Bukit Soeharto, Taman Hutan Raya Sarat Cerita Horor di Kalimantan Timur

Bukit Soeharto

Bukit Soeharto merupakan taman hutan raya yang menarik untuk dijelajahi saat berada di Kalimantan Timur. Kawasan hutan lindung untuk mengenal berbagai tumbuhan dan satwa, serta kisah mistis dibalik keindahannya.

Lokasi: Batuah, Kec. Loa Janan, Kab. Kutai Kartanegara.
Map: Cek Lokasi

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto merupakan salah satu dari kawasan yang termasuk konservasi alam. Kawasan ini terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Tempat ini sempat viral seusai Joko Widodo selaku presiden Indonesia mengunjungi kawasan ini.

Setelah kunjungan Presiden Joko Widodo ke Bukit Soeharto, wilayah ini diusulkan untuk menjadi kandidat ibu kota Indonesia yang baru. Wilayah ini cukup strategis karena berada diantara Kota Samarinda dan Kota Balikpapan. Oleh karena itu, kedua kota ini direncanakan akan dibangun jalan tol sebagai jalan penghubung antar kota.

Kawasan ini juga sangat kental akan cerita horror. Beberapa mitos horror seperti hantu romusha terus menghantui tempat ini. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang penasaran mengenai tempat ini dengan cerita horrornya yang menarik untuk didengar. Berikut beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai Taman Raya Bukit Soeharto.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Raya Bukit Soeharto

Daya Tarik Taman Raya Bukit Soeharto

Image Credit: Twitter.com @yudhigtu

1. Cerita Horor yang Melegenda

Jika Anda suka dengan cerita horor maka Anda tidak asing dengan buku “666 Misteri Paling Heboh: Indonesia & Dunia”. Buku tersebut menceritakan hantu romusha yang sering mengganggu para wisatawan di area bukit ini. Bahkan hantu ini dapat menghilangkan seseorang.

Seseorang yang diganggu sampai dihilangkan akan sulit ditemukan meskipun sudah berusaha keras mencarinya. Dalam beberapa kasus orang-orang tersebut dapat ditemukan, namun mereka sudah menjadi setengah gila.

Nuansa horor yang menyelimuti tempat ini muncul karena pada zaman dahulu kawasan tersebut menjadi tempat untuk menyiksa para romusha yang dilakukan oleh tentara Jepang. Menurut buku “Hantupedia: Ensiklopedia Hantu-Hantu Nusantara”, hantu tersebut menampakan diri dalam wujud rombongan romusha yang membawa peti.

Terdapat salah satu warga yang mengaku pernah melihat sosok hantu romusha. Ketika dia bekerja dalam membangun jalan di Bukit Soeharto, tiba-tiba ada rombongan orang yang membawa peti sambil ditodong dengan senapan oleh tentara Jepang. Menurut pengakuan orang tersebut, penampakan hantu tersebut diperkirakan adalah pekerja romusha.

Tidak hanya cerita hantu romusha saja yang membuat nuansa horor di Bukit Soeharto. Banyak sumber mengatakan bahwa tempat ini juga menjadi pembuangan mayat dari petrus (penembakan misterius) pada pemerintahan Presiden Soeharto.

Selain itu, di kawasan bukit ini dikabarkan sering terjadi kecelakaan fatal. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang sering menghubungkan cerita horor tempat ini dengan kecelakaan yang sering terjadi. Namun, cerita ini juga masih belum bisa dipastikan kebenarannya. Oleh karena itu, Anda tetap harus berhati-hati saat berada di kawasan ini.

BACA:  Pulau Sangalaki, Pulau Cantik yang Menakjubkan di Berau Kaltim

Kentalnya cerita horor di tempat ini membuat banyak orang penasaran. Bahkan banyak orang yang berbondong-bondong ke tempat ini untuk mengetahui kebenaran dari cerita horor yang masih menghantui tempat ini. Oleh karena itu, cerita horor yang bersemayam di tempat ini menjadi daya tarik yang kuat untuk memikat datangnya pengunjung.

2. Pusat Reintroduksi dan Rehabilitasi Orang Utan Wanariset Samboja

Terdapat pusat perlindungan orang hutan di Bukit Soeharto. Program ini didirikan oleh Yayasan BOS untuk memberikan perawatan dan program rehabilitasi pada orang utan yang habitat dan induknya telah hilang. Proyek ini dibangun pada tahun 1991.

Secara resmi kawasan ini dikenal dengan nama Wanariset. Pada tahun 2006, program ini direlokasi karena tidak memiliki tempat yang cukup. Kemudian nama tempat ini berganti menjadi Samboja Lestari.

Kegiatan yang dapat Anda temukan di tempat ini seperti pelayanan kesehatan dan perawatan terhadap orang utan, reintroduksi, rehabilitasi, penyelamatan orang utan, translokasi orang utan ke habitat yang aman, dan lain-lain. Selain orang utan, terdapat program pelestarian beruang madu di Samboja Lestari.

Konservasi tempat tinggal satwa liar terutama yang langka dapat berhasil apabila ada kerja sama dari masyarakat, wisatawan, dan pihak penting lainnya. oleh karena itu, tempat ini juga sering melibatkan masyarakat, wisatawan, dan sekolah-sekolah dalam kegiatan yang dapat menambah wawasan seputar pendidikan konservasi.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang orang utan maka Anda dapat mengunjungi kawasan ini. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan banyak ilmu jika berkunjung ke tempat ini. Anda juga harus menjaga perilaku dan mematuhi peraturan yang ada jika ingin mengunjungi tempat ini.

Daya Tarik Bukit Soeharto

Image Credit: Instagram.com @sambojakeren_

3. Hutan Pendidikan Universitas Mulawarman

Hutan pendidikan ini merupakan Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) yang paling lengkap di Indonesia. Kawasan ini sangat dibutuhkan di masa yang akan datang untuk bidang keilmuan.

Pengembangan kawasan hutan ini sangat diperhatikan oleh pemerintah. Terbukti setiap tahunnya pemerintah selalu memberikan dana yang besar untuk mengembangkan kawasan ini. Lebih dari 20 miliar dana yang diberikan pemerintah tiap tahunnya dalam mendukung dan memajukan pendidikan di Indonesia.

Jika Anda suka dengan kawasan pendidikan seperti hutan ini maka tidak perlu ragu untuk segera mengunjunginya. Kawasannya yang sangat asri membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Selain itu, Anda juga dapat berinteraksi dengan orang-orang cerdas yang menuntut ilmu di tempat tersebut sehingga membantu wawasan Anda semakin terbuka.

BACA:  Indahnya Pulau Kumala, Destinasi Wisata Sarat Sejarah di Sungai Mahakam

4. Memiliki Flora dan Fauna yang Beraneka Ragam

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto atau biasa disingkat dengan Tahura memiliki flora dan fauna yang sangat melimpah. Bukit ini ditetapkan menjadi kawasan konservasi alam saat Indonesia masih dipimpin oleh Presiden Soeharto pada tahun 1991. Oleh karena itu, Anda dapat melihatnya di tempat ini dengan bebas.

Beberapa jenis flora yang dapat Anda temukan antara lain : Perupuk, Meranti, Mengkungan, Keruing, Mahang, Medang, Mengkungan, Nyatoh, Kayu Tahan, Ara, Keranji, Kapur, dan lain-lain. Aneka ragam flora ini mungkin akan sulit Anda temukan di daerah lain karena langka.

Beberapa jenis fauna yang dapat Anda temukan antara lain : Beruang Madu, Landak, Orang utan, Macan Dahan, dan lain-lain. Satwa-satwa ini dilindungi oleh negara dan sedang dilestarikan karena populasinya yang sangat rendah.

Satwa dan flora yang ada di tempat ini berada dalam perlindungan negara. Oleh karena itu, Anda sebagai pengunjung apabila berlibur di Tahura Bukit Soeharto harus mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola.

5. Pantai Tanah Merah Samboja

Pantai ini sangatlah indah. Walaupun nama dari pantai ini adalah Tanah Merah, namun pantai ini memiliki pasir putih. Pantai ini juga dihiasi oleh pohon cemara yang berjejeran di sepanjang pesisir pantai.

Walaupun pantai ini tidak seindah pantai di daerah wisata lainnya, Anda masih dapat merasakan kenyamanan saat berlibur di tempat wisata ini. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas-aktivitas yang biasanya Anda dilakukan di pantai pada umumnya.

Bibir pantai ini bentuknya agak menjorok ke laut sehingga menghasilkan empat yang cukup luas untuk berkemah dan rekreasi bersama rekan atau keluarga. Keindahan dari pantai ini menjadi daya tarik dari Bukit Soeharto.

Rute & Harga Tiket Masuk Tahura Bukit Soeharto

Rute Tahura Bukit Soeharto

Image Credit: Twitter.com @tx_travel

Kawasan Taman Raya ini berada di Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Taman ini juga meliputi sebagian kecil Kabupaten Panajam Paser. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat untuk mengunjungi tempat ini.

Kawasan ini juga terpotong oleh poros jalan Samarinda-Balikpapan. Rute yang dapat Anda tempuh untuk menuju ke lokasi taman raya ini melalui jalur darat dari Balikpapan selama 45 menit perjalanan atau dari Samarinda dengan 1,5 jam perjalanan. Anda juga harus berhati-hati dalam berkendara karena banyak kecelakaan terjadi di tempat ini.

BACA:  Intip Keindahan Alam Air Terjun Pinang Seribu di Samarinda

Harga tiket masuk untuk dapat berkunjung ke Taman Raya Bukit Soeharto cukup murah. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir masalah harga untuk dapat berlibur ke tempat wisata ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Soeharto

Kegiatan di Bukit Soeharto

Image Credit: Instagram.com @weekendcampstore

1. Belajar Sambil Berwisata

Jika Anda memilih Bukit Soeharto sebagai tujuan wisata maka Anda dapat mengunjungi beberapa wisata pendidikan yang ada. Terdapat tempat pelestarian orang utan dan Hutan Pendidikan Universitas Mulawarman yang dapat membagikan berbagai macam ilmu kepada Anda.

Selain itu, terdapat berbagai macam flora dan fauna. Anda dapat mengenalkan flora dan fauna ini kepada anak-anak Anda. Anda juga bisa membantu melestarikan flora dan fauna dengan memberikan informasi kepada teman dan keluarga mengenai pentingnya menjaga kelestarian flora dan fauna yang ada di sekitar kita.

2. Berfoto

Tahura ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Oleh karena itu, terdapat banyak spot foto yang bagus sehingga Anda dapat berfoto dengan bebas.

Selain itu, tempat ini juga sering dipadati oleh para pecinta fotografi. Jangan lupa untuk membawa peralatan kamera yang bagus dan mumpuni bagi Anda yang juga hobi dalam bidang fotografi. Ada beberapa spot yang mungkin tidak diperbolehkan untuk difoto. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca setiap peraturan yang ada agar tidak diberi sanksi.

3. Bermain atau Berkemah di Pantai Tanah Merah Samboja

Bagi Anda yang suka dengan keindahan pantai maka jangan lupa untuk menyempatkan waktu berkunjung ke Pantai Tanah Merah Samboja. Pantai ini masih berada di kawasan Bukit Soeharto sehingga letaknya tidak begitu jauh.

Anda dapat bermain air dengan puas di pantai ini. terdapat banyak kepiting di pantai ini yang dapat Anda buru untuk dimakan atau dibawa pulang. Anda juga bisa berkemah jika ingin bermalam di pantai ini.

4. Piknik

Tempat ini memiliki lahan yang cocok untuk piknik. Pohon-pohon rimbun juga mengelilingi tempat ini sehingga memberikan rasa nyaman dan sejuk. Walaupun nuansa horor masih melekat di tempat ini, Taman Raya Bukit Soeharto masih layak menjadi tempat untuk berpiknik bersama dengan rekan atau keluarga.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Hutan Raya

Fasilitas di Taman Hutan Raya

Image Credit: Twitter.com @aviawisata

Terdapat fasilitas umum seperti kamar mandi, penginapan, warung makan, dan lain-lain. Walaupun tidak memiliki fasilitas yang spesial, Taman Raya Bukit Soeharto masih menyediakan fasilitas yang layak untuk liburan Anda bersama rekan atau keluarga.

Beberapa informasi di atas dapat menjadi pertimbangan Anda untuk berlibur di Taman Raya Bukit Soeharto. Jangan ragu-ragu untuk bermain di tempat wisata ini karena Anda akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman horor yang sulit ditemukan di tempat lain.