Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Timbang Lawan, Kec. Bohorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Wisata alam menjadi pilihan utama bagi anda yang ingin mengisi liburan sambil mengusir penat. Di Sumatera Utara, ada satu objek wisata Langkat dengan pemandangan indah nan mempesona, namanya Selang Pangeran. Wisatawan yang berkunjung tidak hanya diberikan sajian berupa indahnya alam, namun berbagai flora dan fauna.

Lokasi objek wisata cantik ini masih sama dengan Wisata Batu Katak, yakni di Taman Nasional Gunung Leuser. Lokasinya yang sebagian besar berupa hutan inilah yang menjadikan pengunjung disambut oleh berbagai jenis hewan liar. Ada juga jenis flora atau tanaman langka yang bisa disaksikan keunikan nya, yaitu Bunga Raflesia dan Bunga Bangkai.

Di objek wisata utama, yakni Selang Pangeran, ada dua hal utama yang menjadi incaran pengunjung. Dua hal yang dimaksud adalah air terjun dan pemandian alam. Keindahan dari keduanya semakin lengkap dengan adanya berbagai pohon rindang yang menghiasi. Apabila saat ini anda sedang berada di Sumatera Utara, tepatnya di Langkat, tidak ada salahnya mampir untuk menikmati pesonanya.

Daya Tarik yang Dimiliki Selang Pangeran

Daya Tarik Selang Pangeran
Image Credit: Google Maps Ricky Febriansyah

Pastikan anda mengetahui apa saja yang menarik sebelum mengunjungi objek wisata. Hal ini juga berlaku ketika anda mengunjungi Selang Pangeran. Supaya tidak penasaran, berikut berbagai daya tarik yang dimiliki!

1. Keindahan Air Terjun Selang Pangeran

Daya tarik yang pertama adalah air terjun yang ada di lokasi wisata ini. Bukan hanya satu air terjun, namun terdiri dari dua air terjun. Banyak orang yang menyebutnya dengan air terjun bertingkat. Pasalnya, posisi kedua air terjun ini memang membentuk tingkatan. Air terjun pertama memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air tidak terlalu deras.

Dari dekat bisa disaksikan bahwa air yang turun dari atas tebing mirip tirai dan samar-samar terlihat bagian belakang tebing. Air yang jatuh dari ketinggian tersebut membentuk aliran lain yang akhirnya jatuh ke kolam dengan batuan yang ada di sekitarnya. Inilah yang disebut sebagai air terjun tingkat dua dengan ketinggian yang sama. Belum tentu keindahan ini bisa disaksikan ditempat lain selain di Selang Pangeran.

Berbeda dengan yang pertama, debit air terjun kedua lebih deras dengan aliran kuat. Hal ini dikarenakan tidak ada penghalang berupa batu sebelum air jatuh ke kolam. Selain itu, lebar tebing juga lebih sempit sehingga membuat air berkumpul dan lebih rapat dan menghasilkan arus kuat.

2. Pemandian Alam dengan Air Jernih

Tidak hanya air terjun, Selang Pangeran memiliki pemandian alam dengan air jernih menyegarkan. Pemandian ini berada di Desa Timbang Lawan dengan arus tenang dan keindahan pemandangan alam sekitar. Bukan hanya berupa pohon hijau yang menghiasi, namun juga batuan yang ada di sekitar sungai.

Ada sebuah batu besar yang ada di tepi sungai dengan ketinggian lumayan. Sebagian wisatawan menggunakannya sebagai spot foto, sebagian lagi untuk lompat tebing menuju sungai. Apapun yang dilakukan di objek wisata cantik ini, tentunya menyenangkan dan memberikan kesan berbeda.

3. Kawasan Hutan Lindung dengan Suasana Asri

Daya tarik Selang Pangeran berikutnya dari lokasi yang berada di kawasan hutan lindung. Bagi warga yang tinggal di pedesaan mungkin sudah biasa melihat pemandangan hijau dari pepohonan. Namun untuk warga kota, hal tersebut tergolong jarang ditemukan dan menjadi sesuatu yang istimewa.

Letak objek wisata cantik ini membuat suasana asri dan sejuk dengan pepohonan rindang yang ada di sekitarnya. Tidak ada polusi udara yang dirasakan, apalagi ketika menuju lokasi, anda harus berjalan lumayan jauh. Artinya, sedikit kendaraan yang bisa mengakses lokasi wisata ini, kecuali pihak pengelola dan warga sekitar untuk kepentingan tertentu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Selang Pangeran
Image Credit: Google Maps Iwan Kurnia

Selang Pangeran berada di Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Butuh waktu selama 3 jam supaya anda bisa sampai ke kawasan Timbang Lawan jika anda saat ini berada di kota Medan. Rute mudah yang bisa diambil yakni dengan melewati Binjai dan menuju ke Bahorok.

Dari Bahorok, lanjutkan perjalanan hingga tiba di Timbang Lawan. Silahkan gunakan Google Map atau papan petunjuk supaya lebih mudah. Perjalanan harus dilanjutkan sesampainya di Bahorok. Silahkan menuju arah pasar untuk patokan selanjutnya. Sesampainya di pasar, masih butuh waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke gerbang hutan. Silahkan parkir kendaraan jika anda telah sampai dan lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju lokasi utama.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Selang Pangeran
Image Credit: Google Maps Rizki Maharbi

Sebagaimana objek wisata lainnya, Selang Pangeran juga memberlakukan biaya tiket masuk bagi wisatawan yang berkunjung. Untuk satu orang pengunjung, harga tiket masuk yang berlaku adalah 15.000 rupiah. Harga tersebut belum termasuk retribusi parkir sebesar 2.000 rupiah untuk motor. Sedangkan mobil masih belum memiliki akses untuk bisa sampai ke pintu gerbang hutan.

Perjalanan yang harus ditempuh supaya bisa sampai ke lokasi wisata utama sekitar 1 jam berjalan kaki. Bagi anda yang merasa keberatan atau tidak sanggup, silahkan gunakan jasa ojek yang ada di sekitar lokasi parkir. Pada umumya, harga yang ditawarkan sekitar 100.000, namun anda bisa menawar terlebih dahulu untuk mendapatkan kepastian harga.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Selang Pangeran

Aktivitas di Selang Pangeran
Image Credit: Google Maps Ricky Febriansyah

Setiap wisata alam tidak hanya memiliki keindahan, namun juga berbagai aktivitas seru di dalamnya. Ketika anda mengunjungi Selang Pangeran, berikut kegiatan yang bisa dilakukan dan pastinya seru!

1. Tracking Menuju Lokasi

Selama satu jam, anda harus melakukan perjalanan kaki menuju lokasi wisata. Jalan yang dilalui tidaklah mudah, seperti halnya pegunungan dengan turunan dan tanjakan. Sebagian perjalanan melewati tebing curam di sisi kiri dan kanan. Ketika memasuki hutan, tantangan beralih menjadi pepohonan dan semak belukar.

Inilah yang menjadikan seru bagi wisatawan yang berkunjung ke Selang Pangeran. Bukan kelelahan yang didapatkan, namun segarnya pikiran karena pemandangan yang menghiasi setiap sudut. Hijaunya alam hutan berpadu dengan suasana asri menjadikan aktivitas tracking lebih seru dan seolah mudah dilalui.

2. Melihat Keindahan Air Terjun Bertingkat

Aktivitas berikutnya berkaitan dengan keindahan air terjun yang juga menjadi daya tarik utamanya. Indahnya air yang mengalir dari satu aliran ke aliran lainnya menampakkan keindahan alam memesona. Gemuruh air yang jatuh di kolam dan sebagian menyentuh bebatuan terdengar seolah alunan musik alam.

Untuk bisa sampai ke air terjun bertingkat, jalan yang harus dilalui berbeda dengan objek wisata utama. Namun dalam hal waktu sama saja, yakni membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan menuju lokasi. Di air terjun Selang Pangeran ini, pengunjung bisa bermain air sepuasnya sambil menikmati keindahan dan suasana asri hutan.

3. Berenang di Pemandian Alam

Menghilangkan kepenatan sambil bersantai dan berendam di pemandian alam Langkat juga layak dilakukan. Airnya yang jernih dan menyegarkan membuat siapa saja ingin membasahi dirinya. Lumayan dingin tentunya bagi yang tidak tahan dengan cuaca pegunungan. Namun tetap menyenangkan dan seru, apalagi jika berkunjung bersama keluarga.

Jika berendam belum cukup memuaskan, silahkan berenang santai. Batuan besar yang ada di sebelah kiri kolam bisa dijadikan ajang untuk lompat tebing. Namun diharapkan tetap berhati-hati karena ada kemungkinan licin karena sering terendam air.

Aktivitas Menarik di Selang Pangeran
Image Credit: Google Maps Saipul Bahri

4. Rafting Memacu Adrenalin

Selang Pangeran memiliki wahana air yang menantang dan pastinya cocok bagi anda yang memiliki jiwa petualang. Rafting di tempat ini cukup seru karena lintasannya cukup panjang. Apalagi sungai yang digunakan untuk olahraga tersebut memiliki aliran lumayan deras. Batuan yang tersebar di tepi dan tengah sungai menjadi tantangan lain yang harus ditaklukkan.

5. Camping Seru

Objek wisata di Langkat ini buka di pagi hari dan tutup pada sore hari. Bukan berarti tidak dapat digunakan untuk aktivitas camping. Anda bisa melakukannya dengan izin pengelola di tempat khusus yang disediakan. Camping di Selang Pangeran memang seru karena suasana sekitarnya berupa pepohonan rindang hutan. Bukannya memberikan suasana sunyi di malam hari, namun riuh ramai dari suara hewan malam yang bernyanyi.

6. Berburu Spot Foto

Aktivitas terakhir dan sekaligus wajib dilakukan oleh setiap pengunjung yang datang adalah berburu spot foto. Keindahan alamnya tergolong lengkap, mulai dari bebatuan, pepohonan, air terjun, hingga aliran sungai. Tentunya sayang sekali jika semua keindahan tersebut diabaikan begitu saja tanpa harus diabadikan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Selang Pangeran
Image Credit: Google Maps Broto Kisowo

Fasilitas Selang Pangeran lumayan lengkap, masih standar fasilitas di beberapa objek wisata alam di Indonesia. Selama di lokasi, silahkan menggunakan toilet sebagai kamar mandi umum dan untuk ganti baju. Objek wisata cantik ini menyediakan lahan parkir luas bagi yang datang membawa sepeda motor.

Tempat camping khusus dan penginapan juga tersedia. Untuk penginapan lokasinya berada di sekitar tempat parkir. Sedangkan untuk area camping masih di dalam hutan dan harus mendapat izin dari pengelola. Untuk Mushola tidak bisa di dapatkan jika anda sudah memasuki kawasan hutan, jadi silahkan bawa peralatan sendiri dari rumah.

Keindahan yang ditawarkan dan berbagai aktivitas menarik di Selang Pangeran membuatnya selalu ramai pengunjung. Jika anda ingin suasana lebih tenang dan tidak terlalu padat, ada baiknya berkunjung di hari aktif. Pasalnya, di hari libur selalu padat pengunjung dan kurang leluasa untuk beraktivitas.