Hutan Pinus Sentul salah satu destinasi alam yang memikat hati di Bogor, Jawa Barat. Hutan asri dalam kawasan Gunung Pancar ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan menyejukkan, ditambah beragam kegiatan liburan seru yang dapat dilakukan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-​17.00 WIB, Alamat: Jl. Ke Karang Tengah, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan alam dengan udara yang segar, maka cobalah untuk berkunjung ke Bogor. Disana ada sebuah destinasi wisata berupa hutan pinus yang bisa dikunjungi oleh siapapun. Destinasi wisata alam ini juga sudah populer sebagai alternatif liburan yang menyenangkan.

Wisatawan yang datang untuk mengisi liburan disini jumlahnya juga tidak hanya sedikit. Kebanyakan yang datang adalah wisatawan yang berasal dari masyarakat Indonesia. Namun, ada juga beberapa wisatawan yang berasal dari manca negara terlihat sedang bersantai di sana.

Sembari menikmati pemandangan alam yang indah, para wisatawan sekaligus merilekskan badan dan melepas lelah di tempat wisata tersebut. Sebelum berlibur ke sana, ada baiknya apabila Anda mengetahui berbagai informasi mengenai tempat tersebut terlebih dahulu. Berikut ini berbagai informasi yang berkaitan dengan Hutan Pinus Bogor.

Daya Tarik yang Dimiliki Hutan Pinus Sentul

Daya Tarik Hutan Pinus Sentul
Image Credit: Google Maps (M Faizal Reza)

1. Tegakan Pinus

Daya tarik utama yang ada di tempat wisata tersebut tentu karena adanya banyak pohon pinus yang tegak dan menjulang tinggi. Pemandangan yang dihadirkan tentu sangat khas oleh hutan lindung yang masih alami. Selain adanya pohon pinus, di sana juga terdapat banyak sekali pohon dengan jenis yang berbeda dengan keindahan yang tidak jauh berbeda.

2. Flora dan Fauna

Liburan Anda di tempat wisata yang satu ini juga akan ditemani oleh berbagai suara yang berasal dari hewan liar yang hidup di sana. berbagai macam satwa yang hidup di sana antara lain seperti babi hutan, jelarang, surili, kera, dan owa.

Selain itu, di tempat wisata tersebut juga terdapat berbagai jenis burung yang eksotis. Misalnya saja seperti elang, jalak, hingga kutilang. Kemudian, flora yang ada di hutan pinus ini juga beragam seperti jamuju, saninten, puspa, rotan, dan rasamala.

Daya Tarik Dimiliki Hutan Pinus
Image Credit: Twitter.com @dipurwantto

3. Wisata Ziarah

Tidak hanya sebagai wisata alam saja, di Hutan Pinus Gunung Pancar ini juga terdapat makam keramat dari beberapa tokoh setempat yang dijadikan sebagai wisata religi oleh para pengunjung. Konon makam tersebut memang sudah tua dan mempunyai aura berbeda bagi orang-orang yang mengunjunginya.

Beberapa makam tersebut yaitu milik Raden Surya Kencana, Kalijaga, Ki Mas Bungsu, H. Dalem Putih, Raden Lawulung dan beberapa tokoh setempat lain. Menariknya lagi, di makam itu juga terdapat berbagai pertunjukan seni budaya yang ditampilkan pada hari-hari tertentu saja.

4. Misteri Gunung Pancar

Gunung Pancar yang menjadi lokasi adanya hutan pinus ini pun memiliki cerita misteri yang mampu dijadikan sebagai daya tari wisata di sana. Cerita misteri ini juga sudah populer dan tersebar luas khususnya pada masyarakat yang ada di sekitaran sana. konon katanya Gunung Pancar ini adalah pondasi bumi yang diciptakan pertama kali.

Saat tercipta, bumi sendiri masih rata oleh tanah dan tidak ada bukit maupun gunung yang menjulang. Suatu hari, terjadi berbagai gempa bumi sampai Yang Maha Kuasa akhirnya menciptakan sebuah gunung yang berfungsi untuk menstabilkan bumi.

Gunung tersebut dimaksudkan agar dijadikan sebagai pasak bumi supaya bisa lebih tenang dan kuat. Oleh sebab itu, apabila pasak bumi tersebut kemudian dinamakan sebagai “Pancar”. Kata “Pancar” sendiri memiliki arti yaitu “ Muncul Pertama”.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Hutan Pinus

Alamat Hutan Pinus
Image Credit: Google Maps (Semua Tempat Berkesan)

Apabila ingin berlibur ke tempat wisata hutan pinus ini, hendaklah datang ke Bogor, Jawa Barat. Tepatnya terletak di Karang Tengah, Kec Babakan Madang. Lokasi wisata yang satu ini mempunyai ketinggian kisaran 300 hingga 800 m diatas permukaan air laut. Kemiringannya sendiri dari tempat wisata tersebut sampai mencapai 40 persen.

Rute yang harus dilalui untuk bisa sampai ke lokasi hutan pinus ini juga tidak terbilang sulit. Mula-mula, Anda dapat menuju ke Tol Jagorawi dan dapat keluar pada Pintu Tol Sentul yang ada dibagian Selatan. Tiba di gerbang tol, Anda akan langsung tampak Bellanova Mall.

Kemudian, belok ke arah kiri menuju ke Jalan MH Tamrin serta ikuti saja hingga menuju ke Jungle Land. Sesudah sampai disana serta menemukan jalanan kecil yang menanjak, Anda dapat mengikutinya sampai tiba di pintu gerbang tempat wisata.

Sedangkan, jalan kedua yang dapat Anda lalui sesudah melewati Jalan MH Tamrin yaitu dengan belok ke arah kiri setelah menemukan Plaza Amsterdam. Ikutilah saja arah tersebut dan begitu terdapat jalan yang bercabang menuju ke Rainbow Hills dan Telaga Cikeas, Anda dapat ambil jalur yang kiri menuju ke arah Jalan Babakan Madang. Sesudah melewati Kantor Polsek, Anda akan melihat pertigaan.

Ambillah jalur ke kiri menuju ke Jalan Gunung Pancar, serta ikutilah arahnya kurang lebih 11 kilometer. Sesampainya di jalan yang kecil yang berkelok dan sedikit sulit dilewati, Anda dapat mulai menanjak agar bisa sampai ke lokasi tujuan.

Untuk menuju ke tempat wisata Hutan Pinus Bogor, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor. Pasalnya, belum ada angkutan umum yang bisa Anda tumpangi untuk sampai ke tempat wisata tersebut. Persiapkan pula peta navigasi untuk mengantisipasi agar Anda tidak tersesat di tengah jalan.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Sentul

Harga Tiket Hutan Pinus
Image Credit: Google Maps (Tuti Mediasari)

Ketika akan berkunjung ke wisata alam hutan pinus ini, Anda perlu menyiapkan sejumlah uang, salah satunya untuk membayar tiket masuk. Harga tiket masuk ke tempat wisata tersebut berbeda-beda tergantung dengan hari dan tempat asal para pengunjung.

Untuk harga tiket masuk di hari Senin hingga Jumat yakni Rp 5.000 untuk wisatawan local dan Rp 100.000 turis asing. Untuk hari libur saat weekend tiba, biayanya menjadi Rp 7.500 untuk wisata lokal dan Rp 150.000 untuk turis asing.

Sedangkan biaya parkirnya yakni Rp 5000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 7.500 untuk roda empat di hari biasa. Khusus weekend atau libur biaya parkirnya naik dua kalipatnya.

Biaya tersebut masih belum termasuk ke dalam biaya untuk menikmati berbagai wahana yang sudah disediakan di dalam tempat wisata. Selain itu, biaya yang telah disebutkan itu juga bisa saja berubah sewaktu-waktu. Jadi, untuk memastikannya sekali lagi, Anda bisa menghubungi pengelola tempat wisata terlebih dahulu untuk memastikan harga sebelum mengunjunginya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Hutan Pinus

Kegiatan di Hutan Pinus
Image Credit: Google Maps (Park JungGeun)

1. Mandi Uap Panas

Perlu diingat bahwa aktivitas yang dilakukan bukanlah mandi air panas, melainkan mandi uap panas. Untuk bisa berendam di sana, Anda perlu membayarnya sebesar 10 ribu rupiah saja. Ada 4 pemandian yang ada di tempat wisata ini dan dibedakan antara cowok dan cewek.

2. Fotografi

Keindahan yang ada di hutan pinus ini sangat sayang apabila Anda hanya menikmatinya begitu saja. Oleh karena itu, abadikan setiap momen Anda saat menikmati keindahan di sana dengan melakukan kegiatan fotografi.

Banyak sekali spot yang terdiri dari objek alam, wahana, dan masih banyak lagi lainnya yang bisa Anda potret maupun jadikan latar belakang foto. Foto yang akan dihasilkan dijamin memiliki nilai estetik yang tidak main-main.

3. Camping

Jika merasa kegiatan yang dilakukan masih kurang menantang, Anda dapat menjajal melakukan kegiatan camping di hutan pinus ini. Bermalam di sana dengan ditemani cahaya bulan dan suara dari berbagai hewan liar yang hidup di Hutan Pinus Bogor merupakan salah satu pengalaman seru yang tiada duanya.

Akan tetapi, bagi Anda yang tidak menyukai tidur di luar ruangan atau takut dengan suara hewan liar disana. Anda bisa memilih untuk melakukan kegiatan glamping saja. Selain suasana tidur menjadi nyaman, Anda juga tetap dapat merasakan bagaimana sensasi tidur di tengah hutan pinus.

Untuk yang belu paham dengan ini, glamping merupakan singkatan dari Glamorous Camping. Glamping sendiri merupakan kegiatan bermalam yang tidak jauh beda dengan camping. Akan tetapi, akan dilakukan dengan dilengkapi oleh fasilitas yang bagus dan lebih mewah.

KegiatanMenarik di Hutan Pinus
Image Credit: Google Maps (Nurul Afnawiyati)

4. Jogging

Jogging di tengah-tengah hamparan pohon pinus merupakan hal menarik yang wajib Anda coba di tempat wisata yang satu ini. Meskipun, jalurnya tidak sama seperti stadion maupun taman, namun jogging di hutan pinus ini tidak akan kalah menyenangkan. Apalagi, Anda akan ditemani oleh pemandangan yang sangat asri.

5. Outbond

Tempat wisata ini juga sering digunakan untuk kegiatan untuk membangun team building oleh para anak sekolah maupun perusahaan. Umumnya, aktivitas yang dilakukan dalam team building ini bisa berupa fun games, outbond, dan hingga berbagai kegiatan lain yang seru dan menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Hutan Pinus Sentul Bogor

Fasilitas di Hutan Pinus Sentul
Image Credit: Google Maps (Ave Fianti)

Udara yang ada di tempat wisata Hutan Pinus Bogor terbilang dingin karena lokasinya yang berada di ketinggian. Nah, supaya dapat menghangatkan badan Anda, ada kopi hits yang telah disediakan di sana. café yang berada di sana salah satunya yaitu Ameera Coffee.

Tempat tersebut merupakan kedai kopi yang sederhana serta tak semewah café di perkotaan. Akan tetapi, berbagai macam menu yang ditawarkan di kedai ini tidak dapat diragukan lagi. Selain itu, Anda dapat menikmati hidangan sembari melihat-lihat indahnya hutan pinus dan juga pegunungan yang ada di sana.

Setelah puas menyantap hidangan, Anda dapat datang ke Giri Tirta untuk memanjakan diri. Tempat ini merupakan resort dan spa yang mana juda menjadi salah satu spot untuk pemandian air panas yang ada di tempat wisata yang satu ini. Hal ini pasti sangat menyenangkan khususnya untuk para kaum perempuan.

Apalagi, lokasi dari pemandian air panas ini tertutup dan baunya sendiri tidak terlalu beraroma belerang. Kemudian, fasilitas lain yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini misalnya saja seperti kantin, area parkir yang luas, kamar mandi, jembatan gantung, tempat ibadah, paket camping, paket glamping, sewa lahan, dan masih ada lagi yang lainnya.

Nah, itulah tadi berbagai macam informasi yang sudah membahas tentang tempat wisata Hutan Pinus Sentul, Bogor. Informasi ini tentu sangat penting bagi Anda yang akan atau ingin menghabiskan waktu liburan dengan menyenangkan ke tempat wisata yang satu ini. Dijamin Anda akan tidak akan merasa bosan dan ingin lebih berlama-lama lagi seru-seruan di tempat wisata tersebut.