Eco Green Park menyuguhkan eksotisme kawasan alam hijau yang teduh di Batu Malang. Wahana wisata favorit sambil belajar ekosistem yang menarik dikujungi saat liburan dan akhir pekan.

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu.
Map: Cek Lokasi

Eco Green Park sudah sangat populer di kalangan masyarakat luas, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata alam berupa taman hijau ini menawarkan keanekaragaman flora dan fauna sesuai dengan konsepnya. Objek wisata ini sangat cocok untuk tempat berlibur Anda dan keluarga karena selain bersantai menikmati alam, Anda juga dapat sembari belajar mengenal isi alam tersebut.

Anda dapat berinteraksi langsung dengan berbagai macam satwa yang ada di wisata alam taman hijau ini, salah satu contohnya adalah Burung Beo. Objek wisata satu ini merupakan taman ekosistem terbesar dan menjadi salah satu wisata terbaik di Indonesia. Sejuknya udara Kota Malang dan indahnya pemandangan pegunungan yang mengelilingi wisata ini menambah keunikan alamnya.

Meskipun baru dibuka tahun 2012 silam, objek wisata ini selalu ramai dipadati wisatawan. Wisata alam ini dibangun sebagai pelengkap dari berbagai wahana yang ada di dalam kawasan Jatim Park 2 seperti Museum Satwa dan Batu Secret Zoo yang sudah lebih dulu ada. Terdapat banyak wahana di wisata alam ini yang memiliki nilai edukasi tinggi dan menambah wawasan Anda tentang alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Eco Green Park

Daya Tarik Eco Green Park
Image Credit: Google Maps (Iwan Adi)

Wisata alam ini akan mengajak Anda untuk bisa lebih dekat dengan alam. Semakin Anda mencintai alam, maka Anda akan semakin betah berada di tempat ini. Kata ‘Green’ yang terkandung di dalam nama objek wisata ini menyiratkan gambaran nyata tentang seperti apa suasana yang ada di dalamnya. Anda akan disambut ramah oleh sentuhan alam dengan berbagai flora dan fauna yang menghiasinya.

1. Beberagaman Flora dan Fauna yang Menarik

Walaupun memiliki nama ‘green park’, namun pemandangan yang disuguhkan tidak hanya berupa pepohonan hijau yang rimbun saja, akan tetapi Anda juga akan mendapati berbagai macam flora dan fauna yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya.

Anda disarankan untuk berkunjung kesini dengan mengajak seluruh anggota keluarga supaya wawasan Anda dan keluarga semakin bertambah.

2. Dapat Berinteraksi Langsung Dengan Satwa

Di tempat wisata ini Anda akan mendapatkan pengalaman yang seru dan berharga karena Anda memperoleh kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan beragam satwa yang ada disini.

Sebagai contohnya, Anda dapat mencoba bermain dengan burung Beo dan menaruhnya di bahu atau lengan Anda. Jangan lupa untuk mengabadikannya dengan memotret kegiatan Anda menggunakan kamera.

3. Objek Wisata Alam yang Unik

Pemandangan di objek wisata Eco Green Park tergolong unik. Bagaimana tidak, konsep yang digunakan objek wisata ini adalah perpaduan antara kebun binatang dan taman hijau. Ibarat kata, Anda akan mendapatkan dua tema tempat wisata disini sekaligus. Maka tidak mengherankan jika wisatawan luar kota maupun mancanegara banyak yang mengunjungi tempat ini ketika mereka berlibur ke Malang.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Eco Green Park

Lokasi Eco Green Park
Image Credit: Google Maps (dwi lutfi budianto)

Objek wisata taman hijau ini lokasinya sangat strategis. Letaknya berada di Jl. Raya Oro-oro Ombo No. 9 Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur. Tempat wisata ini sudah sangat populer, sehingga Anda tidak perlu susah untuk menemukan tempat ini ketika berlibur ke Kota Malang.

Tempat wisata ini dapat menjadi pilihan destinasi wisata Anda karena merupakan tempat rekreasi dan juga tempat edukasi. Bagi Anda wisatawan luar kota maupun wisatawan mancanegara, Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan transportasi umum. Anda sebelumnya dapat naik kereta dengan tujuan Stasiun Malang.

Kemudian Anda melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum ADL tujuan terminal Landungsari. Setelah itu, Anda oper angkutan umum menuju Terminal Batu. Setelah sampai Terminal Batu, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke lokasi yang ingin Anda tuju. Objek wisata tersebut masih berada di satu kawasan dengan Jatim Park 2.

Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan aplikasi google maps atau waze dengan kata kunci ‘Eco Green Park’. Anda dapat mengikuti petunjuk arah yang ditampilkan dan memilih rute yang paling dekat.

Harga Tiket Masuk Eco Green Park Batu Malang

Harga Tiket Masuk Eco Green Park
Image Credit: Google Maps (Noventia Aja)

Anda lebih baik mencari informasi yang detail dan lengkap terlebih dahulu sebelum berangkat untuk berlibur ke objek wisata ini. Wisata alam ini dibuka untuk umum setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 08.30 – 16.30 WIB.

Harga tiket masuk ke objek wisata ini berkisar antara Rp 50.000 – Rp 150.000. Objek wisata ini masih satu group dengan Jatim Park dan bertemakan aneka flora dan fauna. Tiket masuk EGP terbagi menjadi 2 yaitu tiket masuk regular dan paket terusan.

Mulai periode tanggal 18 Desember 2020 hingga 7 Januari 2021, tiket masuk regular objek wisata ini adalah Rp 50.000 per orang untuk weekday dan weekend. Sedangkan tiket masuk paket terusan 1 (tiket masuk reguler EGP + Sweet Memories Selfie + Batu Secret Zoo) adalah Rp 120.000 per orang.

Kemudian, harga tiket masuk paket terusan 2 (tiket masuk regular EGP + Sweet Memories Selfie + Batu Secret Zoo + Museum Satwa) adalah Rp 150.000 per orang. Harga tiket di atas dapat berubah sewaktu-waktu terutama saat musim liburan dan lebaran. Oleh karena itu, jika ingin memastikan informasi terbaru mengenai objek wisata ini, Anda dapat menghubungi nomor telepon 0341-1512525.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Eco Green Park

Aktivitas Menarik di Eco Green Park
Image Credit: Google Maps (Tony Purnomo)

1. Berinteraksi Langsung Dengan Beragam Spesies Burung Cantik

Di objek wisata ini terdapat lebih dari 1000 macam spesies burung cantik yang siap menyambut Anda dengan ramah. Disini Anda dapat bermain bersama burung-burung dengan leluasa.

Anda disarankan untuk membawa kamera untuk memotret kegiatan seru Anda bersama burung-burung cantik tersebut. Contoh hasil foto wisatawan yang bagus dapat Anda lihat di akun Instagram EGP @ecogreenpark.

2. Berkeliling Taman Dengan Shuttle Train

Bagi Anda yang tidak ingin berjalan kaki saat mengelilingi taman ini, pengelola sudah menyiapkan fasilitas berupa shuttle train. Shuttle train merupakan kereta mini yang digunakan untuk mengelilingi taman. Anda tidak akan merasa capek jika menggunakan fasilitas ini karena dengan duduk santai saja Anda dapat menikmati suasana yang menyenangkan di area taman tersebut.

3. Berkeliling Taman Dengan E-Bike

Terdapat juga fasilitas E-Bike untuk Anda yang ingin berkeliling taman dengan menggunakan sepeda. E-Bike ini disewakan kepada para wisatawan dengan biaya sewa Rp 150.000 per orang untuk durasi penggunaan selama 3 jam.

Anda yang memiliki fisik kuat dan sehat dapat mencoba fasilitas satu ini untuk berkeliling taman. Fasilitas satu ini lebih ramah lingkungan dan lebih bebas untuk meng-explore.

4. Bermain di Jungle Adventure

Anda yang ingin merasakan sensasi berada di hutan dapat mencoba wahana yang satu ini. Hutan di Jungle Adventure ini hanya hutan buatan namun sangat mirip menyerupai hutan asli. Aktivitas disini sangat seru karena Anda akan berkeliling dengan kereta dan juga dibekali senjata. Senjata yang digunakan hanya senjata mainan bukan senjata asli.

Dengan dibekali senjata tersebut, Anda diharuskan menembak pemburu yang akan Anda temui di tengah jalan. Hasil tembakan Anda nantinya akan muncul di papan skor di akhir perjalanan petualangan Anda di wahana Jungle Adventure. Pengalaman berburu ini akan membawa Anda dengan sensasi seperti berada di sebuah game dengan latar belakang hutan.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Eco Green Park
Image Credit: Google Maps (Fatma Arifin)

5. Belajar di Taman Biogas

Di taman ini Anda akan diajak untuk melihat bagaimana sampah dan limbah yang sudah tidak digunakan diolah menjadi energi yang berupa biogas. Biogas merupakan alat bahan bakar yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Di taman ini sudah dilengkapi dengan alat peraga yang dapat Anda gunakan. Selain menyenangkan, Anda juga akan mendapat wawasan dan ilmu baru saat berkunjung ke Eco Green Park Batu.

6. Menambah Wawasan di Wahana Simulasi Pembangkit Listrik

Wahana Simulasi Pembangkit Listrik ini akan mengajarkan Anda tentang bagaimana proses terbentuknya listrik yang bersumber dari alam hingga menjadi arus listrik yang biasa Anda gunakan sehari-hari.

Di wahana ini Anda akan menemukan 2 sistem pembangkit listrik seperti PLTU dan PLTA. Proses pengolahan sumber daya alam menjadi aliran listrik tenaga tinggi juga dapat ditemukan disini.

7. Bermain Dengan Burung Hantu di Owl House

Di wahana Owl House ini Anda akan bertemu dengan burung hantu berwarna putih salju yang sangat mirip dengan Hedwig, burung hantu milik Harry Potter. Burung hantu tersebut ternyata tidak hanya ada di film saja, namun tempat wisata ini juga memilikinya. Jenis burung hantu lain yaitu European agle Owl yang warnanya kecoklatan dan sangat mirip dengan burung elang,

8. Melihat Atraksi Burung Beo di Parrot Show

Wahana yang tak kalah menariknya dengan wahana burung yang lain yaitu wahana World of Parrot and Parrot Show. Anda akan menjumpai berbagai jenis burung beo yang cantik dan lucu di wahana ini. Anda juga dapat melihat atraksi burung beo yang pintar menirukan suara. Terdapat pertunjukan burung beo atau yang biasa disebut Parrot Show biasanya digelar pukul 11.00 – 14.00 WIB.

Fasilitas yang Tersedia di Eco Green Park Batu Malang

Fasilitas di Eco Green Park Batu Malang
Image Credit: Google Maps (Ratja Tour)

Tempat wisata ini sudah tidak diragukan lagi kelengkapan fasilitasnya. Fasilitas umum seperti area parkir yang luas, restoran, mesin ATM, wheel chair untuk pengunjung difabel, tempat khusus ibu menyusui, tempat ibadah, toilet bahkan wifi sudah tersedia disini. Selain itu, fasilitas unik berupa shuttle train dan E-Bike juga tersedia untuk Anda yang ingin berkeliling di tempat wisata ini.

Fasilitas lain berupa wahana-wahana yang seru dan menyenangkan juga hadir di tempat wisata ini. Wahana-wahana tersebut antara lain : eco science center, jungle adventure, owl house, world of parrot and parrot show, hanoman bioskop 3 dimensi, rumah terbalik, plaza music, water outbond and water track, metal recycle, animal farm, eco journey, dan lain sebagainya.

Anda disarankan untuk mengajak seluruh anggota keluarga Anda terutama anak-anak untuk menikmati liburan di tempat wisata ini karena wahana yang dimiliki sangat lengkap dan edukatif. Anda akan membawa ilmu dan wawasan baru sepulang dari tempat wisata ini. Oleh karena itu, Anda dapat segera menyiapkan budget dan memasukkan tempat wisata ini ke dalam daftar tempat liburan.