Wisata Air Lembah Tepus salah satu objek wisata yang hits di Bogor, Jawa Barat yang layak Anda kunjungi. Wisata air yang menyuguhkan keindahan air terjun mini, kolam alami dan taman bunga dengan suasana yang sejuk dan masih asri.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Pasir Reungit-Gunung Bunder, Gunung Bunder 2, Kec. Pamijahan, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Destinasi wisata ini merupakan hasil dari bentangan alam yang ada di Bogor, yakni Gunung Salah. Berada di kaki gunungnya, Lembah Tepus seakan menampilkan sebuah potret yang apik tujuan wisata alam. Sesuatu yang menjadikannya menarik adalah adanya air terjun yang mungil karena memang tidak terlalu tinggi sehingga sangat aman bagi berbagai kalangan pengunjung.

Nuansa di daerah itu terasa cukup sejuk khas daerah Bogor. Dikelilingi dengan beragam vegetasi alam yang membuatnya semakin terasa tenang dan damai. Inilah yang sebagian besar orang cari ketika berkunjung ke sana. Rindangnya pepohonan yang menghiasinya sangat amat menyejukkan hati para wisatawan yang sekadar singgah menghabiskan waktu liburan.

Air yang mengalir pun juga terlihat sangat jernih karena memang berasal langsung dari sumber mata air yang ada di pegunungan. Pengunjung bisa memakainya untuk berenang dan melakukan beragam aktivitas. Lawatan ke wisata air Lembah Tepus akan membuat momen liburan menjadi lebih berarti. Apalagi jika dihabiskan bersama dengan keluarga, teman, ataupun kerabat dekat lainnya yang dimiliki.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Air Lembah Tepus

Daya Tarik Air Lembah Tepus
Image Credit: Facebook.com (Faung Wanara)

1. Pemadangan Apik di Sekelilingnya

Oleh karena Lembah Tepus berada persis di kaki Gunung Salak, tentu pemandangan yang diberikan menjadi sangat amat indah untuk dilihat oleh siapapun yang berkunjung ke sana. Kenampakan alam seolah berpagut dengan eloknya berbagai jenis flora yang tumbuh di sana. Asrinya alam sekitar juga menjadi alasan tersendiri mengapa orang-orang tertarik ke sana.

Hal ini ditambah dengan adanya perairan yang menghiasi permukaannya. View pun menjadi sangat memukau untuk dijadikan sarana menyegarkan pikiran dan hati dari penatnya aktivitas sehari-hari yang telah dilalui. Para pengunjung seringkali singgah ke sana untuk sekadar rehat dan mengisi daya semangat hidup kembali.

2. Air Terjun Mini yang Memukau

Inilah panorama alam yang disuguhkan oleh Lembah Tepus Bogor, yaitu adanya sebuah air terjun yang cukup apik meskipun berbentuk kecil. Ketinggian air terjun tersebut tidak terlalu tinggi, hanya berkisar kurang dari satu meter saja. Pun demikian tidak membuatnya menjadi bentangan alam yang tidak berarti. Air terjun itu menjadi sumber mata air bagi sungai yang mengalir dari gunung di dekatnya.

Sensasi yang dirasakan ketika menyentuh airnya pun cukup dingin membuat orang-orang terkadang menggigil jika lama-lama berendam di kolam yang ada di bawahnya. Alirannya sangat jernih hingga wisatawan dapat melihat penampakan dasar kolamnya dan tidak perlu khawatir karena terbukti alaminya.

Pada beberapa kesempatan kolam airnya nampak seperti biru bening. Seperti halnya di laut saja, sehingga tidak jarang yang memakainya untuk tempat melakukan sesi pemotretan. Ini memang sangat cocok jika hendak melakukan sesi pengambilan gambar. Hal itu didukung dengan adanya air terun mini yang mengitari kolam seolah seperti “Niagara Mini”.

Tepat setelah kolam air tersebut, ada bebatuan yang berukuran cukup besar seolah menjadi penyaring alami dari air yang mengalir. Bebatuan itu kadang menjadi pijakan kaki para wisatawan. Namun, harus sangat berhati-hati karena permukaan batu amat licin dan dapat membuat terpeleset yang nantinya bisa mengakibatkan sesuatu yang fatal.

3. Taman Bunga yang Harum

Ketika hendak menuju ke lokasi Wisata Air Lembah Tepus, maka harus melakukan perjalanan menuju ke pintu lembah. Ketika melakukannya maka harus berjalan kaki. Namun, sebelum sampai akan disuguhkan sebuah taman yang berisi banyak sekali bunga-bunga. Inilah alternatif lain ketika berwisata ke objek tersebut. Pengunjung tidak hanya bisa merasakan sensasi luar biasa dari alam sekitarnya.

Taman bunga yang menghiasi perjalanan ketika hendak ke lokasinya juga menarik perhatian orang yang jumlahnya tidak sedikit. Taman itu memang cukup memukau bagi siapapun, terutama yang memiliki ketertarikan tersendiri terhadap beragam jenis bunga.

Para wisatawan biasanya menggunakan taman bunga tersebut sebagai salah satu tempat untuk melakukan foto-foto. Potret gambar yang diambil memang menjadi sangat apik ketika mengambil taman itu sebagai latar belakangnya. Taman itu juga cocok untuk dijadikan lokasi prewedding bagi sepasang pengantin yang hendak melangsungkan pernikahannya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Lembah Tepus

Alamat Lembah Tepus
Image Credit: Facebook.com @dini.rejeki

Lokasi dari Lembah Tepus yakni berada di Kecamatan Pamijahan, Bogor. Letaknya ada di sekitar Jalan Pasir Reungit-Gunung Bunder. Jika menempuh perjalanan dari pusat Kota Bogor, maka perlu menghabiskan waktu 1.5 jam. Jalanan yang akan dilewati sudah cukup baik karena beraspal dan tidak banyak geronjalan.

Dari stasiun Bogor maka pengunjung bisa melanjutkan perjalanan melewati kampus IPB dan melewati pertigaan Ciampe. Setelah itu belok ke arah Cikapak dan belok kiri setelah tiba di pertigaannya. Belokkan kendaraan menuju ke Jalan Raya Bojong Rangkas dan ikuti jalur itu hingga ke Jalan Gunung Buder. Pengunjung pun akan segera tiba di lokasi tersebut.

Jika ingin mendapatkan akses ke wisata air ini, maka perlu membayar tiket masuk sebesar 10 ribu saja. Dengan tarif yang sangat murah itu, pengunjung sudah bisa menikmati objek tersebut beserta dengan beberapa fasiltias seperti pelampung, ban, serta toilet dengan percuma. Biaya parkirnya hanya berkisar 5 ribu saja setiap kendaraan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Lembah Tepus

Aktivitas di Lembah Tepus
Image Credit: Google Maps (Lisa Kimono)

1. Menikmati Sejuknya Air Telaga

Seperti yang sudah diketahui bahwa di Lembah Tepus terdapat sebuah mata air yang sangat menarik untuk dijajal kesejukannya. Objek wisata ini memang sangat terkenal dengan mata airnya yang mengalir menyusuri seluruh areanya. Perairan yang murni ini berasal dari Gunung Salah langsung yang ada di dekatnya.

Dengan begitu, tentu saja pengunjung akan merasakan sejuknya perairan yang menghiasi areanya. Kawasan tersebut seolah seperti sebuah kolam air yang dikelilingi oleh berbagai tumbuh-tumbuhan dan pepohonan. Oleh sebab itu, menikmati airnya baik dengan berenang ataupun sekadar bermain-main saja tentu menjadi kewajiban tersendiri.

Hal ini ditambah dengan fasilitas pelampung yang diberikan oleh pihak pengelola kepada para wisatawan yang hendak bermain di perairannya. Tentu saja melakukan aktivitas ini menjadi lebih aman dan tidak perlu khawatir terhadap anak kecil yang diajak bermain. Petugas juga selalu menjaga agar orang-orang yang sedang beraktivitas di air tetap aman dan tanggap jika ada sesuatu terjadi.

2. Menikmati Keindahan Alam

Pemandangan yang ditawarkan tempat ini tidak kalah menarik perhatian bagi para wisatawan. Perpaduan hijaunya vegetasi yang menghiasi beserta dengan kolam air alami memang menjadi view yang memukau banyak orang.

Pengunjung bisa saja rehat sejenak di bangku-bangku yang sudah disediakan untuk menikmati panorama yang tersaji. Pinggir area perairannya juga dapat dicoba untuk sejenak beristirahat memandangi pepohonan dan semua bentang alam yang ada. Kicauan burung akan menambah nuansa menjadi semakin menyegarkan hati dan pikiran.

3. Melihat Fenomena Tergelincirnya Matahari

Proses mentari turun dari cakrawala dapat disaksikan dengan cukup apik di Wisata Lembah Tepus Bogor. Meskipun rindangnya dedaunan pohon cukup menutupi jangka pandang manusia ketika berada di sana, namun sebuah tempat terbuka bisa dijadikan sarana menikmati langit yang sedang dihiasi warna jingga hasil sang mentari yang sedang bersembunyi menuju gelapnya malam.

Fenomena ini cukup indah untuk dinikmati di tempat ini. Tak jarang pengunjung juga melakukannya diluar gerbang destinasi tersebut ketika sudah ditutup. Hal ini seolah membawa atmosfer yang sangat amat indah yakni perpaduan langit saat matahari terbenam dan juga kenampakan alam yang menakjubkan.

Aktivitas Dilakukan di Lembah Tepus
Image Credit: Google Maps (Dinda Rahmawati)

4. Berkemah di Sekitar Lembah Tepus

Pegunjung bisa juga bermalam di tempat tersebut dengan mendirikan tenda-tenda sebagai tempat berkemah. Walaupun ada beberapa penginapan tersedia tidak jauh dari lokasi destinasi ini, namun tetap saja melakukan hal ini apalagi bersama dengan rekan-rekan menjadi sangat seru untuk dilakukan.

Menghabiskan malam akan lebih mengasyikkan jika berkumpul bersama di tengah-tengah hangatnya api unggun. Walaupun lokasi untuk mendirikan perkemahan tidak berada persis di objek wisata itu, namun tetap saja pemandangannya masih bisa dijangkau oleh mata.

Dengan begitu, liburan pun menjadi semakin tak terlupakan karena banyak sekali momen bisa diciptakan ketika bermalam di dalam tenda-tenda. Tidak sedikit wisatawan yang tertarik melakukan aktivitas yang satu ini ketika berada di sana serta berencana untuk menginap.

5. Berfoto-Foto Mengabadikan Momen

Berkunjung ke sebuah tempat wisata tentu tidak akan lengkap jika tidak mengambil setidaknya satu atau dua foto di lokasi tersebut. Begitu juga dengan Lembah Tepus Bogor yang kaya akan hal-hal yang dapat dijadikan sebagai latar belakang foto yang apik. Pengunjung bisa mengabadikan momen liburan yang sangat menyenangkan bersama dengan keluarga ataupun kerabat lain yang diajak bersama.

Kenampakan air yang berpadu dengan pemandangan sekitar menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan sebagai latar belakang foto-foto yang diambil. Wisatawan juga bisa menjadikan pepohonan yang tumbuh rindang di sana sebagai background gambar yang dipotret memakai kamera yang dibawa.

Pengelola tempat ini juga menyediakan jasa foto bagi wisatawan yang membutuhkannya. Hal ini biasa dipakai oleh orang-orang yang datang ke sana bersama dengan rombongan yang cukup banyak. Selain itu, datang sendirian ke sana juga tidak masalah jika hendak melakukan sesi pemotretan. Masih banyak spot yang unik untuk dijadikan tempat berfoto-foto.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Air Lembah Tepus Bogor

Fasilitas Air Lembah Tepus
Image Credit: Google Maps (Sigit Pratomo)

Objek wisata ini sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Pengunjung bisa menggunakan tempat parkir yang cukup luas jika membawa kendaraan sendiri, mushola, dan juga ada beberapa bilik toilet. Tak jauh dari lokasi juga ada tempat makan yang mampu membuat kenyang perut para wisatawan yang lapar.

Di sana juga terdapat suatu tempat yang dikhususkan untuk rehat sebentar pengunjung yang merasakan letih. Selain itu semua masih terdapat beberapa fasilitas lain seperti penginapan bagi para wisatawan sehingga tidak perlu khawatir ketika datang ke sana. Area untuk berkemah pun juga tersedia tidak jauh dari lokasi air terjun sehingga tetap membawa nuansa yang seru ketika melakukannya.

Destinasi wisata Lembah Tepus Bogor memang cukup memukau bagi wisatawan yang berlibur di sekitar daerah itu. Dengan apiknya panorama yang ada membuatnya cukup menarik untuk dikunjungi. Beragam kegiatan pun dapat dilakukan agar membuat liburan menjadi lebih asyik. Oleh karena itu, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bogor namun melewatkan untuk singgah ke wisata air ini.