14 Tempat Wisata di Ponorogo

Ponorogo merupakan salah satu kabupaten di wilayah Jawa Timur, Indonesia, memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 1.372 km persegi. Selain terkenal akan kesenian reog dan barong, Ponorogo juga memiliki surga wisata tersembunyi yang wajib Anda kunjungi.

Setiap wilayah pasti memiliki kekayaan dan keunikkannya sendiri, termasuk kabupaten Ponorogo. Keunikkan surga tersembunyi di Ponorogo memiliki sensasi tersendiri, polesan ciptaan Tuhan di Ponorogo akan mampu memukau bagi kalian yang mengunjungi destinasi wisatanya.

Ponorogo memiliki banyak tempat wisata unik dan menarik mulai dari wisata alam, sejarah, wahana permainan air serta beberapa wisata yang menarik lainnya. Jika Anda ingin merencanakan liburan, Ponorogo dapat menjadi salah satu list wisata yang wajib Anda kunjungi.

1. Wisata Air Terjun Widodaren

Wisata Air Terjun Widodaren

Lokasi: Desa Bulu Lor, Kec. Jambon, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatalengkap.com

Air Terjun Widodaren terbagi menjadi dua bagian dan termasuk golongan air terjung yang tidak terlalu deras, menjadikannya sebagai salah satu air terjun yang unik di kabupaten Ponorogo. Meskipun airnya tidak terlalu deras namun kedalaman dibawah air terjun ini mencapai hingga 10 meter.

Warna air yang masih jernih kehijauan menandakan bahwa wilayah Air Terjun Widodaren masih asri belum terjamah oleh tangan manusia. Terletak di Dusun Tritis Desa Talun kecamatan Ngebel, untuk menikmatinya Anda perlu berusaha sedikit karena fasilitas menuju kesana belum terlalu lengkap atau masih minim.

2. Wisata Air Terjun Coban Lawe

Wisata Air Terjun Coban Lawe

Lokasi: Desa Krisik, Kec. Pudak, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Berbagiilmu.blogspot.com

Tidak sama seperti air terjun lainnya yang rata-rata memiliki satu aliran, Air Terjun Coban Lawe memiliki empat aliran sehingga terlihat unik dan menakjubkan. Bentuk aliran yang unik ini menjadikan Air Terjun Coban Lawe menarik untuk dikunjungi.

Kondisi air yang deras dan masih jernih meskipun di musim kemarau menjadikan Air Terjun Coban Lawe dapat Anda kunjungi musim apapun. Jika Anda tertarik mengunjunginya air terjun ini terletak di Desa Krisik kecamatan Pudak kabupaten Ponorogo.

3. Wisata Air Terjun Pletuk

Wisata Air Terjun Pletuk

Lokasi: Kranggan, Setumbal, Jurug, Sooko, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Keindahanponorogo.blogspot.com

Memiliki tinggi mencapai 100 meter merupakan air terjun tertinggi yang ada di kabupaten Ponorogo dan terletak di tengah area perbukitan. Menjadikan Air Terjun Pletuk salah satu wisata alam yang masih asri dan alami wajib Anda kunjungi.

Keindahan air terjun yang luar biasa dan menakjubkan ini, tidak menjadikan para traveler mengurung niat untuk mengunjunginya meskipun akses jalan menuju kesana masih minim fasilitas. Terletak di Dusun Kranggan Desa Jurug kecamatan Sooko.

4. Wisata Gunung Gajah

Wisata Gunung Gajah

Lokasi: Ngemplak, Munggu, Bungkal, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Asliponorogo.com

Berada di Desa Gajah kecamatan Sambit, Wisata Gunung Gajah merupakan tempat wisata yang bagus Anda kunjungi bersama teman. Wisata Gunung Gajah umumnya sama seperti wisata gunung lainnya yakni Anda dapat mendirikan tenda jika berada dipuncak dan menikmati indahnya kerlap-kerlip lampu atau menyaksikan sunset dan sunrise.

Tempat Wisata di Ponorogo ini sangat cocok bagi para pecinta trekking dan kemping. Untuk sampai dipuncak gunung para traveler harus melakukan trekking untuk dapat menikmati indahnya puncak gunung gajah.

5. Wisata Tumpak Pare

Wisata Tumpak Pare

Lokasi: Slorok, Cepoko, Ngrayun, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Wowasiknya.com

Wisata Tumpak Pare adalah wisata yang menawarkan pemandangan rumput yang luas. Bila berkunjung pada musim kemarau keindahan rumput akan terlihat menguning atau orange namun jika musim hujan akan terlihat hijau.

Terletak di Desa Cepoko kecamatan Ngrayun, searah jika menuju Wisata Gunung Gajah. Sangat bagus untuk para pecinta aktivitas fotografi.

6. Puncak Pringgitan

Puncak Pringgitan

Lokasi: Desa Wates, Kec. Slahung, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Berlokasi di Desa Wates kecamatan Slahung kabupaten Ponorogo, sangat cocok untuk melihat indahnya suasana malam di Ponorogo dari ketinggian. Kerlap-kerlip lampu yang disajikan dari atas puncak pringitan memanjakan mata Anda jika berkunjung kesini.

Untuk menuju ke tempat indah ini Anda harus melakukan trekking terlebih dahulu dan harus membawa perlengkapan sendiri karena belum ada fasilitas yang disediakan.

7. Wisata Gunung Beruk

Wisata Gunung Beruk

Lokasi: Karang Patihan, Balong, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Ksmtour.com

Berlokasi di Desa Karangpatihan kecamatan Balong kabupaten Ponorogo, Wisata Gunung Beruk kerap disebut sebagai kali birunya Ponorogo. Tidak heran bahwa Objek Wisata di Ponorogo ini sangat trending di kalangan masyarakat sekitar.

Di wisata ini pengunjung dapat menikmati alam yang sangat asri dan alami serta dapat mengambil gambar dengan fasilitas yang disediakan. Wisata ini dibuka setiap hari, namun jika ingin melihat pemandangan yang luar biasa dan unik Anda dapat mengunjunginya pada pagi hari atau sore hari.

8. Wisata Telaga Ngebel

Wisata Telaga Ngebel

Lokasi: Telaga Ngebel, Ngebel, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Adventurewisata.blogspot.com

Menjadi wisata yang paling populer di kabupaten Ponorogo, menawarkan panorama alam yang sangat luas dan indah. Memiliki luas telaga sekitar kurang lebih 5 km persegi dapat merileksasikan mata Anda.

Pemandangan alam di telaga ini akan lebih indah dipandang pada suasana sunrise di pagi hari. Untuk menikmatinya pengunjung hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 4.000, fasilitas yang disediakanpun sudah cukup memadai.

9. Wisata Taman Kelinci

Wisata Taman Kelinci

Lokasi: Pandak, Balong, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Koranfbponorogo.blogspot.com

Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp 3.000 pengunjung sudah dapat menikmati indahnya alam yang disajikan di taman kelinci ini. Dengan fasilitas gardu yang cukup tinggi, kokoh dan aman pengunjung dapat melihat dan menikmati indahnya pemandangan yang disajikan.

Fasilitas gardu ini sangat unik seperti berbentuk bunga matahari, bertingkat dan beberapa desain model gardu lainnya yang tentunya bagus untuk dinikmati dengan melakukan fotografi di sekitarnya. Taman Wisata Kelinci ini terletak di Desa Pandak kecamatan Bulak kabupaten Ponorogo.

10. Wisata Bukit Bedes Ponorogo

Wisata Bukit Bedes Ponorogo

Lokasi: Ngadirojo, Sooko, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Asliponorogo.com

Menyajikan pemandangan puncak yang memukau dan indah menjadikan Bukit Bedes banyak dikunjungi kaula muda untuk mengabadikan momen disini. Pemandangan alam yang masih asri menjadikan Bukit Bedes tempat yang pas untuk melepas segala kepenatan.

Teletak di Dusun Buyut, Ngadirejo kecamatan Sooko kabupaten Ponorogo menyajikan view gunung bayangkaki membuat mata takjub akan keunikkan ciptaan Tuhan.

11. Wisata Pemandian Air Panas Tirta Husada

Wisata Pemandian Air Panas Tirta Husada

Lokasi: Jl. Raya Ngebel, Wagir Lor, Ngebel, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Facebook (Kesugihan Ponorogo)

Terletak di Desa Wagir Lor kecamatan Ngebel pengunjung dapat menikmati sensasi air panas yang mengandung belerang alami dengan berendam dan bermain di wisata Air Panas Tirta Husada ini.

Menikmati suasana Air Panas Tirta Husada Anda cukup hanya membayar sebesar Rp 5.000 saja dan Anda bisa berlama-lama menikmati air panas ini. Fasilitas yang disediakanpun sudah cukup memadai yakni telah ada kolam disediakan dan pemandangan alami yang sejuk akan membuat Anda nyaman berada disini.

12. Wisata Kolam Beji Sirah

Wisata Kolam Beji Sirah

Lokasi: Krajan, Bedingin, Sambit, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatasia.com

Dilokasi Kolam Beji Sirah Anda dapat menikmati keasrian alam yang disajikan, Anda bisa jogging ditempat ini ataupun bersepeda. Terdapat sepeda air yang disediakan oleh pengelola yang dapat Anda gunakan untuk aktivitas disini.

Meski sering terdengar ada kisah mistis di tempat ini namun tidak menjadikannya sepi pengunjung, karena dibuka selama 24 jam dan Anda dapat menikmati keindahannya dengan geratis. Kolam Beji Sirah ini terletak di Desa Bedingin kecamatan Sambit kabupaten Ponorogo.

13. Wisata Alam Lembah Tanah Goyang

Wisata Alam Lembah Tanah Goyang

Lokasi: Ngelo, Pudak Wetan, Pudak, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Myfacentertainment.blogspot.com

Mengunjungi Lembah Tanah Goyang ini Anda dapat merasakan sensasi unik yakni tanah di sekitaran lembah ini bergoyang secara alami. Gerakan tanah yang bergoyang tersebut menjadikannya sebagai daya Tarik utama bagi para pengunjung yang ingin merasakan langsung sensasinya.

Wisata Lembah Tanah Goyang ini berada di Desa Pudak Wetan kecamatan Pudak kabupaten Ponorogo. Bukan hanya sensasi tanah goyangnya namun pemandangan yang disajikan di sekitarannyapun masih sangat asri dan alami, membuat mata siapa saja akan terpukau jika berada disana.

14. Air Terjun Sunggah

Air Terjun Sunggah

Lokasi: Dukuh Sambi, Selur, Kec. Ngrayun, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Faizulmuklisin.blogspot.com

Objek wisata Air Terjun Sunggah sangat terkenal di kalangan masyarakat Ponorogo, pasalnya air terjun ini memiliki keunikkan tersendiri karena meskipun pada musim panas airnya tidak pernah kering tetap deras serta memiliki lingkungan yang asri dan alami.

Memiliki tinggi air sekitar 50 meter, air terjun ini terletak di Desa Selur kecamatan Ngrayun kabupaten Ponorogo. Akses dan fasilitas menuju air terjun ini tergolong cukup memadai dan baik, Anda bisa menikmati Air Terjun Sunggah hanya dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orangnya.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Ponorogo yang indah dan wajib Anda kunjungi. Setiap tempat pasti memiliki keunikkannya tersendiri dan keunikkan surga di kabupaten Ponorogo wajib Anda jadikan sebagai playlist liburan Anda selanjutnya.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak