13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang

13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang

Terdapat sebuah kota di Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki banyak destinasi wisata, jarak kota tersebut cukup jauh sekitar 120 km dari pusat Kota Samarinda. Namun, tempat ini sering direkomendasikan banyak orang terutama bagi kamu yang akan berlibur dalam waktu dekat ini.

Kamu dapat menemukan tugu khatulistiwa di Kota Bontang. Karena kota ini merupakan satu dari beberapa tempat yang dilewati garis khatulistiwa. Namun, pusat kota ini cukup maju karena kamu akan menemukan berbagai industri yang ikut mendukung perekonomian warga dan daerah.

Namun, daya tarik terbesar dari Kota Bontang terdapat dari segi pariwisata yang dilengkapi dengan banyaknya objek wisata yang indah dan menarik sehingga kamu akan menemukan berbagai pengalaman baru selama berlibur di sini. Oleh karena itu, berikut 13 daftar tempat wisata di Bontang yang bisa kamu pilih untuk dikunjungi ketika musim liburan telah datang nantinya.

1. Bukit Biru

Bukit Biru

Lokasi: Sumber sari, Kec. Loa kulu, Kab. Kutai kartanegara, Kota Bontang, Kalimantan Timur. – Image Credit by Radiseofeastborneo.blogspot.com

Tempat ini merupakan titik terbaik bagi kamu yang menyukai pemandangan saat senja. Karenanya jangan heran jika tempat ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan ataupun fotografer yang sedang berburu foto senja terbaik.

Lokasi ini cukup jauh dari Kota Bontang, karena kamu butuh waktu sekitar 3 jam-an untuk sampai. Namun, dapat dipastikan kamu akan menikmati tempat ini terutama bagi para petualang karena terdapat jalur tracking untuk mendaki gunung.

2. Kenari Waterpark

Kenari Waterpark

Lokasi: Api-Api, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur. – Image Credit by Eksposkaltim.com

Alamat tempat ini berada di Bontang Utara cukup dekat dari pusat Kota Bontang. Wisata air ini cukup modern karena memiliki berbagai fasilitas yang lengkap seperti perlengkapan renang dan alat penunjang lainnya. Wahana air yang lengkap dan menantang sehingga tempat ini cocok dikunjungi bersama keluarga.

Kolam renang yang ada dikategorikan sesuai usia untuk menghindari keadaan yang tidak di inginkan. Sehingga kamu dapat bermain bersama keluarga dengan aman selama berada di Kenari Waterpark. Terdapat berbagai fasilitas lain seperti parkiran yang luas, musholla, serta area makan dan minum yang melengkapi kebutuhanmu ketika berlibur nantinya.

3. Taman Tanjung Laut

Taman Tanjung Laut

Lokasi: Jl. Jendral Soedirman No.69,Tj. Laut, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur. – Image Credit by Dolandolen.com

Terdapat taman lainnya di Kota Bontang yang harus kamu datangi ketika berlibur disini. Taman ini selalu ramai dipadati warga sekitar yang ingin nongkrong, berolahraga ataupun sekedar bersantai menikmati cuaca di sore hari.

Taman ini memiliki berbagai fasilitas yang dapat kamu nikmati bersama anak-anak seperti seluncuran, ayunan, track lari, dan lainnya. Terdapat spot WiFi gratis yang tersebar di taman ini. Fasilitas ini dipasang pemerintah setempat sebagai fasilitas edukasi dan penerapan smart city di Kota Bontang.

4. Pantai Marina

Pantai Marina

Lokasi: Satimpo, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur. – Image Credit by Triptrus.com

Pantai ini pada awalnya digunakan sebagai tempat wisata yang khusus untuk pegawai dan karyawan PT Badak NGL. Di pantai ini terdapat pelabuhan yang sering dipakai untuk bongkar muat kapal tanker milik perusahaan yang sama.

Namun, pada akhirnya pantai ini dibuka untuk umum, sehingga kamu sekarang dapat menikmati indahnya pasir pantai serta indahnya pemandangan di Pantai Marina. Walaupun dapat dimasuki masyarakat umum, namun terdapat beberapa area yang tidak boleh sembarangan dimasuki karena sudah bagian dari pertambangan migas.

5. Hutan Pinus Samboja

Hutan Pinus Samboja

Lokasi: Kec. Samboja, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. – Image Credit by Travelingyuk.com

Letak tempat wisata ini berada di Kabupaten Kutai Kartanegara tepatnya berada di Kecamatan Samboja. Lokasinya masih sangat asri karena berada di kawasan pegunungan sehingga udaranya pun segar. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas penat ketika sibuk bekerja di kota.

Destinasi wisata ini berupa hutan pinus yang indah dipandang mata. Saking indahnya banyak wisatawan senang lama-lama ketika berada di sini. Tempat ini tidak banyak diketahui wisatawan sehingga masih sepi dari para pengunjung sehingga kamu dapat puas bermain ataupun mencari spot foto yang bagus.

6. Taman Cibodas

Taman Cibodas

Lokasi: Belimbing, Kec. Bontang Barat, Kota Bontang, Kalimantan Timur. – Image Credit by Bontang.prokal.co

Spot wisata satu ini berada di kawasan industri Pupuk Kaltim yang tentu telah sering kamu dengar. Karena itu, tempat ini sering di datangi oleh pengunjung lokal ataupun wisatawan dikarenakan akses jalannya yang mudah dan bagus.

Pada taman ini kamu dapat bermain, rekreasi dan menikmati berbagai fasilitas hiburan sekaligus foto-foto bersama teman ataupun keluarga. Ketika disini kamu bisa bersantai sambil menikmati panorama pepohonan yang rindang dan tertata dengan rapi ini.

7. Bontang Kuala

Bontang Kuala

Lokasi: Bontang Kuala, Kec.Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur. – Image Credit by Bontangkota.go.id

Kamu ingin berwisata ke tempat unik? Jika demikian datanglah ke perkampungan terapung di Bontang ini. Kamu akan takjub begitu melihat perkampungan terapung yang telah lama ada. Selain itu airnya sangat bersih dan jernih.

Ketika berada di perkampungan ini kamu dapat jalan-jalan bersama teman-teman sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar perkampungan ini tentunya sambil foto untuk mengabadikan momen indah tersebut. Jika lelah kamu dapat beristirahat sambil menikmati lezatnya hidangan makanan serta minuman khas Bontang disini.

8. Erau Pelas Benua

Erau Pelas Benua

Lokasi: Guntung, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur. – Image Credit by Jejakbudayaborneo.blogspot.com

Tempat ini dikenal karena Sungai Guntung oleh masyarakat setempat karena menjadi salah satu dari beberapa tempat sakral yang ada di Bontang. Sehingga kamu dapat melihat dan mengetahui kegiatan adat dan budaya setempat.

Erau Pelas merupakan suatu upacara adat tradisional setempat yang berfungsi untuk membersihkan wilayah tempat tinggal agar bebas dari energi negatif secara beramai-ramai dan dilakukan dengan penuh suka cita. Tentunya kegiatan ini dirangkai dengan musik dan tari tradisional sehingga menarik untuk dilihat para wisatawan lokal maupun mancanegara.

9. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

Lokasi: Bontang Lestari, Bontang Selatan, Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur. – Image Credit by Ksmtour.com

Destinasi wisata ini merupakan lokasi yang wajib kamu datangi ketika wisata, kamu butuh waktu sekitar satu jam untuk ke pulau ini dari Kota Bontang. Tempat ini sangat populer oleh wisatawan dalam dan luar negeri. Jadi jangan heran jika tempat ini begitu ramai saat libur panjang dan weekend.

Asal muasal nama pulau ini cukup unik. Menurut ceritanya terdapat kapal angkutan beras yang harus singgah ke pulau ini karena ganasnya ombak. Muatan beras pun dibongkar karena basah terkena ombak laut. Padahal ombak laut di sekitar pulau cukup tenang terlebih saat cuaca bagus sehingga kamu dapat berendam atau berenang sepuasnya.

10. Desa Tihi-Tihi dan Selangan

Desa Tihi-Tihi dan Selangan

Lokasi: Desa Tihi-Tihi dan Selangan, Tengah-tengah Selat Makassar. – Image Credit by Bontangkota.go.id

Destinasi wisata unik lainnya ada di dua desa ini karena menawarkan wisata keramba yang digunakan sebagai tempat budidaya rumput laut. Hal ini dikarenakan pada dua desa menggunakan rumput laut sebagai makanan pokoknya.

Jika penasaran, kamu dapat mencoba kuliner rumput laut ini. Namun, dapat dipastikan santapan tersebut enak dan gurih. Hasil budidaya tersebut sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia bahkan ke luar negeri. Hal ini mungkin terjadi karena lokasinya yang berada di tengah Selat Makassar sehingga memudahkan proses pengiriman ke berbagai tempat.

11. Teluk Kaba

Teluk Kaba

Lokasi: Sangkima Lama, Kec. Sangatta Selatan, Kab. Kutai Timur, Kalimantan Timur. – Image Credit by Reservasi.com

Destinasi wisata ini termasuk ke dalam daerah Taman Nasional Kutai sehingga kamu bisa sekalian kesini jika telah berada di TNK. Tersedia berbagai fasilitas outdoor seperti snorkeling, camping, menjelajah hutan serta tracking.

Tempat ini akan sempurna bagi para wisatawan yang sangat menyukai alam serta memiliki jiwa petualangan yang kuat. Karena kamu harus berusaha lebih untuk sampai ke tempat ini. Namun tenang saja, karena usahamu akan dibayar setimpal dengan indahnya Teluk Kaba.

12. Pulau Gusung

Pulau Gusung

Lokasi: Gusung, Tanjung Jumlai, Kab. Penajam Paser Utara, Kalimantan timur. – Image Credit by Superadventure.co.id

Pulau ini dapat menjadi alternatif tempat wisata bagi kamu yang ingin berkunjung ataupun bermalam untuk menikmati indahnya malam. Kamu butuh waktu maksimal 30 menit dengan memakai kapal boat dari Pelabuhan Tanjung Limau Bontang.

Ketika menyeberang kamu dapat melihat pabrik pengolahan yang menjadi salah satu pusat pencaharian warga. Namun, waktu terbaik justru ketika malam tiba. Karena kamu dapat menikmati indahnya lagit malam, gemerlap cahaya lampu pabrik dan hal lainnya saat malam hari.

13. Taman Nasional Kutai (TNK)

Taman Nasional Kutai (TNK)

Lokasi: RT.3, Sangkima Lama, Kec. Sangatta Selatan, Ka. Kutai Timur, Kalimantan Timur. – Image Credit by Wartawisata.id

Sebagai taman nasional kamu dapat menemukan berbagai tumbuhan serta berbagai satwa di dalamnya. Tempat ini juga digunakan sebagai pusat penelitian flora dan fauna, area perkemahan baik oleh pramuka ataupun mapala sekaligus area pendidikan alam bagi para pengunjung.

Taman nasional ini memiliki luas kurang lebih 200 ha sehingga kamu dapat melihat berbagai jenis hutan di tempat ini. Berbagai tumbuhan dan pohon seperti anggrek hutan, meranti, bakau, bunga bangkai dan lainnya dapat kamu temukan. Sebagian besar penghuni taman ini adalah orangutan, kera ekor panjang, bekantan dan lainnya.

Nah, itulah 13 destinasi wisata terbaik di Bontang yang dapat dijadikan sebagai pilihan kamu ketika akan berlibur ke Kota ini. Semua tempat wisata ini memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing dan dipastikan kamu akan betah disana.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak