Maros adalah kota daerah tingkat II yang ada di Sulawesi Selatan. Tempat ini juga merupakan salah satu kabupaten yang menjadi bekas kerajaan di Sulawesi Selatan. Kabupaten ini terkenal sebagai kabupaten penyangga kota Makassar. Tempat ini memiliki luas 1.619,12 kilometer persegi.

Dengan luas daerah yang begitu lebar, tak heran kabupaten Maros menjadi kota yang memegang peranan penting dalam pembangunan kota Makassar. Kabupaten ini menjadi kabupaten dengan objek wisata batu karst terbesar kedua di dunia.

Selain banyak wisata karst, daerah ini memiliki nilai-nilai sejarah dan pengetahuan baru yang dapat Anda peroleh. Pada kesempatan kali ini, akan diulas 25 tempat wisata di Maros yang menarik Anda kunjungi ketika liburan tiba.

1. Taman Kupu-Kupu Bantimurung

Taman Kupu-Kupu Bantimurung
Image Credit: Kompasiana.com

Taman ini disebut juga dengan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Di sini terkumpul berbagai potret keindahan alam yang luar biasa. Selain itu, ada banyak kupu-kupu dengan berbagai jenis dapat Anda temukan di sini.

Taman ini juga dikenal sebagai kerajaan kupu-kupu. Selain menikmati keindahan karst dan kupu-kupu yang bermacam-macam, Anda juga bisa menikmati spot foto dengan background jembatan gantung.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Poros Maros–Bone KM 12, Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

2. Puncak Makkaroewa

Puncak Makkaroewa
Image Credit: Twitter.com @deeyach_firdaus

Jika Anda berkunjung ke kota Maros, objek wisata pertama yang harus dikunjungi adalah Puncak Makkaroewa. Di tempat ini Anda akan melihat panorama alam yang sangat mempesona, pepohonan rindang yang menambah asri suasana, suhu udara yang sejuk dan tentunya banyak sekali tempat keren untuk foto.

Wisata alam ini masih tergolong baru dan terkenal saat ini, karena ada sejak tahun 2017. Jika Anda membutuhkan tempat untuk bersenang-senang dan bersantai, tak harus mengunjungi wisata populer yang memakan biaya mahal. Anda cukup datang ke tempat ini sudah bisa menikmati hamparan perbukitan hijau yang mempesona dari ketinggian.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Labuaja, Kec. Cenrana, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

3. Leang Petta

Leang Petta
Image Credit: Wego.co.id

Leang pette menjadi salah satu tempat yang indah yang bisa Anda kunjungi di kabupaten Maros. Leang Pette ini adalah sebuah goa yang letaknya dekat dengan air terjun bantimurung.

Di goa ini terdapat lukisan dinding pada jaman dahulu. Lukisan tersebut memiliki sekat pintu dan dengan bentuk goa yang unik. Selain itu, diperkirakan lukisan tersebut telah ada sekitar 1500 sebelum masehi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Leang-Leang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

4. Bukit Kanari Cenrana

Bukit Kanari
Image Credit: Instagram.com @dimanimnida

Ingin berlibur dengan suasana baru, tempat ini merupakan salah satu pilihan yang tepat. Di bukit ini ada bisa menikmati pemandangan yang menawan, karena lokasinya yang masih sejuk dan asri menjadi salah satu alasan pengunjung untuk menghabiskan waktu di tempat wisata ini.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke bukit ini adalah siang hari, untuk mendapatkan pemandangan berupa langit biru yang begitu cerah. Tentu saja hal ini menjadi salah satu lokasi yang pas buat Anda yang suka memotret.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rompegading, Kec. Cenrana, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

5. Kawasan Karst Maros

Kawasan Karst Maros
Image Credit: Mytrip.co.id

Maros memang terkenal dengan kota yang memiliki wisata karst terbesar kedua di dunia. Di kawasan karst Maros ini Anda bisa melihat gunung kapur dari jarak dekat.

Tempat ini dekat dengan kampung rammang-rammang yang tidak jauh dari jalur jalan raya. Jika Anda ke tempat ini Anda akan merasa seperti di kerajaan batu, karena memang karstnya sangat menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Salenrang, Kec. Bontoa, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

6. Wisata Alam Kampung Rammang-Rammang

Wisata Alam Kampung Rammang-Rammang
Image Credit: Mongabay.co.id

Wisata alam kampung rammang-rammang adalah salah satu tempat yang memiliki latar belakang pemandangan alam gunung karst yang eksotis dengan dibalut dengan sawah dan sawah yang memanjang.

Anda bisa merasakan sensasi romantis dengan naik perahu atau rakit di sungai untuk melihat pemandangan alam gunung ini. Anda juga bisa menikmati pemandangan alam dengan balutan kabut di setiap pagi yang membuat gunung karst tersebut menjadi semakin indah.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Salenrang, Bontolempangan, Kec. Bontoa, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

7. Taman Purbakala Sumpang Bita

Taman Purbakala Sumpang Bita
Image Credit: Ardiyanta.com

Taman purbakala sumpang bita adalah wisata alam yang menjadi andalan di daerah Maros. Anda bisa menikmati pemandangan alam dengan suasana dan aktivitas yang berbeda dan membuat hati Anda menjadi lebih tenang.

Taman ini berada di taman nasional bantimurung bulu saraung, sehingga ketika Anda berkunjung di taman nasional bantimurung, taman purbakala ini jangan Anda lewatkan dan harus mampir.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balocci Baru, Kec. Balocci, Kab. Pangkep, Sulawesi Selatan.

8. Grand Mall

Grand Mall
Image Credit: Google Maps (Agus Aqm)

Grand Mall bisa menjadi salah satu pilihan Anda, jika ingin jalan-jalan namun tidak ingin terkena sinar matahari. Tempat ini adalah pusat perbelanjaan bernuansa Eropa. Bangunan yang dipilih adalah arsitektur bergaya Roma.

Meskipun tidak bertujuan sebagai tempat wisata, namun karena Mall ini memiliki ornamen khas Eropa dengan patung Yunani Kuno dan lukisan yang selalu populer dijadikan latar untuk foto bagi pengunjung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Poros Makassar-Maros, Bontoa, Kec. Mandai, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

9. Pantai Kuri Maros

Pantai Kuri Maros
Image Credit: Idntimes.com

Selain pemandangan alam karst, Maros juga memiliki pantai, salah satu contohnya adalah pantai kuri Maros yang merupakan pantai andalan di kabupaten Maros ini. Pantai ini terkenal dengan pantai yang memiliki pasir putih dan berkilau.

Jika Anda berlibur, tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan keluarga, karena lokasinya strategis yang memudahkan Anda untuk selalu datang ke tempat ini. Di pantai ini juga ada bukit batu serta taman mangrove.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuri Pattene, Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

10. Air Panas Reatoa

Air Panas Reatoa
Image Credit: Twitter.com @dahlanpraditya_

Tempat wisata ini memiliki pesona keindahan pemandangan alam yang sangat indah dan memberikan sensasi berbeda dengan aktivitas Anda sehari-hari. Objek wisata ini tak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan pada hari libur maupun hari biasa.

Wisata air ini memiliki sensasi dua dunia. Kenapa? Karena di tempat ini terdapat dua air terjun yang berdampingan, yang pertama merupakan air terjun panas alami dan yang kedua memiliki karakter dingin. Jadi ketika Anda ke tempat ini bisa memilih antara mandi dengan air dingin atau panas.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Realolo, Kelurahan Samaenre, Kec. Mallawa, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

11. Bulu Tombolo

Bulu Tombolo
Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Siapa yang masih asing dengan yang namanya bulu tombolo? Bulu tombolo merupakan destinasi wisata yang milenial dan terlihat baru. Karena di tempat ini Anda bisa melihat banyak pemandangan langit di malam hari.

Tempat wisata yang satu ini, sangat cocok Anda kunjungi di malam hari. Karena di sana Anda dapat menikmati pemandangan kembang api, bulan, dan bintang yang gemerlapan. Selain itu, tempat ini masih asri dengan udara yang masih segar. Di jamin Anda akan betah bersama pasangan jika berkunjung d tempat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Labuaja, Kec. Cenrana, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

12. Helena Sky Bridge

Helena Sky Bridge
Image Credit: Camerawisata.com

Helena sky bridge adalah spot selfi terbaru yang letaknya berada di taman nasional battimurung. Helena sky bridge ini adalah jembatan yang memiliki tinggi 200 meter. Jembatan ini adalah jembatan tertinggi yang ada di taman nasional battimurung tersebut.

Jembatan ini menjadi jembatan yang banyak diburu oleh wisatawan. Karena spot foto yang satu ini lagi hit dan viral. Selain itu, di helena sky bridge Anda bisa menikmati pemandangan yang indah yang membuat Anda betah untuk di sini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

13. Air Terjun Bantimurung

Air Terjun Bantimurung
Image Credit: Facebook.com @indonesiaartandculture

Destinasi wisata satu ini menjadi favorit pengunjung karena airnya yang jernih dan sejuk mampu membuat pikiran menjadi tenang ketika melepas penat saat berlibur. Kesejukan air terjun tersebut bersumber dari Gunung Bulu Saraung.

Selain air terjun yang bisa Anda temukan namun suasana alami dari sekitar tempat wisata juga menarik. Ketika Anda berkunjung ke tempat ini, maka Anda akan disambut dengan monumen kera sakti dan sederetan penjual cenderamata berupa kupu-kupu yang diawetkan khas dari Bantimurung.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Komplek Taman Wisata Bantimurung, Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

14. Air Terjun Lacolla

Air Terjun Lacolla
Image Credit: Ardiyanta.com

Air terjun lacolla adalah air terjun di kabupaten Maros yang masih memiliki air yang segar dan alami. di sini Anda bisa memacu adrenalin Anda karena Anda akan melewati jalur jalan dari tangga yang berkelok-kelok mengikuti kontur tebing.

Namun, dengan begitu Anda bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah dan tidak membosankan. Selain itu, meskipun Anda melewati jalan berkelok-kelok yang menakutkan dan melelahkan, Anda akan dihibur dengan guyuran air terjun yang sangat sejuk.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malaka, Cenrana Baru, Kec. Cenrana, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

15. Pantai Kuri Caddi

Pantai Kuri Caddi
Image Credit: Idntimes.com

Selain pantai kuri Maros. Pantai Kuri Caddi menjadi salah satu pantai di Maros yang sangat bagus. Di tempat ini Anda bisa menikmati deburan ombak yang sangat indah. Pantai ini memiliki kesamaan dengan pantai kuri Maros yaitu dengan pasir putihnya.

Jika Anda suka selfi, tempat ini paling cocok untuk Anda. Di pantai ini Anda juga bisa menikmati sunset yang menakjubkan. Liburan bersama keluarga akan lebih cocok jika Anda ke pantai ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuri Lompo, Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

16. Maros Waterpark

Maros Waterpark
Image Credit: Google Maps (Rahmat Mardin)

Maros Waterpark merupakan salah satu destinasi wisata terbaru yang cocok untuk berlibur dengan keluarga. Tempat ini menyediakan aneka wahana air untuk kalangan dewasa maupun anak-anak, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika mengajak anak untuk berlibur kesana.

Suasana di Waterpark ini juga sangat nyaman, karena letaknya yang tak jauh dari area hutan sehingga di lingkungan sekitar banyak pepohonan hijau yang sangat rindang.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Poros Maros-Soppeng, Samangki, Kec. Simbang, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

17. Bulu Saukang

Bulu Saukang
Image Credit: Daisyjuliaaa.blogspot.com

Bulu saukang adalah salah satu gunung di Maros. Di tempat ini selain sebagai tempat wisata, Anda bisa juga berjelajah atau naik gunung. Tempat ini sangat cocok untuk kawula muda yang masih energik.

Selain pemandangannya bagus dan selalu menghibur wisatawan, Anda akan betah jika liburanmu berkunjung ke tempat ini. Anda bisa menjadikan pemandangan alam di sekitar gunung sebagai spot selfi yang alami.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Benteng Gajah, Kec. Tompobulu, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

18. Air Terjun Taipa

Air Terjun Taipa
Image Credit: Instagram.com @andi_wandi_198

Karena lokasinya yang terletak di desa Taipa sehingga membuat tempat ini bernama Air Terjun Taipa. Sehingga namanya menyesuaikan dengan lokasi dari desa tempat air terjun berasal. Anda harus menempuh jarak sekitar 30 km dari pusat kota untuk bisa menemukan tempat yang mempesona.

Air Terjun Taipa ini memiliki tujuh tingkatan yang semakin ke atas semakin terjal yang membuat tempat ini menjadi indah. Maka dari itu untuk melihat keindahan tempat ini, Anda perlu mempersiapkan fisik yang cukup untuk berkunjung kesana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tompobulu, Kec. Tompu Bulu, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

19. Masjid Lompoe Urwatul Wutsqa

Masjid Lompoe Urwatul Wutsqa
Image Credit: Marosfm.com

Selain karst, gunung dan taman nasional, Maros memiliki wisata religi yang menyimpan nilai sejarah yaitu masjid lompoe urwatul wutsqa. Masjid ini memiliki mimbar dengan dilengkapi beduk dari kerajaan Turikale.

Tempat ini bisa Anda gunakan sebagai tempat ibadah dan peristirahatan ketika habis berkunjung ke tempat wisata lain. Namun, Anda jangan melewatkan kisah sejarah yang ada di masjid ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Poros Maros-Soppeng, Turikale, Kec. Turikale, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

20. Air Terjun Jami

Air Terjun Jami
Image Credit: Facebook.com @wisatamaros

Tempat wisata ini sangat menyejukkan mata pengunjung yang melihat, karena Air Terjun Jami memiliki air yang berwarna kehijauan dan jernih. Selain itu Anda juga bisa melihat ke dasar air terjun ini. Dinginnya air terjun mampu menarik minat wisatawan untuk berenang dan berlama-lama disana.

Air Terjun Jami juga memiliki daya tarik lain yaitu sinar mentari masuk melalui celah pohon. Pancaran sinar yang sangat eksotis berasal dari pantulan cahaya yang mengenai bebatuan besar. Momen ini bisa Anda abadikan sebagai salah satu potret yang sangat jarang ditemui.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bontomanurung, Kec. Tompobulu, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

21. Kompleks Makam Kassi Kebo

Kompleks Makam Kassi Kebo
Image Credit: Putratoursmakassar.com

Wisata yang satu ini adalah tempat penguburan karaeng Marusu dan keluarganya. Di sini adalah tempat wisata yang menyimpan banyak nilai-nilai sejarah. Lokasinya yang cukup strategis membuat tempat ini ramai oleh pengunjung.

Jika Anda berlibur di tempat ini, Anda akan banyak mendapatkan wawasan baru dan bermakna sejarah. Selain itu, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda jika datang ke tempat wisata ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baju Bodoa, Kec. Maros Baru, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

22. Cagar Budaya Bulu Sipong

Cagar Budaya Bulu Sipong
Image Credit: Newsaccarita.blogspot.com

Tempat wisata ini adalah situs gua prasejarah yang berupa bukit karst. Bukit ini berada di tengah hamparan sawah. Di sini Anda akan menemukan tinggalan budaya berupa gambar cap tangan, babi rusa, perahu dan ikan.

Jika Anda berlibur di sini, adalah tempat wisata yang tepat. Karena Anda akan mendapatkan banyak pengalaman sejarah dan wawasan baru di tempat ini. Selain itu, Anda berkesempatan untuk foto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bontolempangan, Kec. Bontoa, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

23. Sungai Pute

Sungai Pute
Image Credit: Facebook.com @syafasyabilla

Destinasi wisata ini menjadi favorit para wisatawan karena suasananya yang mirip dengan Green Canyon. Sungai Pute memilik keunikan yaitu memiliki hamparan batu yang menjulang tinggi.

Hutan batu itu akan tampak sangat unik dan indah jika di lihat dari atas perahu. Di sepanjang menyusuri sungai Anda juga akan dimanjakan dengan deretan pepohonan yang berada di kanan kiri Sungai Pute membuat kondisi sungai ini menjadi lebih asri.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Salenrang, Kec. Bontoa, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

24. Taman Leang-Leang

Taman Leang-Leang
Image Credit: Timurindonesia.com

Tempat wisata ini adalah cagar budaya yang terdiri dari lereng karst yang curam. Di sini Anda juga akan menemukan sungai yang tepat berada di depannya. Selain itu, Anda akan menemukan peninggalan.

Peninggalan tersebut seperti babi rusa dan bekas telapak tangan. Di sini Anda akan mendapatkan pengalaman sejarah dan wawasan baru yang bisa Anda jadikan cerita untuk teman dan keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Leang-Leang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

25. Air Terjun Pung Bunga Bonto Somba

Air Terjun Pung Bunga Bonto Somba
Image Credit: Syardiangsyah29.blogspot.com

Air terjun ini terletak di kaki gunung di ketinggian 300 meter di atas permukaan air laut. Air terjun ini sangat indah karena tidak pernah kering.

Jika Anda ingin ke sini, Anda harus menempuh jarak sekitar 25 kilometer. Meskipun Anda merasa lelah, hal itu tak terasa ketika Anda menikmati keindahan tempat ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bontomanurung, Kec. Tompobulu, Bonto Somba, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

Nah, itulah 25 rekomendasi tempat wisata di Maros yang harus Anda kunjungi. Selain tempatnya menyimpan banyak keindahan, Anda akan menikmati wawasan baru tentang sejarah di kabupaten Maros.