Harga Tiket: Mulai Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-16.30 WIB, Alamat: Namu Sialang, Kec. Batang Serangan, Kab. Langkat, Sumatera Utara.; Map: Cek Lokasi

Tangkahan Langkat masuk ke dalam dua wilayah resort yaitu wilayah resort Tangkahan dan resort Cinta Raja. Tempat wisata alam ini memiliki luas 3.837,77 Ha dengan ribuan pohon yang berdiri kokoh serta sungai yang panjang nan bersih membuatnya menjadi salah satu hutan tropis di Indonesia.

Tidak hanya hutan dan sungainya saja yang menjadi daya tarik di Tangkahan tetapi ada satu hewan yang menjadi habitat asli dari Taman Nasional ini. Hewan itu adalah gajah. Ada begitu banyak gajah yang ada di tempat ini dan semuanya di lindungi oleh pemerintah dan pengelola Taman Nasional. Para wisatawan juga di perbolehkan untuk melakukan kegiatan bersama gajah-gajah ini.

Banyak kegiatan yang bisa di lakukan oleh para wisatawan bersama gajah yang ada di Taman Nasional ini, namun tetap di damping oleh para petugas jadi tidak perlu cemas. Kegiatan yang bisa di lakukan mulai dari memandikan gajah, memberi makan gajah, hingga menunggangi gajah. Walaupun kegiatan ini di lakukan sambil di damping oleh petugas namun tetap berhati-hati dalam melakukannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Tangkahan Langkat

Daya Tarik Tangkahan Langkat
Image Credit: Google Maps (Mewarnai Indonesia)

Ada beberapa daya tarik dari Taman Nasional ini, mulai dari alamnya hingga aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini. Berikut adalah beberapa daya tarik dari Tangkahan.

1. Alam yang Indah

Hal pertama yang menjadikan tempat wisata ini begitu terkenal dan digemari adalah alamnya yang luar biasa indah. Bagi para pencinta alam kalian tidak akan menyesal ketika dantang ke tempat ini. Di mulai dari banyaknya pohon rindang yang membentuk sebuah hutan teropis dengan sungai bersih dan panjang yang bisa di jumpai di sini.

2. Sungai yang Menyegarkan

Berikutnya adalah sungai yang panjang dan bersih akan menjadi daya tarik dari taman nasional yang berlokasi di Sumatera Utara tersebut. Tidak hanya untuk para pencinta alam saja yang bisa menikmati jernihnya air di sugai ini. Namun, para pencinta arum jeram juga bisa mencoba menaklukan sungai yang berada di dalam hutan Tangkahan tersebut.

3. Gajah

Gajah merupakan hewan yang dilindungi dan sekaligus menjadi icon di taman nasional ini. Banyak sekali gajah dari yang masih kecil sampe yang sudah dewasa yang bisa di temukan di tempat ini. kegiatan-kegiatan seperti memandikan hingga menunggangi gajah bisa di lakukan oleh para wisatawan ketika menginjakan kakinya di sini.

4. Jembatan Gantung

Jembatan gantung yang berada tidak jauh dari tempat parkiran ini menjadi sangat populer bagi para wisatawan yang datang ke tempat ini. Hanya dengan Rp 3.000 para wisatawan bisa menaiki dan menikmati pemandangan hutan yang sangat indah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Tangkahan Langkat

Alamat Tangkahan Langkat
Image Credit: Google Maps (Surya Purnama)

Tangkahan berada di Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Langkat yang merupakan kabupaten paling utara yang berbatasan langsung dengan Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam. Lebih tepatnya taman nasional ini berlokasi di desa Sei Serdang dan desa Namo Sialang. Yang berjarak sekitar 120 km dari kota Medan yang merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara.

Untuk perjalanan dari Kota Medan ke taman nasional ini di perkirakan akan memakan waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Dengan menggunakan kendaraan umum atau dengan menggunakan kendaraan pribadi. Berikut beberapa cara untuk sampai ke taman nasional tersebut.

1. Menggunakan Kendaraan Umum

Untuk bisa mencapai taman nasional ini bisa menggunakan kendaraan umum yaitu bus. Untuk membantu wisatawan dari luar Kota Medan maka rute bisa di mulai dari Bandara Internasional Kualanamu Medan. Dari bandara para wisatawan bisa menggunakan Damri ke terminal bus Kurnia Kota Medan yang berjarak kurang lebih 54 kilo meter yang akan memakan waktu perjalanan sekitar 54 Menit.

Kemudian dari Terminal Bus para wisatawan bisa menggunakan bus pembangunan semesta yang akan menuju lokasi taman nasional. Sebagai saran alangkah baiknya menanyakan apakah bus tersebut akan melewati taman nasional atau tidak, karena ada beberapa bus yang memilih tidak melewati taman nasional untuk mempersingkat waktu perjalanan.

Untuk perjalanan menggunakan bus pembangunan semesta akan memakan waktu selama 4 jam perjalanan dengan jarak tempuh sejauh 92 kilo meter. Sebenarnya bisa lebih cepat namun menggingat bus yang selalu berhenti untuk menaikan dan menurunkan penumpang membuat waktu perjalanan akan bertambah.

2. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Untuk perjalanan menuju Tangkahan menggunakan kendaraan pribadi bisa ditempuh selama 3 jam dengan jarak dari Lapangan Merdeka Kota Medan mencapai 97 kilo meter. Dimulai dari jl. Kereta api ambil jalur ke arah selatan kemudian di pertigaan ambil jalur keluar menuju jl. Pulau Pinang sampai mendapatkan McDonald’s Merdeka Walk lalu ambil jalur menuju jl. Balai Kota.

Ikuti jl. Balai Kota hingga sampai ke jl. Putri Hijau tetap di jalan tersebut sampai ke jl. Colonel Yos Sudarso hingga menemukan Bank BRI KCP Pulo Brayan, lalu keluar jalur kea rah jl. Pelita. Tetap di jl. Pelita sampai menemukan jl. Pertempuran. Tetap di jalur hingga sampai di Anugerah Optik lalu ambil jalur ke utara di jl. Veteran. Dari jl. Veteran terus lurus sampai menemukan tol Medan – Binjai.

Ikuti tol Medan – Binjai hingga keluar jalur tol dan ambil jalu ke utara di jl. Megawati hingga sampai di pertigaan jl. Tengku Amir Hamzah dan ambil jalur kea rah utara di jl. Tengku Amir Hamzah menuju jl. Lintas Sumatera ke arah Banda Aceh hingga sampai di Polres Hinal dan ambil jalur keluar di perempatan menuju Barat di jl. Sawit Seberang.

Dari jl. Sawit Seberang terus lurus sampai ke jl. Batang Serangan hingga sampai di Polsek Padang Tualang lalu ambil jalur kea rah Selatan sampai menemukan Masjid Al-Ishlah lalu masuk ke jl. Besar Batang Serangan sampai menemukan pertigaan jl. Kwala Sawit lalu ke arah Barat. Terus ikuti jalan tersebut sampai menemukan simpang tiga,

Dari simpang tiga ambil jalan keluar ke dua ke arah utara. Tetap di jalur tersebut sampai menemukan lesehan Nova Rakasiwi. Dari sini ambil jalur kea rah Barat. Tetap di jalur kurang lebih 8 Kilo meter dan lokasi Taman Nasional ada di sebelah kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Tangkahan Langkat

Harga Tiket Tangkahan Langkat
Image Credit: Google Maps (René H)

Untuk harga tiket Tangkahan dimulai dari Rp 10.000 sampai Rp 4.900.000 terhitung untuk bulan juni 2021 dengan jam buka dari pukul 08:00 sampai 16:30 dan setiap hari minggu libur. Ada beberapa daftar harga untuk beberapa aktifitas terhitung di bulan Juni 2021.

Seperti menyeberangi jembatan gantung Rp 10.000, Rp 250.000, Junggle Tracking Rp 650.000, Packet Tracking Rp 850.000, Youth track (untuk 3 orang), Rp 1.108.000, Full day track (untuk 3 orang)Rp 1.716.000, Family track (2 sampai 3 jam) Rp 690.000, Junggle track (berkemah 2 malam) Rp 4.900.000. Berfoto (Disediakan Kameramen) Rp 20.000 dan Parkir Rp 30.000.

Untuk tambahan, semua kegiatan yang memasuki Kawasan hutan akan di damping oleh satu atau dua orang petugas.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Tangkahan Langkat

Kegiatan di Tangkahan Langkat
Image Credit: Google Maps (Sri Devi Gustina)

Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa di lakukan di Taman Nasional Tangkahan bersama keluarga atau teman yang berkunjung.

1. Trekking Hutan

Hal yang paling harus di lakukan di Taman Nasional ini adalah trekking hutan atau penaklukan hutan teropis nan lebat ini. Banyak sekali tantangan dan rintangan yang bisa di coba selama menaklukan hutan lebat di Sumatera Utara ini. Para pemula tidak perlu takut jika mau belajar menjelajahi hutan karena taman nasional ini akan menyediakan petugas yang menemani selama melakukan kegiatan tersebut.

2. Camping

Kegiatan yang bisa dilakukan berikutnya adalah camping atau bermalam di alam terbuka. Suatu cara menenangkan pikiran dan menjauhkan diri dari keramaian kota adalah dengan melakukan kegiatan camping di alam terbuka. Karena taman wisata ini di lindungi oleh pemerintah maka banyak pengunjung yang datang untuk melakukan kegiatan camping di sini.

3. Patrol Menggunakan Gajah

Berpatroli atau mengelilingi hutan dengan menunggangi gajah adalah kegiatan yang wajib di lakukan di taman wisata yang satu ini. Sensasi tersendiri ketika seseorang menunggangi gajah dan mengelilingi hutan teropis ini.

4. Memandikan Gajah

Tidak hanya menunggangi gajah, tetapi para wisatawan bisa merasakan bagaimana keseruan memandikan gajah. Dengan keusilan gajah para pengunjung akan merasakan bagaimana rasanga di semprot air melalui belalai gajah. Tetap perlakukan gajah yang di mandikan dengan lembut agar sang gajah tidak mengamuk atau terganggu.

Kegiatan Tangkahan Langkat
Image Credit: Google Maps (Vario Black3000)

5. Arum Jeram

Kegiatan seru berikutnya di Tangkahan Langkat adalah arum jeram dengan menaiki tubing. Mengitari sungai sambil menaiki tubing mungkin akan membuat pengelaman yang sedikit berbeda. Para wisatawan juga bisa melakukan hal tersebut di taman nasional yang satu ini.

6. Mandi dan Bermain Air Sungai

Tidak hanya bermain arum jeram namun para wisatawan juga bisa bermain air sungai seperti berenang dan memancing. Tidak hanya itu terdapat air terjun yang bisa digunakan untuk berfoto dan mandi dibawahnya.

7. Berfoto

Sudah pasti dengan melakukan semua kegiatan di atas tidak akan lengkap rasanya jika tidak mengabadikannya dengan kamera. Berfoto sambil bermain dengan gajah atau menaklukan hutan sudah menjadi hal wajar bagi para wisatawan yang datang ke Tangkahan.

Fasilitas yang Tersedia di Tangkahan Langkat

Fasilitas di Tangkahan Langkat
Image Credit: Google Maps (Suwondo Ng)

Tidak hanya melakukan kegiatan-kegiatan menarik di taman nasional ini namun ada juga beberapa fasilitas yang bisa di gunakan oleh para wisatawan. Berikut adalah beberapa fasilitas penunjang yang ada di taman nasional Tangkahan.

1. Parkiran

Yang pertama adalah lahan parkiran. Di sini para wisatawan bisa menitipkan kendaraan mereka dan menikmati alam bebas nan indah.

2. Jembatan Gantung

Berikutnya ada jembatan gantung. Jembatan ini menjadi salah satu spot berfoto yang paling digemari oleh para wisatawan yang datang ke taman nasional yang berlokasi di Sumatera Utara ini.

3. Pusat Pengunjungan

Berikutnya adalah pusat layanan atau pengunjung. Merupakan kantor sekaligus tempat di mana para wisatawan akan mencari informasi mengenai taman nasional ini.

4. Tempat Camping

Terdapat lapangan atau area yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk bermalam. Biasanya akan ada tenda-tenda dari para wisatawan yang ingin bermalam di taman nasional ini.

5. Toilet

Dan yang terakhir adalah toilet. Dimana para wisatawan atau petugas akan gunakan untuk membuang air besar atau kecil.

Itu semua adalah beberapa penjelasan tentang Tangkahan, wisata alam yang ada di Langkat, Sumatera Utara. Tempat yang menjadi pusat penangkaran gajah dan menjadi hutan bagi ribuan pohon yang ada di hutan tropis tersebut.