Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Mendengar nama Air Terjun Siluman, wajar saja jika di benak anda muncul hal-hal yang berbau mistis dan menyeramkan. Namun ternyata tidak demikian, justru keindahan alam lah yang didapatkan ketika mengunjungi salah satu air terjun di Langkat ini. Pesonanya tidak jauh dari struktur air terjun itu sendiri dan kolam sebagai wadah jatuhnya air.

Kabupaten Langkat, Sumatera Utara memang dikenal memiliki destinasi wisata alam mempesona. Sebagian besar dari pegunungan, perbukitan, dan air terjun. Kondisi ini dikarenakan letak geografisnya yang lebih banyak dataran tinggi berupa pegunungan daripada dataran rendah.

Seperti halnya pegunungan, tentunya memiliki berbagai air terjun dengan keindahan masing-masing. Air Terjun Siluman bukanlah satu-satunya wisata alam yang layak dikunjungi ketika berada di Langkat. Namun masih banyak lainnya dengan panorama alam indah. Untuk kali ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata karena ada keunikan yang mungkin tidak di dapat ditempat lain.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Siluman

Daya Tarik Air Terjun Siluman
Image Credit: Instagram Tito

Nama lain dari air terjun cantik ini adalah Air Terjun Namo Belanga. Ada juga sebagian warga yang menyebutnya dengan air terjun Bidadari. Terlepas dari nama yang dimiliki, faktanya banyak daya tarik yang membuat wisatawan rela menempuh perjalanan jauh untuk melihat pesonanya.

1. Keindahan Air Terjun Siluman

Air Terjun Siluman memiliki keindahan yang tidak kalah dengan air terjun di tempat lain. Bahkan mungkin memiliki keindahan yang tidak ada duanya karena termasuk unik. Bayangkan saja, batuan sebagai tempat aliran air yang terjun ke bawah tampak seolah sebuah tambalan batu.

Maksudnya, batuan tersebut seperti bertumpuk, bukan dalam satu bagian utuh. Terlihat jelas tumpukan batu yang menghasilkan riak kecil ketika dialiri air. Disela tumpukan batu tumbuh tanaman liar yang tidak akan bertahan lama. Pasalnya, tanaman tersebut pada akhirnya hilang terbawa aliran air.

Lain halnya dengan tanaman yang ada di sisi kiri dan kanan batuan tebing sebagai jalan utama air mengalir. Tanaman tersebut tumbuh subur dan menutupi hampir semua bagian tebing seolah tidak rela memperlihatkan keindahannya. Lumut yang tumbuh semakin membuat pemandangan di sekitar air terjun tampak hijau menyegarkan.

2. Telaga Biru Mempesona

Aliran air yang melewati Air Terjun Siluman nantinya akan tertampung pada sebuah wadah yang dikenal dengan kolam. Mempesona, itulah yang mungkin terucap ketika anda datang melihatnya. Warnanya biru jernih sehingga tampak jelas bagian dasar telaga. Padahal bagian terdalam dari telaga tersebut sekitar 2 meter, namun tetap terlihat jelas batuan di bawahnya.

Ketika cuaca cerah, dimana cahaya matahari bersinar terang, kolam cantik tersebut terlihat semakin memukau. Tampak bias cahaya matahari di permukaan kolam seperti kembali dan tidak kuat melihat kejernihan nya. Pesona ini bisa anda saksikan ketika tidak ada pengunjung yang menggunakannya untuk berenang karena bagian dasar kolam yang berupa tanah dan batu tidak terangkat.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Siluman
Image Credit: Instagram nurulanandamanurung19

3. Air Terjun Musiman

Pada umumnya, air terjun memiliki air yang selalu mengalir setiap musim. Akan tetapi berbeda dengan Air Terjun Siluman, dimana merupakan sebuah air terjun musiman. Artinya, aliran air tidak selalu ada, kadang muncul dan kadang hilang. Kemunculan air yang mengalir dipengaruhi oleh musim.

Jika di musim kemarau biasanya debit air tidak terlalu deras dan bahkan mungkin hilang jika kemarau panjang. Namun di musim hujan, debit air dipastikan deras dan tidak hanya membanjiri kolam atau telaga namun juga daerah di sekitarnya. Keunikan ini ternyata mengundang rasa penasaran wisatawan untuk datang mengadu keberuntungan.

4. Khasiat Air Kolam

Entah percaya atau tidak, Air Terjun Siluman memiliki air kolam yang katanya berkhasiat. Adapun khasiat yang dimaksud yakni dapat mengobati berbagai macam penyakit, terutama penyakit ringan. Hal ini dikarenakan kolam di air terjun eksotis ini pernah digunakan sebagai tempat pemandian bidadari. Atas dasar inilah kenapa muncul nama air terjun Bidadari sebagai nama lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Siluman
Image Credit: Instagram travelingsumut

Objek wisata cantik ini berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaran bermotor jika anda mulai di Binjai. Jarak yang harus ditempuh sekitar 30 kilometer dan tidak terlalu baik kondisi jalannya setelah memasuki kawasan pegunungan.

Jika anda berniat mengunjungi Air Terjun Siluman, sebaiknya gunakan kendaraan roda dua. Terdapat dua pos pemberhentian yang harus dilalui. Untuk menuju pos pertama inilah medan nya tidak terlalu lebar dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Bagi yang terpaksa membawa kendaran roda empat, silahkan titipkan di warung dan gunakan jasa ojek yang ada di sekitar lokasi wisata.

Perjalanan dari pos pertama hingga menuju pos kedua memakan waktu cukup lama. Setibanya di pos kedua, anda harus parkir kendaraan dan mulai melakukan perjalanan dengan jalan kaki. Ada baiknya jika menyewa pemandu supaya lebih aman dan situasi terkendali.

Pasalnya, jalan yang harus dilalui cukup sulit dengan rintangan lereng dan tanah licin. Apalagi jika anda baru pertama kali ini datang, tentunya tidak mengetahui dimana letak Air Terjun Siluman berada. Keberadaan pemandu atau guide dari warga sekitar memang menguntungkan, namun harus dibayar dengan jumlah yang disepakati.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air Terjun Siluman
Image Credit: Instagram sumutgaleri.id

Memang berbeda dalam hal harga dengan air terjun di tempat lain, kali ini bisa dikatakan lumayan mahal. Pada umumnya, wisata air terjun hanya mematok harga tiket masuk sebesar 5.000 atau 10.000 rupiah. Namun air terjun di Langkat ini membebankan tiket masuk sebesar 50.000 per orang.

Harga tiket masuk Air Terjun Siluman tersebut sudah termasuk pemandu yang mengantarkan anda hingga ke lokasi tujuan. Bukan mutlak sebenarnya, anda masih bisa menawar jika dirasa terlalu mahal. Bagi yang datang bersama rombongan biasanya lebih diuntungkan karena mendapatkan harga 150.000 untuk lima orang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Siluman

Aktivitas Menarik di Air Terjun Siluman
Image Credit: Instagram Tito

Pesonanya sayang untuk dilewatkan, apalagi banyak hal seru yang bisa dilakukan. Seperti halnya ketika berada di wisata air terjun, seperti itulah aktivitas yang menarik dilakukan. Bagi anda yang baru pertama kali ini datang, kegiatan berikut bisa dijadikan inspirasi!

1. Berenang dan Bermain Air

Kedalam air di kolam Air Terjun Siluman sekitar 1,5 meter hingga 2 meter. Kedalaman tersebut memang tidak terlalu aman bagi yang belum mahir berenang. Jika anda termasuk salah satunya, ada baiknya jika bermain air di bagian tepi kolam. Kedalaman di tepi cukup dangkal dan tidak terlalu membahayakan untuk sekedar bermain air.

Lain halnya jika anda mahir berenang, silahkan berenang sepuasnya di kolam yang konon pernah digunakan untuk tempat mandi bidadari tersebut. Airnya yang segar mungkin membuat anda betah berlama-lama sambil mengasah skill berenang. Sayangnya, kolam tersebut tidak bisa digunakan cliff jumping karena hampir tidak ada batuan besar di tepi kolam. Kalaupun ada, kondisinya dipenuhi lumut dan lumayan sulit mendakinya.

2. Menikmati Keindahan Air Terjun Siluman

Tidak harus bermain air atau berenang, bagi yang tidak mau melakukan kedua aktivitas tersebut karena alasan tertentu, silahkan menikmati pemandangan indah. Pohon hijau, kolam biru, dan air terjun eksotis dipastikan memanjakan mata. Apalagi suasana di sekitar sangat asri dengan cuaca menyejukkan.

Aktivitas Dilakukan di Air Terjun Siluman
Image Credit: Instagram sityhermansyah_

3. Hunting Foto

Jangan terpesona dengan keindahan Air Terjun Siluman sehingga anda lupa untuk mengabaikannya. Aktivitas ini wajib dilakukan selama menjalani rutinitas liburan. Apalagi kali ini anda datang di salah satu objek wisata alam terbaik di Langkat. Tentunya sayang jika semua panorama yang disajikan terlewat begitu saja.

4. Bersantai Sambil Wisata Kuliner

Setelah lelah menjalani aktivitas, baik berenang atau foto dengan tujuan mengisi konten media sosial, silahkan mampir sebentar di warung yang tersedia. Memang tidak banyak, saat ini hanya terdapat dua warung semi permanen. Namun anda bisa menikmati hidangan yang ada di sana, baik yang mengenyangkan maupun sekedar camilan.

Menu yang umum ditemui di warung Air Terjun Siluman tersebut yaitu mi instant. Ada juga gorengan dan jajanan tradisional jika anda beruntung. Minuman juga tersedia, baik dingin maupun hangat. Lebih disarankan menikmati minuman hangat karena kondisi cuaca di sana lumayan dingin.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Air Terjun Siluman
Image Credit: Instagram yanhzs

Tidak banyak fasilitas yang ditemukan di lokasi wisata alam ini. Di lokasi utama hanya ditemukan wrung yang telah disinggung diatas. Begitu juga dengan toilet yang masih menumpang di warung tersebut. Bagi yang ingin menjalankan ibadah juga demikian, ada baiknya jika membawa peralatan sendiri dari rumah, termasuk sajadah.

Fasilitas Air Terjun Siluman yang lumayan lengkap bisa ditemukan di lokasi parkir yang sekaligus menjadi fasilitas wajib sebuah objek wisata. Di sana, ada lebih banyak lagi warung yang menjual aneka makanan. Toilet yang lebih nyaman juga ditemukan di daerah tersebut jika anda perlu untuk membersihkan diri.

Meskipun masih minim fasilitas, setidaknya ada alternatif yang bisa digunakan. Dengan demikian, objek wisata indah ini masih layak dikunjungi dan menjadi urutan teratas daftar kunjungan wisata. Bagi anda yang saat ini berada di Kabupaten Langkat atau sedang berada di Binjai, tidak ada salahnya mengunjungi Air Terjun Siluman dan membuktikan sendiri keindahannya.