Kebun Teh Bogor salah satu objek wisata yang indah nan hijau di Cisarua, Bogor, Jawa Barat yang menarik dikunjungi. Agrowisata ini juga menawarkan beragam wahana permainan dan outbound seru.

Harga Tiket: Rp 15.500, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kota Bogor, Jawa Barat Map: Cek Lokasi

Bogor terkenal akan udaranya yang sejuk cenderung dingin terutama di kawasan Puncak. Letaknya di atas perbukitan memungkinkan para wisatawan untuk menepi sejenak dari padatnya polusi kota metropolitan. Banyak pepohonan tumbuh subur di sekitar sini dan mengisi hampir setiap lahan kosong. Di samping itu, Bogor juga menawarkan beragam perkebunan teh dengan segala pesona yang dimiliki.

Salah satu Kebun Teh Bogor yang populer berada di area Kebun Teh Gunung Mas. Membentang di atas lahan seluas 2.551 hektare, bisa menghasilkan 6 ton teh kering dan 28 ton teh basah per harinya. Suhu udaranya diperkirakan hanya menyentuh angka 12 sampai 22 derajat Celcius, di mana posisinya terletak pada ketinggian 800-1.200 mdpl.

Objek wisata yang dikelola oleh pemerintah dan menawarkan beragam kegiatan menarik dengan tarif relatif murah. Hamparan teh hijau dengan perkebunan teh bernuansa serba hijau tampak begitu indah dipandang mata. Kesan segar terasa sangat kental selama Anda bertamasya di Kebun Teh Bogor satu ini. Lokasi sempurna bagi para pencari kedamaian dan ketenangan.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Teh Bogor

Daya Tarik Kebun Teh Bogor
Image Credit: Twitter.com @GodesaIndonesia

1. Panorama Alam Khas Pegunungan

Ke mana saja wajah Anda menghadap, suasana serba hijau akan selalu menyertai. Saturasi hijaunya pun beragam, mulai dari yang paling terang hingga cenderung gelap. Tak hanya bersumber dari tanaman teh, aneka pepohonan juga tumbuh di sekitar sini.

Wisatawan akan dibawa menyusuri jalan setapak, sebagian ada yang telah diberi aspal, sisanya berada di antara kepungan tanaman hijau. Tumbuhan dan rumput yang menjalar di atas lahan Kebun Teh Cisarua tertata rapi. Semuanya dipangkas sedemikian rupa sehingga menghadirkan kenyamanan bagi orang yang melihatnya.

Dari jauh, Anda pun bisa melihat barisan perbukitan, serta kawasan perkotaan. Belum lagi, embusan angin sepoi akan turut menemani Anda. Ketika suhu udara menyentuh angka 18 derajat Celcius, dipastikan Anda akan merasa kedinginan. Karena itu, jangan lupa gunakan jaket selama bertamasya, khususnya bagi Anda yang belum terbiasa dengan udara Bogor.

2. Tersedia Fasilitas Paralayang

Bagi Anda yang menyukai aktivitas ekstrem, sangat direkomendasikan mencoba fasilitas permainan paralayang di Gunung Mas Puncak. Anda akan disajikan lanskap memukau dari atas ketinggian. Panorama di seluruh kawasan objek wisata ini siap memanjakan Anda. Tak perlu khawatir terluka karena pihak pengelola sudah memastikan keamanan fasilitas tersebut.

Rasakan sensasi seru ketika Anda terjun dari atas bukit seolah menantang maut. Nikmati setiap momen ketika tubuh berada di udara. Sesaat sebelum parasut mendarat ke permukaan tanah, Anda mungkin ingin mencobanya sekali lagi.

3. Kesempatan Mengunjungi Pabrik Teh Secara Langsung

Kebun Teh Bogor tentunya memiliki pabrik tersendiri untuk mengolah produksi dedaunannya. Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk melihat proses pengolahan daun teh secara langsung. Meski tanaman ini termasuk minuman yang lazim dinikmati oleh masyarakat, tetapi masih banyak yang belum mengetahui proses pembuatannya.

Dengan berkunjung ke sini, Anda dapat menyaksikan langsung bagaimana daun teh diolah hingga layak konsumsi. Baik teh celup maupun teh curah, seluruhnya bisa Anda saksikan dalam satu tempat. Pengunjung dimungkinkan untuk mengeksplorasi pabrik secara berkelompok maupun perorangan.

Tentu, ini akan menambah wawasan sekaligus menjadi pengalaman tak terlupakan. Anda juga bisa bertanya kepada pemandu wisatanya jika mengalami kebingungan. Intinya, ketika mengeksplorasi pabrik teh, artinya Anda dan/atau rombongan selangkah lebih dekat dengan sumber informasi mengenai dunia teh.

Daya Tarik Kebun Teh
Image Credit: Twitter.com @SuciAndni

4. Flying Fox untuk Outbound

Tersedia dua jenis flying fox yang dapat Anda coba menyesuaikan panjang lintasannya. Anda dimungkinkan  untuk terbang melintasi kawasan perkebunan teh. Biasanya, peserta outbound akan diantar dan dijemput menggunakan mobil menuju titik kumpul. Biaya yang dibutuhkan agar bisa menikmati wahana permainan ini tergantung pada panjang lintasan yang dipilih.

5. Arena Piknik

Piknik di akhir pekan bisa jadi sarana mengeratkan hubungan yang mulai longgar bersama orang terkasih. Baik keluarga, teman, maupun pasangan, semuanya bisa menghabiskan waktu di Kebun Teh Bogor. Bawalah perlengkapan memadai sedari rumah agar suasananya semakin menyenangkan.

Memang benar, pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas memadai bagi pengunjung, namun demikian acara piknik akan lebih seru kalau Anda menyiapkannya sendiri. Bawalah tikar untuk kemudian digelar di atas hamparan rumput. Cari spot terbaik untuk bercengkerama bersama rombongan.

Di antara deretan pepohonan pinus, di dekat tumbuhnya tanaman teh, ditemani semilir angin menenangkan. Suasana semacam ini telah menunggu untuk Anda nikmati bersama orang tersayang. Pada kesempatan tersebut, usahakan tidak sibuk bermain hp sendirian karena jatuhnya jadi sia-sia waktu yang telah susah payah dialokasikan demi kebersamaan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kebun The

Alamat Kebun The
Image Credit: Goole Maps (Andreas Eka Pratama)

Berlokasi di Jalan Raya Puncak KM. 87, Tugu Selatan Kecamatan Cisarua, sangat mudah untuk menemukan keberadaan Kebun Teh Bogor ini karena posisinya persis di tepi jalan. Apabila Anda bertolak dari Jakarta, setidaknya butuh 2 jam tanpa macet atau setara 67 km perjalanan agar tiba di sini.

Jika Anda berangkat dari Kota Bogor, maka rute yang dapat dilewati berkisar di Jalan Padjajaran ke arah selatan di wilayah Ciawi. Sebagai penanda, Anda bisa berpatok pada patung botol raksasa di dekat pintu masuk Kebun Teh Gunung Mas.

Apabila Anda berencana berkunjung di akhir pekan, ada beberapa informasi yang perlu diingat antara lain arus ke arah Puncak hanya berlaku satu arah saja pada Sabtu dan Minggu. Mulai pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB, semua pengendara hanya boleh menuju ke wilayah Puncak saja. Sementara itu, pada pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB, barulah tersedia jalur ke wilayah lain seperti Jakarta.

Karena itu, Anda perlu merencanakan perjalanan sematang mungkin agar tidak terkendala ketika hari H. Namun demikian, ketentuan tersebut bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kebijakan pemerintah daerah setempat.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Cisarua Bogor

Harga Tiket Kebun Teh
Image Credit: Google Maps (Sukarti Wulansari)

Biaya yang dipatok pihak pengelola Kebun Teh Cisarua relatif bersahabat di kantong, hanya butuh modal senilai Rp 15.500 per orang sebagai tarif masuk ke sini. Jika Anda membawa kendaraan pribadi berupa mobil, maka akan dikenakan biaya tambahan senilai Rp 7.500, sedangkan motor sebesar Rp 2.500 saja. Adapun bus, tarifnya mencapai Rp 10.000.

Harga-harga tersebut belum termasuk biaya wahana permainan atau fasilitas berkendara lainnya. Jika ingin melakukan menjelajah menggunakan ATV, Anda perlu membayar Rp 50.000 dengan rentang waktu sekitar 15 menit. Selanjutnya, untuk aktivitas tea walking yang dipandu oleh pemandu profesional, Anda harus merogoh kocek mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 35.000.

Alternatif lainnya, tersedia tunggangan kuda dengan harga tak kalah variatif sesuai rute. Rute pertama dipatok seharga Rp 50.000, rute kedua senilai Rp 75.000, dan rute ketiga Rp 100.000. Ini sudah termasuk pemandu dan yang membedakan setiap rute adalah aspek waktu dan panjang lintasannya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun The

Kegiatan Menarik di Kebun The
Image Credit: Twitter.com @KemnakerRI

1. Mengelilingi Kebun Teh

Belum lengkap kalau menyambangi Kebun Teh Bogor tanpa berkeliling, rasanya seperti ada yang kurang dan sayang untuk dilewatkan. Oleh karena itu, Anda perlu mencoba kegiatan tea walk yang memang disediakan pihak pengelola. Akan ada tarif tambahan untuk Anda, tetapi harganya masih cukup worth it bila dibandingkan dengan pengalaman menyenangkan yang akan diperoleh.

Tea walk menawarkan panorama perkebunan teh dari dekat, sembari menikmati semilir angin sepanjang melintasi rute jalan kaki. Harga yang ditetapkan terbilang variatif, mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 35.000. Harga ini menyesuaikan rute yang Anda pilih, semakin panjang jalur tempuhnya, maka semakin besar pula akumulasi biayanya.

Lebih jauh, tea walk akan ditemani oleh pemandu profesional. Anda akan dibawa menyaksikan proses panen daun teh secara langsung. Selama waktu tea walk berlangsung, pemandu akan memberikan informasi-informasi menari, lalu Anda bebas bertanya seputar dunia teh. Rasakan sensasi lebih dekat dengan alam, di antara sejuknya dedaunan hijau dan jauh dari polusi.

Tak hanya dinilai sebagai aktivitas yang menyehatkan, tea walk juga bisa jadi sarana menambah pengetahuan. Sejalan dengan panjangnya jarak tempuh yang dipilih, rentang waktu untuk menjelajah juga semakin panjang. Umumnya, satu kali berkeliling bisa memakan durasi selama 1 sampai 2,5 jam.

2. Melintasi Jalur Ekstrem Menggunakan Offroad Komodo atau Motocross Mini

Off road komodo merupakan fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola bagi para pecinta olahraga penuh tantangan, lebih spesifiknya orang dewasa. Ada jalur tersendiri yang bisa Anda lewati di luar arena perkebunan teh. Kontur jalannya berbatu, licin, dan becek. Namun, Anda tak perlu khawatir karena mobil off road memang didesain untuk menaklukan medan ekstrem.

Di salah satu sisi jalan terdapat jurang yang cukup dalam, yang mana memungkinkan Anda menyaksikan lanskap Kebun Teh Bogor dari atas ketinggian. Jika ingin melihat-lihat lebih lama, ada baiknya Anda menepi sejenak. Turunlah dari jalur mobil apabila mungkin untuk dilakukan.

Ada durasi sekitar 1 jam dengan asumsi Anda akan melintasi jalur sepanjang 12 km. Off road komodo ini mampu menampung 2 orang, karena itu ajaklah pasangan atau sahabat terbaik Anda agar bisa sama-sama mengalami petualangan seru.

Bagi Anda yang datang bersama anak-anak, lantas si kecil ternyata juga menyukai tantangan, sudah ada alternatif penjelajahan menggunakan motor cross mini. Tentu, medan yang dilalui akan berbeda dengan jalur off road komodo. Namun demikian, ini bisa menjadi sarana melatih ketangkasan si kecil, Tak heran, fasilitas tersebut banyak diburu wisatawan keluarga.

Kegiatan di Kebun The
Image Credit: Google Maps (Joglowebs. Com)

3. Menunggang Kuda Sambil Melihat-Lihat Pemandangan

Masih seputar penjelajahan, tetapi kali ini medianya berbeda. Bagi Anda yang malas berjalan kaki atau takut bermain off road komodo, tak perlu risau karena ada alternatif lain, yakni menunggang kuda. Tersedia rute dengan biaya perjalanan yang cukup variatif. Anda akan ditemani petugas profesional pula.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Teh Bogor

Fasilitas di Kebun Teh Bogor
Image Credit: Google Maps (BOTAK LAPERRR)

Pihak pengelola kebun teh sudah menyediakan fasilitas terbaik sebagai objek wisata. Pengunjung dapat menanfaatkan berbagai fasilitas yang ditawarkan, seperti area parkir, mushala, toilet, arena outbound, dan ruang terbuka untuk piknik. Bagi yang butuh mengisi perut, dalam kawasan agrowisata ini juga tersedia tempat makan dengan menu yang ramah di kantong.

Kebun Teh di Cisarua Bogor merupakan tempat yang tepat bagi penduduk di kawasan padat seperti Jabodetabek. Berkunjung ke sini, bisa jadi salah satu cara merelaksasi diri dari kelelahan akibat pekerjaan atau sekadar membunuh jenuh di akhir pekan.