Harga Tiket: Rp 45.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Kolam Abadi merupakan salah satu destinasi wisata air yang berada di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara. Terkenal akan keindahan alamnya yang masih asri, dengan jernihnya perairan di sekitar kolam. Mungkin jika ditelisik lebih lanjut, Abadi Langkat lebih cocok disebut sebagai sumber mata air. Namun, sejak dahulu masyarakat menyebutnya kolam.

Diperkirakan kedalaman Abadi Langkat mencapai hingga 3 meter dalamnya. Selain itu, letaknya yang berada di alam bebas, membuat Abadi Langkat banyak dikunjungi para wisatawan yang berasal dari kawasan perkotaan. Tentu hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa penat dan jenuh selama beraktifitas di kawasan perkotaan.

Bagi Anda yang berkesempatan mengunjungi Sumatra Utara, jangan lupa untuk pergi ke wisata air Kolam Abadi. Banyak kegiatan alam menarik dan mengacu adrenalin yang bisa wisatawan lakukan selama berlibur ke wisata ini. Suasana semacam ini akan memanjakan wisatawan, terutama bagi mereka yang menyukai wisata alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Kolam Abadi

Daya Tarik Kolam Abadi
Image Credit: Google Maps (Jery Sitepu12)

Kolam alami ini menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke kawasan Sumatra Utara. Menyuguhkan pemandangan alam yang masih asri dengan sejuknya angin sekitar, menjadikan wisata satu ini diburu banyak wisatawan. Keindahan alamnya pun disebut-sebut bagaikan tempat wisata yang ada di luar negeri.

1. Nikmati Liburan dengan Paket Lengkap

Bagi wisatawan yang belum tahu, Abadi Langkat terletak di Kabupaten Langkat. Sudah menjadi rahasia umum jika wilayah ini memiliki tempat wisata air yang begitu cantik dan menakjubkan. Kolam ini merupakan hulu sungai dari air terjun sekitar, yakni Air Terjun Toreh-toreh dan Air Terjun Tongkat. Bisa bayangkan bukan jika Anda berlibur ke mari?

Dengan berlibur ke wisata Abadi Langkat, secara tidak langsung wisatawan juga akan mengunjungi tiga tempat wisata sekaligus. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang datang ke wisata ini. Pemandangan bawah kolam yang luar biasa cantik dijamin juga akan membuat Anda menyukai wisata satu ini, terlebih jika Anda suka berenang.

2. Panorama yang Luar Biasa

Bisa dibilang area Kolam Abadi Langkat berada di tengah hutan dan masih sangat menyatu dengan alam. Ibaratnya wisata ini layaknya masih belum pernah tersentuh tangan manusia. Wisatawan yang menyukai kegiatan alam dengan berwisata ke alam, Abadi Langkat bisa menjadi salah satu pilihan.

Akses jalan untuk bisa sampai di area kolam juga masih cukup asri dengan banyaknya pepohonan sekitar yang menjulang dengan tingginya. Tidak heran jika kawasan Abadi Langkat terasa begitu dingin karena memang lokasinya yang berada jauh dari pusat kota. Suasana semacam ini akan menciptakan rasa nyaman tersendiri yang membuat nyaman.

3. Kondisi Perairan yang Jernih dan Segar

Ketiga wisata Kabupaten Langkat ini, yakni Abadi Langkat, Toreh-toreh, serta Tongkat, memiliki jenis perairan yang sangat jernih dan bening. Saking beningnya, dasar perairan Abadi Langkat bisa leluasa pengunjung nikmati hanya dengan melihatnya dari atas permukaan air. Pemandangan bawah kolam akan terlihat cantik saat dilihat dari atas.

Wisatawan bisa melihat kehidupan makhluk hidup di bawah air, mulai dari ikan-ikan kecil dan hewan-hewan sungai lainnya. Selain itu, banyak juga bebatuan yang biasanya digunakan wisatawan untuk beristirahat setelah puas berenang atau sekadar duduk santai sambil merendamkan kaki, sembari menikmati sejuknya kawasan kolam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kolam Abadi

Alamat Kolam Abadi
Image Credit: Travel.kompas.com

Secara umum lokasi Kolam Abadi berada di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Tepatnya terletak di Desa Rumah, Sei Bingai, dan masuk dalam wilayah Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara. Wisatawan yang ingin berlibur ke wisata Abadi Langkat, terdapat rute keberangkatan yang biasa dipakai, yakni pemberangkatan dari Medan.

Dengan memakan waktu kurang lebih selama 45 menit hingga 2 jam perjalanan melalui Kota Medan, pengujung bisa sampai di kawasan Abadi Langkat. Perjalanan tadi memberi Anda petunjuk untuk memilih tujuan Binjai. Baru sesampainya di Binjai Selatan, wisatawan dapat memilih tujuan ke kawasan Kabupaten Langkat langsung.

Menariknya, akses jalan demi untuk tujuan Abadi Langkat sudah sangat baik dan aman. Sudah tersedia pula jalan tol Medan – Binjai. Akses jalan yang sudah sangat baik ini, memungkinkan wisatawan untuk bisa membawa kendaraan pribadi. Namun, bagi Anda yang tidak membawa kendaraan, sepertinya juga ada kendaraan umum yang tersedia.

Untuk menghindari kepadatan kendaraan di jalan tol, utamanya jika wisatawan berkunjung di musim liburan, ada baiknya berangkat lebih awal. Pergilah bersama rombongan agar perjalanan tidak terlalu membosankan. Kondisi alam sekitar dijamin bebas polusi dan sangat segar. Demikian, pengujung akan terjaga kesehatannya.

Harga Tiket Masuk Kolam Abadi Langkat

Harga Tiket Abadi Langkat
Image Credit: Google Maps (Agus Surya 2000)

Tidak jauh berbeda dengan wisata alam pada umumnya, siapa pun yang datang ke kawasan wisata Kolam Abadi di Langkat pasti akan dibebankan biaya masuk. Dengan membayar kurang lebih sebesar Rp. 45.000,00 sampai dengan Rp. 50.000,00 per orang, pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan alam di kawasan Abadi Langkat.

Biaya tersebut sudah sangat murah dan terjangkau, apalagi dengan biaya sebesar itu, pengujung bisa menikmati indahnya Abadi Langkat, Toreh-toreh, dan Tingkat secara bersamaan. Tidak puas dengan itu, dengan biaya tersebut wisatawan juga akan mendapat layanan tour guide selama di sana, lahan parkir, dan fasilitas toilet.

Pengelola Abadi Langkat memberi akses 24 jam penuh dari hari Senin sampai dengan Minggu. Hal tersebut memungkinkan wisatawan untuk bisa berkunjung kapan pun saat mengujungi wisata air satu ini. Jika Anda berkunjung di jam malam, jangan lupa untuk selalu menyediakan peralatan keamanan sederhana untuk berjaga-jaga.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kolam Abadi

Kegiatan Menarik di Kolam Abadi
Image Credit: Twitter.com @farhannfirdauss

1. Berendam di Area Kolam

Berendam sudah seperti menjadi kegiatan wajib yang mesti dilakukan saat berlibur ke wisata air. Hal semacam ini tentu juga tidak bisa dilewatkan saat berlibur ke Abadi Langkat. Airnya yang segar akan membuat wisatawan nyaman dan tenang. Kegiatan semacam ini pasti akan sangat jarang ditemui di kawasan perkotaan, seperti Jakarta.

2. Berenang di Area Kolam

Wisatawan yang menyukai olahraga renang, dipastikan akan sangat menyukai wisata kolam Langkat ini. Menjadi hulu sungai dari dua air terjun di sana, yakni Toreh-toreh dan Tongkat, membuat air di kawasan ini sangat segar. Wisatawan yang menyukai wisata alam akan semakin dibuat betah dengan suasana alamnya yang menakjubkan.

3. Melakukan Aktivitas Body Rafting

Sebelum melakukan kegiatan satu ini, wisatawan diharapkan untuk memakai pelampung terlebih dahulu. Wisatawan bisa menyewa di tempat persewaan yang sudah disediakan. Body rafting sendiri akan menciptakan sensasi tersendiri. Bisa-bisa tubuh Anda akan terlihat seakan mengapung di kawasan permukaan Kolam Abadi

Kegiatan di Kolam Abadi
Image Credit:. Google Maps (Ilyndra Hayu)

4. Melompat dari Tebing

Lokasi wisata yang berada di alam dengan diapit dua air terjun sekaligus, menjadikan kawasan Abadi Langkat hampir seluruhnya diselimuti bebatuan besar dan tebing yang cukup tinggi. Tingginya letak tebing biasanya dijadikan. wisatawan sebagai tempat cliff jumping. Eits, tapi disarankan bagi Anda yang sedikit memiliki trauma dengan ketinggian.

5. Menikmati Sensasi Jungle Tracking

Sebelum mencapai lokasi Abadi Langkat yang sesungguhnya, wisatawan harus menempuh jalan setapak hutan yang sebelumnya sudah diberitahukan tour guide. Wisatawan akan dibuat merasakan sensasi melewati hutan yang sesungguhnya. Namun, semua akan terbayar dengan indahnya area kolam.

6. Menyusuri Kawasan Sungai

Kegiatan menyusuri sungai ini dijamin akan memberi sensasi tersendiri bagi wisatawan. Setelah puas merasakan kesegaran air di perairan Abadi Langkat, susur sungai menjadi aktivitas yang mengasyikkan. Dengan menyusuri area sungai, wisatawan akan menemukan lokasi Air Terjun Toreh-toreh dan Tongkat.

7. Hunting foto

Kegiatan menarik terakhir yang tidak bisa dilewatkan, yakni hunting foto di area Kolam Abadi. Spot-spot alami di sekitaran area kolam akan membuat Anda tidak kehabisan ide untuk pengambilan gambar. Ambil foto sebanyak mungkin, sebagai kenang-kenangan selama berada di wisata ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kolam Abadi Langkat

Fasilitas di Kolam Abadi
Image Credit: Google Maps (Rojali Sembiring)

Berbagai fasilitas menarik bisa wisatawan nikmati selama berlibur ke kawasan wisata Kolam Abadi. Fasilitas yang disediakan pengelola kolam pun sudah cukup memadai dan lengkap. Fasilitas tersebut meliputi, adanya tempat atau pos-pos tempat menyewa segala jenis peralatan untuk bermain di area perairan sekitaran Abadi Langkat.

Fasilitas pendukung, seperti lahan parkir dan toilet juga bisa dipakai wisatawan kapan pun dan dimana pun. Pihak pengelola juga memberi jasa tour guide yang sudah dipaketkan dalam biaya tiket masuk area kolam. Tour guide ini tentunya akan membantu segala keluhan dan kesulitan wisatawan selama berlibur di wisata Langkat satu ini.

Penjelasan singkat mengenai alamat, rute, serta fasilitas yang ada di kawasan Kolam Abadi Langkat di atas diharapkan dapat membantu Anda dalam memilih tempat liburan. Jangan lupa untuk selalu melihat berbagai sumber agar referensi Anda semakin luas. Dan jangan lupa mengabadikan momen liburan Anda, ya.