan dan minuman tersebut, Anda bisa melihat pemandangan perbukitan hijau yang terpampang di depan mata.

Tak ketinggalan, tersedia parkir dengan lahan luas yang dapat memuat kendaraan pribadi para pengunjung. Jadi jangan berpikir bahwa daerah perbukitan hanya menyediakan lahan sempit untuk parkir kendaraan.

Bagaimana untuk oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang? Tenang, di kawasan taman ini telah dibangun plaza dan pusat oleh-oleh khas wisata tersebut. Anda bisa memborong oleh-oleh untuk dibawa pulang dan memberikannya kepada saudara.

Itulah informasi mengenai Taman Kelinci yang berada di Malang, Jawa Timur. Paket lengkap yang ada di wisata tersebut, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Oleh karena itu, sempatkan diri Anda untuk berkunjung di wisata ini saat berada di Jawa Timur.