5 Air Terjun (Curug) di Karawang Paling Hits Dikunjungi

Curug Karawang

Indonesia merupakan negara yang memiliki julukan surga yang tersembunyi, keindahan alam Indonesia menjadi salah satu alasan disematkannya julukan tersebut. Bagi para pelancong, wisata alam Indonesia merupakan magnet terbesar alasan mereka berkunjung ke Indonesia, tidak hanya itu kunjungan wisatawan mancanegara cukup membantu pendapatan Indonesia.

Saat ini liburan hampir tiba, bagi Anda para pecinta alam menikmati udara segar bisa menjadi pilihan mengisi waktu liburan. Indahnya alam Indonesia sangat disayangkan jika tidak ada dalam agenda liburan Anda. Menikmati alam sekitar telah membuktikan dapat menghilangkan penat, jadi tinggalkan sejenak kehidupan hiruk pikuk kota dan kenalilah alam sekitar untuk menenangkan pikiran Anda.

Wisata alam yang wajib Anda masukkan dalam list liburan Anda adalah air terjun di Karawang. Karawang merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat, yang memiliki beragam wisata alam yang memukau dapat memanjakan mata Anda. Berikut ada 5 rekomendasi curug di Karawang yang bisa Anda masukkan ke dalam list liburan Anda.

1. Curug Lalay

Curug Lalay

Image Credit: Waterfalladventurebekasi.blogspot.com

Keramaian kota dan polusi perindustrian ternyata cukup membuat pikiran penat. Maka sekali-kali refreshing menikmati keindahan alam dengan mata telanjang bisa menjadi salah satu alternatif menghilangkan penat tersebut. Dan jika Anda berada di Karawang, Anda bisa mengunjungi Curug Lalay.

Curug Lalay ini memadukan nuansa pedesaan yang asri dengan sawah, gunung dan udara yang sangat sejuk. Dengan tebing yang berada di sekitar curug akan menyajikan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Salah satu kawasan wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Curug Lalay, wisata Curug Lalay ini masih jarang terekspos, sehingga membuat liburan terasa semi privat, menikmati keindahan alam tanpa ada yang mengganggu pasti sungguh menyenangkan. Jika liburan seperti ini yang Anda harapkan, maka Curug Lalay adalah pilihannya.

Tidak hanya itu, bagi yang suka berpetualang Wisata alam ini juga rekomendasi banget, karena tempat wisata masih jarang dijamah oleh manusia, maka perjalanan ke Curug Lalay pun perlu perjuangan yang tak mudah. Tapi tenang saja karena perjuangan tersebut akan terbayar ketika melihat hijaunya alam akan mampu memanjakan mata.

Sayangnya, fasilitas yang disediakan di kawasan wisata ini sangat minim. Di sekitar perjalanan menuju Curu Lalay hanya berdiri beberapa warung mie instan, kopu dan minuman hangat lainnya. Jadi, siapkan bekal sebelum menjelajahi keindahan Curug Lalay ya.

Lokasi: Tonjong, Cikutamahi, Kec. Cariu, Kab. Bogor.

2. Curug Bandung

Curug Bandung

Image Credit: Adsradiofm.com

Wisata air terjun (curug) yang kedua ini tak kalah menarik dengan yang pertama. Air Terjun Curug Bandung ini tidak akan ditemukan dimanapun. Air terjun ini memiliki tujuh air terjun yang memancar dalam satu aliran sungai. Pemandangan hijaunya alam dan bebatuan di air terjun Curug Bandung akan sangat memanjakan mata dan membuat ketagihan ingin mengunjunginya lagi.

Selain keunikan air terjunnya, pemandangan di sekitar air terjun pun akan membuat perasaan penat menghilang sejenak. Bebatuan yang indah menghiasi di sekitar air terjun, alam yang masih hijau dan udara yang segar bebas polusi bisa dinikmati sepuasnya. Jadi jangan buang-buang waktu lagi ya, ayo ajak teman dekatmu untuk menikmati keindahannya.

Selain itu, untuk menikmati keindahan Aliran Tujuh Air Terjun Curug Bandung Anda harus menghilangkan rasa mager Anda ya, karena perjalanan yang tak mudah untuk mencapai ke lokasi wisata. Kalau Anda tertarik mengunjunginya, maka bersiap-siaplah melakukan perjalanan kurang lebih 3 km sebelum menikmati keindahan air terjun. Jangan lupa stamina yang cukup ya.

Lokasi: Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang

3. Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan

Image Credit: Nativeindonesia.com

Destinasi wisata selanjutnya direkomendasikan bagi yang memiliki jiwa petualang dan keberanian yang sangat tinggi, serta sudah sering melakukan petualangan. Kalau Anda suka tantangan di alam bebas, maka destinasi wisata Curug Cipanundaan wajib banget dikunjungi.

Curug Cipanundaan ini memang masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah maupun warga sekitar, jadi ketika memutuskan untuk berlibur ke Curug Cipanundaan, maka harus mempersiapkan bekal dan segala keperluan lain selama perjalanan. Tetapi, jangan khawatir karena selama perjalanan Anda bisa jepret sana sini di tengah rindangnya pepohonan.

Destinasi yang masih belum dijamah oleh manusia ini membuat Anda perlu mempersiapkan tenaga ekstra untuk menikmati keindahannya, jadi jangan lupa untuk mempersiapkan bekal dan stamina yang cukup ya untuk melalukan perjalanan menuju Curug Cipanundaan.

Lokasi: Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.

4. Curug Cikoleangkak

Curug Cikoleangkak

Image Credit: Pepelingkarawang.org

Bagi penikmat alam bebas Curug Cikoleangkak yang masih terletak di Karawang ini wajib dikunjungi. Meskipun akses lokasi yang cukup berat, sebab harus melewati hutan, sungai dengan batu besar, semak belukar dan tebing curam. Namun, semua itu akan terbayar dengan keindahan air terjun yang disuguhkan di kawasan wisata Curug Cikoleangkak.

Posisi Curug Cikoleangkak ini berada paling atas diantara curug lain pada alur sungai yang sama dengan Curug Cikarampyak dan Curug Cipanundaan. Jadi jangan kebanyakan mikir ya untuk mengunjungi wisata Curug Cikoleangkak.

Perjalanan yang akan Anda lalui ketika memutuskan mengunjungi Curug Cikoleangkak memang tidak mudah. Anda akan melewati hutan rimba, batu terjal dan jurang yang dalam. Selain itu, Anda juga harus menerabas semak belukar, menelusuri sungai besar dengan bebatuan yang besar dan puluhan air terjun dengan relief yang unik.

Lokasi: Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.

5. Curug Cigentis

Curug Cigentis

Image Credit: Travelspromo.com

Kawasan wisata yang kelima ini merupakan kawasan wisata yang cukup terkenal di Karawang yaitu Curug Cigentis. Destinasi wisata ini menyajikan keindahan alam pegunungan dimana air terjun yang jernih dengan dihiasi bebatuan di sekitarnya dapat Anda nikmati.

Perjalanan menuju Curug Cigentis memang tergolong ekstrim, karena letaknya jauh dari perkotaan. Namun, di sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan yang memanjakan mata, yakni hamparan sawah yang hijau. Dan kurang lebih 1-1,5 jam menikmati pemandangan tersebut Anda akan sampai di gerbang Curug Cigentis.

Di Curug Cigentis ini warga masyarakatnya juga sangat mendukung kemajuan wisata di daerahnya. Hal ini terbukti dari perkampungan yang dapat Anda jumpai. Perkampungan ini memiliki arena bermain untuk anak-anak, misalnya water boom, outbond dan masih banyak yang lainnya. Tidak hanya keindahan Curug Cigentis, tetapi Anda bisa menikmati wahana lainnya.

Setelah puas menikmati keindahan Curug Cigentis, jika Anda memiliki budget lebih. Anda bisa mengunjungi kampong wisata disana dan bisa menikmati wahana bermain yang tidak dapat Anda temui di destinasi lainnya. Jadi tunggu apa lagi? Ayo agendakan liburan disini!

Lokasi: Mekar Buana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.

Itulah 5 wisata Air Terjun (Curug) di Karawang yang wajib Anda kunjungi untuk mengisi liburan Anda. Bagi yang merasa penat dengan keramaian kota dan polusi udara, maka Anda wajib memasukkan tujuh list di atas ke agenda liburan Anda. Sebelum melakukan perjalanan ke alam bebas, jangan lupa persiapkan bekal perjalanan ya, tidak hanya itu Anda harus menyiapkan mental dan stamina Anda.