Langkat merupakan nama daerah yang berada di Sumatera Utara. Kabupaten ini memiliki luas sekitar 6.272 kilometer persegi dan terdiri atas 23 kecamatan di dalamnya. Perlu Anda ketahui bahwa nama Langkat diambil dari nama Kesultanan Langkat yang dahulu pernah menguasai di daerah ini. Namun, saat ini kesultanan tersebut berubah menjadi kota kecil bernama Tanjung Putra.

Wilayah ini memiliki kondisi geografis perbukitan yang tentunya sangat menarik minat banyak pengunjung. Disini Anda dapat menemukan kawasan wisata yang masih terjaga keasriannya. Sangat sesuai bagi Anda untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Terdapat air terjun, danau, sungai, pemandian di sekitar pegunungan, dan bukit-bukit yang dimanfaatkan menjadi spot foto cantik.

Tidak mengherankan hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung-pengunjung lokal maupun interlokal. Untuk lebih lengkapnya, berikut 22 tempat wisata di Langkat yang wajib Anda kunjungi:

1. Air Terjun Jodoh Semilir

Air Terjun Jodoh Semilir
Image Credit: Reyginawisataindonesia.blogspot.com

Pemandangan alam hutan tropis yang asri dan udara yang sejuk menjadi daya tarik wisatawan mengunjunginya. Lokasi wisata yang masih berada di dalam area Taman Lindung Gunung Leuser Langkat. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk Anda mengunjunginya karena jalur yang curam. Memiliki fasilitas pemondokan sederhana sehingga wisatawan asing dapat bermalam di wisata ini.

Selain fasilitas pemondokan Anda juga dapat membawa tenda dan berkemah disini. Terdapat dua air terjun yaitu air terjun Jodoh dan air terjun Pelangi. Selain air terjun terdapat gunung Semelir memiliki sumber air panas dapat dinikmati wisatawan. Keindahan flora dan fauna yang beragam di tempat ini tak kalah menarik.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Telagah, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

2. Namu Sira-Sira

Namu Sira-Sira
Image Credit: Rimbaceloteh.blogspot.com

Namu Sira-Sira merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh keluarga. Kawasan wisata ini merupakan tempat pemandian alami yang masih memiliki keasrian di sekitar lingkungannya. Selain itu, air yang mengalir di dalamnya masih sangat jernih dan tidak banyak tercemar oleh polutan.

Namu Sira-Sira memiliki arus yang deras dan ukuran sungai yang begitu luas serta pinggiran yang berpasir, sehingga tak heran masyarakat sekitar sering menyebutnya Pantai Namu Sira-Sira. Di lokasi ini sudah tersedia berbagai macam fasilitas seperti toilet, lahan parkir, penyewaan pelampung, dan tempat makan yang membuat pengunjung merasa nyaman.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Perkebunan, Durian Lingga, Belinteng, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera utara.

3. Kawasan Wisata Batu Katak

Kawasan Wisata Batu Katak
Image Credit: Ksmtour.com

Lokasi terletak di area bukit barisan gunung Leuser tidak heran jika wisata ini memiliki panorama alam yang indah. Air yang jernih dan segar, dikelilingi pohon yang rindang, dan nyamannya lokasi menjadi nilai tambah tersendiri. Selain itu terdapat pula aksi hewan Siamang bergelantungan di pohon.

Tidak hanya pemandian alam yang ditawarkan kepada wisatawan terdapat goa-goa menarik di sekitarnya. Untuk melakukan tur goa Anda dapat menggunakan jasa pemandu wisata. Bagi Anda pecinta rafting dan tracking tempat ini menawarkan pengalaman rafting yang menarik dan tracking ke gunung Kapur.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Utama Bahorok-Batu Katak, Kec. Bohorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

4. Air Panas Simolap

Air Panas Simolap
Image Credit: Pariwisatasumut.net

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berendam di air panas, Anda dapat mencoba Air Panas Simolap. Disini terdapat dua macam air panas, yang pertama adalah yang bersuhu sangat panas dan yang kedua bersuhu hangat. Anda dapat mencoba air panas ini sesuai keinginan Anda.

Air Panas Simolap tentunya bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin melakukan pengobatan dengan terapi air panas ataupun sekedar menenangkan tubuh. Kawasan ini juga telah tersedia lahan parkir yang memudahkan akses Anda ke lokasi. Saat ini tidak ada penarikan uang tiket disini, jadi Anda dapat bebas menikmati suasana di Air Panas Simolap.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaperas, Kec. Kutambaru, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

5. Arung Jeram Sungai Binjai

Arung Jeram Sungai Binjai
Image Credit: Explore-sumatera.com

Pesona alam dan sensasi arung jeram menantang menjadi daya pikat bagi wisatawan. Berlokasi di namu sira-sira dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari kota Medan. Sungai berukuran sedang tetapi memiliki bebatuan dan jeram cukup banyak serta bervariasi. Air sungai jernih sehingga Anda bisa melihat dasar sungai. Kedalaman air yang bervariasi membuat arung jeram menjadi menarik.

Tingkat kesulitan 2-3 sehingga aman diikuti usia 7 tahun ke atas. Selain aktivitas arung jeram terdapat aktivitas penduduk lokal memancing. Untuk barang bawaan dapat membawa baju berlengan panjang, peralatan mandi, baju ganti, sandal hiking, dan perlengkapan lain yang dibutuhkan. Jangan lupa siapkan kondisi yang prima agar arung jeram Anda menyenangkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kwala Bingai, Kec. Stabat, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

6. Air Terjun Siluman

Air Terjun Siluman
Image Credit: Travellink-indonesia.com

Air Terjun Siluman merupakan lokasi wisata yang terbilang masih sedikit pengunjung. Hal ini dikarenakan tempat ini masih belum dikelola secara komersil, melainkan masih dikelola oleh penduduk setempat.

Namun, kealamian yang masih belum terjamah inilah yang menjadikan tempat ini sangat menarik. Air yang mengalir sangatlah jernih dan tidak tercemar. Jika Anda mengunjungi tempat ini, sebaiknya jangan pada musim kemarau, karena aliran air terjun juga tidak begitu deras di musim ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Garunggang, Kec. Kuala, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

7. Pulau Kampai

Pulau Kampai
Image Credit: Rezalubis.wordpress.com

Selain menjadi wisata bahari pulau ini menjadi sarana mengenal sejarah dan kehidupan nelayan di pesisir selat Malaka. Terkenal pula sebagai pulau penghasil terasi dan telah melalang buana, Untuk menuju lokasi dari kota Medan diperlukan waktu sekitar 4 jam. Dibutuhkan transportasi speed boat untuk menyeberangi lokasi tersebut.

Aktivitas yang dapat dilakukan yaitu menikmati kuliner makanan laut seperti ikan bakar, cumi-cumi, kepiting, dan lain-lain. Melihat proses pembuatan terasi oleh penduduk lokal dan dapat membawanya sebagai oleh-oleh.

Merasakan masakan belacan khas pulau ini. Menikmati pantai Berawe yang memiliki hamparan pasir putih yang indah dan berziarah ke makam keramat panjang dan kuburan sang pendekar biola.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Kampai, Kec. Pangkalan Susu, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

8. Pemandian Lau Kulap

Pemandian Lau Kulap
Image Credit: Facebook.com @laukulap

Pemandian Lau Kulap adalah salah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang ramah keluarga. Disini, Anda akan menikmati kesejukan air dari pegunungan yang sangat menyegarkan.

Di kawasan ini, Anda dapat berenang, bermain air, ataupun sekedar menikmati kesegaran alam yang dikelilingi pegunungan. Daya tarik pemandian ini sukses membuat banyak orang berbondong-bondong datang kemari terutama saat musim liburan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Garunggang, Kec. Kuala, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

9. Air Terjun 24 Tingkat

Air Terjun 24 Tingkat
Image Credit: Lampungbananafoster.com

Berlokasi di desa Sei Musam masih banyak wisatawan yang belum mengetahui keindahan wisata alam eksotis di Langkat ini. Untuk mencapai lokasi terdapat 2 jalur alternatif yaitu menyusuri jalur sungai atau jalur perbukitan. Jarak tempuh pada 2 alternatif tersebut sama yaitu kurang lebih 15 menit. Bagi pengunjung disarankan mengendarai kendaraan roda dua saja karena medan yang dilalui cukup sulit untuk menuju lokasi.

Tingkatan berjumlah 24 dengan ketinggian bervariasi dari 5-30 meter menjadi ciri khas dari air terjun ini. Selain menikmati keindahan puncak air terjun dapat menikmati hewan-hewan liar. Hewan liar seperti monyet, burung, dan lainnya. Untuk tiket masuk yang dikeluarkan cukup terjangkau sekitar 35 ribu per orang.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sei Musam, Kec. Batang Serangan, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

10. The Yo’s Hill

The Yo’s Hill
Image Credit: Pariwisatasumut.net

The Yo’s Hill merupakan tempat yang cocok dikunjungi terutama bagi kaum milenial. Hal ini dikarenakan kawasan ini dipenuhi oleh spot-spot foto menarik dan berbagai jenis permainan seru.

Selain itu, Anda dapat merasakan sejuknya udara karena kawasan ini masih berada pada area hijau. Disini Anda akan menemukan spot foto unik seperti ayunan langit, rumah pohon, rumah kurcaci dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Adin Tengah, Kec. Salapian, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

11. Kampung Kuliner Binjai

Kampung Kuliner Binjai
Image Credit: Tribunnews.com

Kota yang dijuluki sebagai kota rambutan ini sering dijadikan tempat singgah bagi para wisatawan. Terkenal akan spot wisata kuliner yang menarik dari legendaris sampai kekinian. Salah satunya kampung kuliner Binjai memiliki konsep unik. Konsep unik yang ditawarkan yaitu food court dengan bervariasi pilihan restoran baik indoor maupun outdoor.

Terdapat konsep unik “Meja Jomblo” yang menarik wisatawan. Konsep ini diciptakan bagi para kaum single agar saling berkenalan. Kuliner yang dihadirkan pun cukup bervariasi dari mie terbang, ayam penyet joko Solo, dan lainnya. Salah satu kuliner RM Sri langkat sempat dikunjungi oleh Presiden Jokowi. Spot foto yang instragramable pun juga bisa Anda nikmati.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Medan–Banda Aceh, Tanah Tinggi, Kec. Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara.

12. Pemandian Alami Pantai Florida

Pemandian Alami Pantai Florida
Image Credit: Kompasiana.com

Walaupun banyak orang menyebut Pantai Florida, namun sebenarnya kawasan ini lebih tepatnya merupakan tempat pemandian keluarga yang disertai air terjun. Pantai Florida ini juga memiliki nama lain yaitu Pemandian Air Namu Ukur.

Disini, Anda dapat melakukan aktifitas seperti berenang, cliff-jumping ataupun sekedar bermain air. Kawasan ini juga telah memiliki fasilitas yang memadai seperti toilet, tempat makan, dan lahan parkir. Yang menjadikan pengunjung merasakan kenyamanan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Namu Ukur-Telagah, Namu Ukur Selatan, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

13. Pasar Kaget Binjai

Pasar Kaget Binjai
Image Credit: Travelingyuk.com

Tongkrongan favorit bikin lupa waktu bagi para pengunjung. Terkenal dengan keramahan para penjual, harga merakyat serta rasa dan kualitas yang nikmat menjadi daya pikat pasar ini. Pasar ini buka dari jam 5 sore – 12 malam. Khusus weekend pasar ini akan dipadati oleh anak-anak muda.

Walaupun didominasi oleh penjual kuliner dapat ditemui penjual pernak-pernik dan fashion. Hiburan rakyat seperti tarian khas daerah dilengkapi pakaian adat menjadi tontonan favorit. Untuk anak-anak terdapat permainan seperti biang lala mini, ayunan, dan masih banyak lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani No.172, Pekan Binjai, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara.

14. Sungai Landak Bahorok

Sungai Landak Bahorok
Image Credit: Pariwisatasumut.net

Sungai Landak Bahorok merupakan destinasi wisata yang tak kalah menarik pula. Disini Anda akan menikmati sensasi kesegaran dari air yang sangat sangat jernih. Kejernihan air disini bisa dibuktikan dengan tampaknya bebatuan di dasar sungai.

Kawasan Sungai Landak Bahorok bisa terbilang tidak terlalu luas. Namun hal tersebut tentunya tidak menjadi masalah, terlebih lagi sungai ini berdekatan dengan Gua Gong, Gua Batu Payung, dan Batu Kapal. Yang menjadikan daya tarik Sungai Landak Bahorok semakin memikat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Lawang, Kec. Bohorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

15. Kolam Abadi

Kolam Abadi
Image Credit: Inilahmedan.com

Kolam Abadi di Langkat ini memiliki pesona tersembunyi yang jarang diketahui wisatawan. Kolam ini dari kejauhan berwarna kehijauan seperti danau yang ada di kawah gunung berapi.

Tempat ini sangatlah cocok bagi Anda yang menyukai fotografi di bawah air. Hal ini dikarenakan air pada kolam ini sangatlah jernih. Selain itu aliran air juga tidak terlalu deras. Anda dapat melakukan aktifitas berenang ataupun menyelam di lokasi ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

16. Taman Selfie

Taman Selfie
Image Credit: Mhm.asia

Taman Selfie merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk kaum milenial. Bagaimana tidak, kawasan ini menawarkan spot-spot foto yang eksotis dan menarik untuk dikunjungi.

Taman Selfie sebenarnya juga merupakan kawasan kafe yang didesain instragam-able. Seperti pepohonan besar yang dijadikan kafe bernuansa rumah pohon. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kuliner-kuliner unik yang disajikan pada kafe tersebut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. MT Haryono No.2, Kebun Lada, Kec. Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara.

17. Tangkahan CRU

Tangkahan CRU
Image Credit: Travelingyuk.com

Tangkahan merupakan pusat konservasi satwa gajah liar. Disini, Anda dapat melihat petugas-petugas yang memandikan gajah dua kali dalam sehari, pagi dan sore.

Selain itu, pusat konservasi ini juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin melakukan kunjungan wisata edukasi. Anak-anak tentunya juga akan tertarik dan senang mempelajari tentang satwa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Namu Sialang, Kec. Batang Serangan, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

18. Air Terjun Pantai Salak

Air Terjun Pantai Salak
Image Credit: Rahadikusuma.blogspot.com

Air Terjun Pantai Salak merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang mendambakan keasrian alam sebagai pelepas penat. Disini, Anda dapat menikmati suasana sekitar air terjun yang masih hijau dan aliran yang lumayan deras.

Berbagai macam kegiatan seperti bermain air, berfoto, maupun sekedar bersantai bersama keluarga dapat Anda lakukan disini. Selain itu juga terdapat penginapan berjarak 1 kilometer dari air terjun bagi Anda yang ingin singgah sementara.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Namu Sialang, Kec. Batang Serangan, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

19. Air Terjun Saringgana

Air Terjun Saringgana
Image Credit: Superadventure.co.id

Air Terjun Saringgana menawarkan panorama air terjun megah yang memanjakan mata Anda. Air akan mengalir deras dari ketinggian sehingga udara di sekitar kawasan terasa sejuk dan nikmat.

Akses untuk menuju lokasi ini bisa terbilang masih sulit. Namun letih yang Anda dapatkan tentunya tidak seberapa dengan keindahan Air Terjun Saringgana yang sangat memukau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan, Pekan Bahorok, Kec. Bohorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

20. One Heart Hill

One Heart Hill
Image Credit: Pariwisatasumut.net

One Heart Hill merupakan kawasan wisata yang terbilang baru karena baru saja dibuka pada 2018 Desember. Di tempat ini, Anda akan dimanjakan dengan eksotisme dari desain bangunan yang kreatif.

Tempat ini cocok bagi Anda pecinta fotografi. Bahkan keindahan tempat ini juga sering dimanfaatkan untuk foto pre-wedding.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Telagah, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

21. Bukit Lawang Ecotourism & Ecoproject

Bukit Lawang Ecotourism & Ecoproject
Image Credit: Inspirock.com

Kawasan Bukit Lawang Ecotourism & Ecoproject ini memiliki luas 200 hektar. Dahulu sekitar tahun 1973 pernah dijadikan tempat rehabilitasi orangutan Sumatera atau juga disebut Pongo Abelii.

Seiring berjalannya waktu kawasan ini digunakan sebagai pusat pengamatan satwa langka. Bagi Anda yang ingin berekreasi dengan konsep kunjungan edukasi atau pelestarian alam, tempat ini merupakan pilihan yang tepat.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bukit Lawang Hill Resort No.2, Bukit Lawang, Kec. Bohorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

22. Rumah Pohon Habitat

Rumah Pohon Habitat
Image Credit: Datawisata.com

Rumah Pohon Habitat adalah kawasan yang tidak boleh dilewatkan oleh para pasangan kekasih. Hal ini dikarenakan suasana romantis yang tercipta dari rindangnya panorama alam dan udara sejuk di lokasi ini.

Pada saat malam hari, Rumah Pohon Habitat akan menawarkan pesona yang juga menakjubkan. Lampu-lampu di sekitar kawasan akan menyala dan menambah daya tarik. Terutama bagi Anda yang hobi berfoto selfie, kawasan ini cocok sekali.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pamah, Kec. Semilr, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Itulah 22 rekomendasi tempat wisata di Langkat yang layak Anda kunjungi. Kebanyakan objek wisata di daerah ini memang bernuansa alam yang tentunya dapat memanjakan Anda dengan kesejukan udaranya. Jangan ragu-ragu lagi untuk mengunjungi beberapa tempat wisata tersebut, dikarenakan masing-masing tempat tersebut memiliki pesona yang sangat memikat. Semoga bermanfaat!