16 Tempat Wisata di Batu Malang yang Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Batu Malang

Batu menjadi destinasi wisata dengan berbagai tujuan menarik. Anda bisa mengunjungi rekomendasi tempat wisata di Batu Malang yang populer seperti wisata sejarah, alam, modern, keluarga, kuliner, dan lainnya.

Nama Batu dan Malang sudah sering didengar sebagai tujuan wisata favorit. Lokasinya dekat dengan gunung membuat daerah tersebut sangat sejuk dan segar. Kota Batu sudah menjadi daerah otonom. Meskipun banyak orang sering menyebut Batu adalah bagian dari Malang, wilayah ini memiliki pemerintahan tersendiri. Hal tersebut berdampak pada pengelolaan wisata yang lebih baik untuk turis dari dalam dan luar negeri.

Untuk menelusuri apa saja yang ada di Batu, beberapa tempat wisata berikut dapat dijadikan acuan. Selain itu, Anda mungkin menemukan tempat yang belum dikenal banyak orang.

1. Coban Talun

Coban Talun

Image Credit: Travelspromo.com

Jika membahas mengenai wisata di Batu Malang, nama coban talun sudah tidak asing lagi. Anda bisa berkunjung ke tempat ini dan menikmati keindahan alam yang luar biasa. Lokasinya berada di desa yang masih asri dan murni. Daya tarik coban talun adalah air terjun yang mengalir jernih seolah tidak pernah habis.

Anda akan melihat langsung bagaimana air tersebut membentuk panorama indah. Coban talun memiliki lokasi yang bisa dijadikan untuk spot foto. Banyak sekali pengunjung yang mengabadikan momen di tempat ini. Selain itu, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk berenang tetapi harus dengan pengawasan dan dalam musim dimana air tidak terlalu deras.

Lokasi: Tulungrejo, Kota Bumiaji, Kota Batu.

2. Omah Kayu

Omah Kayu

Image Credit: Ngalam.co

Batu seolah tidak pernah habis dengan ide kreatif untuk lokasi wisata. Dengan latar belakang yang indah dan asri, Anda bisa menikmati wisata Omah Kayu. Arti dari tempat tersebut adalah rumah kayu atau tree house..

Daya tarik wisata ini terletak di konstruksi rumah dan desainnya yang unik. Selain itu, lokasi rumah berada di atas ketinggian dimana memberikan sensasi sendiri terutama bagi mereka yang baru pertama kali mencoba. Anda juga bisa melihat langsung latar belakang suasana alam yang indah dan berpadu dengan baik bersama desain rumah tersebut.

Lokasi: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

3. Taman Langit

Taman Langit

Image Credit: Travelspromo.com

Selalu ada hal baru di Batu Malang dan salah satunya adalah Taman langit. Konsep wisata ini memadukan taman dan lokasi berada di atas bukit. Untuk mencapai tempat ini, Anda membutuhkan usaha ekstra. Akan tetapi, turis tidak perlu khawatir mengenai akomodasi. Taman Langit memiliki area penunjang yang cukup bahkan lebih.

Wisata ini mengedepankan pemandangan alami dan spot unik untuk mengambil gambar. Anda area dengan background angsa untuk mereka yang ingin mendapatkan sensasi terbang. Tentu saja, masih ada spot lain di Taman Langit yang harus dicoba. Inilah salah satu tempat wisata Batu Malang yang naik daun dan sangat direkomendasikan.

BACA:  Berenang Sambil Menikmati Keindahan Alam Bukit Kacapi di Tasikmalaya

Lokasi: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

4. Goa Pinus

Goa Pinus

Image Credit: Travelsafe-aca.com

Anda pernah melihat hutan pinus. Saat ini, beberapa tempat wisata mengadopsi konsep hutan pinus dan menggabungkannya dengan wisata alam. Anda akan menemukan wisata jenis tersebut di Batu Malang. Lokasinya tepat berada di area hutan pinus dengan suasana alami yang segar.

Yang menarik dari tempat ini adalah Anda tidak hanya berkeliling hutan tersebut tetapi mencoba naik dan di pondok kayu. Letaknya tepat berada di atas pohon sehingga mirip dengan rumah kayu. Dari atas, Anda bisa melihat langsung area sekitar dan menikmati pemandangan yang masih alami.

Lokasi: Gunung Mbah Ba’i, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

5. Paralayang Batu

Paralayang Batu

Image Credit: Travelspromo.com

Tempat wisata selanjutnya adalah Paralayang Batu. Secara umum, lokasi ini terletak diatas bukit yang sering digunakan untuk olahraga paralayang. Anda bisa mengunjunginya untuk sekedar menikmati suasana alam atau ikut bergabung mencoba olahraga ini. Tentu saja, paralayang di tempat ini sudah terjamin dari sisi keamanan dan didukung oleh instruktur yang berpengalaman.

Lokasinya mudah dicapai karena memang disediakan khusus untuk keperluan paralayang. Anda sebaiknya menggunakan kesempatan ini untuk mencoba sensasi gliding dan melihat area sekitar langsung dari atas.

Lokasi: Jl. Arumdalu No.20, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu.

6. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular

Image Credit: Ikutilangkahkaki.com

Kota Batu semakin berbenah diri. Untuk menarik wisatawan, kota ini juga menyiapkan wahana wisata hiburan. Salah satunya adalah Batu Night Spectacular atau disebut BNS. Tempat ini cocok untuk melepas penat dan mencoba wahana unik yang seru. Selain itu, terdapat pula spot untuk anak-anak dan wahana yang aman.

Di BNS, Anda bisa mencoba permainan seperti sepeda udara, gallery hantu, lampion garden, drag race, dan trampoline. Selain itu, banyak tempat makanan dan souvenir di sekitar lokasi BNS. Pengunjung juga bisa menikmati musik yang selalu tersedia di lokasi ini. Akses ke BNS sangat mudah dan bisa dijangkau dengan mode transportasi apapun.

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu.

7. Museum Angkut

Museum Angkut

Image Credit: Mldspot.com

Bagi yang suka dengan kendaraan dan sejarah, tempat wisata yang cocok adalah Museum Angkut. Dari namanya, Anda sudah bisa menebak apa saja koleksi dan tema dari museum ini. Secara umum, tempat ini baru berdiri tetapi berhasil menarik antusiasme para turis. Anda bisa menemukan museum ini dengan mudah.

Koleksinya beragam dari kendaraan masa lalu hingga modern. Anda bisa menjelajah area museum yang dikelompokkan dalam berbagai zona. Masing-masing memiliki koleksi yang saling berkaitan. Selain itu, museum ini juga menyediakan area edukasi dimana pengunjung bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan mendalam.

Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu.

BACA:  10 Tempat Makan Enak di Madiun Favorit Wisatawan

8. Jatim Park 1 dan 2

Jatim Park 1 dan 2

Image Credit: Hargatiket.net

Salah satu tujuan wisata di Batu Malang adalah Jatim Park 1 dan 2. Keduanya berada di Batu dan merupakan wahana wisata yang berkaitan. Meskipun lokasinya tidak menjadi satu, Anda bisa mengunjungi satu per satu. Jatim park 1 menawarkan wahana permainan menarik yang sering ditemukan di taman bermain.

Anda juga bisa menikmati suasana permainan yang unik saat berkunjung ke Jatim Park 2. Tempat ini memiliki area untuk anak sehingga orang tua tidak khawatir ketika memilih wahana yang akan dituju. Untuk menarik lebih banyak turis, pengelola menyediakan spot untuk kuliner dan juga hiburan terutama di malam hari.

Lokasi: Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu.

9. Alun-Alun Kota Batu

Alun-Alun Kota Batu

Image Credit: Explorewisata.com

Salah satu ciri khas sebuah kota di Jawa adalah alun-alun. Anda bisa menemukannya hampir di berbagai kota baik kecil maupun besar. Hal yang sama juga terjadi di Batu Malang. Untuk tujuan wisata, alun-alun kota Batu layak dijadikan rekomendasi. Jika ingin tahu dimana lokasi wisata pertama yang dituju turis, alun-alun selalu menjadi spot yang tidak boleh dilewatkan.

Alun-alun ini mengalami renovasi agar lebih nyaman dan indah. Selain itu, turis bisa menikmati suasana kota Batu secara langsung karena lokasi ini berada di pusat kota. Di sekitar alun-alun, Anda menemukan berbagai wahana permainan yang cocok untuk anak serta beberapa spot untuk duduk. Inilah destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh para turis saat ke Batu.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu.

10. Museum D’Topeng

Museum D’Topeng

Image Credit: Macigo.com

Kota Batu Malang juga menjadi tempat untuk Museum d’topeng. Ini adalah destinasi wisata bagi mereka yang suka sejarah dan budaya. Koleksi utama adalah topeng yang berasal dari berbagai daerah. Museum ini memiliki koleksi lebih dari 2000 topeng.

Selain itu, berbagai koleksi lain juga tersedia yang menjadi representasi kebudayaan Indonesia. Anda bisa melihat benda-benda dan lukisan kuno yang berasal dari zaman masa lalu. Selain itu, ada pula koleksi yang berkaitan dengan budaya lain. Tempat ini selalu dipadati pengunjung

Lokasi: Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu.

11. Kusuma Agrowisata Batu

Kusuma Agrowisata Batu

Image Credit: Dakatour.com

Saat membahas kota Malang dan Batu, apel adalah sesuatu yang muncul pertama kali. Apel menjadi komoditi agribisnis di wilayah ini. Selain produksi apel, beberapa tempat wisata juga menggunakan konsep agrowisata. Salah satunya adalah Kusuma Agrowisata Batu.

Pengunjung bisa memetik apel langsung dari pohonnya. Selain itu, lokasi ini memiliki keindahan alam yang masih asri. Anda bisa mencoba produk lain dan juga kuliner yang berhubungan dengan apel.

Lokasi: Jl.  Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu.

12. Petik Apel Bumiaji

Petik Apel Bumiaji

Image Credit: 1001Malam.com

Lokasi wisata lain yang harus dicoba adalah Petik Apel Bumiaji. Ini adalah tempat dimana pengunjung bisa berkeliling lalu memetik apel yang sudah matang dari pohon. Lokasinya di desa yang masih menjaga keaslian suasana alam.

BACA:  40 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Selain apel, tempat ini juga menyediakan beberapa buah seperti jeruk. Seperti biasa, turis berhak memetik dan mencoba langsung. Sensasi memetik buah menjadi daya tarik tersendiri apalagi bagi mereka yang jarang melihat pohon-pohon berbuah di alam.

Lokasi: Jl. Raya Tulungrejo No.24, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

13. Kaliwatu Rafting

Kaliwatu Rafting

Image Credit: Kaliwaturafting.com

Anda suka dengan rafting dan Kaliwatu adalah lokasi yang cocok untuk melakukan olahraga tersebut. Kaliwatu rafting menyediakan fasilitas untuk menjelajah sungai. Anda bisa melihat langsung kondisi sekitar.

Anda tidak perlu khawatir karena rafting di tempat ini sudah memiliki lisensi. Keamanan menjadi faktor utama. Pengunjung akan mendapatkan pelatihan singkat dan pengawasan dari instruktur berpengalaman.

Lokasi: Jl. Bung Tomo No.19, Bumiaji, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

14. Pura Giri Arjuno

Pura Giri Arjuno

Image Credit: Detik.com

Di Batu Malang, Anda bisa mengunjungi Puro Giri Arjuno. Pura ini terletak di kaki gunung Arjuno. Saat ini, pura masih digunakan oleh umat Hindu di Jawa timur. Anda melihat langsung gaya bangunan khas Hindu di pura ini.

Nama pura berarti gunung arjuno dimana pura tersebut berdiri. Lokasinya akan penuh dengan umat Hindu di hari-hari tertentu. Selain itu, Anda juga bisa menikmati acara khusus di pura ini.

Lokasi: Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

15. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar

Image Credit: Merdeka.com

Batu dan Malang terletak di lereng gunung dan bukit. Daerah ini dikelilingi oleh gunung-gunung menjulang tinggi sehingga potensi wisata alam selalu berkaitan dengan lokasi tersebut. Salah satunya adalah pemandian air panas Cangar. Lokasi ini mudah dijangkau dan selalu ramai apalagi jika harus libur.

Anda bisa mandi di air panas yang jernih. Riset menyatakan bahwa air panas alami memiliki khasiat untuk meredakan penyakit kulit. Selain itu, Cangar memiliki latar belakang suasana alam yang alami sembari Anda mandi di alam terbuka. Pemandian air panas harus masuk menjadi kalender wisata Anda dan keluarga.

Lokasi: Tulungrejo Bumiaji, Sumber Brantas, Kec. Batu, Kota Batu.

16. Coban Rondo

Coban Rondo

Image Credit: Tabloidwisata.com

Salah satu objek wisata di Batu Malang adalah Coban Rondo. Ini adalah air terjun dengan ketinggian yang cukup curam. Lokasinya berada di tengah alam yang masih asri. Anda bisa mengunjunginya langsung dan menikmati kesegaran udara sekitar. Perlu diketahui, nama coban artinya air terjun dan rondo adalah janda.

Tempat ini sudah terkenal karena sering menjadi objek konten di berbagai media hiburan seperti televisi. Jika bertanya mengenai air terjun di Batu Malang, nama coban rondo akan muncul bersama dengan coban talun.

Lokasi: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang.

Semua tempat wisata di Batu Malang di atas merupakan destinasi yang terkenal. Anda tidak perlu bingung mencarinya. Pemandu bahkan Anda sendiri pun bisa berkunjung langsung. Selain itu, masih banyak tempat lain yang potensial untuk Anda kunjungi di Batu Malang.