16 Tempat Wisata di Maros Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Maros

Maros adalah kota daerah tingkat II yang ada di Sulawesi Selatan. Tempat ini juga merupakan salah satu kabupaten yang menjadi bekas kerajaan di Sulawesi Selatan. Kabupaten ini terkenal sebagai kabupaten penyangga kota Makassar. Tempat ini memiliki luas 1.619,12 kilometer persegi.

Dengan luas daerah yang begitu lebar, tak heran kabupaten Maros menjadi kota yang memegang peranan penting dalam pembangunan kota Makassar. Kabupaten ini menjadi kabupaten dengan objek wisata batu karst terbesar kedua di dunia.

Selain banyak wisata karst, daerah ini memiliki nilai-nilai sejarah dan pengetahuan baru yang dapat Anda peroleh. Pada kesempatan kali ini, akan diulas 16 tempat wisata di Maros yang menarik Anda kunjungi ketika liburan tiba.

1. Taman Kupu-Kupu Bantimurung

Taman Kupu-Kupu Bantimurung

Image Credit: Kompasiana.com

Taman ini disebut juga dengan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Di sini terkumpul berbagai potret keindahan alam yang luar biasa. Selain itu, ada banyak kupu-kupu dengan berbagai jenis dapat Anda temukan di sini.

Taman ini juga dikenal sebagai kerajaan kupu-kupu. Selain menikmati keindahan karst dan kupu-kupu yang bermacam-macam, Anda juga bisa menikmati spot foto dengan background jembatan gantung.

Lokasi: Jl. Poros Maros – Bone KM 12, Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros.

2. Leang Petta

Leang Petta

Image Credit: Wego.co.id

Leang pette menjadi salah satu tempat yang indah yang bisa Anda kunjungi di kabupaten Maros. Leang Pette ini adalah sebuah goa yang letaknya dekat dengan air terjun bantimurung.

Di goa ini terdapat lukisan dinding pada jaman dahulu. Lukisan tersebut memiliki sekat pintu dan dengan bentuk goa yang unik. Selain itu, diperkirakan lukisan tersebut telah ada sekitar 1500 sebelum masehi.

Lokasi: Leang-Leang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros.

3. Kawasan Karst Maros

Kawasan Karst Maros

Image Credit: Mytrip.co.id

Maros memang terkenal dengan kota yang memiliki wisata karst terbesar kedua di dunia. Di kawasan karst Maros ini Anda bisa melihat gunung kapur dari jarak dekat.

Tempat ini dekat dengan kampung rammang-rammang yang tidak jauh dari jalur jalan raya. Jika Anda ke tempat ini Anda akan merasa seperti di kerajaan batu, karena memang karstnya sangat menakjubkan.

Lokasi: Salenrang, Kec. Bontoa, Kab. Maros.

4. Wisata Alam Kampung Rammang-Rammang

Wisata Alam Kampung Rammang-Rammang

Image Credit: Mongabay.co.id

Wisata alam kampung rammang-rammang adalah salah satu tempat yang memiliki latar belakang pemandangan alam gunung karst yang eksotis dengan dibalut dengan sawah dan sawah yang memanjang.

BACA:  12 Tempat Wisata di Enrekang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Anda bisa merasakan sensasi romantis dengan naik perahu atau rakit di sungai untuk melihat pemandangan alam gunung ini. Anda juga bisa menikmati pemandangan alam dengan balutan kabut di setiap pagi yang membuat gunung karst tersebut menjadi semakin indah.

Lokasi: Salenrang, Bontonlempangan, Kec. Bontoa, Kab. Maros.

5. Taman Purbakala Sumpang Bita

Taman Purbakala Sumpang Bita

Image Credit: Ardiyanta.com

Taman purbakala sumpang bita adalah wisata alam yang menjadi andalan di daerah Maros. Anda bisa menikmati pemandangan alam dengan suasana dan aktivitas yang berbeda dan membuat hati Anda menjadi lebih tenang.

Taman ini berada di taman nasional bantimurung bulu saraung, sehingga ketika Anda berkunjung di taman nasional bantimurung, taman purbakala ini jangan Anda lewatkan dan harus mampir.

Lokasi: Balocci Baru, Kec. Balocci, Kab. Pangkajene Dan Kepulauan.

6. Pantai Kuri Maros

Pantai Kuri Maros

Image Credit: Idntimes.com

Selain pemandangan alam karst, Maros juga memiliki pantai, salah satu contohnya adalah pantai kuri Maros yang merupakan pantai andalan di kabupaten Maros ini. Pantai ini terkenal dengan pantai yang memiliki pasir putih dan berkilau.

Jika Anda berlibur, tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan keluarga, karena lokasinya strategis yang memudahkan Anda untuk selalu datang ke tempat ini. Di pantai ini juga ada bukit batu serta taman mangrove.

Lokasi: Jl. Kuri Pattene, Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros.

7. Bulu Tombolo

Bulu Tombolo

Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Siapa yang masih asing dengan yang namanya bulu tombolo? Bulu tombolo merupakan destinasi wisata yang milenial dan terlihat baru. Karena di tempat ini Anda bisa melihat banyak pemandangan langit di malam hari.

Tempat wisata yang satu ini, sangat cocok Anda kunjungi di malam hari. Karena di sana Anda dapat menikmati pemandangan kembang api, bulan, dan bintang yang gemerlapan. Selain itu, tempat ini masih asri dengan udara yang masih segar. Di jamin Anda akan betah bersama pasangan jika berkunjung d tempat ini.

Lokasi: Labuaja, Kec. Cenrana, Kab. Maros.

8. Helena Sky Bridge

Helena Sky Bridge

Image Credit: Camerawisata.com

Helena sky bridge adalah spot selfi terbaru yang letaknya berada di taman nasional battimurung. Helena sky bridge ini adalah jembatan yang memiliki tinggi 200 meter. Jembatan ini adalah jembatan tertinggi yang ada di taman nasional battimurung tersebut.

BACA:  10 Hotel Murah Dekat Pantai Losari Makassar Dengan Promo Terbaik

Jembatan ini menjadi jembatan yang banyak diburu oleh wisatawan. Karena spot foto yang satu ini lagi hit dan viral. Selain itu, di helena sky bridge Anda bisa menikmati pemandangan yang indah yang membuat Anda betah untuk di sini.

Lokasi: Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros.

9. Air Terjun Lacolla

Air Terjun Lacolla

Image Credit: Ardiyanta.com

Air terjun lacolla adalah air terjun di kabupaten Maros yang masih memiliki air yang segar dan alami. di sini Anda bisa memacu adrenalin Anda karena Anda akan melewati jalur jalan dari tangga yang berkelok-kelok mengikuti kontur tebing.

Namun, dengan begitu Anda bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah dan tidak membosankan. Selain itu, meskipun Anda melewati jalan berkelok-kelok yang menakutkan dan melelahkan, Anda akan dihibur dengan guyuran air terjun yang sangat sejuk.

Lokasi: Malaka, Cenrana Baru, Kec. Cenrana, Kab. Maros.

10. Pantai Kuri Caddi

Pantai Kuri Caddi

Image Credit: Idntimes.com

Selain pantai kuri Maros. Pantai Kuri Caddi menjadi salah satu pantai di Maros yang sangat bagus. Di tempat ini Anda bisa menikmati deburan ombak yang sangat indah. Pantai ini memiliki kesamaan dengan pantai kuri Maros yaitu dengan pasir putihnya.

Jika Anda suka selfi, tempat ini paling cocok untuk Anda. Di pantai ini Anda juga bisa menikmati sunset yang menakjubkan. Liburan bersama keluarga akan lebih cocok jika Anda ke pantai ini.

Lokasi: Jl. Kuri Lompo, Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros.

11. Bulu Saukang

Bulu Saukang

Image Credit: Daisyjuliaaa.blogspot.com

Bulu saukang adalah salah satu gunung di Maros. Di tempat ini selain sebagai tempat wisata, Anda bisa juga berjelajah atau naik gunung. Tempat ini sangat cocok untuk kawula muda yang masih energik.

Selain pemandangannya bagus dan selalu menghibur wisatawan, Anda akan betah jika liburanmu berkunjung ke tempat ini. Anda bisa menjadikan pemandangan alam di sekitar gunung sebagai spot selfi yang alami.

Lokasi: Benteng Gajah, Kec. Tompobulu, Kab. Maros.

12. Masjid Lompoe Urwatul Wutsqa

Masjid Lompoe Urwatul Wutsqa

Image Credit: Marosfm.com

Selain karst, gunung dan taman nasional, Maros memiliki wisata religi yang menyimpan nilai sejarah yaitu masjid lompoe urwatul wutsqa. Masjid ini memiliki mimbar dengan dilengkapi beduk dari kerajaan Turikale.

BACA:  17 Oleh-Oleh Khas Makassar Paling Populer

Tempat ini bisa Anda gunakan sebagai tempat ibadah dan peristirahatan ketika habis berkunjung ke tempat wisata lain. Namun, Anda jangan melewatkan kisah sejarah yang ada di masjid ini.

Lokasi: Jl. Poros Maros – Soppeng, Turikale, Kec. Turikale, Kab. Maros.

13. Kompleks Makam Kassi Kebo

Kompleks Makam Kassi Kebo

Image Credit: Putratoursmakassar.com

Wisata yang satu ini adalah tempat penguburan karaeng Marusu dan keluarganya. Di sini adalah tempat wisata yang menyimpan banyak nilai-nilai sejarah. Lokasinya yang cukup strategis membuat tempat ini ramai oleh pengunjung.

Jika Anda berlibur di tempat ini, Anda akan banyak mendapatkan wawasan baru dan bermakna sejarah. Selain itu, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda jika datang ke tempat wisata ini.

Lokasi: Baju Bodoa, Kec. Maros Baru, Kab. Maros.

14. Cagar Budaya Bulu Sipong

Cagar Budaya Bulu Sipong

Image Credit: Newsaccarita.blogspot.com

Tempat wisata ini adalah situs gua prasejarah yang berupa bukit karst. Bukit ini berada di tengah hamparan sawah. Di sini Anda akan menemukan tinggalan budaya berupa gambar cap tangan, babi rusa, perahu dan ikan.

Jika Anda berlibur di sini, adalah tempat wisata yang tepat. Karena Anda akan mendapatkan banyak pengalaman sejarah dan wawasan baru di tempat ini. Selain itu, Anda berkesempatan untuk foto.

Lokasi: Bontonlempangan, Kec. Bontoa, Kab. Maros.

15. Taman Leang-Leang

Taman Leang-Leang

Image Credit: Timurindonesia.com

Tempat wisata ini adalah cagar budaya yang terdiri dari lereng karst yang curam. Di sini Anda juga akan menemukan sungai yang tepat berada di depannya. Selain itu, Anda akan menemukan peninggalan.

Peninggalan tersebut seperti babi rusa dan bekas telapak tangan. Di sini Anda akan mendapatkan pengalaman sejarah dan wawasan baru yang bisa Anda jadikan cerita untuk teman dan keluarga.

Lokasi: Leang-Leang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros.

16. Air Terjun Pung Bunga Bonto Somba

Air Terjun Pung Bunga Bonto Somba

Image Credit: Syardiangsyah29.blogspot.com

Air terjun ini terletak di kaki gunung di ketinggian 300 meter di atas permukaan air laut. Air terjun ini sangat indah karena tidak pernah kering.

Jika Anda ingin ke sini, Anda harus menempuh jarak sekitar 25 kilometer. Meskipun Anda merasa lelah, hal itu tak terasa ketika Anda menikmati keindahan tempat ini.

Lokasi: Bontomanurung, Kec. Tompobulu, Bonto Somba, Tompu Bulu, Kab. Maros.

Nah, itulah 16 rekomendasi tempat wisata di Maros yang harus Anda kunjungi. Selain tempatnya menyimpan banyak keindahan, Anda akan menikmati wawasan baru tentang sejarah di kabupaten Maros.