Harga Tiket: Rp 85.000, Jam Operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Desa Citamiang, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pesona Jawa Barat memiliki berbagai pemandangan menarik sebagai objek wisata. Terdapat banyak objek wisata yang aman bahkan yang harus menuju kegiatan adrenalin. Objek wisata tersebut bukan hanya di perairan laut tetapi juga beberapa berada di perbukitan. Salah satu objek wisata di Bogor yang dimaksud adalah Curug Naga.

Curug ini memiliki pesona yang eksotis dengan ketinggalan air terjun yang menjulang. Selain menampilkan air terjun, pemandangan hijau khas perbukitan juga menghampar dengan kehijauan. Pemandangan hijau dari pepohonan yang rimbun di tengah hutan yang menarik.

Pesona curug yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang menjulang dapat menjadi alternatif destinasi wisata alam anda. Menyusuri Curug Naga dengan melakukan kegiatan-kegiatan ekstrim dan menantang. Bagi yang menyukai hal menantang sangat direkomendasikan untuk berkunjung di curug yang unik tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Naga

Daya Tarik Curug Naga
Image Credit: Instagram Wahana Curug Naga

1. Pemandangan Curug Naga

Air terjun yang memiliki ketinggian yang menjulang sekitar 28 meter diatas permukaan air. Curug ini memiliki pesona yang menarik. Kedalaman curug ini berada di 12 meter ke bawah. Anda dapat melakukan uji nyali adrenalin dengan meloncat dari tebing setinggi 8 meter ke air sungai.

Curug Naga dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang dengan kuat dan kokoh. Ketika air terjun menurun ke bawah tepi terdengar suara dengan keras. Air tersebut jatuh ke tepi bawah menghantam bebatuan dan mengalir di sungai. Sungai di curug ini merupakan aliran dari sungai Cirangrang.

Air terjun di curug ini sangat bersih, jernih dengan warna kebiruan. Kejernihan ini dapat anda rasakan bahkan dapat melihat aktivitas di pedalaman air. Pengunjung dapat menggunakan pelampung karena air kolam di bawah tepi memiliki kedalaman yang sangat tinggi yaitu sekitar 12 meter.

Di sekeliling curug juga terdapat pepohonan besar. Pepohonan ini menghijau serta tumbuh dengan subur secara alami dengan usia yang sudah berumur. Pohon-pohon yang rindang ini membuat suasana semakin sejuk.

Area curug disuguhkan dengan udara yang menyejukkan khas perbukitan. Walaupun perjalanan ke curug cukup menantang tetapi pesona yang diberikan sangat menarik, hal ini pantas untuk di dapat.

2. Menampikan Ragam Aktivitas Wisata Menarik

Daya tark utama dari curug ini adalah beragam aktivitas menarik yang dapat anda lakukan seperti melakukan Jungle Trekking, River trekking, camping, body jumping serta body rafting. Aktivitas menantang ini sangat seru walaupun berbahaya tetapi setiap harinya banyak pengunjung yang melakukan aktivitas-aktivitas menuju ke curug.

Ragam wisata menarik ini tentunya harus dengan stamina yang kuat. Pengunjung yang tidak sehat dianjurkan untuk tidak menuju curug karena lokasi curug yang cukup berbahaya.

Daya Tarik Dimiliki Curug Naga
Image Credit: Facebook Wahana Curug Naga

3. Pesona Curug Priuk

Untuk menelusuri Curug Naga, terlebih dahulu pengunjung akan bertemu dengan curug priuk. Pesona curug ini juga memanjakan mata. Curug yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang tidak terlalu tinggi. Air terjun di curug ini mengalir turun dengan deras.

Pengunjung harus hati-hati saat memasuki curug ini karena arus balik yang mengalir sangat deras dan dapat menyeret siapapun yang berada di air. Namun tenang saja, pesona di curug ini sangat cantik. Deretan pepohonan berada di sekitar curug dengan pemandangan yang sempurna. Bebatuan dan tebing curug berwarna hitam.

4. Curug Barong

Di sekitar Curug Naga juga terdapat salah satu curug yang menarik yaitu curug barong. Curug ini letaknya cukup tersembunyi yang dikelilingi oleh beberapa tebing. Air yang mengalir dari curug ini lebih dingin akan tetapi suasana lebih tenang. Anda dapat bersantai menikmati pemandangan di tepi curug.

Curug yang memiliki ketinggian yang menjulang 20 meter di atas tepi bawah memiliki arus yang deras. Pengunjung tidak diperbolehkan untuk berada di dekat bawah tepi curug. Di sekitar curug terdapat akar-akar besar dari pepohonan yang curang ke bawah. Pohon ini besar serta lebat diperkirakan telah berumur tua.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Naga
Image Credit: Google Maps Wisata Curug Naga

Wisata alam yang menantang ini berada di Dusun Citamiang Desa Megamendung, Kota Bogor Jawa Barat. Rute perjalanan menuju ke lokasi wisata yaitu jika anda dari Kota Ciawi maka arahkan perjalanan menuju ke Puncak. Setelah sampai ke Puncak, terdapat sebuah Masjid Megamendung. Setelah itu arahkan perjalanan menuju ke belok kiri.

Teruskan perjalanan dari belok kiri tersebut, sekitar menempuh jarak 2 kilometer, terdapat persimpangan. Di persimpangan tersebut anda dapat memilih untuk berbelok ke kiri. Perjalanan ini dapat mengarah ke lokasi wisata Curug Naga.

Selama perjalanan anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun mobil di perjalanan darat dan melakukan perjalanan air dengan menjelajahi setiap curug di perbukitan. Bawa selalu perlengkapan-perlengkapan yang penting.

Selain itu karena lokasi sangat menantang, pengunjung dapat menggunakan sepatu khusus untuk pendakian menyusuri curug. Disarankan juga untuk tetap berhati-hati dan waspada karena lokasi yang sangat menantang serta selalu menjaga lingkungan dan keasrian lokal curug ya!

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Curug Naga Bogor
Image Credit: Google Maps Sophia Nafuni

Curug Naga memiliki medan dengan lokasi yang rumit dan susah dilakukan, bahkan perlu pemandu khusus sebagai pendamping anda. Ada beberapa paket biaya jelajah ke wilayah wisata yang dapat dipilih. Ada tiket paket ke curug barong dengan melakukan trekking lengkap dengan pemandu dibanderol dengan harga senilai Rp 85.000.

Kemudian, paket naga yaitu trekking ke Curug Naga lengkap dengan pemandu dibanderol dengan harga senilai Rp 85.000. lanjut ke paket wahana jelajah yaitu jelajah ke tiga curug dengan harga dibanderol senilai Rp 135.000. selanjutnya paket jelajah 2 wahana curug dapat pilih dengan dibanderol dengah harga Rp 110.000.

Lanjut ke paket camping yang disediakan. Ada beberapa paket camping yaitu paket Camping Rimba A minimal membawa 30 orang dengan membayar sekitar Rp 370.000 per orang. Kemudian lanjut paket Camping Rimba B minimal dengan membawa 10 sampai dengan 15 orang dibanderol dengan harga senilai Rp 265.000 per orang.

Selanjutnya, ada paket Rimba Camping C dengan membawa minimal 15 orang dibanderol dengan harga senilai Rp 230.000 per orang. Paket camping ini sudah termasuk dalam berkunjung selama 2 hari 1 malam dengan paket kemah ditambah dengan trekking.

Adapun untuk jam operasionalnya, kawasan air terjun dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu pada pukul 08.00 WIB pagi hari sampai pukul 18.00 WIB sore hari. Untuk waktu terbaik mengunjungi dengan melakukan penjelajahan di curug adalah waktu pagi hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Naga

Aktivitas di Curug Naga
Image Credit: Google Maps Wisata Curug Naga

1. Body Rafting

Pengunjung dapat melakukan kegiatan body rafting. Kegiatan yang hanya dilakukan saat melewati arus yang deras. Anda dapat mengarungi sungai dengan menggunakan tubuh sebagai perahu. Cara melakukannya adalah dengan membentuk lingkaran, berpegangan tangan sesama pengunjung dengan kaki yang bersatu kedepan.

2. Body Jumping

Keseruan yang satu ini adalah melakukan lompat di atas tebing. Curug Naga memiliki ketinggian 28 meter. Anda dapat melompat dari tebing dengan ketinggian 8 meter. Merasakan sensasi melompat ke dalam air yang dingin. Air terjun di Bogor ini memiliki warna kehijauan yang jernih dan juga menyegarkan.

3. Jungle Trekking

Aktivitas ini adalah melakukan perjalanan di hutan belantara. Melewati rintangan yang menghadang. Banyak menguras tenaga dan cukup ekstrim seperti naik turun tebing-tebing untuk menuju ke curug. Anda tidak bisa melakukannya sendiri, selalu terdapat pemandu yang membantu dan memberikan petunjuk arah.

Aktivitas Menarik di Curug Naga
Image Credit: Google Maps Altokhais صالح Saleh سعد الطخيس

4. Camping di Curug Naga

Bermalam di curug merupakan aktivitas yang sangat menarik. Pengunjung dapat mendirikan tenda di sekitar curug. Melakukan kegiatan kemah dengan fasilitas yang telah diberikan. Kemah ini dilakukan didalam hutan belantara. Tetapi anda tidak usah khawatir, karena setiap malamnya selalu ramai oleh pengunjung yang berkemah.

5. River Trekking

Kegiatan menyusuri sungai yang memiliki arus cukup deras ini sangat menantang. Wisatawan harus berhati-hati dalam setiap langkahnya. Kegiatan ini harus melewati beberapa bebatuan yang licin dan sangat terjal. Setelah melewati arus yang deras, pengunjung dapat berjalan di tebing yang seperti perosotan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Naga
Image Credit: Instagram iwanrafli2 B0G0R id.

Sebelum mencapai ke lokasi Curug Naga, pengunjung dapat berkunjung di area parkir yang sangat luas lengkap dengan penjagaan petugas yang ketat. Selain itu tersedia juga warung-warung makanan dan minuman yang menyajikan makanan khas Jawa Barat yang dijajakan penjual.

Curug ini juga memiliki areaa camping untuk anda yang ingin bermalam di curug. Menikmati keindahan malam bersama-sama dengan derasnya air terjun yang turun serta suasana hutan khas. Tersedia juga beberapa kamar mandi umum bagi pengunjung yang ingin membersihkan badan.

Pengunjung disarankan untuk membawa perlengkapan penelusuran yang lengkap serta pakaian ganti. Tersedia juga penyewaan alat-alat seperti alat pelampung serta perlatan rafting yang lainnya. Pengunjung juga akan mendapat pemandu khusus yang profesional sebagai pendamping perjalanan.

Demikian beberapa ulasan menarik Curug Naga di Puncak Bogor. Walaupun area cukup menantang dan ekstrim tetapi dapat terbayar dengan keseruan serta pemandangan yang menarik dari curug. Salah satu pengalaman yang dapat diabadikan ketika berwisata. Destinasi ini merupakan salah satu destinasi menarik yang wajib untuk dikunjungi.